09 June 2016

Toiletries Baby

Beberapa waktu lalu ada temen yang lagi hamil nanyain tentang toiletries baby. Pas gua ngubek-ngubek blog, ternyata belom pernah gua tulis, hehehe. Jadi sekalian gua tulis aja deh disini.

Sebenernya urusan toiletries itu tiap baby beda-beda ya. Ada yang kulitnya sensitif jadi harus pake merk tertentu baru cocok, tapi ada juga yang kulit badak kayak Jayden, pake merk apapun ayok, hahaha. Puji Tuhan waktu lahiran dulu banyak banget yang ngasih kado toiletries ini. Saking banyaknya, gua ga perlu beli-beli apapun selama 1 tahun. Malah ada yang gua pake buat kado lagi, daripada disimpen nunggu kepake nanti keburu expired kan sayang. Merk yang dikasih pun beragam, mulai dari zwitsal, cussons, johnson, sampe pigeon, merk yang paling banyak dikasih. Barangnya juga macem-macem, mulai dari sabun, shampoo, sabun shampoo yang gabung jadi satu, baby cream, hair lotion, body lotion, cologne, dan bedak. Untuk bedak karena dilarang sama dokternya, akhirnya gua yang pake, hahaha.

Karena punya berbagai macam merk, gua jadi bisa cobain semuanya ke Jayden. Begitu harus beli, gua jadi tau merk mana yang mau dibeli. Sebenernya dia pake merk apapun cocok-cocok aja sih, ga pernah iritasi, tapi gua pilih yang bener-bener cocok banget dan wangi, hahaha. Bayi kalo wangi enak banget loh ciuminnya. Tapi ga semua barang harus dipakein sih. Kayak hair lotion, body lotion, atau cologne, sebenernya itu ga perlu-perlu amat. Cuma karena gua uda punya ya uda dipakein aja, hahaha. Ada beberapa dokter yang melarang penggunaan kosmetik bayi, tapi dokter gua bilang sejauh ga ada iritasi sih oke-oke aja. Lagian yang rajin makein itu si suster. Kalo ama gua mah, sabun shampoo, cepak cepak cepak, kelar dah, hahaha.

1. Sabun shampoo

Dari Jayden masih di perut, si suami uda mendoktrin supaya Jayden pake merk zwitsal. Bahkan waktu mudik pas hamil, dia beli satu set zwitsal yang ada tasnya, hahaha. Entah kenapa dia cinta banget sama merk ini. Tapi emang diantara semua merk, buat gua zwitsal itu yang paling wangi sih. Makanya untuk sabun shampoo, gua pake zwitsal. Untuk sabunnya gua pake yang batangan, karena berasa kulitnya Jayden lebih halus kalo pake sabun batang, hahaha. Kalo shampoo gua pake yang classic, wanginya lebih enak. Zwitsal juga punya produk yang 2 in 1 sih, tapi gua lebih suka sabun dan shampoo dipisah. Yang 2 in 1 gua pake buat pergi-pergi doang biar ga ribet.

2. Hair lotion

Sekarang lagi pake pigeon, buat ngabisin stok dulu, hahaha. Tapi merk favorit gua tetep zwitsal karena wanginya lebih menyengat. Jayden pake yang ada aloe vera dan kemirinya. Katanya sih bisa bikin rambut jadi lebih lebat. Lalu apakah rambut Jayden jadi lebih lebat? Kayaknya ga juga. Rambutnya tetep segitu-gitu aja. 

3. Body lotion

Dulu sih pake semua merk yang ada, pas abis gua beli merk zwitsal. Zwitsal lagi? Kayaknya si suami berhasil mempengaruhi istrinya nih, hahaha. Body lotionnya juga enak sih, ga bikin kulit jadi lengket. Tapi sekarang uda ga pernah pake body lotion lagi. Abis mandi trus lari sana sini, jadi keringetan sebadan-badan, percuma dipakein body lotion juga.

4. Cologne

Kalo yang ini lagi pake merk johnson's baby, dan masih dalam rangka ngabisin stok, hahaha. Soalnya kalo cologne kan dipake kalo mau pergi doang, jadi awet deh. Makenya juga dicombo sama parfum buat baby yang dibeliin tante gua dari Paris. Ini bocah kecil-kecil koq ganjen amat ya uda pake parfum, hahaha. Seandainya abis, gua belom tau sih mau beli merk apa. Mungkin ga usah beli dulu kali ya, ngandelin wangi minyak telon aja, hahaha.

5. Minyak telon

Ini yang ga ada di kado, jadi dari awal emang kudu beli. Tadinya gua pake minyak telon yang warna ijo (lupa merknya apaan, yang pasti bukan caplang), lalu beralih ke zwitsal (lagi), dan akhirnya pake my baby plus. Dan diantara semuanya, my baby ini yang paling wangi. Kali ini zwitsal kalah deh, hahaha. Wanginya emang wangi sereh gitu sih, tapi gua suka banget. Sebenernya ga usah pake cologne-cologne atau parfum, pake minyak telon ini aja uda cukup, wanginya tahan lama. Gua pilih yang plus karena ada anti nyamuknya, jadi biar ga digigitin nyamuk. 

6. Baby cream

Kalo uda seumur Jayden sekarang sih sebenernya uda ga perlu baby cream lagi. Dulu kan gua pakein di pantat biar ga kena ruam pokok. Sekarang gimana mau pakein baby cream kalo mau pakein diaper aja uda susah payah. Sejak umur 8 bulan uda stop pake baby cream di pantat. Tapi baby creamnya tetep gua pake, cuma bukan di pantat, melainkan buat ngilangin bekas gigitan nyamuk. Untuk merknya gua pake sebamed, karena cuma merk ini yang bisa ngilangin bekas gigitan nyamuk. Beneran hilang loh, kulitnya jadi mulus lagi. Tapi buat ngilangin bekasnya ya, bukan bentol-bentolnya. Kalo pas bentol, gua pakein zambuk.

7. Baby oil

Kalo yang ini gua setia pake johnson's baby. Lagian baby oil kayaknya ga ada di kado deh, jadi pas beli ya belinya johnson's baby. Tapi penggunaan baby oil juga jarang sih. Gua lagi inget-inget pakein baby oil buat apaan. Kayaknya dulu buat mijet-mijet payudara, tapi itu juga beberapa kali doang karena gua males mijet-mijet, hahaha. 

8. Baby wipes 

Atau tissue basah buat baby. Kalo ini mah merk apa aja sih semuanya cocok-cocok aja. Tapi penggunaan paling banyak itu pigeon dan cussons. Kalo pigeon dari hasil kado, kalo cussons karena sering promo buy 1 get 1, hahaha. 

9. Nipple cream

Yang ini toiletries maminya. Untuk nipple cream, gua pake medela purelan. Sebenernya waktu awal-awal menyusui sampe 1 tahun, gua ga pernah pake cream apa-apa, karena pas mau nyusuin, gua suka lupa bersihin, jadi males pake. Tapi pas 1 tahun, nipple gua luka parah ampe bolong gitu karena sering digigitin. Kalo gua baca-baca sih, sebenernya olesin ASI aja uda cukup. Tapi berhubung gua uda ga tahan sama sakitnya, akhirnya gua minta si suami beliin medela purelan, hasil rekomendasi dari temen. Dan si medela ini katanya aman dimakan bayi, jadi pas mau nyusuin ga perlu repot-repot bersihin. Lukanya juga berangsur-angsur sembuh. Biarpun sekarang uda ga pernah luka lagi, tapi masih suka dipake.

10. Bedak

Dokter dan rumah sakit melarang penggunaan bedak tabur untuk baby, karena katanya ga bagus buat pernapasannya. Jadi semua bedak tabur yang ada, gua yang pake, hahaha. Tapi pigeon punya compact powder yang katanya aman buat bayi. Cuma Jayden kayak ga cocok pake pigeon, kulitnya jadi agak merah-merah gitu. Akhirnya gua stop deh. Dan ampe sekarang ga pernah pake bedak-bedakan.

Sekian pembahasan tentang toiletries. Buat temen-temen yang lagi hamil, better beli satu merk dulu. Siapa tau dapet banyak kado kayak Jayden, hehehe. Kalo ga cocok, baru cari merk lain yang lebih cocok.

36 comments:

  1. ya ampun kecil2 udah pake cologne/parfum ya... hahaha. keren amat... :)

    kalo kita cuma pake shampoo/sabun yang head to toe nya johnson's sama pake baby lotion nya johnson's atau cetaphil (tergantung lagi ada stock nya apa). that's it. gak pake lain2nya lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan biar kece om hehehehe...

      emang yang lain2 itu sebenernya ga perlu2 amat sih, tapi karena uda dikasih ya kami pake hehehe.. lagian susternya rajin makein ini itu hahahaha...

      Delete
  2. Memang mending pake yang over the counter. Gak repot nyarinya, plus ngelatih anak dari kecil supaya kulitnya nggak kelewat "manja". Buat rambut, Abby juga pas kecil pake Zwitsal, tapi ditambah pake Kukui pas udah setahun, Mel. Memang agak ribet karena lengket n keramas terus, tp kayaknya (kayaknya loh ya) ada hasilnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kukui itu apa ya ci?

      bersyukur banget kulitnya jayden ga manja, pake apa aja juga cocok hehehe... jadi keliatan lebih tebel ya rambutnya? gua mah kalo masalah rambut terima apa adanya deh, anak cowo ga perlu pusingin rambut hahahaha...

      Delete
    2. bantu jawab, kukui itu yg buat melebatkan rambut, dari minyak kemiri kalo gak salah *nasib anak gw juga rambutnya tipis*

      Delete
    3. ooouuww thank you penjelasannya hahahaha...

      Delete
  3. dulu anak gw juga didoktrin mertua biar rambutnya tebel bagus kayak bapaknya haha..tapi jadinya biasa aja. hair lotion kayaknya juga abis berbotol botol tapi kayaknya si biasa aja.
    klo ada anak cewek, ntr gedean kudu pake yang detangle (anti kusut) klo ga kesian tuh suka kusut

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anakku kan cowo ci, jadi ga usah pusing rambut tebel tipis deh, yang penting sehat, bersih, dan wangi hahahaha...

      Delete
  4. wah ryu malah cocok pake pigeon tapi klo pake jhonson mlah merah-merah, tp klo bedak ryu juga gak pake soalnya bapake anti banget anak co dipakein bedak..hahaha

    tq infonya nih cii si ryu bekas gigitan nyamuknya jd pd item gitu nanti aku coba pake sebamed deh..hehe

    oh ya zambuk itu bisa buat digigit nyambuk juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga cocok sih sama pigeon, cuma gua ngerasa kalo pake zwitsal kulitnya lebih mulus, hahaha... sugesti aja sih mungkin... bedak emang ga boleh, debunya kalo dihirup bayi ga bagus...

      gua sih pakein zambuk pas lagi bentol2 gitu, biar ga gatel, dan cepet hilang bentolnya...

      Delete
  5. ih, suami gw pas ditawarin mustela, buds organic sama mba2 di baby shop langsung nyeletuk "zwitsal aja!"

    semoga anak gw ga alergian kayak jayden yaa.. klo engga kantong emaknya yang alergi klo harus beli mustela..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup zwtisal! hahaha... aminn...semoga peanut ga ada alergi apa2 ya...

      Delete
  6. Anak2 di rumah pake Zwitsal, ada satu jaman Clarissa kecil kulitnya alergi jd pake sebamed. Udah gedean balik Zwitsal lagi hahaha...shampoo yg kemiri, aloe vera sementara sabun yg milk honey. Skrg kayanya susah yah cari isi ulang shampoo dia? Jadi kadang beli yg 2in1 Johnson top to toe atau Zwitsal yg 2in1 juga (praktis buat pergi 2 anak hehehhee)

    Kalau pigeon blom pernah nyoba malahan jd gak tau sama sekali hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sabun jayden lebih cocok pake yang batangan ci, kulitnya lebih halus hahaha... sugesti kali ya... kalo pergi2 juga aku pakenya yang 2 in 1, jadi ga ribet hehehe...

      Delete
  7. gw juga pakein zwitsal! tos dulu aah sama jayden hehehe

    ReplyDelete
  8. Oh, bakal banyak yang ngadoin ya? Kalo gitu aku ntar pas belanja ga beli2 dulu deh hahaha tar aja kalo udah lumayan deket jadwal lahiran seandainya ga ada yang ngadoin aku toiletries :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli satu produk dulu aja, nanti kalo ga cocok kan bisa minta tolong suami beliin yang lain...

      Delete
  9. Zwitsal emang wangi nya paling mantep ya.. dl keponakan pake zwitsal. Emang bener mel, kl baby nya wangi, pasti jd demen ciumin baby nya. :D
    Sus nya jayden rajin & telaten bgt urus jayden mel.. salut. Udah berumur blm sus nya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda berumur, anaknya uda pada gede2 semua hehehehe...

      Delete
  10. ini zwitsal 2 in 1 ku abis. mo beli lagi, eh masih ada johnsons 2 botol tp nggak yg top to toe. halah tapi gak papa kali yak, dipake ke rambutnya sekalian, bhahahaha.... Emak pelit bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakein aja semua yang ada mem hahahaha... aku juga emak pelit dong, setaon ga beli apa2 hahahaha...

      Delete
  11. jayden peralatan lenongnya banyak juga yah... anak g pakai ini dan itu pas Eve doank, itu juga karena nannynya yang request kalo anak ce kudu dibiasain dari kecil perawatan, biar enggak kek mamanya wakakaka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena kado semua pit, makanya dipake2in hahahaha...dan itu juga susternya yang rajin pakein, gua mah asal uda mandi, bersih, kelar deh hahahaha...

      Delete
  12. Tos dulu mel... pecinta switzal jg. Hahahahaha...
    Awal mula doang pake sebamed, udh abis sampe skrg setia switzal. Minyak telon jg pake my baby. En guah setuju soal sampo en sabun terpisah ituh. Wakakakaka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dulu sama fay... jayden juga pernah pake sebamed, bawaan dari rumah sakit hehehehe... my baby itu minyak telon paling wangi loh kalo buat gua hehehehe...

      Delete
  13. Sama mel. G juga banyakkan pake zwitsal.
    Awal2 pake johnsons tapi kynya ga cocok. Trus pake sebamed tapi boros ya bok. Akhirnya coba zwitsal dan cocok2 aja sampe skrg. Walopun g denger dari 1 dokter kulit yang mengaku ikut research produk2 bayi dan dia seperti memblacklist zwitsal, g ga percaya lah. Selama di anak ga kenapa2.

    G jg ga pernah pake bedak2an dari bocah2 kecil. Kecualiiii kasus tertentu klo pas abis pup dan baunya masih aja nempel walopun udah dicebok bersih..baru pakein bedak dikit. Hauahahahahauaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua malah baru tau tuh berita itu... gua juga percaya anak gua ga kenapa2 deh...

      Delete
  14. Gua udah agak lupa...kayaknya zwitsal deh...yah klo dapet kado merk lain, dipake juga sih, jadi campur2 lah. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Gue blm punya anak Mel hihi tapi sejauh ini gue suka pakai produk2 buat bayi kayak cologne sama bedak hihi, wanginya lembut jd suka ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga pada akhirnya pake produk bayi biarpun cuma bedak doang hahahaha...

      Delete
  16. Baby oil aku beli botol gede banget, eh setelah lahiran cuma pakai sedikit, cuma 2 bln deh sptnya dipakai, habis itu lupa melulu, sayang banget ga kepake :D .

    ReplyDelete
  17. memilih peralatan mandi bayi memang ga boleh asal ya, apalagi kulit dia masih sensitif gitu. suka takut yg mengandung paraben2 gitu.

    ReplyDelete
  18. Sebamed cream yang buat bentol2 yang kyk gimana nya ?? Soalnya sebamed byk cream nya hehehe..

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.