13 February 2015

Minggu Yang Melelahkan

Heiho! Apa kabar semuanya? Lama ya gua ga nongol, hahaha. Minggu ini jadi minggu yang panjang buat gua. 

Hari Sabtu kemaren itu jadwalnya Jayden buat imunisasi. Dari minggu pertama dia lahir ampe sekarang, gua selalu ganti-ganti dokter. Waktu lahir, Jayden ditanganin sama Dr. A. Menurut yang orang-orang bilang, si Dr. A ini rame banget. Kita belom selesai ngomong, susternya uda buka pintu. Sebagai orang yang males ngantri, gua memutuskan untuk ke dokter lain. 

Salah satu temen gua merekomendasikan Dr. SA di RS yang sama. Menurut apa yang gua baca, si Dr. SA ini pro ASI. Oiya, dokter-dokter yang selama ini gua datengin nampaknya bukan pro ASI. Soalnya gua selalu ditanyain Jayden minum apa. Kalo yang pro ASI, uda pasti bakal nanya ASI apa bukan. Sayangnya pas gua mau ke Dr. SA eh dia malah cuti, lalu gua ditawarin ke Dr. P ama susternya. Ya udahlah, uda kadung di RS juga. Sama Dr. P ini gua ga gitu sreg. Kesannya gua kayak diburu-buru, saking buru-burunya gua ampe lupa mau nanya apa. Padahal sebagai ibu baru kan pasti banyak pertanyaan, hahaha.

Bulan depannya, gua cobain Dr. B. Sama yang ini lumayan sreg sih. Orangnya bae, ga terlalu diburu-buru, dan bisa nanya ampe puas. Karena gua lumayan sreg, bulan berikutnya gua balik lagi ke Dr. B ini. Kebetulan si Dr. B ini sodaranya temen gua, dan dia kasih no HP juga di kartu namanya.

Lalu, akibat suka ngobrol sama sesama ibu-ibu, mereka merekomendasikan Dr. ST. Dia praktek di RS biasa Jayden vaksin dan apotik di deket rumah gua. Nah, gara-gara deket rumah ini gua pikir ga ada salahnya Jayden pindah ke Dr. ST. Toh cuma sekedar vaksin doang. Jadi ga usah jauh-jauh jalan ke RS segala. Jadi bulan berikutnya, Jayden disuntik sama Dr. ST. Sama si Dr. ST ini juga gua lumayan sreg. Biarpun di luar banyak pasien yang ngantri, tapi gua ga diburu-buru. Malah dia jelasin kalo vaksin ini gunanya buat ini dan ga pake demam. Dokter-dokter sebelumnya ga ada yang jelasin kayak gitu. Karena gua sreg, maka gua pikir bulan depannya uda aja ke Dr. ST lagi.

Abis vaksin itu, Jayden gua tinggal kerja. Pas pulang, gua dapet laporan kalo Jayden agak rewel. Suster bilang sih tiap kali kesentuh bekas suntikannya dia selalu nangis. Tadinya gua pikir dia nangis kolokan kayak biasa, dan sempet kepikiran juga apa karena gua tinggal seharian. Karena hari itu baru pertama kali gua tinggal ampe sore. Pas gua pulang sih anaknya uda ceria lagi.

Nah, kemaren itu gua balik lagi dong ke Dr. ST. Sekali lagi karena deket rumah. Pas siang-siang gua pulang, gua liat Jayden lagi nangis-nangis, dan nangisnya itu bukan nangis kolokan tapi juga bukan nangis kejer. Nangisnya tuh kayak nangis memelas gitu. Kasian gua ngeliatnya. Akhirnya gua gendong-gendongin terus ampe dia diem. Menurut suster, tiap kali bekas suntikannya kepegang, dia selalu nangis kayak gitu. Dan emang iya, kalo gua nyusuin, Jayden selalu nangis kalo posisinya kena bekas suntikannya. Kayaknya Jayden ga cocok sama Dr. ST. Bulan depan fix gua ga akan balik lagi kesana. Pikir mau cobain ke Dr. SA, cuma jamnya ga ada yang cocok. Lagi cari tau dokter anak yang bagus di deket-deket rumah.

Hari Sabtu kemaren, gua kerja jadi ga tenang. Kenapa? Selain karena kasian ngeliat Jayden nangis-nangis gitu, hari Minggunya Jayden dibaptis. Kan ga lucu kalo mau dibaptis anaknya malah rewel. Pas malem, masih agak rewel dikit, dan badannya agak anget. Untung hari Minggunya dia uda ceria lagi.

Hari Minggunya, Jayden dibaptis deh. Tadinya gua mau nunggu agak gedean dikit, tapi setelah dipikir-pikir, mau sah jadi anak Tuhan koq pake nunggu-nunggu, hehehe. Jadinya pas pendaftarannya dibuka kita langsung daftarin Jayden deh. Selama kebaktian, Jayden sempet rewel gara-gara ngantuk, dan sempet bobo juga. Pas mau mulai acara baptisan, kita bangunin, hahaha. Masa mau dibaptis malah bobo, jadinya dibangunin deh. Untung ga nangis, hahaha.

Semoga jadi anak yang takut akan Tuhan ya nak.

Hari Seninnya, Jayden pas 4 bulan loh. Tapi waktu bangun tidur, kami dikejutkan dengan pemandangan indah di garasi.


Iya, banjir datang lagi. Mana hari itu ujan ga berenti-berenti satu harian. Jadinya air naik, dan ampe masuk mobil, huhuhu. Siangnya, listrik mati. Satu-satunya yang gua takutin kalo listrik mati adalah...ASIP yang ada di freezer. Apalagi gua numpuk ASIP ampe satu freezer penuh, bahkan ampe ke pintu-pintunya. Gua tau, sebaiknya memang tidak menumpuk ASIP banyak-banyak. Tapi kan kalo gua di rumah Jayden nyusu langsung, jadi ya ASIPnya gua simpen aja. Dan itu ASIP pikir gua simpen buat jaga-jaga kalo *amit amit* gua sakit dalam jangka waktu lama yang ampe ga bisa nyusuin dia, maka dikasihlah ASIP. 

Gua pikir ini mati lampu cuma sebentar. Soalnya taon lalu banjir setinggi ini juga tapi lampu tetep nyala. Sempet mati sih, tapi cuma beberapa jam doang. Ternyata ampe malem ga nyala-nyala juga. Malah malemnya ujan deras banget ga berenti-berenti ampe pagi. 

Hari Selasa, listrik masih mati dan air masih lumayan tinggi. Pas gua cek kondisi ASIPnya, masih pada beku. Berarti masih ada harapan. Hari Rabunya, masih mati juga. Gua cek lagi, masih beku juga. Hebat juga nih freezernya, hahaha. Gua bener-bener berharap hari Rabu itu nyala. Tapi ternyata ampe malem ga nyala-nyala juga. Malemnya gua cek, uda ada beberapa yang cair. Musnahlah sudah harapan gua. Gua ampe nangis-nangis loh. Ngumpulinnya susah-susah, tapi kebuang gitu aja. Si suami minta gua untuk relain aja itu ASIP-ASIP.

Hari Kamis, lampu masih belom nyala juga, padahal airnya uda surut loh. Grrrrrrr! Sekitar jam 12 siang listriknya baru nyala. Ya sudahlah. Gua uda bener-bener rela. Akhirnya tadi gua ngebuang sekian puluh botok ASIP dan sekian puluh plastik ASIP. Rasanya tuh lebih sakit daripada waktu gua diputusin Seno, hahaha. Abis ini semangat mompa lagi. Hup hup!

Kenapa ga beli genset? Soalnya rumah gua jarang mati lampu. Taon lalu aja mati lampu cuma sebentar koq. Tapi gara-gara kejadian ini, mulai kepikiran untuk beli. Kenapa ga dititipin ke tempat sodara? Tempat sodara pada mati lampu juga. Dan untuk keluar dari rumah aja uda susah. Airnya tinggi banget. Jadi ya memang harus direlakan, hahaha.

Untungnya selama mati lampu Jayden ga rewel. Gua uda biasain dia kalo malem tidur cuma nyalain lampu kecil, dan kalo siang tidur ga pake AC. Jadinya pas mati lampu dia uda biasa. Panas? Tidur jalan terus, hahaha. Positifnya, selama 4 hari ini Jayden selalu nyusu langsung. Tadinya dia uda hampir ga mau nyusu langsung, saking uda keenakan pake botol. Untungnya sekarang uda mau lagi.

Sekian curahan hati saya. Semangat *mengepalkan tangan*

23 comments:

  1. selemat ya jayden buat dibaptisnyaaa...
    aduh sedih ya asip nya mesti dibuang ya mel.. tapi ya mau gimana lagi ya.... :(

    imunisasinya HIB ya? kalo iya, emang sakit itu. tangannya jadi kemeng banget. gua ngerasain sendiri soalnya pas apply green card kan harus diimunisasi lagi tuh. baru tau kenapa kok bayi2 jadi resah dan rewel kalo abis imunisasi HIB. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ko... sedih sih, tapi harus kembali semangat hehehehe...

      imunisasinya banyak, ada 4 biji kalo ga salah, tapi lupa imunisasi apaan hehehe... yang bikin dia rewel tuh kalo bekas suntikannya kepegang... kayaknya sih dokternya ga jago nyuntik, jadi jayden rewel...

      Delete
  2. yah ampyun ternyata dikau ganti Dsa udah banyak juga yah~ g awal Dsa yang bantu lahiran cuti / seminar / raker, dlll sibuk banget tuh, akhirnya ke Dsa di RS yang sama, tapi udah tua banget, g ga yakin aja Zio di pegang dia, udah keriput banget Dsa-nya haha... akhirnya cari Dsa di klinik yang awalnya g plan mau water birth disana, eh ada yang praktek Senin-Jumat ... pas ketemu Dsa na masih muda dan cantik, pro ASI padahal g udah info klo Zio semenjak 7 bulan udah ga mau nenen, trus dia bilang kalo ASInya ada walo dikit gpp kasih aja kenyot2 sampe sekarang g usaha Zio tetep ogah wakakaka...
    trus yah banyak hal yang g enggak tau, semuanya tau dari dia, ga mata duitan dikit2 g disuruh ke klinik cari dia, bisa di WA-in juga, dia slalu cek dan catat perkembangan Zio, kek beberapa pertanyaan misal... pas Zio 7m dia bilang harusnya udah bisa nunjuk diri sendiri klo ditanya, tapi waktu itu Zio lom isa... baru isa pas 8m, karena diajarin terus ^^
    Congratz yah buat baptisanya, semoga jadi anak Tuhan yang bijak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis ga nemu yg cocok sih hahaha... sebenernya ama si dr. b itu uda cocok, cuma males aja kalo tiap bulan kudu ke rs mulu hahahaha... dan dokter2nya ga pernah ada yg nanyain jayden uda bisa ngapain aja...

      thank you pit :)

      Delete
  3. Sayang banget yah mel.. kalo udah cair gitu uda gak boleh diminum yah?

    Semangat yah mel pompa lagi buat Jayden. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru kalo uda cair kudu langsung diminum, tapi kan yg cair semua, jadi ga mungkin diminumin semua hahahaha...

      semangat!

      Delete
  4. Mel, kalo abis kelar imunisasi biasanya pas pulang sampe rumah, si gwen dikompres air anget ditempat yg disuntik itu, kata sus gw biar ga bengkak dan mengurangi sakit, jadinya selama ini sih setiap abis imunisasi ga rpake acara rewel2an.

    gw pake Dsa cuman 1 dari Gwen lahir sampe skrg, itu direkomen dari dr obgyn gw sih, untungnya cocok, dokternya ga matre juga jadi kadang2 sakit dikit ditelp aja konsul kalo dirasa perlu baru dibawa ketemu dokternya kalo ngga paling dia cm kasi saran beli obat apa. pernah juga dia telp cm nanya Gwen uda sembuh belum. hihihi. bersyukur juga ga pake dokter yg favorit yang sampe no antriannya ajubile panjangnya. jadi kalo ada yg darurat ke dokter ga usa capek2 ngantri seharian.

    smoga bisa ketemu dsa yang cocok ya mel, biar ga capek gonta ganti terus.
    semangat juga ngumpulin kembali stok asi nya.
    oh iya selamat ya jayden uda dibaptis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu uda dikompres air anget wid, tapi tetep aja rewel.. mungkin jayden ga cocok kali ama dokternya... semoga abis ini ketemu yg cocok deh...

      thank you wid :) semangat!

      Delete
  5. Congrats Jayden! Gereja lu ada baptisan bayi ya Mel? Ga semua gereja Kristen ada kan ya?

    Lu beneran ga mau cobain dokter gue? Kalo baca dr cerita lu kayaknya cocok deh tipe kayak lu sama dokter gue. Sangat ga keburu2 bahkan sangat jelasin dan sabar, ga peduli brapa banyak pasien di luar hahaha *malah kadang jd lama nunggu*. Gak jauh kan dr rumah lu ke RSPI. Ga enaknya cm 1 aja. Skrg tarif konsul tok ud agak mehong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you le :) gereja gua ada baptisan bayinya le, biasanya gereja dengan aliran GKI selalu ada baptisan bayinya koq... ga tau gereja kristen yg lain hehehe...

      dr rumah ga jauh sih, cuma denger kata mehong langsung angka2 di otak bertebaran hahahaha... nanti diskusi dulu deh ama suami...

      Delete
  6. Jayden, congratz ya!! :D
    semoga cepet dapet dokter ya cocok ya Mel :)

    ReplyDelete
  7. congrats again buat Jayden...semoga nemu dokter yang cucok ya mel. duhhh itu tempat elu lumayan juga banjirnya yaa...untung sekarang sih udah surut yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you cici :) itu tiap tahun banjir segitu2 mulu... tapi tahun ini surutnya cepet sih...

      Delete
  8. Mudah-mudahan ketemu dokter yang cocok untuk Jayden ya Mel.
    Huhu... ikutan sedih untuk ASIP-nya, tapi percaya pasti akan lebih banyak lagi ASIP yang bisa distok untuk Jayden. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mudah2an ketemu yg cocok deh... semangat ngumpulin lagi nih hahahaha...

      Delete
  9. Selamat ya Jayden udah di baptis,...semoga dituntun di jalan Tuhan ya.
    Jadi ikutan sedih baca ttg Asip nya Mel,...semangat ya ngumpulin lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you nan :) sedih sih tapi harus move on hahahaha...

      Delete
  10. Hi Mel..

    Aku pakai dsa dr elizabeth hutapea di rs royal sejak anak pertama (4y3m) lahir dibantu dia.
    Lalu anak kedua, walopun lahir di grha kedoya dengan dsa V, selanjutnya kembali ke dr. eliz.
    Dr. eliz praktek setiap hari di rs royal, orangnya baik & ga komersil, mau tanya2 lewat WA juga dijawab koq.

    Sapa tau jayden mau coba.. memang pasiennya banyak, apalagi hari sabtu dan tanggal muda hehe..



    ReplyDelete
    Replies
    1. royal taruma? gua agak2 memblacklist rs itu karena nyokap pernah ada masalah waktu berobat kesitu hehehe...

      Delete
  11. Selamat ya Jayden sudah dibaptis :) . Adikku punya stok asi sekulkas, waktu anaknya maen2 matikan kulkas, adikku nangis2 kejer kaya orang gila hahaha, sangking susahnya ngumpulin asi sampai begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you kakak :) aku ga ampe nangis kejer sih, cuma nangis sesenggukan hehehe... tapi kan harus move on hahaha...

      Delete
  12. Semoga bisa segera ketemu dokter anak yg cocok yah Mel :D Dan selamat buat Jayden yg udah dibaptir :)

    Duh kebayang sedihnya deh itu asip dibuang, kalo Karet deket ma Gading dah gw ambil masukin kulkas gw tuh.. :(

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...