15 August 2012

Liburan Hemat

Kayaknya waktu cepet banget ya jalannya. Baru kemaren liburan natal dan tahun baru, sekarang uda mau masuk libur lebaran aja. Gua paling suka libur lebaran. Karena cuma pada saat lebaran, jalanan di Jakarta kosong melompong. Kapan lagi coba kita bisa guling-gulingan sambil main gundu di Sudirman? hahahaha. 

Karena sepi, gua biasanya menikmati liburan dengan keliling mall, mumpung jalanan ga macet. Jalan-jalan ke mall sih enak, cuma kan pasti boros. Biaya parkir mobil aja bisa abis 10.000, belom kalo mau makan, shopping, atau nonton. Apalagi musim sale gini, godaannya pasti gede. Bisa-bisa THR abis duluan, dan kita tinggal gigit jari di tanggal tua.

Lalu ada ga sih, cara menikmati liburan tanpa harus keluar uang banyak? Tentu ada dong. Berikut ini gua share tips-tipsnya ya, berdasarkan pengalaman gua pribadi tentunya.

1. Make over kamar.

Waktu itu sih berawal dari iseng-iseng doang, sekaligus uda mulai bosen sama tata letak di kamar, jadilah gua mulai merombak kamar. Semuanya gua geser-geser, kecuali lemari baju ya. Berat bo. Paling baju-bajunya aja yang disortir. Baju-baju yang lama gua kumpul-kumpulin buat disumbangin. Lumayan loh, jadi tempat yang kosong bisa diisi sama baju baru (tetep ya ga jauh-jauh dari shopping.) Kalo mau sekalian ngecat kamar juga boleh, suasana baru kan bikin kita tambah semangat.

2. Belajar masak.


Dulu gua bukan tipe cewe yang bisa masak. Goreng telor ga pake gosong aja uda bagus banget. Makanya pelan-pelan mulai belajar masak ama nyokap. Lumayan sih, kemampuan masak sedikit meningkat. Lagian, kalo bisa masak, kita kan bisa bawa makanan sendiri dari rumah. Lumayan loh, uang makannya bisa ditabung buat beli baju baru, hahaha. Buat yang uda bisa masak, mungkin bisa mencoba resep-resep yang lebih menantang, seperti....bikin rainbow cake.

3. DVD marathon.

Si ndud demen banget hunting DVD. Sekali beli bisa berkeping-keping. Kadang-kadang gua suka minjem DVD yang baru aja dia beli. Tapi ya minjem doang, nontonnya mah ga tau kapan. Mumpung liburan, jadi punya banyak waktu buat nonton. Kalo lagi ga ada DVD yang bisa ditonton, tinggal buka internet buat nonton serial Korea, hahaha.

4. Bantuin nyokap bersihin rumah.

Tiap kali libur lebaran, asisten rumah tangga (a.k.a si mba) gua selalu pulang kampung. Makanya gua selalu jadi upik abu tiap kali lebaran. Itu juga alasan kenapa tiap kali lebaran jarang pergi, hahaha. Beres-beres rumah bisa diitung olahraga loh. Tiap kali liburan kan intensitas makanan yang masuk ke perut kan lebih banyak, jadi bisa diimbangin dengan beres-beres rumah. Dijamin ga bakal gendud deh.

5. Baca buku.

Ada yang suka beli buku tapi ga pernah sempet buat bacainnya? Liburan tentu jadi saat yang tepat buat ngebaca semua buku-buku yang nganggur. Buat yang ga ada stok buku, sebelum liburan, beli buku dulu sebanyak-banyaknya.

6. Family time.

Mumpung semua pada libur, ga ada salahnya kumpul-kumpul bareng keluarga. Biasanya kan pada sibuk masing-masing tuh. Yang simple aja, misalnya barbeque-an atau karaoke bareng-bareng. Biar lebih sehat, mungkin lari pagi bisa dijadikan alternatif.

Sekian tips-tips liburan hemat ala Melissa. Buat yang liburannya ke luar kota atau luar negeri, ditunggu oleh-olehnya loh, hahahaha. Selamat berlibur.

Tulisan ini juga bisa dibaca di komikmuda.com

6 comments:

  1. ditunggu putu2 wakakakak... :) happy holiday

    ReplyDelete
  2. yang paling berat itu yg ngga ada mba :P nyapu ngepel 1 lantai aja buset capek nya =)) tp lama2 untungnya tubuh udah bisa menyesuaikan :D

    Lumayan yak buat persiapan pas udah berkeluarga nanti :p itung2 latian :p

    ReplyDelete
  3. @pitshu : foto2 pasti siap hahaha...

    @angel : latian jadi emak2 ya jel hehehe... nyapu ngepel sih masih mending, yg paling berat buat gua tuh nyuci baju hahaha...

    ReplyDelete
  4. Kurang 1: Muter2 Jakarta mpe dodol tanpa kena macet!! HOREEE!!

    ReplyDelete
  5. mumpung jalan kosong, main2 n nyari makanan ke gading dong mel :)) kan ga macet tuhh. kl gue akan melakukan sebaliknya, ngesot sampe jkt barat =))

    ReplyDelete
  6. @leony : hahahaha, kapan lagi ya keliling jakarta tanpa bermacet2 ria...

    @epi : itu uda pasti pi hahaha. tiap kali lebaran, gua ke gading dengan sukacita hahaha...

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...