20 February 2015

Cerita Imlek Tahun Ini

Imlek tahun ini masih sama dengan imlek tahun lalu. Bedanya, tahun ini personilnya nambah dong, hahaha. Berhubung di keluarga gua tetua-tetuanya masih ada, jadi Jayden itu merupakan generasi keempat. Nah, kalo uda gini bingung deh, Jayden manggil adenya opa dan oma dengan sebutan apa, hahaha. 

Seperti biasa, tiap malam imlek kami punya tradisi makan malam bersama. Tadinya kita berencana dinner bareng ii gua dan keluarganya di salah satu restoran chinese food di deket rumah, tapi hari itu....jalanan seperti tidak bersahabat. Om gua masih stuck kena macet ga bergerak sama sekali, ketambahan hampir semua restoran chinese food mengharuskan kita untuk ambil menu paket yang harganya berkisar 1-2jt. Beuh...mahal amat! Jadinya gua makan bareng bokap dan nyokap deh. Suami? Dia istirahat di rumah, soalnya lagi sakit. Setelah bingun sana sini, akhirnya kita makan di Pondok Pangandaran. Restoran yang sama dengan yang kita makan tahun lalu, cuma menunya aja sedikit berbeda, hahaha.

Pulang makan, gua dan suami langsung masuk-masukin duit ke angpao. Tahun ini uda mulai terbiasa dengan tradisi bagi-bagi angpao, apalagi ada Jayden, balik modal dah, hahaha. Biarpun duit angpaonya Jayden kita tabungin buat dia nanti, tapi kan lumayan, ada pengeluaran, ada pemasukan, hahaha.

Angpao yang siap dibagi-bagi.

Pas hari Imleknya, kita semua pake baju baru dong, tentu dengan nuansa merah-merah. Si suami tadinya pake putih, tapi tiba-tiba dikasih baju merah ama nyokap, jadi ganti pake merah deh. Pas Jayden uda rapih, mulailah acara bagi-bagi angpao. Tentu dimulai dari omanya dong.

Ayo Jayden paipai dulu.

Mami, aku mau yang merah-merah dong.

Abis itu ii gua dan keluarganya dateng, disusul dengan adenya bokap dan keluarganya. Jayden mulai panen angpao deh. Yang girang sih uda pasti mami papinya. Anaknya? Abis dapet angpao malah tidur, hahaha. 

Begitu om gua pergi, kami sekeluarga langsung jalan ke rumah adenya opa di Serpong. Untung kita pergi pagi-pagi, jadi jalanan masih belom macet. Pas sore mau pulang, kita liat arah ke Serpong macet parah. Sebelumnya sempet mampir ke Living World dan makan siang di Bakmi Gajah Mada. Di Serpong kira-kira ampe jam 3an, lalu jalan lagi ke rumah adenya oma di Joglo. Disitu sempet makan malem pake bandeng, yang katanya menu wajib kalo imlek. Sekitar jam 5an, kita pulang ke rumah deh.

Untungnya Jayden selama di jalan anteng-anteng aja. Sempet ribut sih, tapi itu kayaknya gara-gara dia kecapean digendong. Kita pergi kan rame-rame, jadi ga mungkin bawa carseat. Makanya selama di jalan Jayden digendong terus. 

Nangis minta digeletakin.

Selama di mobil itu, Jayden mulai batuk-batuk. Sebenernya dari kemaren uda batuk sih, tapi frekuensinya masih jarang, jadi gua pikir batuk karena tersedak. Dia kan sering masukin tangannya ke mulut ampe dalem banget, dan sering main ludah, ini yang kadang bikin tersedak. Tapi pas imlek koq frekuensi batuknya mulai bertambah. Cuma kan yang namanya imlek kudu kumpul-kumpul keluarga, jadi dia tetep kita ajak. Apalagi ini generasi keempat yang pertama, hehehe.

Pas di Serpong, Jayden sempet batuk-batuk ampe muntah. Muntah ampe satu baju kena semua. Jadinya ganti baju deh. Untungnya beberapa hari sebelumnya gua sempet bilang ke suster buat bawain satu stel baju ganti lengkap.

OOTD. Biarpun ga pake merah, tapi aku tetep ganteng kan.

Malemnya, begitu Jayden mau dipindahin ke crib, dia bangun dan nangis-nangis. Nangisnya tuh persis kayak waktu kemaren dia abis disuntik. Ga tega gua ngeliatnya. Dia nangis sambil batuk-batuk dan muntah yang ampe keluar lendir. Selama nangis, disusuin pun ga mau. Akhirnya gua gendong-gendong terus sambil jalan-jalan ampe dia tenang baru disusuin. 

Emang uda beberapa hari si suami batuk pilek, ampe dia ga tidur di kamar biar Jayden ga ketularan. Tapi yang namanya virus mah bisa masuk dari mana aja. Apalagi tetangga juga lagi batuk. Emang lagi musim batuk pilek sih ya. 

Pas dia nangis-nangis itu, si suami nyuruh gua telp temen gua yang suaminya dokter. Tapi gua tiba-tiba inget kalo gua punya no HP di Dr. B, akhirnya gua telponlah si  Dr. B. Gua jelasin kondisinya, dan dia cuma bilang, "kasih ASI terus aja, nanti juga sembuh sendiri" Gua emang pernah baca, lupa dimana, anak bayi kalo batuk pilek ga pake demam, kasihin ASI aja terus. Untungnya Jayden ga demam sih, dan setelah nangisnya reda, dia mau nyusu seperti biasa. Tidur juga tetep pules.

Biarpun batuk, tapi tetap ceria.

Imlek tahun ini penutupnya ga enak banget ya, hahaha. Hari ini sih sempet muntah keluar lendir kayak semalem, tapi pas sorean frekuensi batuknya uda berkurang. Si suster sih bilang, asal anaknya masih mau nyusu sih ga ada yang perlu dikhawatirkan. Gua sih ga khawatir banget, karena gua yakin Jayden tuh anak yang kuat. Masalahnya....omanya yang panik ampe dia ngerasa bersalah karena uda nularin cucunya, hahaha. Yeah, tipikal oma-oma, hahaha.

Mudah-mudahan minggu depan uda sembuh deh. Soalnya dia mau dibawa pulang kampung naik mobil, hahaha. 

Sebagai penutup, gua, Seno, dan Jayden mau ngucapin....


Gong Xi Fat Cai!

Semoga tahun kambing ini membawa rejeki buat kita semua. 

23 comments:

  1. Gong Xi fa cai...
    Moga2 seno dan jayden cepet sembuh ya...
    Justru kalo anak batuk trus muntah itu bagus biar reak nya keluar...

    Seno kalo masih batuk suruh pake master biar gak nulisin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gong xi fa cai ko... iya, aku juga baru tau kalo muntah pas batuk justru malah bagus...

      seno uda pake masker loh padahal, tapi yg namanya virus ada aja cara masuknya...

      Delete
  2. Gong Xi fa cai...
    Moga2 seno dan jayden cepet sembuh ya...
    Justru kalo anak batuk trus muntah itu bagus biar reak nya keluar...

    Seno kalo masih batuk suruh pake master biar gak nulisin...

    ReplyDelete
  3. Abby juga semalem pulang dia kecapean plus masuk angin krn ga mau bobo siang. Biasa deh kelewat heboh main sama sodara2, jadinya pas udah pules tengah malem malah kebangun n muntah. Untung paginya udah baek-baek aja.

    Iya kalo pas segede Jayden pas batpil gue boost ASI terus Mel. Kasih aja lebih banyak dr biasanya.

    Gong Xi Fa Cai untuk seluruh keluarga. Semoga Seno tambah sipit, biar jadi Koh Asen nanti namanya hihihhi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga bisa jadi kecapean karena itu pertama kalinya kan dia jalan ampe satu harian gitu, biasa sore2 uda pulang...

      iya, gua kasih asi terus, sekarang uda mendingan sih hehehe...

      gong xi fa cai juga le... :)

      Delete
  4. Gong Xi Fa Cai Melissa, Seno & Jayden!

    Madeline juga dari kemarin mulai batuk-batuk, mana ni anak sekarang disuruh minum air susah banget lagi. Selama ini Madeline gue kasih obat batuk kalo batuknya parah sampe ganggu tidurnya, kalo cuma batpil ringan aja yang penting dikasih minum ASI/air yang banyak, ntar sembuh sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gong xi fa cai juga jel...

      emang lagi musim batuk ya... cuaca lagi ga beres juga sih...

      Delete
  5. Malah bagus Mel kalo batuk terus muntah, lendirnya jadi bisa keluar. Lega deh Jayden. Btw kalo Raka batuk, gw suka olesin Transpulmin BB (balsem bayi) di leher lalu ditutupin saputangan atau slaber, dan di telapak kaki lalu ditutupin kaos kaki. Biar nggak gatel aja sih kalo kena hawa dingin, dan bisa tidur. Soalnya gw juga kalo batuk, lehernya harus ditutupin. Cepet sembuh ya, ganteng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua baru tau kalo bayi batuk trus muntah malah bagus hahahaha... uda diolesin tuh transpulmin, sekarang uda mendingan sih...

      Delete
  6. Gong Xi Fa Cai ya. Smoga Jayden cepet sembuh, dulu James klo sakit pilek selama dia masi mau mimik biasa dan bisa tidur gw juga ga kasi obat. Memang bisa sembuh sendiri kok. (tapi ga slalu ya, klo yg uda parah si akhirnya ya pake obat).
    Kalo mau tanpa obat susuin aja terus, biar byk cairan yg masuk, trus olesin transpulmin di dada punggung n telapak kaki dipakein kaoskaki. Trus gw tetesin Olbas ato Pure Kids decongestan di tissue taro sebelah bantalnya. Itu cuman oil buat pelega pernafasan aja sih. Klo bisa pake humidifier supaya lembab ruangannya. Kalo ga ada humidifier bisa juga tuh pake bottle warmer diuapin airnya. Oh ya dan kadang gw kasi irisan bawang merah di kamar, katanya sih bisa untuk menangkal virus. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gong xi fa cai juga ci... dokternya juga bilang, selama belom parah (kalo parah berarti uda pake demam) nanti juga sembuh sendiri kalo dikasih asi terus... transpulmin juga uda diolesin terus tiap malem... sekarang uda mendingan sih...

      Delete
  7. gong xi fa cai ^^ semoga jayden cepet sembuh ya ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gong xi fa cai juga... thank you ya tik :)

      Delete
  8. gongxi gongxi ya Mel :)
    ketawanya Jayden sumringah bgt walo lagi batpil. cepet sembuh buat Jayden en Seno ya Mel ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketawa sumringah itu sebelum ada drama nangis2 hahaha... thank you wi, gong xi gong xi juga :)

      Delete
  9. gong xi fa cai yah Mel sekeluarga.. :)

    cepet sembuh juga untuk seno dan jayden. :)

    ReplyDelete
  10. gong xi fa cai melissa, seno & jayden.. hehehe.

    ReplyDelete
  11. Asiknya dapet angpao.. Mau jugak doooongs :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda lewat imlek, basi dong kalo bagi angpao sekarang hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...