26 February 2015

Honeymoon Itu Penting

Beberapa hari yang lalu, gua ketemu salah satu temen kampus yang sedang mempersiapkan pernikahannya. Karena uda lama ga ketemu, maka kami pun ngobrol-ngobrol, yang tentunya ga jauh-jauh dari masalah pernikahan. Temen gua, yang mana adalah si pengantin wanita, bilang kalo dia lagi ribet-ribetnya ngurusin undangan, souvenir, bridal, dll. Gua ngerti banget gimana rasanya, hahaha. Gua sih coba kasih masukan mengenai beberapa hal, tentu berdasarkan pengalaman waktu gua ngurusin pernikahan gua sendiri. Lalu iseng-iseng gua nanya, “nanti honeymoonnya dimana?” Tau apa yang dia bilang? Katanya mereka belom mikirin honeymoon sama sekali. Jreng!

Gini loh, menurut gua, honeymoon itu merupakan elemen yang sangat penting dalam mempersiapkan pernikahan. Okelah kita pusing masalah gedung, catering, souvenir, atau orang tua yang banyak maunya, tapi honeymoon itu sama sekali ga boleh dilupakan loh. Kenapa? Coba bayangin, mendekati hari H, kalian pasti akan disibukan dengan berbagai macam hal yang lumayan menguras emosi. Lalu pada hari H, kalian akan sibuk berkeliaran sana sini dari subuh sampe malam. Sebagai manusia normal, tentu pasti akan merasa cape. Untuk itulah diperlukan honeymoon. Untuk bersantai sejenak melepas lelah sebelum benar-benar memasuki dunia pernikahan yang sesungguhnya. Ibarat film, honeymoon itu semacam klimaks dari persiapan pernikahan kalian selama ini. Kalo ga ada honeymoon, antiklimaks dong, hahaha.

Gua punya beberapa tips dalam mempersiapkan honeymoon

  1.  Waktu mempersiapkan anggaran pernikahan, jangan lupa masukin budget honeymoon. Dan pos honeymoon ini jangan diutak-atik. Jangan sampe pas uda mau nyiapin honeymoon malah duitnya ga ada.
  2. Sebisa mungkin ga usah ikut tour. Arrange tour ala kalian sendiri. Emang sih, enaknya ikut tour itu semua uda beres, baik hotel, transportasi, makan, bahkan tiket masuk ke tempat wisata. Tapi apa enak kalo kita masih peluk-pelukan ama suami tau-tau uda dibangunin buat sarapan? Om gua pernah cerita, abis married, dia ke Thailand pake jasa tour, dan pulangnya malah jatoh sakit karena kecapean. Jadi mendingan, maksimalkan waktu buat nyantai berdua suami daripada keburu-buru buat sarapan karena takut ditinggal.
  3. Buat yang budgetnya terbatas, ga perlu pergi ke tempat yang jauh-jauh ampe keluar negeri segala, masih banyak koq tempat romantis di Indonesia buat destinasi honeymoon. Contohnya kayak Bandung, biarpun ga ada pantai, tapi banyak restoran-restoran romantis loh di Bandung. Kalo gua dulu milih ke Bali, karena kami suka banget pantai, dan kami ngerasa Bali itu tempat yang pas buat honeymoon. Ga usah lama-lama, 3 hari uda cukup koq buat mempersiapkan diri kembali ke dunia nyata, hahaha.
  4. Lebih baik ambil paketan honeymoon. Soalnya kalo paketan itu biasanya dapet banyak keuntungan, seperti candle light dinner dan massage. Lumayan banget loh. Selain itu, biar hawa honeymoonya lebih berasa, hahaha.
  5. Perginya harus bener-bener abis married ya. Kalo nunda ampe 2 minggu lagi atau bulan depan, itu bukan honeymoon namanya, hahaha.   

Masih bingung dalam mempersiapkan honeymoon destination? Di bridestory.com ada vendor buat honeymoonnya juga loh. Pilihannya juga beragam, mulai dari Bandung, Bogor, Bromo, Bali, bahkan sampe private villa pun ada. Kalo bingung mau booking hotel atau tiket pesawat, ada vendor Daytama Tour&Travel. Kalo mau cari paketan wedding honeymoon, bisa liat di vendor Bridestory.com.  Jadi para bride&groom-to-be, segeralah meluncur ke bridestory.com, apalagi kalo kalian masih belom mikirin masalah honeymoon. 

 I miss Bali

44 comments:

  1. Waaah, gw belom pernah honeymoon Mel sampe sekarang anak hampir 3 tahun. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti nanti kalo pegi jadinya familymoon dong hehehehe...

      Delete
  2. gw udah rencanain honeymoon mel.. :)
    rencanain honeymoon nya jg baru awal thn ini, setelah semua vendor2 penting nan krusial keurus.
    Terus ada salah strategi deh, gr2 masih ragu mau honeymoon di daerah mana. nanti kalo sempet, gw posting di blog soal honeymoon. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang honeymoon itu dimasukin di planning paling akhir, setelah semua beres, tapi pastiin unsur honeymoon itu kudu ada hehehehe...

      Delete
  3. Gw setuju banget mel. Dan setuju sama kalo honeymoon ya harus pas abis married. Kalo ditunda2 itu sih vacation bukan honeymoon ya. Moment nya dan feel nya udh beda bgt. Honeymoon itu emang cuma Once on a lifetime.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju juga ko! honeymoon itu once on a lifetime :D

      Delete
  4. Gw setuju banget mel. Dan setuju sama kalo honeymoon ya harus pas abis married. Kalo ditunda2 itu sih vacation bukan honeymoon ya. Moment nya dan feel nya udh beda bgt. Honeymoon itu emang cuma Once on a lifetime.

    ReplyDelete
  5. Setujuu..bahkan saat uda deket merit gw malah lebih semangat rencanain honeymoon daripada wedding :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga hahahaha... lebih seneng mikirin honeymoon ketimbang weddingnya...

      Delete
  6. bener banget itu.. gue bilang malah honeymoon lebih penting (dan jauh lebih exciting) daripada pesta wedding, hahaa.. merit yg penting udah sah, uda gereja tanda tangan ini itu... cap cusss honeymoon deh.. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul! wedding itu cuma pemberkatannya yg penting, sisanya lebih penting honeymoon hahahahaha...

      Delete
  7. Numpang komen ya.

    "Perginya harus bener-bener abis married ya. Kalo nunda ampe 2 minggu lagi atau bulan depan, itu bukan honeymoon namanya"

    I disagree.
    From wikipedia: A honeymoon can also be the first moments a newly-wed couple spend together, or the first holiday they spend together to celebrate their marriage.

    Namanya situasi orang kan beda2. Ada yg karena kondisi keuangan, kerjaan, dll yg kita gak tau. Atau simply by choice.
    Maaf ya, tapi komen "itu bukan honeymoon" sounds debasing. If the happy couple wants to celebrate their marriage days or weeks or even few months after the wedding, who are we to judge that their trip is not a honeymoon trip?
    Setelah ngalamin sendiri capeknya persiapan wedding, saya berusaha lebih hati2 supaya gak kasih komen ke (especially) future brides yg potentially dampen their spirit.
    Just my 2cents. -Tria-

    ReplyDelete
    Replies
    1. "itu bukan honeymoon namanya", jangan ditelan mentah2 lah.
      Maksudnya itu honeymoon bakal lebih berasa kalau dilaksanakan ga terlalu jauh setelah wedding dibanding sama yg honeymoon yang "basi"...
      Ok gan?
      Mau agree or disagree sih suka2 situ, yang penting reader udah nangkep niat baik dari blogger sendiri...

      Delete
    2. BTW, Good post Melissa.
      Keep posting!

      Delete
    3. @Tria : itu kan versi wikipedia, ini kan versi melissa-pedia hahahaha... maksudku, justru karena hampir semua pengantin uda capek ngurusin persiapan wedding, maka mereka berhak untuk santai sejenak... istilahnya, honeymoon itu merupakan pemanasan sebelum memasuki kehidupan rumah tangga... kondisi keuangan bermasalah? kan uda aku tulis, ke bandung yg deket aja juga bisa koq... sekedar santai2 atau kuliner berdua juga bisa nikmat loh, ga harus mewah2...

      @mario tjang : thank you :) uda menangkap maksud tulisanku dengan baik hehehehe...

      Delete
    4. @Mario: "Mau agree or disagree sih suka2 situ" Geez, sorry deh, saya kira salah 1 guna komen di blog itu buat diskusi. Saya ngerti kok maksud Melissa, saya cuma pengen kasih sudut pandang yg berbeda.

      @Melissa: mungkin buat kita ke bandung itu "gak masalah", tapi kita tetep gak tau keadaan keuangan orang lain. Dan mungkin ada orang yang gak masalah honeymoon "cuma" ke bandung atau santai2 berdua, tapi kan ada juga yang mau lebih spesial. Menurut saya gak fair aja kalo kita terus bilang "itu bukan honeymoon". Tapi yah to each his own :)

      Tria

      Delete
    5. @Tria : silakan koq kalo mau comment...saya menghargai siapapun yang berbeda pendapat :) intinya sih balik lagi ke masing2 orang, saya cuma merasa...sebelum memasuki kehidupan rumah tangga, ada baiknya bersantai2 sejenak dulu... dan fase itulah saya bilang honeymoon :)

      Delete
    6. Gue jadi baca komen si Tria ini. Menurut gue sih yang dia bilang ada benernya juga. Gak semua orang itu bisa habis nikah terus punya waktu untuk langsung jalan-jalan bahkan bersantai. Banyak yang misalnya harus tugas negara, atau menyelesaikan skripsi, atau apapun itu.

      Gue inget ada 1 episode di acara Say Yes To The Dress, kalau dia buru2 menikah hari itu juga karena besoknya suaminya mau dideploy ke Afghanistan. Sudah jelas dia pasti gak punya waktu honeymoon. Tetapi saat suaminya balik, masak nggak sah kalau bilang dia baru akan honeymoon? Tetep buat mereka itu honeymoon, dan honeymoon ini sifatnya personal.

      Kayak misalnya, buat si Rollz, dia ngga ngerasa trip dia ke Villa di Bali itu honeymoon loh, dia sebut itu getaway, malah yang ke Eropa baru dia sebut honeymoon. While di sisi elu, trip lu ke Bali habis wedding yg honeymoon, dan seandainya after that lu pergi ke Eropa, lu akan bilang itu vacation. Jadi balik lagi ke pribadi masing2, gak ada keharusan ini itu. Mungkin yang bikin si Tria itu jadi komen panjang (termasuk gue juga) karena ada kata "HARUS", while sebenernya kata yang lebih tepat adalah, "SEBAIKNYA" hihihi.

      Delete
  8. Yang namanya penganten baru ya kalau bisa si menikmati kesenangannya berdua setelah kesibukan yang berat. Meski hanya beberapa hari namun akan sangat berkesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, menikmati kesenangan berdua setelah kesibukan yg berat itu wajib loh...

      Delete
  9. eh eh eh, 2nd honeymoon juga perlu lohhhh *ngarep diajak suami* hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti kata ko arman, itu namanya vacation hihihihi...

      Delete
  10. dulu gw juga hunimun ke bali. sebenernya dipikir2 (hilangkan faktor duit ya), enakan pergi ke tempat yg jauhhhh sekalian hahaha. soalnya abis merit gw langsung hamil, beranak satu dan dua, klo dah punya 2 anak rasanya repot naek pesawat jauh2.. paling mentok yaa ke jakarta, bali, singapore... Tau gitu dulu hunimun gw pergi yg naek psawat 20 jam skalian huahahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menghilangkan faktor duit, gua juga pengennya keliling eropa sekalian hehehehe...

      Delete
  11. hehhee.. gua hanimun juga kepending 2 bulan (masi bisa disebut hanimun ga ya?):p
    itu juga karna si suami harus ngebut skripsi dia di kampus jadi ga bisa jalan-jalan dulu.
    :)

    ReplyDelete
  12. setuju bangetttt mell.. gua gak nyesel langsung honeymoon abis merit.. bener2 rileks. dan bener juga.. jangan yang dikejar2 jadwal.. karena bener2 cape abis weddingan kemaren. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih, contoh yg ke bandung pun dapet rileksnya hehehehe...

      Delete
  13. Kalo gue sih mikirnya honeymoon after marriage itu sebaiknya 2 kali. Yang pertama itu yg short time bener-bener relaxing, jadi jangan yang jauh-jauh, cuma buat ngelepas penat setelah nyiapin acara.

    Kemudian pergi kedua yang jauhan jadi bener-bener bisa ngerasain gimana rasanya travel berdua di tempat baru, menjalani hari-hari berdua selama belasan hari. Nah jadi makin bisa belajar karakter pasangan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kedua itu buat gua bukan honeymoon le, tapi vacation... kalo mau belajar karakter pasangan sih ga perlu jalan2 juga bisa...errr...mungkin karena gua pacaran lama ya, jadi uda tau jelek2nya hahahaha...

      Delete
  14. ci leony... rollz banget tu... :p

    jadi abis married kemaren sempet getaway sebentar... bbrp hari abis married langsung berangkat tu... bener kata ci leony, ini yg bikin relax... di private villa... meskipun ada bbrp yg bikin ga rileks, dah gw share di blog mel..

    lalu pigi honeymoon benerannya ya yg barusan ini.. seruuu... pigi 16 hari, luntang lantung ga jelas karena nda ikut jasa tour... berantem2 seru mau kemana... tapi tetep dibawa fun... yang penting enjoy nya dan kedeketan bareng suami...

    sekarang waktunya produksi... hahahahaha...

    ReplyDelete
  15. Setelah nikah, aku langsung honey moon gratisan Meeeel...
    Gara2 kerjaan di kantor mengharuskan aku untuk booking2 hotel terus, akhirnya aku dapet point yang bisa di reimburse gitu...nginep 2 malem di Sheraton Bandung Meeel...bhuahaha...tapi no breakfast...jadi waktu itu kita cuma beli voucher breakfast untuk 2 hari aja....

    Setelah sekitar 6 bulan nikah, aku berdua Abah sok backpacker-an gitu ke Bali. Bandung-Bali naik kereta, disambung Ferry, trus disambung lagi naik bus...capeeek...tapi seneng siiih :)

    bener Meeeel...honeymoon itu penting, apalagi kerasa banget setelah sekarang udah ada 2 bocah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga gratisan kak hehehehe... tiket, hotel, sama driver gratisan, cuma bayar private villa sama jajan2 selama disono... emang org nikah rejekinya ada aja ya hahahaha...

      Delete
  16. kalau kemah atau ke pantai pakai mobil sendiri terus benerbener berdua keren tuh yaaa ga ada yang ganggu .. lebih privat .. gausah ikut tour gitu laaah soalnya udah di atur.. kayanya kurang seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. opsi itu juga bisa buat honeymoon... pokoknya asal berdua mah kemana aja asik deh... dan iya, ikut tour malah bikin jadi ribet...

      Delete
  17. Setuju mel..langsung capcusss setelah resepsi. Tapi mau yang kedua kali ketiga kali juga lebih oke lagi kalo bisa mah...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kedua ketiga kali buat aku uda bukan honeymoon lagi ci hehehehe...

      Delete
  18. setuju Mel :)
    abis married, gue sama Jo juga honeymoon (walo ga lama2) ke Bandung, hehehehe.. lumayan bisa buat ilangin mumet2 waktu wed prep & relax seblm balik ke reality (kerja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh...ke bandung pun juga bisa bikin relax sebelum memasukin dunia nyata hehehehe...

      Delete
  19. jadi pengen cepet cepet honeymoon :D

    ReplyDelete
  20. Iya setuju juga Mel soal hanimun. Aku pun termasuk yang sibuk mikirin hanimun daripada nikahannya. Lebih nunggu jalan2 daripada acara resepsinya sendiri.. ahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga be! lebih seneng mikirin hanimun ketimbang resepsinya hahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.