30 April 2015

Donor ASIP

Seperti yang pernah gua tulis di postingan waktu Jayden umur 5 bulan kemaren, sekarang dia agak susah minum ASIP pake botol. Kadang malah suka ga mau sama sekali, jadinya langsung glek glek glek pake gelas. Gpp kan ya kalo anak seumuran Jayden minum pake gelas? Gua jadi parno gara-gara temen gua bilang biasanya pake sedotan dulu, hahaha. Abis daripada gua uda mompa cape-cape trus ga keminum, ya mending langsung aja minum pake gelas, hahaha.

Malah dibanding minum pake botol, dia lebih milih nyusu langsung. Gua sih seneng-seneng aja, berarti Jayden pengen nempel sama maminya, hahaha. Padahal nyusu langsung itu lebih susah loh buat bayi. Mereka harus kerja keras buat mengeluarkan ASI dari payudara. Itu sebabnya penggunaan botol ga direkomendasikan, karena kalo dari botol kan ga usah susah-susah dihisap juga bakal keluar susunya. Makanya Jayden suka keringetan kalo lagi nyusu siang-siang. Anggap aja, dia mulai belajar yang namanya kerja keras untuk mendapatkan sesuatu, termasuk mendapatkan ASI, hahaha.

Gara-gara konsumsi ASIPnya berkurang, gua jadi ikut ngurangin frekuensi mompa. Biasanya sehari bisa 4-5 kali, sekarang cuma 3 kali. Apalagi kalo hari Minggu, paling cuma 2 kali. Asal mompa buat menjaga produksi aja. Jumlah ASIP beku yang gua turunin dari freezer juga uda dikurangin. Dulu bisa 3 botol ASIP beku campur ASIP yang fresh, sekarang paling cuma 2 botol ASIP beku campur 1 botol ASIP yang fresh. Apalagi sejak mulai makan kan jadwal minum susunya juga uda mulai berkurang.

Karena itu, stok ASIP gua di kulkas jadi numpuk. Freezernya uda penuh ampe ke pintu-pintunya. Setelah diskusi dengan suami, akhirnya gua memutuskan buat ngasih ASIP itu ke orang lain. 

Menurut AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), mekanisme donor ASIP ini juga ga sembarangan. Gua ga boleh ngasih ASIP ke bayi yang baru lahir, apalagi bayi prematur. Karena kualitas susu ibu dengan bayi yang lahir sama bayi tua itu beda. Akhirnya gua tawarin ke temen-temen yang punya anak seumuran Jayden. Rata-rata pada ga mau. Mau coba didonorin, rata-rata kepentok sama masalah agama. Gua uda pasrah mau buang itu ASIP.

Tiba-tiba kemaren temen SMA gua whatsapp nanyain ASIPnya Jayden masih ada apa engga. Dia bilang ada temennya yang butuh ASIP. Sebelumnya gua nanya dulu bayinya cewe apa cowo, umurnya berapa, ada riwayat alergi apa engga. Maklum, gua pemakan segala, termasuk seafood, hahaha. Dan ketika cocok, akhirnya gua kasih deh tuh 20 biji ASIP. 

Dari awal beli kulkas cuma buat nyimpen ASIP, siapa sangka sekarang malah bisa donorin itu ASIP. Puji Tuhan, senang rasanya bisa membantu sesama ibu-ibu.

Sayang anak sayang anak.

22 comments:

  1. Langsung minum dari gelas gak masalah kok Mel. Malah bagus udha kebiasa dari kecil. Yang dikhawatirkan kan bingung putingnya kalo nyusu pake botol. Malahan nanti Jayden lebih cepet mandiri bisa minum langsung dari gelas. Hehehe. Syukur ya bisa dapet orang yang butuh ASIPnya. Sayang banget kalo dibuang. Cuma emang donor ASIP ini agak tricky. Banyak syarat dan ketentuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lega deh kalo ga masalah hehehehe... iya kak, berasa sayang kalo dibuang, untung ada yg mau asipnya jayden... emang banyak syarat dan ketentuannya, makanya aku juga nanya2 dulu sebelum ngasih asipnya...

      Delete
  2. Hebat Mel akhirnya bs jadi donor ASI. Repotnya di Indonesia ini kalau mau donor tuh background checknya lebih heboh krn selain unsur kesehatan yg disebut di atas, ada unsur keagamaan jg kan ya. Misalnya si ibu menyusui makan B2 atau ngga hahaha *eh beneran ini*.

    Yang penting walaupun sedikit2, Jayden masih mau ASI ya Mel krn bagus buat kesehatan dia jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg gua sebut alasan agama di atas itu ya mungkin karena itu hahahaha... tapi gua maklum koq...

      nyusu langsung sih dia masih mau... ya anggap aja lebih suka deket sama maminya deh hahaha...

      Delete
  3. Ci Mel...ngeliat stock ASIP di frezernya bikin aku ngilerr..hehee maksudnya nanti bisa ngga ya aku produksi ASI sebanyak itu, bisa ngga ya kasih ASIX ke baby ku nanti..kadang suka muncul ktakutan duluan..soalnya riwayat dari nyokap, nyokap ASI nya juga ga keluar banyak..itu ngaruh ke aku juga ga sih ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting mah cukup, kalo kebanyakan juga nanti bingung loh hehehehe...

      ga ngaruh koq... produksi asi lancar itu kan karena sering dihisap atau sering dipompa... yang penting mah nyantai aja, ga usah stress...

      Delete
  4. bagus bgt Mel kalo asip yang ada bisa didonorin :D bisa saling membantu buat ibu2 yang butuh donor asip, walo pun proses buat donor asip ga mudah juga karena sukaan terbentur perihal agama dan hal lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang agak tricky... makanya sebelumnya aku nanya2 dulu, takut nanti malah jadi masalah hehehehe...

      Delete
  5. waw.. ASI nya banyak juga ya Mel..
    tapi emang bener loh Mel, di sini agak susah untuk donor ASI.
    Ada temen ku taun kemaren passed away, dan istrinya baru aja melahirkan sebulanan gitu. krn kondisinya lemah, jadi ASI nya ga keluar. Mau cari donor tapi sulit, karena kepentok masalah agama itu..
    >.<

    beruntung ya ASI nya ga jadi kebuang.. hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang masalah agama itu yg kadang suka jadi masalah... tapi ya aku maklum juga sih... karena apa yang kita makan kan yang nantinya dimakan si bayi hehehehe...

      Delete
  6. sayang banget mel kalo ASIP nya sampe dibuang..perjuangan peres nya & emang manfaat ASI lebih bagus daripada sufor.
    tapi untung nya ketemu sama calon baby yg butuh ASIP ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayang banget sih kalo kebuang... tapi daripada numpuk di freezer trus keburu expired hahaha... tapi untungnya bisa didonorin...

      Delete
  7. Atas info dari dina, gue posting di human milk for human babies di fesbuk. Lumayan sih mel ada 3 org yg hubungin g minta asipnya. Bahkan salah satunya jd temen ngobrol gitu curhat2an. Hahaha. Coba aja klo asip lu masih berlebih, posting disana. Kali ada yg contact lu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua uda posting, dan uda ada yg hubungin tapi ya itu...mereka ga mau karena kepentok masalah agama hehehe..

      Delete
  8. asik mell.. gua pengen banget someday bisa donor asi. rasanya pasti seneng banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting buat baby lu dulu hehehehe...

      Delete
  9. Kata Mama dulu aku ngga sabaran orangnya, jadi ngga syukaaaa kalok minum susu langsung dari pabriknya.. Huahahaha.. :D *emang dasar rakus kali yaaaa*

    Btw Mbak, rasanya lucu ya kalok mempermasalahkan ASIP berdasarkan agama.. Lha gimana sama transfusi darah? Kan sama-sama niatnya mulia.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalo darah beda ya... kalo asi kan apa yang kita makan ikut dimakan ama si bayi... makanya kalo bayi asi alergian itu biasanya dari makanan ibunya...

      Delete
  10. Hahaha aku ngakak Mel mengenai km pemakan segala :D . Iya sih hamil dan menyusui bukan berarti harus pantang makanan. Awalnya aku sempat merasa aneh mempermasalahkan ASIP dg agama, ternyata iya ya krn km makan segala itu bukan kuatir keluar di asinya juga. Untunglah asinya ga kebuang ya ;) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya kak... kalo anaknya alergi seafood sementara aku makan seafood kan kasian... makanya sebelum ngasih aku nanya dulu, ga mau mereka nanti kenapa2 juga...

      Delete
  11. wah gw dulu ga sampe donorin ASIP sih, soalnya emang jarang mompa dan lebih sering nyusu langsung hehehe, tapi emang seneng kok yaaa kalo liat harta karun ASIP di kulkas :P smoga ASInya lancar2 terus yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di rumah emang ga perlu nyetok banyak2 ci... kalo aku kan kerja hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...