20 March 2015

Jayden 5 Month

Berat : 6,9 kg
Panjang : 67 cm

Beratnya nanggung ya, dikit lagi nembus angka 7 tuh. Nyokap gua uda ngoceh mulu kalo Jayden kurus. Padahal kalo diliat dari berat lahirnya, dia emang keliatan lebih mungil dari temen-temen seumurnya yang lahirnya 3 kg semua, tapi nambahnya tergolong cepet loh. Apalagi makin kesini dia makin ga bisa diem. Dokter pun menyatakan beratnya masih tergolong normal. Gua sih yang penting dia sehat terus deh.

Sebelum update tentang perkembangan Jayden, gua mau cerita dulu tentang cerita minggu ini yang lebih melelahkan daripada minggu sebelumnya

Jadi setelah kejadian Jayden rewel abis divaksin sama Dr. ST bulan lalu, gua pun nyari-nyari lagi info tentang dokter anak. Sempet tertarik sama beberapa rekomendasi temen, tapi kepentok di lokasi. Gua lebih suka nyari dokter yang deket rumah buat vaksin, jadi ga repot jalan jauh-jauh. Lalu nyokap merekomendasikan Dr. E yang lokasinya ga jauh dari rumah. Pas gua browsing-browsing, si Dr. E ini ternyata uda agak tua, yang berarti dia dokter senior. Berarti pengalamannya banyak. Dan gara-gara banyak pendapat nyokap yang gua tentang, gua pikir ya udalah sekali-kali nurut orangtua. Cuma karena si Dr. E ini rame, dia kudu daftar dari jauh-jauh hari. Dan karena dapet antriannya agak siang, jadi gua ga bisa nemenin karena gua kerja. Jadinya yang nganterin Jayden vaksin cuma si suami dan nyokap.

Sesudah vaksin, feeling gua agak ga enak, jadinya gua minta si suami jemput. Pas di mobil, gua tanya dong pendapat dia tentang Dr. E. Dan si suami ternyata ga gitu sreg dengan Dr. E. Pertama, tempatnya sempit, rame, dan banyak anak sakit. Tempatnya Dr. ST dan rumah sakit juga banyak anak sakit, tapi karena tempatnya luas, kecil kemungkinannya bisa ketularan. Kedua, panjang dan lingkar kepalanya Jayden ga diukur. Padahal setiap vaksin, selalu diukur. Lalu nimbang berat badannya pake timbangan manual, yang agak diragukan akurat apa engga mengingat anaknya ga bisa diem. Minggu lalu ditimbang di Mom n Jo uda 6,8 kg, masa dalam seminggu bisa turun jadi 6,6 kg. Ketiga, tangan Jayden dipaksa diangkat ke atas dan ditahan sama susternya. Uda pasti Jayden berontak. Si suami juga ga suka ngeliatnya. Keempat, si suami merasa dokternya ga teliti. Uda beberapa hari sebelum vaksin, matanya Jayden suka belekan, persis kayak waktu awal-awal lahir dulu. Waktu ditanya si suami, dokternya cuma bilang kalo ada air mata yang tersumbat dan harus dipijet. Gua agak ragu dengan diagnosis itu, karena kalo air mata tersumbat, dia nangis tetep keluar air mata koq.

Sebelumnya, gua minta si suami buat nanyain, vaksinnya pake demam apa engga, dan si dokter dengan pedenya menjawab engga. Oke sip. Tapi, pada kenyataannya, pulang vaksin Jayden nangis-nangis mulu. Padahal bekas suntikannya uda dikompres air hangat. Dan malemnya, suhu badannya panas ampe 37,8. Karena si dokter bilang ga pake demam dan Jayden demam, maka gua panik dong. Kalo dokter-dokter sebelumnya bilang, siap-siap aja kalo seandainya demam. Jadi kalo Jayden demam pun, gua mungkin akan lebih siap. 

Sampe hari Minggu malem, demamnya masih hilang timbul, tapi kalo dicek masih 37 ke atas. Untungnya, minum masih mau, malah kayaknya lebih banyak. Hampir tiap jem maunya nenen terus. Tidur juga masih cukup. Cuma tiap nangis, pasti pake batuk, dan muntah. Napasnya juga kayak ada lendirnya gitu. Kasian gua ngeliatnya. Dia yang biasa ceria, jadi lemes. Emang bener ya, kalo ngeliat anak sakit tuh, sedihnya luar biasa. Jauh lebih sedih daripada putus sama pacar, hahaha. 

Hari Senin pagi, karena panasnya belom turun juga, akhirnya gua bawa Jayden ke Dr. ST. Kenapa Dr. ST? Karena dia dokter yang prakteknya pagi dan deket banget dari rumah. Dan Dr. ST bilang kalo matanya Jayden belekan itu karena infeksi, akibat dia sering kucek-kucek matanya, padahal itu tangan suka abis dari mulut. Dan batuk, demam, serta muntahnya karena radang. Penyebabnya macem-macem sih, salah satunya bisa jadi karena perjalanan jauh ke Banyumas dua minggu yang lalu. Akhirnya dia kasih obat tetes mata dan antibiotik.

Matanya ampe sembab gitu, huhuhu.

Obat tetes matanya gua kasih, tapi antibiotiknya gua pending dulu. Gua dan si suami cari info kesana kemari. Kami galau. Di satu sisi, Jayden masih terlalu kecil untuk dikasih obat, apalagi antibiotik. Tapi di sisi lain, kami juga pengen Jayden cepet sembuh. Gua bener-bener ga tega ngeliat dia nangis muntah nangis muntah terus.

Akhirnya hari Selasa, kami kasih juga itu antibiotik, sambil berdoa semoga ini keputusan yang tepat. Tolong kami jangan dijudge tentang masalah antibiotik. Pergumulan kami buat ngasih Jayden antibiotik ini juga berat loh. Setelah obatnya dikasih, Jayden berangsur-angsur pulih. Hari Kamis, dia uda sembuh total. Uda ceria lagi dan uda aktif lagi. Senang rasanya.

Bulan depan, Jayden akan vaksin lagi di Dr. ST. Sebenernya gua uda sreg sama dokter ini, cuma karena Jayden rewel sama bekas suntikannya maka gua cari opsi lain. Tapi setelah dipikir-pikir, Jayden cuma rewel sehari doang, besokannya uda kayak biasa lagi. Mungkin karena dia emang ga tahan disuntik, kayak maminya, hahaha. Gua ga bilang Dr. E itu ga bagus, anak temen gua kesitu baik-baik aja, cuma gua ngerasa dia ga teliti. Mungkin karena hari Sabtu itu emang rame banget kali ya.

Foto hari Rabu, uda bisa ketawa-ketawa.

Foto kemaren, uda bisa guling sana sini lagi, hahaha.

Tadinya cerita ini mau diposting terpisah, tapi berhubung gua agak ribet mau lanjutin nonton Healer, jadi digabung aja deh. Sekarang mari kita update perkembangannya Jayden.

Bulan ini, Jayden uda agak jarang tidur di crib. Selain karena dia tidurnya ga bisa diem, sementara cribnya kekecilan, kalo pas abis nyusu dan mau gua taro di crib, dia malah melek. Ini anak kalo melek, tidurinnya lagi susah. Jadi ya sudahlah, sekarang kami tidur bertiga, hahaha. Lebih enak juga buat gua kalo mau nyusuin dia, ga usah ribet angkat dia dari crib segala. Lagian si suami kan suka pulang malem, gua jadi lebih suka bobo ditemenin Jayden. 

Makin gede, ini anak makin ga bisa diem. Tidur aja bisa tiba-tiba muter 90 derajat, hahaha. Temen-temen seumurannya sih masih pada kalem-kalem, dia mah uda rusuh sana sini. Coba simak baik-baik foto berikut ini.

Itu tangan enak banget ditaro diatas dada orang. Untung emaknya ga ngomel, hahaha.

Temennya masih di posisi yang sama, dia uda miring-miring.

Temennya masih juga di posisi yang sama, dia uda siap-siap mau tengkurep.

Sekarang kalo mau pakein celana uda susah, maunya miring-miring mulu. Gimana ntar kalo uda bisa merangkak, emaknya keringetan dah. Difoto juga uda susah. Tiap difoto, pasti ada aja yang blur, hahaha.

Kalo ga blur, belom afdol, hahaha.

Tangannya uda mulai bisa meraih barang apapun yang ada disekitarnya dan masukin ke mulut *tepok jidat* 

Ambil teether sendiri, lalu masuk mulut.

Kadang gua suka ngerasa gusinya dia tuh kayak gatel. Soalnya kalo gigit teether ampe gemes banget. Dan di gusi bawahnya juga uda ada tanda-tanda mau tumbuh gigi sih dua biji. 

Gemes sama teether.

Dan masih ileran, hahaha. Plis jangan tanya gua waktu hamil ngidam apa yang ga kesampean. Uda bosen ditanyain itu mulu, hahaha.

Ganteng-ganteng sih ileran.

Kadang suka monyong-monyongin mulutnya. Trus suka sembur-semburin ludah juga.

Pose ala aktor korea.

Uda tau main sama tetangga. Jadi kalo sore-sore, dia pasti ribut minta keluar. Apalagi kalo si tetangga uda manggil-manggil. 

Asik main sama tetangga, maminya pulang dicuekin.

Waktu kapan itu uda bisa balik telentang lagi dari posisi tengkurep, cuma ga tau itu kebetulan atau gimana, abis itu uda engga lagi. Jadi kalo dia uda cape tengkurep, ya nangis, hahaha.

Belakangan Jayden juga suka teriak-teriak. Ga tau apakah emang ini fasenya dia teriak-teriak atau karena hal lain. Tapi waktu dia sakit, gua justru kangen dia teriak-teriak, hahaha.



Bulan ini updatenya ga terlalu banyak sih. Bulan depan uda mulai makan, gua excited banget nyusun menu-menu makanannya dia, hehehe.


Happy 5 month sayang. Sehat-sehat terus dan tetap ceria ya. Mami papi love you.

22 comments:

  1. ngga kurus koq cii..itu jayden keliatan montokk gituu...lucuuu...gemesiiinn..hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga ga bilang dia kurus, cuma nyokap aja yg selalu bilang dia kecil hehehehe...

      Delete
  2. Mel... justru foto yg lg ileran panjang itu yang paling cakep jayden nya hahahaha *onti genit naksir lol* marco sampe mo ultah pertama juga masi ileran tuh mel, kl gue bilang sih ga ada hubungan sama ngidam lah. Itu kan gara2 mo numbuh gigi :))

    Ohya, marco kemaren ini jg sempet belekan terus mel. Dan dokter jg bilang saluran air mata nya ada yg tersumbat juga. Memang bener, air mata nya tetep keluar pas nangis biarpun tersumbat. Tapi abis gue pijit2 di deket batang hidung sebelah mata dan kasih obat tetes langsung sembuh. Kalo gue sih curiga nya karena debu.

    Semoga jayden sehat terus yaahh :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga bilang ga ada hubungannya ama ngidam, cuma kadang orang suka nyambung2in aja hahahaha...

      pake bengkak ga pi? jayden kemaren ampe bengkak, dan ga dikasih obat apa2 ama si dr. e...makanya gua agak ragu...

      Delete
  3. pose koreanya imut bgt Jayden :)
    kalo ttg dokter, cocok2an ya Mel. smoga Jayden makin sehat Mel, sedih juga liat matanya sampe sembab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you onty... sekarang uda sehat koq hehehehe...

      Delete
  4. Aduh Mel, kok dokter ST juga gampangan banget sih ya ngasih AB-nya. Gue tuh paling ngga sreg kalo dokter main ngasih AB deh. Eh iya, kalau suhu di atas 37 tapi masih di bawah 37.5 ngga apa-apa Mel, itu suhu wajar. Kalau 37.8 boleh dikasih tempra/ panadol drop, cukup 0.7ml aja setiap 4-5 jam.

    Abby juga dulu kecil kok Mel, tapi begitu gedean, ternyata bongsor-bongsor aja dan ngga obese. Malah enak daripada anak kita obese kan. Sehat terus ya Jayden dan semoga elu bisa segera ketemu DSA yang bener-bener sreg di hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gua tanya ke temen2 yg merekomendasikan dokter ST ini, dia ga sembarang kasih antibiotik... kalo kasih, berarti emang uda harus dikasih... itu juga ga langsung diminumin, gua ama seno pending dulu sehari... masalahnya, jayden muntah2 mulu... dan muntahnya tuh bukan cuma lendir doang... mau ke dokter lain, seno ga setuju pindah2 dokter mulu... jadi ya udahlah, yg penting jayden sehat deh...

      Delete
  5. Jayden ganteng banget sih!!! Gapapa ngiler! Ngiler itu tanda ganteng! *pembenaran* *Raka ngiler sampe 15-an bulan* LOL.

    Mel, kalo yang mata bengkak itu sih emang infeksi, bukan saluran air mata kesumbat *kayanya ya*. Soalnya ponakan gw (dan Raka juga) sempet saluran air mata kesumbat, belekan, tapi ya ga sampe bengkak.

    Btw soal AB, IMHO kalo ragu, next time mungkin bisa tunggu 3 hari dulu. Kalo lewat 3 hari ga sembuh baru kasi AB, soalnya kalo virus kan biasanya 3 hari membaik sendiri. Gw soalnya waktu kecil lumayan langganan AB dan gw lumayan sakitan dan jadi rada resisten gitu sama AB *hiks* makanya gw sedapat mungkin ga mau kasi AB dulu. Eh tapi gw ga bermaksud ngejudge loh ya. Apalagi abis di kasi AB, sembuh kan? Mungkin ya bener emang bakteri jadi perlu AB. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan raka ganteng hehehehe...

      gua juga agak ragu dengan saluran air mata kesumbat karena bengkaknya itu...

      itu uda 3 hari din... panas dari sabtu, selasa pagi belom turun juga... makanya ABnya gua pending dulu sehari sambil liat gimana anaknya... gua juga tadinya sebisa mungkin ga mau kasih AB, tapi mau ke dokter lain, si seno ga setuju, jadi ya udahlah kasih aja... yang penting sekarang uda sehat hahahaha...

      Delete
  6. dokter itu emang cocok2an juga sih emang ya mel.
    tapi ya kalo sampe gak diukur tinggi dan ngasal ngukur beratnya sih ya kayaknya gak ok ya secara itu kan udah umum buat dokter anak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya seno langsung ilfeel ama dr. E hahahaha...

      Delete
  7. Kalo saluran air mata kesumbat emang kadang bisa bikin belekan, dianjurkan emang dipijit2 dan diharapkan ntar sebelum umur 2 th bisa terbuka sendiri. Tapi dulu Vianney ga buka2, sampe sering banget belekan dan ujung2nya dikasih obat tetes mata AB. Emang mesti jagain supaya tangan anak bersih trus dan jangan dikucek biar ga belekan. Tapi karena waktu itu dia udah 3th lebih belum buka jadi dioperasi untuk buka salurannya (prosedurnya cepet bius total) ama dokter spesialis mata anak, setelah itu udah sehat2 trus sampe sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dr. E ga dikasih obat apa2 ci, walaupun ga tau diagnosanya bener apa ga... tapi itu belekan ga ilang2, malah jadi bengkak matanya... sebisa mungkin sih kita emang jagain jayden supaya ga kucek2 matanya, tapi ya susah sih hehehehe...

      Delete
  8. Aduh kasian jayden sakit sampe muntah gitu. Emang anak sakit tuh paling kasian yaa, plus serasa menderita banget mamanya juga haha. Untung udah sembuh ya sekarang, udh bs ketawa lg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mamanya menderita banget ngeliat anak sakit gitu heehehe...

      Delete
  9. Susah ya cari dra yg cocok sm kita..gw barutau kalo kasih AB itu sebaiknya dihindari kalo emang masih bs ditunda.
    Sehat2 selalu ya jayden.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cyn... malah kalo bisa ga usah kasih mending ga usah deh... kemaren itu juga kita maju mundur ngasihnya hahaha...

      Delete
  10. Keliatan kurus krn Jayden tinggi :D .
    Ben lg 5 bln 64 cm aja bb 7,3 kg.

    Klo teriak2 tuh ada yg dipengenin, cuma kita sbg ortu ga tau bhs bayi hehe, jd ya nebak2 deh cari tau. Kaya Ben prnh 2 minggu teriak2 melulu pagi siang, tengh malam, bpknya dan aku stress. Suatu hr kita bebasin Ben boleh merangkak kmana aja dia mau kesemua ruangan, eh berhenti deh ngamuk2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, dokter E juga waktu ditanya nyokap bilangnya gitu... keliatan kurus karena ini anak tinggi, padahal mah beratnya uda cukup...

      selama ini aku nebak kalo dia teriak2 berarti ada yang ga nyaman... ga nyamannya dia selama yang aku tau cuma laper, ngantuk, sama kalo dicuekin hahahaha...

      Delete
  11. Paling ga tega ya liat anak kecil sakit :( Smoga segera ketemu dokter yang bener2 sreg dihati ya Mel :D Dan selamat Ulang Bulan Jayden, smoga sehat2 terus yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya py, ga tega ngeliat anak sakit... sama dokter ST gua uda sreg sih, apalagi setelah gua cerita ke beberapa orang tentang jayden yang batuk plus demam dan muntah, ternyata tebakan mereka sama kayak dokter ST... mudah2an abis ini ga ada masalah lagi deh...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...