02 June 2014

Wisata Kuliner Di Bogor Part 2

Mari kita lanjutkan cerita makan-makan jalan-jalan di Bogor. Buat yang belom baca part 1 nya, bisa dibaca di sini.

Dari Taman Kencana, kami langsung menuju ke Surya Kencana (Surken), daerah yang terkenal menjual berbagai aneka macam makanan. Dan selama ke Bogor bareng bokap nyokap, gua cuma taunya Surken doang, hahaha. Jeleknya disini, nyari parkirnya susah. Untung kemaren kami dapet parkir yang lumayan enak.

Pemberhentian pertama adalah soto mie. Kalo bareng bokap nyokap, gua cuma taunya Soto Mie Ciseng. Cuma kata nyokap, soto mie itu uda ga enak. Yang lebih enak sekarang Soto Mie Agih. Dan karena perbendaharaan soto mie gua rada kurang, selama ini gua pikir soto mie yang mereka maksud adalah soto mie khas Bogor. Tapi begitu ngeliat plangnya, koq asal Sukabumi, hahaha.


Ternyata soto mie khas Bogor itu soto mie kuning. Tapi berhubung nyokap gua nitip Soto Mie Agih buat dibawa pulang, jadinya kami tetep makan disini, hehehe. Dan tempatnya emang rame banget. Biarpun rame, pelayanannya lumayan cepet. 

Soto Mie
30.000 IDR
Porsinya banyak banget. Saking banyaknya, gua yang lagi hamil aja bisa share berdua. Kalo yang porsi makannya secuprit, mungkin malah bisa dibagi tiga. Rasanya endang bambang gulindang. Kuahnya gurih banget karena pake tulang babi. Mienya banyak dan enak. Bakutnya juga haoce banget. Pantes nyokap gua ampe ngidam-ngidam suruh gua bungkus bawa pulang.

Cuaca panas, minum es cincau jadi bikin seger. Tapi gua ga berani banyak-banyak, soalnya manis, hahaha.

Tadinya kami masih mau makan soto mie kuning, tapi soto mie yang katanya terkenal itu belom buka. Dan ketika uda buka, kami uda keburu kenyang duluan. Kapan-kapan deh kalo ke Bogor lagi, cobain soto mie khas Bogor asli.

Dari Soto Mie Agih, kami beranjak ke sebelahnya, yaitu Ngo Hiang. Rasanya kalo ke Bogor ga makan Ngo Hiang itu bukan ke Bogor namanya, hahaha. Dan emang pas dari kapan planning ke Bogor, gua uda ngiler-ngiler membayangkan enaknya makan Ngo Hiang, hahaha. 

Ngo Hiang, I'm coming! 

Harganya gua lupa, hehehe. Maap ya. 
Rasanya sungguh amat sangat enak sekali. Ngohiangnya digoreng ampe garing. Daging babinya juga berasa banget. Dan bumbunya manis-manis enak. Pokoknya kalo ke Bogor wajib deh makan ini. Dagingnya juga bisa diganti pake daging ayam koq.

Abis makan Ngo Hiang, kami jalan kaki menelusuri Surken sambil liat-liat apalagi yang bisa dimakan. Lalu kami ketemu sama ini...

Te sate...

1 tusuk 2.000 IDR saja.
Karena dagingnya abis, jadi kami beli kulit dan usus. Apapun jenisnya, asal semua berasal dari babi, pasti enak punya, hahaha. Demikian juga dengan sate ini, rasanya enaaaaaaakkk banget. Kulitnya kenyal-kenyal gimana gitu. Ususnya juga enak.

Sebelum ada yang komen "Mel, koq lu masih berani makan sate?" biar gua jelaskan dulu. Waktu order, gua uda pesen ama abangnya supaya dibakar ampe mateng. Terus ga takut kotor karena ini makanan pinggir jalan? Ya sekali-kali mah gpp deh. Toh anak gua juga harus sekali-kali harus nyobain makanan abang-abang, hahaha. Lagipula, sate sebanyak itu kan ga gua makan sendiri, kami makan rame-rame koq. 

Sambil nunggu sate mateng, foto dulu rame-rame, hahaha.

Abis makan, kami beli toge goreng. Niat awalnya beli bungkus bawa pulang karena bokap gua nitip toge goreng. Tapi pada akhirnya, kami pun tergoda buat makan langsung, hahaha.

Toge Goreng
17.000 IDR
Ini juga order satu porsi buat dimakan rame-rame. Emang ga afdol sih kalo ke Bogor ga makan toge goreng, hahaha. Rasanya seperti biasa...enak banget. 

Dan sebagai makanan penutup, kami beli...

Martabak!
Entah harganya berapa, karena ini si teman yang beli. Dia beli karena pas ngeliat, martabak ini dimasak diatas arang. Biasanya, makanan yang dimasak pake arang itu enak. Dan ini martabak larisnya minta ampun. Rasanya gimana? Lumayan sih, tapi ga terlalu special banget.

Setelah perut kenyang, kami pun pergi meninggalkan Surken. Sebelum pulang, mampir dulu beli asinan. Tadinya mau beli roti unyil juga, cuma ujan. Lagian gua pikir uda bawa pulang lapis talas, jadi ya udahlah. Kebanyakan makanan juga nanti percuma. Akhirnya kami pulang deh. Waktu mau jalan ke tolnya sempet kena macet, apalagi ujannya lumayan deras. Tapi begitu masuk tol, jalanannya lancar jaya.

Selesai sudah wisata kulinernya. Nyampe Jakarta kira-kira jam 8 malem dengan tangan penuh tentengan, hahaha. Si suami geleng-geleng kepala doang ngeliatnya. Mudah-mudahan kalo nanti ke Bogor lagi, si suami bisa ikut.

52 comments:

  1. Gw bener2 kebantu bgt sm postingan u yg ini mel. Abis clueless kl ke bogor harus kemana & wiskul dimana. Sekali2 nya ke bogor, eh cm mampir ke jungle doang. Itu jg udh beberapa thn yg lalu.
    duh, liat postingan ini pas malem2..jadi lapeeerrr. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua malah belom pernah ke jungle... pengen kesana uda keburu tekdung duluan hahahaha...

      Delete
  2. pertanyaannya Mel, itu makan marathon nggak begah yah hahahaha kaya non stop gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan 1 porsi dibagi berlima ci, jadi ga begah amat... ya paling kenyang pas terakhir makan martabak hehehe...

      Delete
  3. Ngohyang 27 rb yg isi kentang, tahu ama daging.
    Sotomie bogor kuning? Soto daging kuning kali...
    Soto mie bgr mah bening...

    Hmmm martabak beli yg d belokan sebrang indomaret yang jual ncek2 bukan?

    Dia kategori martabak enak dan murah. Topping ga pelit lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren beli ngohiangnya doang... kayaknya diatas 30rb tp lupa pasnya berapa...

      entah soto mie ato soto daging... temen2ku bilangnya soto mie kuning, aku pikir mienya pake mie kuning hahahaha... perbendaharaan soto aku emang kurang... hahaha...

      lupa di sebrang indomaret apa bukan, tapi yg jual emang ncek2... cuma pas kemaren dimakan rasanya biasa aja sih...

      Delete
    2. Emg pake mi kuning sih...

      Yah emg martabaknya nothing special but okay lah...

      Ayo ke bgr lg, ntar ketemuan wkwkkwkw

      Delete
    3. yuk... ntar kalo ke bogor lagi tak kabarin ya *ngarep ditraktir* hahahaha...

      Delete
    4. Yupppp. Hahhahahahah ud bosen jg sih kadang. Tp klo pas stay d jkt pasti pengenn

      Ayuk atuhhhh

      Delete
    5. nanti dikabarin ya... dalam waktu dekat ini sih kayaknya engga hehehe...

      Delete
  4. Mel, Surya Kencana sama Taman kencana beda yah? Gw cuman tau daerah taman kencana yg ada si Macaroni panggang gt, lalu... SK banyak amat yg gak halal nya?? Soto mie enak kah pake babi?? gw kok gak kebayang gt rasanya, pengen yg halal aja... wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda jur... taman kencana itu yg ada tamannya hahaha... gua malah biasa taunya surya kencana doang hahaha...

      dirimu ga doyan babi ya? kalo soto mie agih rata2 haram semua, tapi ngohiangnya bisa dihalalin koq kalo mau...

      Delete
    2. Bedaaa enyakkkk. Kwkwkwkkwkw sini nginep... Tar jajan deh dr surken ujung ke ujungg

      Delete
    3. rumahmu di bogor ya? asik dong... banyak makanan enak hahahaha...

      Delete
  5. Aduh sate usus nya itu asli bikin ngiler mel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap ga bermaksud bikin ngiler ko hehehehe...

      Delete
  6. Di surya kencana itu emang surganya makanan mel, gw tiap kali nengok atai gw di bogor pasti kesitu, makannya apalagi kl bukan laksa bogor, soto mie sama tauge goreng.

    Kl ngohiang gw lebih suka yg dkt gedung dalem tp lupa namanya apa. Koq ga beli asinan gedong dalem mel sama didepannya ada asinan jagung bakar enak bgt sama sebelahnya asinan mangga muda jg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen gua juga bilang di sebelah sono ada ngohiang juga, tapi berhubung lebih deket dari soto mie agih, jadi makan ngohiang di sebelahnya hehehehe...

      asinan beli, tapi bukan di surken... lupa sih beli dimana hahaha... nyokap biasa beli di dalem gang gitu di surken cuma lupa persisnya dimana...

      Delete
  7. Gile lu makan sebanyak itu apa gak begah Mel dari part 1 sampe part 2? Hahahaha. Gue kalo ke bogor palingan makan Soto Mie Agih sama lumpia basah. Eh iya, elu belum ada lumpia basahnya ya. Kalau asinan itu yg terkenal di jalan Roda. Dari surken itu, sebelum tukang ngohyang dan tukang soto mie agih, lu belok kiri ke gang gitu, telusurin, nah di dalem itu ada rumah di pojokan jualan asinan. Sampe saat ini asinannya ga ada yang ngalahin. Asinannya agih dan asinan gedong dalem lewat semua! Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan 1 porsi dibagi berlima le, jadi nyicip dikit2 doang hehehe...

      lumpia basah rata2 pada ga doyan, jadi ga makan deh... asinannya di dalem gang ya? nyokap dulu beli disitu, cuma lupa persisnya dimana, jadi ga beli deh... eh beli asinan, tapi bukan di surken... belakangan nyokap uda ga mo beli asinan lagi, banyak pengawet katanya...

      Delete
    2. Yang pake pengawet itu asinan2 lain. Berasa bau obat kalau ngga dimakan beberapa hari. Kalau yang di gang di jalan Roda itu, gue ngga pernah ngerasa pake obat, makanya harus cepet2 dimakan, or else jadi kurang enak hehe.

      Mungkin lumpia basahnya dikira pake rebung kali, makanya langsung mikir ga doyan. Mestinya dicobain dulu hehe, soalnya enak banget. *Laper*

      Delete
    3. bahkan yg di dalem gang itu pun nyokap uda ga pernah beli... ato mungkin gangnya beda kali ya ama yg lu maksud hehehehe...

      yg gua tau rebungnya diganti bengkoang bukan? mereka uda pada pernah nyoba dan rata2 ga suka... kalo lumpia basah pake rebung juga gua doyan hahahaha...

      Delete
  8. ngiler sama sate dan ngohiangnya.. Iya mel.. sama kaya yang laen.. gak begah yah? hehehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngohiangnya paling juara deh hahahaha... engga dong, kan 1 porsi dibagi berlima, jadi nyicip dikit2 doang hehehe...

      Delete
  9. Aduh Meeeel...
    Ini emang bener2 wisata kuliner pisan yah judulnyaaaa...hihihi...

    Dan ternyata pembendaharaan dan ilmu per sotoanku masih sangat tidak memadai banget yah...hihihi...
    Tahunya cuma soto ayam aja palingan soto bandung yang bening dan pake lobak itu lho...belum pernah makan soto mie :)

    Yah,kalo menurutku juga ibu hamil mah bebas aja kok Mel makan apa aja asalkan jangan berlebihan ajaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bandung ga ada soto mie kak? di jakarta lumayan banyak soto mie, cuma kalo soto mie bogor itu emang mienya rada beda hehehe... perbendaharaan sotoku juga kurang hahahaa...

      Delete
  10. hai mel salam kenal.. itu sate babi nya emang bener-bener enak banget.. hahha.. aku juga kalo ke bogor suka makan nya di surken sana.. tapi lebih suka makan bakso yg depan indomaret, sama bakso bakar yang sebelah indomaret.. hahahha.. duh jadi pengen ke sana.. hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi tiana, salam kenal juga...

      wah, kemaren ga makan baso tuh... kapan ke bogor lagi cobain deh basonya hahahaha...

      Delete
  11. yahhh ampunnn...enak-enak semua ini sihhh....jadi kepengen pulkam nihh mel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk pulkam ci, nanti aku nitip ngohiang lagi hihihihi....

      Delete
  12. Beberapa kali ke bogor malah belum nyampe ke surkennya.. Emang mesti diplan kesana lagi nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru gua tiap ke bogor mesti ke surken mulu hahahaha...

      Delete
  13. aku lagi puasaaaa pas baca ini huhuhu *langsung kelaparan*

    ReplyDelete
  14. di siang nan gerah ini aku pun terngiler-ngiler liat foto2 makanan aduhaiiii... *lap iler* pengen cobain semuanyaaaa.. hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sodorin tissue* hehehehe... hayo dicoba... semuanya enak2 loh...

      Delete
  15. Eh kenapa kunjungan ke blog ini pas siang2 lagi laper2nya #aduh.
    Btw kayaknya emang sedap tuh :9

    ReplyDelete
  16. wah lu kurang 1 tempat di surken. ada nasi goreng yg terkenal disitu, tapi gua jarang pesen nasgornya, seringan sate sum2 nya. Enak cekaliii *ngeces* jualannya sore & cepet bgt abis nya :(
    btw gua masih demen ciseng hahaha. yg agih gw belom tes sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kesana lagi cobain nasi gorengnya deh hehehehe... kemaren pas uda sore pas uda keburu kenyang duluan ama martabak, jadi langsung berakhir deh wiskulnya hehehe...

      seinget gua terakhir ke bogor cobain ciseng juga dan masih enak... tapi nyokap bilang skrg uda ga enak... lebih enak agih... jadi ya kemaren ke agih deh...

      Delete
  17. Mel, itu soto mie nya isi babi semua ya ga ada sapi nya? Gue pgn bgt mkn soto mie tp rata2 isi sapi huhuhu jd ga bs mkn deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. babi semua pi... gua ga tau kalo soto daging kuning aslinya pake sapi apa engga, tapi si agih ini haram semua...

      Delete
  18. ya ampun salah banget nih siang2 mampir kesini, padahal baru kelar makan siang sejam yg lalu tapi isi postingan ini sungguh menggoda sekali :D

    mertua kalo ke bogor pasti beli ngo hiang itu, aku kalo makan gak pake bumbunya soalnya aneh rasanya menurut aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah aku suka bumbunya ci hehehe... makan pake nasi aja juga uda enak hahahaha...

      Delete
  19. Untung gua bacanya pas sambil makan Ci jadi ngga ngiler2 banget hahaha... Toge goreng juga fave nyokap gua tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... kalo di keluarga gua, itu favorit bokap... demen banget dia ama toge goreng hahaha...

      Delete
  20. Duuuh Sate Babinyaaaa....
    Aku belom selesai keliling Surken nih >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku uda selesai sih, cuma belom nyobain semuanya hahahaha...

      Delete
  21. Mel kepengen ngohiang, kayaknya enak yaaahh.. Ini ada di Surya Kencana juga? Aku suka daging babi tapi ga suka kulit dan bagian lainnya. Hahaha enaak banget emg ini daging

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mar, ngohiangnya ada di surya kencana... yg aku beli ini persis di sebelah soto mie agih... katanya di sebelah sonoan dikit ada lagi, cuma ga tau persisnya dimana...

      setuju! daging babu emang enak banget hahhaha... bagian2 lainnya juga enak mar, tapi tentu enakan dagingnya hihihi...

      Delete
  22. Nyammm..nyammm..gue paling suka ngohiangnya. enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ci! aku juga paling suka ngohiangnya hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...