03 January 2014

Pulang Kampung Di Akhir Tahun

Seperti yang pernah gua tulis sebelumnya, karena si suami bukan orang Jakarta asli, kita jadi punya ritual pulang kampung. Si suami ini murni orang daerah tulen. Dalam artian, ga ada darah Jakarta sedikit pun, bahkan punya keluarga disini juga engga, hahaha. Ada sih, tapi ga deket-deket amat. Jadi dia bener-bener perantauan yang berhasil melabuhkan hatinya sama orang Jakarta *tsah*

Ini merupakan kali kedua gua berkunjung ke kampung suami di Banyumas. Dulu pertama kali kesana waktu masih jaman pacaran. Kunjungan kali ini jelas berbeda dari kunjungan sebelumnya. Kali ini, gua "pulang" untuk menemui keluarga baru gua, sekaligus mengadakan pesta kecil-kecilan disana, dalam rangka ngenalin gua sebagai istrinya Seno sama temen-temen dan keluarga disana. Niatnya sih kecil-kecilan, tapi yang namanya orang tua bangga, jadinya gede-gedean, hahaha. Tapi tetep pestanya di rumah koq, dan cuma ngundang warga kampung sekitar yang ternyata jumlahnya lumayan banyak. Untung cateringnya masih sisa banyak.

Kalo sebelumnya gua diajak muter-muter kesana kemari, kali ini cuma main-main di sekitar Banyumas aja. Sempet ke Purwokerto juga di hari ketiga, tapi cuma mampir ke mallnya sebentar.

Banyumas itu kota kecil. Dibilang kota banget, ga juga, karena kotanya sendiri ga gitu rame. Jalanannya sepi banget, mau guling-gulingan juga bisa. Hampir sama kayak jalanan di Jakarta waktu lebaran, hahaha. Tapi dibilang desa banget juga engga. Cuma hiburannya ga gitu banyak. Kebetulan pas gua dateng pas lagi ada pasar malam yang mirip kayak di film-film, hahaha. Satu-satunya hiburan itu kudu ke Purwokerto dulu yang waktu tempuhnya kira-kira 1 jam.

Kita berangkat tanggal 25 Desember pk 20.30. Jadi bubar pelayanan sore di gereja, langsung capcus ke stasiun Senen. Yup, kita kesananya naik kereta. Nyampe Purwokerto sekitar jam setengah 2 kalo ga salah, dan langsung dijemput bapak dan ibu mertua. Pulangnya tanggal 29 Desember pk 19.30 dan nyampe Gambir juga sekitar jam 2an. Jadi kalo mau ke Banyumas, kudu naik kereta, turun di Purwokerto. Bisa sih naik pesawat ke Jogja dulu, trus naik kereta lagi ke Purwokerto, tapi kan samimawon ya.

Stasiun Purwokerto.

Highlight trip kali ini, uda pasti makan-makan dong. Ini makanan yang dimakan selama gua disana.

Mie Kremes
MIenya itu mie biasa, cuma spesial di kremesnya aja. Kremesnya itu kayak dari sisa-sisa ayam kremes yang dipadetin. Kremesnya enak. Kriuk-kriuk renyah.

Mie Ayam
Ini mie pesenannya si suami. Untuk urusan mie, harus gua akuin Jakarta lebih punya banyak mie enak. Tapi kata si suami, ada mie satu lagi yang enak, cuma kita ga sempet kesana.

Baso-baso disini rata-rata pada pake mie ketimbang bihun. Buat gua yang uda terbiasa makan baso pake bihun, rasanya agak sedikit aneh sih. Tapi basonya enak banget.

Mendoan
Ada yang tau mendoan? Mendoan ini tempe berbumbu yang ga gitu garing. Menurut si suami, mendoan yang paling terkenal itu mendoan Banyumas. Bisa jadi sih. Soalnya sebelum pacaran, gua ga tau mendoan itu apaan, hahaha. Dan makan mendoan itu bikin nagih, ga bisa berenti makannya. Kapan-kapan minta resep bikin mendoan ah dari ibu mertua. Kapan-kapan. Kalo niatnya uda terkumpul, hahaha.

Tahu Kupat "Mbah Jawi"
Warung ini terkenal karena keunikannya. Dimana-mana orang jualan kan masaknya pasti menghadap ke jalan. Yang ini beda, yang masak menghadap ke tembok semua. Jadi mereka kayak mantatin jalanan. Dan herannya...rame. Waktu kita dateng aja ramenya seamit-amit, ampe kita duduk makan di luar.

Penjual disisi sebelah kanan, sementara pembeli disisi sebelah kiri.

Masaknya pake arang. Menurut si suami, dari jaman dia masih kecil, tempat ini ga pernah berubah dan ga pernah direnovasi.

Kupat Tahu
Dan ini memang enak. Pantesan rame. Kuahnya itu mirip-mirip kayak bumbu ketoprak yang dikuahin. Makan panas-panasan juga rela dah, hahaha.

Soto Banyumas
Nah...ini dia top of food dari kuliler gua kali ini. Soto-sotonya endang bambang semua. Isinya juga unik. Kuahnya dicampur sama bumbu kacang, trus pake kupat, dan kecambah. Rasanya....nendang banget. Saking nagihnya ama ini soto, di hari terakhir sebelum pulang, gua makan soto lagi untuk keempat kalinya, hahaha. Dari semua soto, yang paling enak itu yang difoto diatas, di Soto Gareng. Kuahnya amat sangat menggugah selera. Gua ga tau apakah ada yang jual Soto Banyumas di Jakarta, yang jelas selama gua muter-muter Jakarta, ga pernah nemu soto ini, huhuhu. 

Selain ini masih ada roti bakar yang rotinya tuh tebel-tebel banget. Cuma ada di kamera HP dan males mindahin ke komputer, hahaha.

Highlight lainnya tentu mengunjungi toko batik yang letaknya persis di sebelah rumah mertua. Batik-batik ini yang suka dibawa si suami, dan gua jualin. Tempatnya gede banget. Batiknya juga bagus-bagus.

Selain jual bahan, mereka jual baju jadi juga. Ada jual tas, bantal, baju tidur, dll.

Batik tulis yang dijual seharga 1jt-3jt. Mahal bener yak. Tapi emang cakep-cakep sih, hehehe.

Cantik banget ya.

Disini gua beli banyak bahan batik buat dijual-jualin lagi, trus beli bantal kecil, dan beli kaos. Sementara si suami beli bahan dan langsung dibuatin kemeja, sama beli kaos juga buat oleh-oleh. Banyak banget nih borongannya, hahaha.

Yang nyenengin lagi di Banyumas, bisa main sama keponakan-keponakannya suami yang lucu-lucu dan unyu-unyu.

Gemesin semua *cubit cubit*

Bersama ibu mertua tercinta *abaikan gua yang makin bulet* *belom, belom hamil koq*

Relax banget disana. Setelah penat dengan hiruk pikuk kota Jakarta, ke Banyumas jadi berasa kayak refreshing. Apalagi, hawa liburannya berasa banget, bawaannya ngantuk mulu, hahaha. Ini mah guanya aja yang kebo.

Jadi sekarang...gua resmi punya kampung. Horeeee!

42 comments:

  1. Replies
    1. iya mba, cuma yg dipajang itu mahal2 semua hehehehe...

      Delete
  2. Iya Mel, batiknya keren-keren abiss.. Ngiler lihatnya.. Lebih ngiler dibanding lihat makanannya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... emang batiknya kece2 kak.. harganya juga kece :D

      Delete
  3. Mel... mana acara perkenalan menantu baru ke orang sekampungnyaaaa?? Gue kan mau liyaaattt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu disimpen buat konsumsi pribadi aja le hehehehe...

      Delete
  4. serukaan punya kampung, rasanya kalau mudik ke tempat mertua itu nyenengin banget heheheheh
    btw, samaan sama mas Dani jadi mupeng liat batik2nya... tapi mahal bener yak bisa sampai 3jt gitu..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru... nyenengin banget deh bisa mudik hehehehe...

      karena itu batik tulis jadi harganya ya mahal2 semua hahahaha...

      Delete
  5. Makanannya bikin ngilerrrrrrrr mel.. *ngeces*

    ReplyDelete
  6. Gak disangka makanan-makanannya enak-enak ya Mel, kan kalau di sini kurang kedengaran gaung makanan Banyumas. Boleh mikir usaha buka cabang soto endang bambang itu, gua daftar jadi pelanggannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, disini masakan banyumas ga gitu rame... dulu pernah ada temen yg buka, cuma ga tahan lama hahahaha... pilihan soto di jkt banyak sih, jadi kompetitornya banyak..

      Delete
  7. nanti lebaran pulang kampung lagi donk Mel? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebaran biasanya ga ci, menikmati jkt yang sepi aja hehehehe... lagian kalo lebaran, suka keabisan tiket...

      Delete
  8. Mie Kremesny bikin ngiler hahaha gw ndk tahan ma makanan yg ada bau2 kremesan....wah wah jualan batikny lanjut lagi donk, maoo donk mel secara batikny kece kece deh hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kremesnya emang bikin nagih mir hahahaha... nanti dilanjutin koq batiknya, tenang aja :D

      Delete
  9. soto nya kayanya enak bgt yah Mel? baca makanan mulu kayanya mulut gue ngecap2 hahaha

    ReplyDelete
  10. Batiknya keren! Makanannya keliatan enak-enak semua! Dan keponakannya Seno lucu-lucu!

    Berasa kaya nggak Mel di Banyumas? Gue kalo di Semarang berasa kaya banget, soalnya semuanya murah-murah hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa kaya jel... disono juga murah2 semua hahahaha..

      Delete
  11. Mel, met natal n taun baru yaaa :) BTW ponakan Seno yg cewe kok mirip elo ya? jodoh kah? uheuheuheuheuh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. met natal n tahun baru ren :)

      mungkin sipitnya sama hahahahaha...

      Delete
  12. gua inget muka keponakan seno pas di kawinan elo mel, kan gua berdiri di sebelah kiri jalan jadi jelas banget apalagi keponakan yg cewe, hahaha gua selalu pay attention ke anak cewe.

    asyiknya yang punya kampung sekarang secara gua dan franky sama-sama dari jakarta, ada ama di medan tapi nga setiap tahun gua pulang medan.

    kalo bakmi emang paling enak di jakarta mel, segala jenis mie juga ada. hahaha. barusan aja gua makan bakmi boss di muara karang
    nga ada yang tanya kan? hahaha

    soto banyumas? nga pernah coba tapi kalo mendoan, franky doyan banget. Nyokap gua suka bikin, gampang mel bikinnya? jangan percaya sama gua yah, gua nga pernah masak soalnya, hihihi.

    happy new year 2014 for melissa dan seno.

    untuk melissa sohib drakor gua, iya drakor racun no 1, racun no 2 nya apa ayo? makan pastinya, pilih lebih racun mana drakor apa makan ayo? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ci, bikin anak cewe hehehehe...

      iya ci, kalo mie emang enakan di jkt... pilihannya dan rasanya banyak... mie muara karang itu mie apa ci? hahahaha... kemaren aku jg abis makan mie di deket rumah, enaaakkk...

      buat yg jago masak pasti gampang bikin mendoan, tapi kalo kayak aku...mungkin butuh berjam2 hahaha...

      happy new year juga ci :)

      racun no 2 nya makanan hahahaha... bikin kantong bolong kalo sering2 :D

      Delete
  13. wih jauh juga ya mel...ke yogya dulu jauh, ke purwokerto juga jauh..hahahha, tapi yang penting sekarang jadi punya kampung dong yaaa....bener tuh batiknya bagus2 yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalo naik pesawat ci... kalo naik kereta, cuma ke purwokerto doang hehehe...

      Delete
  14. pitshu itungannya ga punya kampung juga sih, kampung na karawang bisa polang kapan aja. nah Buled dia sih lahir JKT hahaha.. tapi mertua yang kampung na di Surabaya Kediri, dan kemarin pertama kali na ke Kediri, g suka rawon na hahahah~
    Happy Nu Yer ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah ke surabaya, tapi ga pernah ke kediri hehehehe...

      happy new year juga pit :)

      Delete
  15. lho masa lu gak tau tempe mendoan mel? si esther tau tuh.. malah dia doyan... :D

    gua baru tau ada soto banyumas... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5,5 tahun yg lalu aku ga tau ko hahahaha... tapi sekarang uda tau :D

      Delete
  16. Hihihi... Mantep banget disana kulineran mulu tuh... *Tergiur juga sama sotonya*
    Gw tao mendoan dari temen gw, *Klo di tanjung duren gak ad yang jual sih keknya * ituh tapi tempe mendoan *Sama kan yah?* HohoHo... Enak sih, tapiiiii kalau yang di jakarta itu minyaknya astaga naga, nempel sama mendoannya, serem juga makan mendoan sama minyak... Hueh...

    Ayo mel, klo udah dapet resepnya dibagiii-bagii... Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom pernah makan mendoan di jkt... kalo yg goreng abang2, mesti minyaknya banyak banget...

      semoga niatnya kekumpul ya hahahaha...

      Delete
  17. gw punya baju yang sama #komenpenting

    ReplyDelete
  18. jadi kangen mel pulang kampung...hahahaha...
    kulineran di daerah jawa enak dah, masih murah-murah dan puas....

    iyak batiknya emang cakep-cakep banget yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener vir... makanannya murah2 semua hahahaha...

      Delete
  19. asyik dong sekarang yah mba mel ada kegiatan rutin pulang kampung tiap tahun hihihi..

    duh..ngeliat makanannya jadi ngiler, trus batiknya juga cakep2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an bisa rutin pulang kampung tiap taon ya hehehehe...

      Delete
  20. Seruuu bangett pulkam nyaaa :D Makanan2nyua juga..

    Btw, kok ga ada foto ngunduh mantu nya? ehh bener ga yah namanya itu? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu disimpen buat konsumsi pribadi aja py hehehehe...

      Delete
  21. Seru bangettt mel! Masak pake arang pula! =)
    Iya emang kita sebagai orang jakarta kagak punya kampung jadi pasti lo seneng yah skrg bisa ada acara "pulang kampung" hihihi =)
    Anyway lo makin bulet krn bahagia tuuuh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya may, seneng banget bisa pulang kampung gitu hahaha... malah jadinya gua agak2 norak hahaha...

      bisa jadi, bulet karena bahagia hahaha..

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...