27 March 2015

Tentang Gendong

Beberapa waktu lalu, gua ketemuan sama temen lama di salah satu mall. Karena si suami ga ikut, jadinya gua ajak Jayden. Waktu si teman minta ijin buat gendong-gendong Jayden, tentu aja gua kasih. Lalu dia pun nanya....

"Koq boleh sih anak lu digendong-gendong orang lain? Biasanya kan ada emak-emak yang ga ngijinin anaknya digendong oleh siapapun"

Jadi gini...gua itu pecinta anak kecil. Mungkin karena efek ga punya ade, gua selalu suka ngeliat anak kecil. Makanya pekerjaan gua sekarang pun ga jauh-jauh dari dunia anak-anak. Karena kecintaan gua terhadap anak kecil itulah, gua selalu gemes pengen gendong kalo ada temen-temen yang bawa anaknya. Kebetulan mereka pada ngijinin sih, entah emang rela atau karena ga enak, hahaha. Tapi gua bener tulus pengen gendong mereka loh, bukan ada maksud lain.

Karena gua pernah di posisi pengen gendong anak orang lain, makanya gua juga rela anak gua digendong ama siapa aja. Dengan catatatan, siapa aja itu orang yang gua kenal tentunya. Ya kalo stranger di mall mau gendong anak gua tentu ga bakal gua kasih lah. Gua juga ga pernah minta ijin stranger di mall buat gendong anaknya, hahaha.

Waktu hamil, gua pernah membahas masalah ini ama si suami, dia langsung setuju tentang pemikiran gua ini. Makanya gua pernah beberapa kali elus-elus perut sambil bilang, "Nak, nanti kalo temen-temen mami papi mau gendong-gendong kamu, kamu harus mau ya."

Lalu apa hasilnya?

Setiap kali Jayden dibawa ke gereja, entah uda berapa banyak orang yang ngantri pengen gendong Jayden, hahaha. Kadang-kadang, baru digendong si tante A, uda pindah lagi ke tante B. Pokoknya kalo hari Minggu, mami papinya harus siap anaknya dilempar sana sini deh, hahaha. Malah waktu di Purwokerto, Jayden anteng digendong-gendong sama Ci Amey ampe ketiduran. Gendongan yang gua bawa waktu ke Banyumas ga kepake sama sekali karena banyaknya orang yang sukarela gendongin Jayden, hahaha. Anaknya juga mau-mau aja digendong ama siapa aja. Tapi ya kalo uda nyampe rumah, dia lebih suka digeletakin daripada digendong. Mungkin cape juga ya digendong-gendong mulu.

Tujuan kami membiasakan Jayden digendong orang lain sih, biar dia ga takut sama orang. Gua ga tau teori ini bener apa engga. Tapi gua ga mau Jayden kayak gua nantinya. Waktu kecil, gua suka takut kalo ketemu orang baru. Jadi kalo ketemu temen-temen bokap atau nyokap, gua lebih memilih diam ketimbang ngajak mereka ngobrol. Makanya mereka suka bilang kalo gua ini pendiam. Padahal mah kalo ketauan aslinya....kaget kali ya, hahaha.

Lagian, gua ngerasa Jayden tuh bisa ngebedain mana orang yang tulus sayang sama anak kecil dan yang engga. Contohnya waktu dia ketemu sama om gua pas imlek kemaren. Istrinya kan guru TK, tiap kali dia ngajak becanda Jayden, anaknya langsung ketawa. Tapi giliran om gua yang ngajak becanda, dia cuma bisa bengong, hahaha. 

Tapi kalo mau gendong Jayden ada syaratnya, anaknya lagi ga laper, ga ngantuk, dan pas ga tidur, hahaha. Pernah ada om-om di gereja yang minta ijin gendong Jayden pas dia lagi tidur, yang ada pas anaknya bangun malah nangis. Mungkin bingung, koq yang gendong dia orang asing, hahaha.

Mudah-mudahan suatu hari nanti Jayden ngerti, kalo dengan banyaknya orang yang gendong dia, berarti banyak yang sayang sama dia. 

Ama tante Fanny.

Ama om Rickie.

Ama si engkong. Ada yang tau ga ini siapa? Hahahahaha.

31 comments:

  1. Engkong Seno haha.

    Kalau gue mungkin alasan lebih kayak orang bule ya, soal kenapa gue gak comfortable anak gue digendong orang lain adalah lebih karena alasan kesehatan. The tendency of Indonesians, when they hold your baby, they usually breath in front of your baby and sometimes they gave him/her kisses. Gue sendiri pernah ngerasain sakit paru-paru yang gue gak tau sebabnya dari mana, yg jelas cuma dari udara. Jadi lebih ke prevention aja sih. Tapi tiap parents kan punya cara masing-masing ya, dan alasan yang berbeda2. Kebetulan sampai sekarang anak gue termasuk anak yg ga takut orang walaupun gue gak pernah kasih dia digendong2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu juga salah satu alesan sih... tapi gua yakin, kalo emang mereka tulus sayang ama jayden, kalo mereka lagi sakit juga pasti ga akan deket2 jayden... ada beberapa tante di gereja, mereka sadar diri ga mau deket2 jayden karena lagi pileklah, batuklah... tapi emang tiap parents beda2... kebetulan gua ama seno satu pikiran hahahaha...

      Delete
    2. Kalau gue sih yakin, kalau penyakit yg obvious dan bisa dirasakan oleh si pengidap, itu orgnya juga bakalan tau diri sendiri. Problemnya ada penyakit yg bahkan org yg ngidap saja gak sadar loh Mel. Seperti TBC (1/3 Indonesians are having TB btw), infeksi misalnya pada mata, atau org perokok yg bagi dia gendong anak habis merokok itu biasa. In the end hoki2an juga, kalau anaklu daya tahannya kuat, ya pasti kuat. Tp kalo buat gue itu better safe than sorry.

      Delete
    3. kalo itu emang lain cerita sih... tapi ya berdoa aja semoga jayden sehat2 terus... toh orang2 yg minta gendong dia juga orang2 yang gua kenal baik... btw, kalo ada temen lu minta gendong abby, nolaknya gimana?

      Delete
    4. Fortunately rata2 temen gue bukan tipe yg mau main gendong2 aja sih Mel. Rata2 tipe yg sadar jg akan policy menyangkut privacy anak. Rasanya sampai hari ini ga pernah ada yg minta loh. Kalau saudara pernah ada yg minta. Tapi itupun biasanya nanya dulu ke gue. Kalau gue ngga nyaman org tsb gendong, gue akan bilang anaknya lg mau istirahat. Biasanya ampuh. And fortunately (again), anak gue hampir ngga pernah digendong juga alias kalau pergi kemana2 pakai stroller. Jd org ngeliat ud nyaman duduk/ bobo jd gak pernah mnt. Semoga anak2 kita semua pd sehat selalu ya Mel.

      Delete
    5. anak gua kalo di gereja ga pernah pake stroller sih, dan di gereja gua ga ada yg bawa stroller plus tempatnya juga ga memungkinkan untuk bawa stroller... jadi kalo ada yg bawa anak kecil, pasti pada minta digendong sana sini... termasuk gua minta gendong anak orang, termasuk anaknya dina tuh hahahaha...

      Delete
  2. hahaha engkong....jangan stles stles lagi yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih stles dia, masih nyangkut di truk sayur hahahaha...

      Delete
  3. hihihi.. gua belum tau mel nanti gimana.. tapi rasanya sih kasih2 aja untuk gendong. biar anaknya gak takut sama orang lain. tapi gua juga liat2 dulu kali yaa.. ada yang batuk or pilek apa kaga. soalnya kan ada juga org yg udah batuk pilek tapi tetep aja santai untuk gendong. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini sih, kalo ada orang yg batuk pilek selalu sadar diri untuk ga deket2 jayden, apalagi gendong... tapi ya...dihindarin juga, kalo orang rumahnya batuk pilek ya pasti ketularan hehehehe...

      Delete
  4. Gw sebenernya juga suka minta gendong anak orang tapi gw sih mirip2 Leony deh prinsipnya. *curang* haha. Tapi pas anaknya udah rada gedean (kalo standar gw: udah bisa duduk atau leher udah tegak, dan vaksinya udah lumayan lengkap), gw lebih loose sih. Apalagi kalo udah pegel: "nih siapa yang mau gendong???!!!" gitu Mel. Hahahahahahaha.

    Eh tapi gw ga yakin sih ada hubungannya antara kasih gendong2 sama takut orang. Kayanya itu emang bawaan karakter anak deh. Raka kan termasuk jarang digendong orang ya, tapi dia termasuk ga takut orang tuh. Trus kalo gw perhatiin, anak cewe umumnya lebih takut orang sih daripada anak cowo. Walaupun gak selalu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini sini, gua mau gendongin raka hehehe... tapi biasanya uda seumur raka suka ga mau digendong2, maunya jalan hahahaha...

      masa sih raka jarang digendong orang? bukannya kalo di gereja lumayan banyak ya yang gendong dia? jayden tuh ya, tiap minggu uda pada ngantri deh hahahaha... *nasib punya bapak ngetop*

      gua juga ga yakin sih, cuma ngeliat beberapa contoh kayak ada hubungannya ehehehe...

      Delete
  5. Engkong Seno :D

    Gw juga belum tau, tapi gw juga seneng gendong bayi org lain..Huhu.. Berarti harus siap2 juga dong ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga selalu gitu juga sih hehehehe... cuma karena gua ngerasa pernah di posisi mereka, jadi ya gua ijinin... lagian gendong2 cuma sebentar ya gpp lah...

      Delete
  6. Gue jg ga masalah soal siapa yg gendong2 marco, tp liat2 org nya juga kl penampilan nya kyk uda ga mandi 3 hari ya ga bakal gua kasih. Tapi kadang ada yg sampe cium2 gt padahal gue ga kenal huhuhu pasrah deh, ga mungkin jg gua marahin langsung kan. Paling begitu pergi org nya langsup elap2 pake tissue basah haha.
    Jadi jayden kapan mau di gendong onty epi? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden malah pernah dicium ampe bekas lipstiknya nempel di pipi hahahaha... tapi ya karena gua kenal, ya udah deh... kalo ga kenal ya ga gua kasih ijin gendong juga...

      nanti kalo jayden main2 ke gading ya onty... jayden digendong onty epi, marco digendong onty melissa hahahaha...

      Delete
  7. Hahaha si engkong. Lagi acara apa tuh kok si seno didandan jd engkong engkong :p

    Iya gak apa ya digendong org asal kita kenal dan asal org nya gak sakit. Plg sebel kalo ada org yg gak tau diri. Misalnya lg batuk pilek tp mau gendong bayi. Gimana coba mikir nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. acara drama prapaskah di gereja ko hehehehe...

      sejauh ini sih, mereka yang batuk pilek tau diri buat ga deket2 jayden hehehehe... tapi terhindar dari orang lain, malah ketularan orang rumahnya sendiri hehehehe...

      Delete
  8. ngkong Seno itu pasti, hehehehe..
    karena blm punya anak, tapi kayaknya gue akan ngasi2 aja mel kalo ada yg mau gendok anak gue tar tapi sama kayak lo ya, untuk org2 yang kenal aja :) soalnya gue juga demen anak kecil en tiap x gatel pengen gendong2 en main sama anak kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga ga mau kalo orangnya ga gua kenal hahahaha... emang kalo demen ama anak kecil, biasanya lebih ngerti sih, makanya kasih ijin hehehehe...

      Delete
  9. Adeknya lucuuuuuu :D

    Iya tentunya harus sama yg kenal dongs yaaa.. Rada serem kalo dipegang orang lain :' *mulai parno*

    ReplyDelete
  10. Iya mel, gw juga nanti kalo punya anak ga masalah sih mau digendong sama siapa aja dalam artian keluarga atau temen deket yaa..Tapi kayanya nunggu gedean aja kalo masih baru lahir kayanya agak riskan ya, takut keseleo kan tulangnya masih lembek..Tapi gpp sih ngajarin anak untuk akrab sm banyak org sejak dini..hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua sih liat2 orangnya juga, biasanya yang uda tante2, apalagi yang uda punya anak banyak, karena uda pengalaman jadi gua kasih aja... kalo yang keliatannya ga meyakinkan mungkin engga... tapi jayden tuh dari lahir uda digendong siapa aja hahahaha... tetangga depan rumah aja waktu nengokin jayden langsung gendong2...

      Delete
  11. itu papi nya Jayden ya :D
    sejauh anaknya nyaman sama yg gendong gpp x ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, biasanya kalo anaknya ga nyaman mukanya langsung tegang... ga nangis, cuma tegang doang hahahaha...

      Delete
  12. bapak sekaligus engkong wakakakak :)
    g juga semenjak awal enggak pernah larang anak g di gendong siapapun selama dia mau yah ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini sih anaknya diem2 aja digendong ama siapapun, jadi gua berasumsi dia mau2 aja hehehehe...

      Delete
  13. rasanya jarang deh ada yg minta gedong anak gw. mungkin pada tau diri kali ye, kecuali sodara n temen deket sih ada yg minta coba gendong n gw kasi. Tapi biasanya anak gw gamau hahahah, nemplok ama maminya :P

    Gw tipikal orang yg ga suka gendong anak org laen juga. Bahkan gw sebenernya bukan org yg suka ama anak kecil, yah kecuali anak gw sendiri hahahaha. Jadi gw hampir gapernah gemes ato pengen pegang2 anak orang, kecuali kadang basabasi ya gw pegang2 anaknya hauhahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo uda seumur james gitu emang biasa suka ga mau hehehehe... kalo yg ga suka anak kecil biasanya emang jarang minta gendong... aku suka sih, makanya suka gemes kalo ngeliat anak kecil yg lucu hahahaha...

      Delete
  14. Terima Kasih ATas infonya, bermamfaat dan menambah wawasan.....
    Salam Kenal Dan Salam Sukses.....

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...