10 November 2015

Zzzzzzz!

Kemaren Jayden berusia 13 bulan. Kali ini gua bukan mau update perkembangannya dia, tapi mau cerita tentang tidur.

Jayden tuh dari bayi tidurnya selalu pake nyusu, apalagi kalo malem dan ada gua di rumah. Jadi keterusan ampe sekarang. Salah gua sih, membiarkan dia nyusu ampe ketiduran gitu. Abis nidurin dia susah bener. Mau gendong-gendong, gua takut kebiasaan. Akhirnya ya pake nyusu. Kalo kata temen gua, nenen itu obat tidur paling mujarab buat bayi, hahaha. Bener banget!

Selain nyusu sampe ketiduran, salah satu kebiasaan dia adalah minta nyusu di tengah-tengah tidur. Jayden tidurnya uda teratur, dan bangunnya juga uda teratur, cuma selama tidur itu suka nangis sekitar 3-4 kali buat nyusu. Sekali lagi ini juga gara-gara waktu bayi, kalo dia nangis pas tidur, salah satu cara bikin dia diem ya sumpel nenen, hehehe. Dulu gua pikir dia nangis karena laper. Ya wajar dong, namanya juga ibu baru yang di otaknya selalu mikir kalo bayi harus nyusu tiap 2-3 jam.

Lalu pas Jayden umur 6 bulan, gua pikir dia bakal bisa sleep through the night tanpa minta-minta susu lagi. Karena gua pernah baca, begitu bayi memasuki masa MPASI, dia bisa tidur ampe pagi tanpa nyusu. Tapi tidak berlaku buat Jayden, dia tetep aja minta susu ampe sekarang. Waktu dia mulai gigit-gigit puting, gua sempet diemin pas dia nangis malem-malem karena saking keselnya digigit, eh besokannya gua malah nyesel. Jadi kalo dia nangis ya mau ga mau gua sumpel lagi, hehehe.

Waktu itu gua pikir Jayden belom 1 tahun. Di bawah 1 tahun kan ASI masih jadi kebutuhan utama, jadi ya gua biarinin aja. Sekarang Jayden uda 1 tahun. Kalo uda 1 tahun kan asupan utamanya uda bukan dari ASI lagi, melainkan dari makanan. ASI-nya sih tetep, cuma kadarnya 30% doang. Nah, pikir mau gua mulai latih supaya Jayden bisa tidur tanpa nyusu.

Biasanya ritual tidurnya Jayden tuh gini : ganti piyama - merangkak kesana kemari - main sama mami - nyusu - guling-gulingan - berdoa - nyusu sampe ketiduran. Beberapa hari ini ritualnya gua ubah sedikit, jadi : ganti piyama - merangkak kesana kemari - main sama mami - nyusu - guling-gulingan ampe tidur sendiri. Tentu ga semudah itu. Gua pake taktik, guanya ikut tidur. Jadi gua namakan metode ini dengan metode "mami pura-pura tidur" hahaha.

Awalnya dia emang sempet nangis sambil tarik-tarik baju, tapi gua diemin. Trus dia mulai kiss-kiss muka mami, kadang maminya luluh trus melek lagi dan kasih nenen, tapi kadang gua menguatkan iman, hahaha. Seminggu ini uda mulai berhasil sih. Dia bisa tidur sendiri tanpa pake nyusu. Tapi itu semua bisa dilakukan kalo di kamar cuma ada gua dan Jayden. Kalo ada papinya mah susah. Anaknya baru nempelin kepala ke muka bapaknya aja dia uda luluh, ga jadi tidur deh, hahaha.

Nah, tinggal minta-minta nyusu ini nih yang gua ga ngerti gimana cara berentiinnya. Ada beberapa yang bilang kasih air putih. Gua bingung gimana ngasihnya. Anaknya sekarang uda ga mau minum pake dot, maunya pake gelas atau sedotan. Mungkin ga kasih minum pake sedotan sambil tiduran? Hehehe. Tapi setelah gua pikir-pikir lagi, biarin aja deh dia minta-minta nyusu. Toh nanti gua akan kangen dengan moment-moment kayak gini. Lagian gua juga uda komit untuk tetep ngasih ASI selama dia minta. Gua berasa banget sih, biarpun gua kerja, tapi Jayden tetep lebih nempel sama gua ketimbang anggota keluarga yang lain. Dan gua meyakini itu semua berkat ASI, hehehe.

Lagipula sejak umur 1 tahun, jeda minta susunya uda ga sesering dulu. Sekarang paling 2 kali nangis buat minta nyusu. Bukan nyusu sih, lebih tepatnya nyariin maminya, hahaha.

Bobo sendiri tanpa nenen.

23 comments:

  1. thanks for sharing Mel, jadi masukan ilmu buat gue ni caranya, hehehehe :)

    mel, gue setuju c yang lo blg selama Jayden minta nenen ya kasi aja krn nantinya ada masa Jayden ga minta lagi en qta bakal kangen sama masa2 itu. mgkn sembari tetep dipraktekin aja Mel "mami pura2 tidur" itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dan komit gua emang selama dia minta ya gua bakal kasih hehehe...

      Delete
  2. thanks for sharing Mel, jadi masukan ilmu buat gue ni caranya, hehehehe :)

    mel, gue setuju c yang lo blg selama Jayden minta nenen ya kasi aja krn nantinya ada masa Jayden ga minta lagi en qta bakal kangen sama masa2 itu. mgkn sembari tetep dipraktekin aja Mel "mami pura2 tidur" itu :)

    ReplyDelete
  3. emang kalo udah kebiasaan rada susah emang nyetopnya. sama kejadiannya sama andrew. sampe 2 th lebih dia nenen gak bisa lepas. pas 1 setengah taun lebih pernah kita coba nyapih tapi nangis2 gak karuan sampe kita gak tega. akhirnya lepas nya terpaksa karena esther kena tipus dan masuk RS. plus udah 2 th lebih jadi lebih bisa diomongin kali ya. jadi akhirnya nyapih. dan setelah nyapih baru bisa sleep through the night tuh.

    pas emma kita learned the mistake jadi dari bayi udah dikenalin pake botol (ASIP) gak selalu nenen langsung. jadi gampang nyapihnya. setelah umur 13 bulan, brenti nenen sendiri. tapi.... bukan berarti selesai urusan. nyapih nenen sih gampang., nyapih minum susu dari botol yang susah. karena once again, kebiasaan tidur pake minum susu dari botol. sampe sekarang nih (udh 4.5 th!) masih tidur nya minum susu dari botol. kalo malem rata2 masih minta susu lagi sekali. tapi at least jadi gak selalu esther yang mesti ngasih, gua bisa ngasih juga. dan abis minum ya tidur lagi. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga uda dibiasain pake botol malah sejak dia pulang ke rumah... cuma ga ngerti belakangan uda ga mau pake botol lagi hehehe... dokternya emang bilang nyapih dari botol lebih susah daripada nyapih payudara hehehehe...

      Delete
  4. Cheryl dulu dari 8 bulan kalo malem bangun, gw kasih aer putih di gelas yg tutupnya mancung itu (gatau namanya hehehe) jadi emang udah sleep throught the night dr umur 9 bulan. Kalo nyapih, pas mulai mpasi anaknya udah ga gitu nyariin nenen lagi. Ada nenen ok, ga ada juga ok, jd pas setaun gw stop deh. Pertamanya dr 10 bulan dikurangi dr yang biasa 10x nenen, jadi 7x. Terus jd 5x, 3x. Sampe stop. Tp mungkin jg krn anaknya tipe yang doyan tidur haha, ntr anak kedua belum tentu bisa sama sih hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya anak cewe lebih mandiri deh daripada cowo... cowo emang lebih manja ke maminya...

      Delete
  5. Kalau kayak gini obatnya ya lu coba jangan co-sleeping, malah kalau perlu coba di ruangan berbeda dari anak lu. Kenapa dia masih nyari nenen kan karena aksesnya sangat mudah. Coba kalo aksesnya susah, lama-lama dia cape sendiri hehehe. Si Abby sleep through udah dari umur 6 bulanan (itu masih bangun di pukul 5 pagi kira-kira, tapi tetep gue ga nenenin). Kalau di atas setahun mah malah bangunnnya udah siang dan nyenyak banget.

    If you think the solution is: Ya udah gak apa nanti ud gede jg ga minta nenen, itu artinya lu gak solve the problem, tp accepting it hehehe. Ya kalau udah accept berarti you take the risk bakalan lama lepasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di ruangan berbeda susah karena kondisi dan situasi ga memungkinkan hahaha... lagian gua juga uda komit bakal nyusuin dia selama dia minta... lepasinnya nanti pengen gua cobain metode weaning with love hehehe...

      Delete
  6. tos mel.. gue juga sumpelin nenen waktu bangun di tengah malam dan co sleeping trus sampe sekarang anak gue yang kedua 10 bulan.. hihi.. habisnya cape n ngantuk.. lol..

    ReplyDelete
  7. bener kak mel nenen itu obat tidur paling mujarab hahaha.. mungkin udah bisa dicoba sleep training ke jayden kak mel, metode mami pura - pura tidur kayanya bagus jg tuh hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. metode mami pura2 tidur ga selalu berhasil sih, tapi so far lumayan bisa bobo tanpa nenen hehehe...

      Delete
  8. Kalo menurut gue sih liat cue-nya Jayden aja. Dia yang akan nunjukkin tanda-tanda kapan mestinya dia harus disapih.

    Kalo kayak Madeline, gue merasa dia sudah bisa disapih karena dia menyusu kalo lagi mau tidur aja sama kalo bangun malem. Kalo siang dia nggak nyari sama sekali kecuali ditawarin. Berarti kan memang dia udah nggak perlu dong? Cuma mau comfort aja.

    Yang pertama kali gue sapih adalah pas bangun malem, karena somewhat easier. Kalo bangun malem gue gak kasih nenen tapi gue kasih air putih. Karena dia emang nggak doyan dot, ya pake botol minum aja yang anti spill. Setelah itu berhasil baru deh menyapih yang sebelum bobo. Yang ini tentu saja pake air mata, dan dibutuhkan bantuan Diaz & nanny-nya. Jadi selama 3 hari Madeline nggak ditidurin sama gue, tapi ditidurin sama Diaz/nanny. Nangis-nangis dan drama? Tentu saja, tapi harus ditegain. Akhirnya malam ke-4 tidur sama gue udah nggak pake nenen lagi.

    Kalo lo masih belum rela nyapih, ya gpp. Terusin aja. Karena nyapih juga perlu kerelaan si ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua sih ga mau nyapih, cuma pengen coba dia tidur tanpa nenen... kalo yang masalah dia bangun tengah malem minta nenen uda gua biarinin aja... toh gua juga kan kerja, ketemu dia ga selalu 24 jam... sapihnya nanti aja kalo uda 2 taon hehehe...

      Delete
    2. Kalo lo masih belum rela nyapih, ya gpp. Terusin aja. Karena nyapih juga perlu kerelaan si ibu. ---> ini betulll banget! pokoknya klo nyapih tu harus uda tekad bulat 100%, klo stengah2 banyakan gagalnya

      Nah kaya gw ini sama james (25 bulan), sampe skarang aja blom berhasil nyapih kok hahahaha. Sama kaya madeline juga, sebenernya dia gaperna nyari nenen kok selaen kalo mau tidur n bangun tengah malam, jadi buat comfort ke maminya. Dan somehow gw juga ngrasa baby cowo tu emg lbi manja ke maminya.

      Kalo gw blm berhasil nyapih krn gw masi krg tekad n masi males. klo malem dia ngrengek gw stengah sadar lgs kasi nenen. Klo gw nti dah niat bulat, tiap dia bangun hrs gendongin n kasi aer putih :D Tunggu niat gw bulat dulu deh :P :D

      Delete
  9. Mirip nih situasi nya ama g dan baby K sekarang, kl dia tau ada g di rumah, pasti minta tidur bareng gue. Tapi sebenarnya bisa tidur dgn digendong2 sama suami, tapi lama dan drama. Malem masih bangun sekali dua kali buat minum susu. Skg g udah gak nyusuin mlm lagi, soalnya....g cape. Hahahaha... Gara gara sekali kebablasan tidur (suami yg bangun kasih formula). Kl nyusu mlm sama g, bangun nya bisa 2-3 kali. Jadi sebenarnya g perlu nyapih dari menyusu dan gendong gendong ahahahhaa..
    Oh, g pernah nyoba juga tuh "mami pura pura tidur", gagal sayangnya...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gua jarang banget tidurin sambil gendong2... emang ga mau dibiasain, soalnya makin lama kan makin berat hehehehe...

      Delete
  10. Anak temanku umur 2 thn masih nenen, pdhl asi nya sdh ga banyak. Anak2 pengen cari nyaman buat bisa tidur makanya gak bisa lepas dr nenen. Jd temanku ini kasih plester ke puting susunya, bilang ke anaknya habis dr dokter, mami sakit gak bisa kasih nenen lagi, berhasil hehe :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku masih mau nenenin dia ampe nanti dua taon... makanya aku biarinin aja dia minta nyusu tengah malem juga hehehe... disapihnya nanti aja kalo uda dua taon...

      Delete
  11. Hihihi.. masalahnya sama Mel, jadi ga bisa ngasih masukan. Gue juga masih bangun2 terus karena ada anak kecil yang desel2 minta nenen. Sempet satu malem gue lagi capek banget si Jo minta nyusunya keterlaluan, akhirnya gue tegur, eh anaknya nurut. Tapi (teteup) namanya emak2 gampang kesian sama anak, kalo dia minta nenen malem-malem balik lagi gue kasih sih. Asal ga tiap satu jam sekali aja.. LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu payudaraku sakit karena digigit juga aku diemin pas dia minta nyusu, cuma besokannya aku agak nyesel... masih belom tega hahaha... iya, untung ga 1 jam sekali, sekarang jedanya uda agak lamaan sih hehehehe...

      Delete
  12. Kalau dulu ade gw terpaksa nyapih krn nyokap sakit, tp pas dia udah 1,7 bulan juga sih. Itu puting diolesin obat diare yg item2, alhasil ilfil si ade ga mau lagi :D

    Semangat ya Mel, skrg masih nyimak aja gw :p

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.