09 December 2014

Barang-barang Bayi Part 2

Setelah kemaren nulis tentang barang-barang kebutuhan bayi yang berhubungan dengan baju dan ASI, sekarang kita lanjut ke topik berikutnya, yaitu keperluan tidur dan mandi.

1. Box bayi.

Box bayi ini terdiri dari dua macam, yang terbuat dari kayu dan yang jaring-jaring. Yang jaring-jaring ini biasa disebut playpen. Untuk box bayinya Jayden, gua beli yang kayu tapi yang second. Kebetulan yang gua beli ukurannya ga terlalu gede, jadi mungkin ini yang bikin dia ga gitu nyaman tidur lama-lama di boxnya. Masalah tidur ini nanti gua tulis di postingan terpisah ya. Jadi berdasarkan pengalaman, gua sarankan ibu-ibu untuk beli box yang ukurannya lumayan gede kalo ada budgetnya. Karena selain bisa dipake dalam jangka waktu lama, kita juga bisa mendisplinkan si bayi untuk tidur sendiri. Atau kalau memang budget terbatas, lebih baik beli box yang jaring-jaring. Ini juga untuk mengantisipasi kalau seandainya bayi ibu-ibu pecicilan kayak Jayden, hahaha. Kalo uda beli boxnya, jangan lupa beli seprenya ya.

2. Bantal guling.

Untuk minggu-minggu awal, bantal guling ini ga terlalu kepake sih. Jadi bisa dibeli nanti-nanti. Apalagi kalo ibu-ibu melahirkan secara caesar. Kata beberapa temen, bayi yang lahir secara caesar itu bentuk kepalanya uda bagus, jadi ga perlu dikasih bantal. Cukup dikasih selimut yang uda dilipet-lipet. Dan kalo seandainya ibu-ibu emang pengen beli, lebih baik beli yang bantalnya empuk dan tipis. Bantal yang gua beli buat Jayden itu rada keras dan tebel. Ternyata bantal kayak gitu ga bagus buat tulang belakangnya. Jangan lupa beli sarung bantalnya juga. Lebih baik beli 2 biji buat cadangan.

3. Selimut.

Selimut ini penting banget. Selain dipake buat tidur, bisa juga dipake buat pergi-pergi, terutama kalo ke mall. Bayi itu kan terbiasa hangat, sementara rumah sakit atau mall itu kan dingin, baju dan celana panjang aja ga cukup untuk membuat si bayi hangat, untuk itulah dibutuhkan selimut. Lebih baik cari selimut yang ada tutupan kepalanya, jadi bisa melindungi kepalanya dari udara dingin. Jangan lupa cari yang bahannya lembut.

4. Bak mandi.

Bak mandi ini merupakan salah satu keperluan mandi yang cukup penting. Ya kalo ga punya bak mandi, dia mau jebur-jebur dimana coba, ga mungkin di ember kan, hahaha. Bayi itu biasanya akan anteng kalo uda berendem di bak mandi. Ukuran bak mandi ini sih biasanya mirip-mirip, tinggal cari yang sesuai budget aja.

5. Baby bather.

Ini gua ga tau sih perlu apa engga, tapi karena ada yang ngasih kado buat Jayden, jadi ya dipake aja, hahaha. Dipakenya juga pas Jayden umur 1 bulan. Di dusnya kan ditulis untuk 3-18 kg, jadi pas Jayden sebulan baru ditaro di baby bather. Buat yang ga tau, baby bather itu bentuknya kayak gini...


6. Waslap dan handuk.

Untuk waslap ini, lebih baik sedia 3-4 biji. Gunanya apa? Untuk jaga-jaga, siapa tau waslap yang lagi dipake tiba-tiba kena pup *pengalaman pribadi* lalu waslap yang satunya belom kering, kan jadi bisa pake waslap yang lain. Kalo cuma punya dua sih kurang menurut gua. Cari waslap yang bahannya lembut. Sama kayak waslap, untuk handuk juga cari yang bahannya lembut. Kalo handuk mah sedia dua biji juga gpp. Atau beli satu dulu, sambil jalan kan bisa beli lagi. Jaga-jaga kalo nanti ada yang ngadoin.

7. Perlak.

Perlak ini ada dua macam, satu perlak yang biasa ditaro di kasur dan perlak untuk mandi. Perlak yang buat kasur itu untuk mencegah supaya ompol bayi ga tembus ke kasur. Tapi sebelumnya tatakin kain dulu, karena perlak model gitu ga nyerap air. Perlak kasur gini sih mendingan punya dua. Satu buat ditaro di boxnya, satu buat ditaro di kasur kita kalo ibu-ibu ingin menyusui sambil tiduran. Tapi kalo pake pospak sih ga perlu pake perlak. Untuk perlak mandi biasanya terbuat dari karet dan lebih nyerap air. Yang ini sih satu juga cukup. Lebih baik cari yang bahannya ga bau. Punyanya Jayden agak bau karet, jadi ga bisa dipake lama-lama.

8. Sabun, shampoo, minyak telon, baby oil, baby cream.

Nah kalo ini, Jayden dapet kado banyak banget, dan segala merk ada. Mulai dari pigeon (ini yang terbanyak), johnson&johnson, switzal, sampe cussons. Jadi persediaan sampe beberapa bulan ke depan uda aman dah, hahaha. Dari semua merk, gua paling suka wanginya switzal. Bau bayinya berasa banget. Pigeon kurang gitu wangi sih, tapi dia punya produk 2 in 1, yang bisa buat sabunan sekaligus shampoan. Katanya sih yang ini ga gitu direkomendasikan, ga tau juga kenapa. Jadi kalo ibu-ibu mau beli, lebih baik beli 1 set dulu. Itu juga yang isinya yang dibutuhkan aja. Kayak bedak, itu masih belom kepake koq. Dan biasanya, dari rumah sakit juga dikasih sabun sama shampoo. Jadi untuk urusan sabun dan kawan-kawannya, santai aja.

9. Kapas, cotton bud, kain kasa, dan alkohol 70%.

Kain kasa dan alkohol itu untuk perawatan tali pusat. Setidaknya itu yang disuruh rumah sakitnya Jayden. Tapi katanya ada juga yang ga pake kain kasa maupun alkohol, cuma gua ga tau ya perawatannya gimana. Kalo kapas, penting banget buat bersihin pantat bayi dan muka bayi setelah nyusu. Lebih baik tempat kapas untuk pantat dan muka dipisah. Nah, untuk kapas ini, kalo ibu-ibu pergi ke supermarket dan menemukan ada kapas yang lagi promo, belilah! Karena ibu-ibu akan membutuhkan kapas banyak banget. Kalo cotton bud buat bersihin kuping dan hidung. Ini beli dulu aja satu pak.

Sekian dulu list-list dari saya. Saran gua, kalo ibu-ibu ga ada pantangan 7 bulan baru boleh belanja, mendingan nyicil-nyicil dari sebelum 7 bulan. Karena biarpun harganya murah, tapi kalo ditotal-total, lumayan bikin dompet jebol, hahaha. Kalo bisa nyicil kan lebih enak.

12 comments:

  1. Whoaa..makasih ya udah nulis ini. Gw sendiri bingung perlu punya apa aja buat bayi gw kalau dia lahir nanti, tapi daftar ini kasih bayangan yang cukup jelas, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. congratz ya buat kehamilannya... selamat mempersiapkan barang2 buat si dede ya :)

      Delete
  2. banyak barang yang g stock, kek kapas dll itu, tapi cuma ke pakek sampai 2 bulan doank boo~ karena pas di rumah kebanyakan g cebok langsung di toilet hahaha.... trus yah kek baby bather yang duduk itu, g juga di kasih si ama Bebek bahkan ada yang ngasih juga sama persis, nah itu kepakeknya cuma sampe Zio 3 month, habis itu anak na udah ga bisa diem, bisa terjungkil bak mandi sih yang bisa kepakek sampe gede, jadi zio bayi g lebih suka nyemplungin dia dari pada di shower2 air lewat doank wakakaka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua masih ribet kalo bawa jayden cebok di wc hahahaha... masih lebih gampang pake kapas... ini juga kadang2 anaknya uda pecicilan sana sini, tapi masih dalam batas aman... mungkin kalo uda 3 bulan baru ga kepake deh hahahaha...

      Delete
  3. Gue dapet baby bather 2 biji... dan ga kepake aje donk hahaha.. lebih kepake bak mandi hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua sih karena uda ada yang ngasih, jadi ya dipake aja wahahahaha...

      Delete
  4. Postingan Part 1...Note
    Postingan Part 2...Note

    ReplyDelete
  5. Gw akan bookmark post ini :)
    Berguna be eng buat new mom..

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...