12 June 2019

Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif

Punya anak kedua dengan jeda yang lumayan jauh bikin gua harus belajar lagi dari awal. Mulai dari belajar nyusuin, sendawain, gantiin popok, sampai belajar mandiin. Untungnya waktu gua lahiran, suster-suster di rumah sakit berbaik hati memberikan info seputar merawat bayi yang baru lahir, terutama merawat kulit bayi. Menurut suster-suster, kulit bayi itu masih sensitif dan rentan terkena iritasi. Penyebab iritasi atau masalah kulit bayi seperti dermatitis, ruam, alergi, dan biang keringat pada bayi bermacam-macam, mulai dari debu, udara yang kurang bersih, sampai penggunaan sabun atau deterjen yang kurang cocok di kulit si bayi. Ciri-ciri iritasi pada kulit bayi umumnya muncul bintik merah, terkadang disertai dengan rasa gatal dan panas, tapi bisa juga muncul berbagai penyakit kulit seperti ekskim. Untuk itulah kita harus berhati-hati dalam memilih merk untuk produk-produk bayi, khususnya sabun mandi dan deterjen, karena kedua produk itu yang berhubungan langsung dengan kulit bayi.

Pipinya juga harus selalu mulus, biar enak diciuminnya, hahaha.

Dalam memilih produk bayi, gua selalu memperhatikan kandungan yang ada didalamnya. Biasanya gua cari produk yang dermatologically tested atau hypoallergenic tested, yang artinya seminimal mungkin menggunakan bahan baku yang menimbulkan reaksi alergi. Tapi suster-suster di rumah sakit juga bilang, selain itu cari merk yang bebas SLS. Apa itu SLS? SLS atau Sodium Lauryl Sulfate adalah bahan kimia yang biasa kita temukan di produk-produk kecantikan. Penggunaan SLS terhadap kulit sensitif ternyata bisa memicu timbulnya iritasi. 

Dari hasil browsing, gua tertarik dengan merk Purebaby, karena ada tulisan No Added SLS di packagingnya. Purebaby adalah produk tanpa Sodium Lauryl Sulfat / Sodium Laureth Sulfat / Sodium Myrate Sulfat / Anionik Surfaktant. Ph-nya juga Ph normal untuk bayi, yaitu 5,5. Lalu under supervision Novell Pharmaceuticall group, itu loh bu, industri farmasi yng memproduksi Lacto B yang digunakan untuk mengatasi diare atau saluran pencernaan,  sehingga mulai dari bahan baku, proses produksi, bahan kemas sampai dengan jadi produk sesuai dengan standar kualitas GMP (Good Manufacturing Practice Farmasi). Harganya juga masih terjangkau dompet. Jadi gua coba beli Purebaby Liquid Soap untuk sabun mandinya, dan Purebaby Laundry Liquid untuk deterjen pakaiannya. Gua bahas satu-satu ya.


Purebaby Liquid Soap.

Untuk sabun mandi anak-anak, gua lebih memilih sabun cair ketimbang sabun batangan. Alasannya dari segi penyimpanan, sabun cair lebih higienis daripada sabun batang, dan mudah dibawa kemana-mana. Kalo sabun batangan kan dibawa pergi rada ribet, kudu bawa tempat sabunnya dulu, jadinya rada makan tempat. Sementara sabun cair bisa dipindahin ke botol kecil khusus travelling. Dari awal liat Purebaby Liquid Soap, gua uda tertarik sama klaimnya yang No Added SLS dan botolnya yang pump menarik untuk gua, jadi kalo mandiin Emily tinggal pencet-pencet doang.

Gua paling suka sabun dalam bentul botol pump kayak gini.

Ini komposisinya.

Kalo mandiin tinggal pencet-pencet doang.

Purebaby Liquid Soap ini dermatologically tested atau tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan iritasi pada kulit, dan mengandung triple moisturizer, antara lain :
  • Oat Kernel Extract, yang berguna untuk memberi kelembaban pada kulit serta menyejukkan permukaan kulit dari rasa gatal dan akibat iritasi kulit.
  • Chamomille, yaitu bunga chamomile, berguna untuk mengatasi merah-merah akibat iritasi pada kulit bayi.
  • Pro Vit B5 berguna untuk menstabilkan metabolisme kulit.

Texturenya sedikit lebih kental dari sabun-sabun mandi lainnya, dan begitu dibuka langsung tercium aroma yang seger banget. Saat dituang ke waslap baby ga perlu banyak-banyak, cukup sedikit aja, lalu berikan air. Usapkan secara lembut ke badan baby, termasuk kepalanya ya, dan bilas dengan air bersih. Setelah mandi pakai Purebaby Liquid Soap, kulit Emily terasa lebih lembab. Aromanya juga tahan lama, jadi bawaannya pengen cium-cium pipi gembulnya terus, hahaha.

Pipi gembulnya jadi makin sering jadi korban kegemesan maminya, hahaha.

Purebaby Laundry Liquid.

Purebaby Laundry Liquid ini mengandung alkylpoliglucoside yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung sebagai zat pembersih, serta aloe vera sebagai anti bacterial dan anti fungi alami. Kandungan aloe vera tersebut juga berfungsi untuk memberi kelembutan pada pakaian bayi, sehingga ga perlu menggunakan pelembut pakaian lagi. Selain itu deterjen ini juga memiliki Laundry Stain Remover yang berfungsi mengangkat kotoran dari pakaian bayi tanpa menyakiti kulitnya yang sensitif, sehingga terhindar dari iritasi.

Texturenya agak lebih encer daripada deterjen biasanya, tapi waktu dicampur busanya ga terlalu banyak. Nah...busa yang tidak banyak inilah yang menandakan Purebaby Liquid Laundry tanpa tambahan SLS. Jadi ibu-ibu ga perlu khawatir akan residu deterjen SLS yang tertinggal di pakaian. Selain itu berarti gua bisa hemat air, hahaha. Aromanya juga hampir mirip kayak Purebaby Liquid Soap. Di tangan berasa lembut, ga panas, dan selesai nyuci aroma lembutnya masih kecium. Karena memiliki Laundry Stain Remover tadi, kotoran di baju Emily bisa terangkat dan langsung hilang dalam sekali kucekan. Apalagi baju-baju putih yang kadang kena noda coklat akibat dicium-cium kokonya dalam keadaan mulut penuh coklat, langsung bersih dan kinclong lagi.

Teksturnya keliatan lebih encer ya.

Setelah beberapa kali nyuci pake Purebaby Laundry Liquid, gua berasa baju-bajunya Emily jauh lebih lembut. Uda gitu karena belakangan sering hujan, gua jadi jemurin baju-bajunya di dalam ruangan, dan ga bau apek sama sekali. Kadang kalo dijemur di dalam ruangan, begitu kering kan jadi agak-agak bau apek, tapi kali ini engga, aromanya lembut dan nyaman dikulit Emily. Sekarang anaknya jadi lebih cium-able, hahaha.

Ini komposisinya.

Bajunya jadi lebih lembut, ga bau apek, dan wanginya ga menyengat.

Mami ini bajunya nyaman dipakai, ga menyakiti kulitku. Aku makan ya...

Produk Purebaby bisa dibeli di Kimia Farma, Food Hall, Farmers, Kelapa Gading, Ranch Market, Aeon, Lulu, Grand Lucky, Diamond, dan Baby Shop. Buat ibu-ibu yang anaknya ada alergi atau masalah kulit sensitif lainnya, gua rekomendasikan banget produk-produk dari Purebaby ini. Yuk dicoba!

2 comments:

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.