19 May 2015

Jayden 7 Month

Note : postingan kali ini fotonya bakal banyak, jadi mohon maaf ya kalo komputer atau laptop anda tiba-tiba lemot, hihihihi.

Berat : 7,3 kg
Panjang : 71 cm

Masih irit nih kenaikan berat badannya. Dokter ampe nanya, "koq cuma naik 200 gram?" Ya, mana saya tau dok. Padahal makannya tergolong banyak loh untuk anak seumuran dia, tapi geraknya juga banyak, hahahaha. Jadi banyak masuk, banyak keluar. Sudahlah, lagi-lagi buat gua yang penting sehat, aktif, dan beratnya masih dalam batas normal. Lagian gendut-gendut juga berat gendongnya, hahaha.

Gua masih ngutang postingan tentang MPASI ya. Tadinya mau diposting terpisah, tapi belakangan lagi agak sibuk, jadi gabungin aja deh disini. Emang sengaja gua tulis pas uda sebulan berlalu, jadi kalo ada yang bilang ga boleh ini itu, guanya ga stress. Lah kan uda kadung dikasih, hehehe.

Nom nom nom.

Waktu Jayden umur 5 bulan, gua uda cari-cari info tentang MPASI. Dan dari group AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) di fesbuk, gua jadi tau banyak tentang MPASI menurut WHO. Karena AIMI ini closed group, gua coba rangkum disini poin-poin penting dari mereka ya.

1. MPASI itu dimulai pada saat bayi berusia 6 bulan. Di bawah 6 bulan, sistem pencernaan bayi belom sempurna, jadi bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, salah satunya diare dan sembelit. Jayden colong start 2 hari lebih awal, karena emaknya uda ga sabar, hahaha. Tapi kalo mau diitung-itung, 6 bulan itu kan sama dengan 180 hari. Nah, 180 harinya Jayden ya 2 hari sebelum 6 bulan itu, hahaha. 

2. Frekuensi pemberian makanan untuk pertama kali adalah 1-2 kali makan, lalu ditambah jadi 2-3 kali makan plus 1-2 kali makanan ringan. Jayden dari hari kedua MPASI ampe sekarang, frekuensinya 3 kali makan, hahaha. Jadi pagi sama sore itu bubur, siangnya buah. Anggap aja buahnya itu makanan ringan. Kenapa bisa 3 kali? Soalnya pas hari kedua itu gua penasaran, kenapa makannya masih dilepeh-lepeh, jadinya pas siang dikasih, sore dikasih juga, keterusan deh, hahaha.

3. Untuk bayi yang baru pertama kali makan, jumlahnya dimulai dengan 2-3 sdm, lalu ditambah menjadi 3-4 sdm. Jayden kayaknya lebih dari itu. Kadang abis, kadang sisa dikit. Tadinya gua takut dia kebanyakan makan, tapi kata dokter, asal ga sembelit berarti masih aman. Sejauh ini dia ga pernah sembelit sih, BAB lancar terus tiap hari.

4. Teksturnya itu semi kental. Patokannya kalo sendok dimiringin, makanannya ga jatoh. Tujuannya supaya si bayi belajar ngunyah makanan. Nah, tadinya gua ngikutin ini, tapi yang ada anaknya malah oek-oek, jadinya gua bikin lebih encer lagi deh. Sekarang sih uda naik teksturnya jadi semi kental.

5. Keberagaman makanan adalah kunci gizi seimbang. Ini nih yang jadi perdebatan. Jadi menurut WHO, bayi harus dikenalkan semua jenis makanan, termasuk sayur, buah, serealia, daging-dagingan, dan protein lainnya. Tapi ada juga yang bilang kalo pertama harus buah dulu, daging nanti kalo uda umur 8 bulan. Menurut WHO, bayi-bayi di Indonesia banyak mengalami ADB (Anemia Defisiensi Besi) atau bahasa umumnya kekurangan zat besi. Di dalam ASI sendiri ga ada zat besi, sementara kebutuhan zat besi untuk bayi diatas 6 bulan itu mulai meningkat. Untuk itulah keberagaman makanan penting untuk bayi. Jayden gimana? Nanti gua bahas.

6. Untuk perkenalan bahan makanan, cukup di dua minggu pertama. Menu tunggal ini tujuannya untuk mengenalkan rasa alami bahan makanan ke bayi, sekaligus untuk mendeteksi adanya alergi atau tidak. Menurut mereka, reaksi alergi akan ketauan saat itu juga, jadi ga perlu satu bahan untuk 3 hari seperti yang beberapa orang bilang. Setelah dua minggu, bayi harus makan menu komplit, karena untuk memenuhi kebutuhan zat besi itu. 

7. MPASI itu berarti menu keluarga sehari-hari. Jadi misalnya di keluarga hari ini makan sop, berarti si bayi ikut makan sop, hanya saja tanpa gula dan garam. Tapi yang namanya anak pertama ya, kan pengennya yang special, hahaha.

8. Gunakan saringan kawat dan jangan blender. Penggunaan blender membuat makanan jadi banyak berserat, sementara bayi tidak membutuhkan banyak serat. Kebanyakan serat malah membuat bayi jadi sembelit. Buburnya Jayden emang gua saring, tapi buah kebanyakan diblender, hahaha.

9. Penggunaan tepung apapun tidak direkomendasikan. Karena tepung telah mengalami banyak pengurangan nutrisi. Gua ga pernah pake tepung-tepungan sih, selalu dari bahan-bahan makanan yang ada.

10. Berikan sumber lemak, seperti santan, margarin, minyak, atau olive oil. Bayi lebih membutuhkan banyak lemak ketimbang serat. Jayden mulai pertengahan MPASI baru gua kasih olive oil. 

Untuk info lebih lengkapnya, bisa gabung di group AIMI di FB. Gua banyak dapet pencerahan setelah gabung disana. Tapi inget, mereka anti banget sama dot, hihihihi. 

Dari awal, gua uda excited memasuki masa-masa MPASI. Saking excitednya, gua ampe bikin jadwal, hahaha. Tapi seiring dengan berjalannya MPASI, jadwal yang gua bikin gagal berantakan. Bener yang mereka bilang, ikutin menu keluarga. Jadi kalo hari ini kami makan buncis, ya Jayden ikut makan buncis. Tapi kadang ada juga bahan makanan yang gua beli khusus buat dia.


Di jadwal yang dibuat, gua ngikutin standard WHO, dimana gua akan mengenalkan semua jenis makanan ke Jayden, tapi bukan dua minggu, melainkan sebulan penuh. Tapi ternyata prakteknya ga semudah yang dibayangkan, hahaha. Dan akhirnya, setelah dua minggu, Jayden mulai makan menu komplit. Dan mulai minggu ketiga, dia uda mulai makan daging ayam dan ikan.

Untuk buah, dia uda makan apel, pear, pisang, pepaya, jeruk baby, alpukat, buah naga, dan jambu biji. Pisang cuma dikasih 1 hari doang, abis itu gua stop. Soalnya setelah makan pisang, gua berasa dia jadi batuk-batuk yang ampe berlendir banyak gitu. Sejauh ini yang dia suka cuma pear dan alpukat, sisanya selalu makan dalam keadaan penuh drama, hahaha. Entah kenapa dia agak susah makan buah.

Bahan makanan lainnya, ada kentang, kabocha, jagung, wortel, bayam, buncis, kangkung, labu siam, kapri, tahu, tempe, butternut pumpkin, kembang kol, zukini, ubi ungu, daging ayam, ikan salmon, ikan dori, dan belut. Dan semua makanan itu, asal dicampur beras, dia pasti doyan, hahaha. Emang dasar anak Indonesia ya, kalo ga makan nasi ga afdol. 

Apel pertama, dimana anaknya langsung oek-oek mau muntah. Kayaknya buah pertama harusnya alpukat dulu kali ya, lebih halus jadi lebih gampang makannya.

Stop mami! Aku ga mau makan apel.

Bubur susu. Beras putih yang dimasak ampe jadi bubur, lalu disaring, dan dicampur ASI.

Oiya, pas mulai pertama makan, hampir semua makanannya dicampur ASI. Tapi sejak minggu kedua dimana dia mulai makan menu komplit itu, ASInya diganti pake kaldu ayam. Sekarang sih uda ga pernah campur ASI lagi.

Alpukat. Hap hap hap, langsung abis.

Kentang. Ludes, licin, tak bersisa.

Wortel. Hap hap hap, cuma ga abis.

Pepaya. Penuh drama kalo makan buah ini. Persis mami ga doyan pepaya, hahaha.

Kabocha. Hap hap hap dan abis.

Bayam. Pertama gua kasih bayam tok, tapi seret kali ya, makannya jadi penuh drama. Kedua kali campur bubur, langsung doyan, hahaha.

Jambu biji. Cuma kasih sekali doang, itu juga uda penuh perjuangan nyuapinnya.

Buah naga. Tiga kali ngasih ini, tiga-tiganya selalu penuh drama. Akhirnya ga kasih-kasih lagi, hahaha.

Karena Jayden agak susah kalo makan buah, tadinya gua tergoda buat campurin buah sama bubur, tapi bapaknya ga setuju. Menurut dia, buah ya buah, bukan jenis makanan yang bisa dimakan sama bubur. 

Satu aturan gua yang paling penting kalo ngasih makan Jayden yaitu, dia harus duduk. Ga boleh digendong-gendong. Tapi ya gua ga kaku juga sih, kalo ada tempat dimana ga ada baby chair dan ga bisa bawa stroller, kayak di gereja gitu, ya mau ga mau digendong. Tapi karena uda kebiasaan makan duduk, kalo di gereja susah banget makan digendong-gendong, hahaha.

Karena pas mulai MPASI dia belom bisa duduk, jadi gua dudukin di bouncer atau stroller. 

Makan siang di bouncer.

Makan pagi di stroller.

Lalu nyokap beliin baby chair yang lumayan gede, dan settingan duduknya jadi mirip kayak duduk di bouncer gitu. Akhirnya Jayden mulai makan pake baby chair yang ditaro di meja makan. Biar dia belajar kalo makan itu harus di meja makan. 

Makan di baby chair. Sengaja mejanya ga dipasang dulu, hahaha.

Sekarang sih dia makannya lahap banget, kecuali buah. Dan dari awal, jamnya juga uda gua rutinin. Kalo pagi itu satu jam setelah dia bangun, yaitu jam 7. Siang jam 12, dan sore jam 5. Karena uda punya jam rutin, kalo uda jam 7 dia belom dikasih makan, pasti teriak-teriak deh, hahaha.

Sekian cerita tentang MPASI. Sekarang mari kita update perkembangannya Jayden.

Dari umur 4 bulan, jam tidurnya Jayden uda teratur. Antara jam 7-jam 8, dia pasti uda tidur, dan bangun antara jam 5-jam 6. Tapi di sela-sela itu, ada kalanya dia tidur gelisah. Gelisah disini maksudnya badan miring sambil mulutnya nyari susu. Kalo uda gitu, pasti langsung gua kasih susu. Nah, menurut beberapa orang, kalo uda 6 bulan itu harusnya uda bisa tidur blas ampe pagi tanpa nyusu. Tapi koq Jayden malah nyusunya makin sering ya. Tadinya mau gua latih. Jadi kalo dia minta susu, gua tepok-tepokin aja, eh anaknya malah nangis, jadi ya kasih susu lagi.

Setelah dipikir-pikir, kalo siang itu kan konsumsi susunya dia dikit, makanya dia balas dendam minum susu banyak langsung dari emaknya di malam hari. Kayak yang gua bilang sebelumnya, istilahnya tuh reversed cycling. Dan emang iya, kalo gua seharian di rumah, otomatis kan dia nyusu langsung terus, pas malem jarang banget minta susu. Jadi ya gua biarinin deh dia minta-minta susu di malam hari. 

Makin susah minum pake dot. Makin lama konsumsi ASIPnya makin sedikit. Bulan lalu bisa 80 ml, sekarang paling cuma abis 30 ml. Akhirnya daripada susunya kebuang, dia minumnya pake gelas deh. Tapi kalo ada gua di rumah, tetep maunya nyusu langsung.

Abis makan, minumnya pake gelas dong.

Bulan ini adalah masa-masa dimana dia mulai makan kaki. Gua biarinin aja sih, soalnya kan emang ada fase-fase dimana bayi suka makanin kaki.

Mami ga kasih makan, aku makan kaki aja deh.

Jayden juga uda mulai suka megangin barang apapun lalu diliatin ampe fokus banget.

Fokus main.

Belakangan dia suka banget mainin kertas, trus dirobek-robekin, dan kadang berakhir dengan masuk mulut, hahaha. Gua pernah baca, ternyata ngerobek kertas itu bisa melatih motorik tangannya. 


Murah ya mainannya kertas, hahaha.

Gua pernah baca, kalo seumuran Jayden sampe minimal 1 atau 2 tahun, usahain kedua tangannya aktif, karena itu berhubungan sama otaknya. Tapi susah ya, Indonesia kan menganut budaya tangan manis. Lah kalo misalnya si anak kidal, gimana tangan manis coba, hahaha.

Jayden juga uda mulai kenal orang, dan uda mulai milih mau digendong sama siapa. Kalo ada tante-tante yang gendong dia, ga lama pasti nangis. Nangisnya bukan nangis kejer sih, tapi nangis kolokan tanpa air mata, hahaha. Tapi kalo cewe cakep yang gendong, pasti anaknya anteng. Naluri pria kali ya.

Duduk juga uda mulai bisa tanpa senderan. Dia uda mulai bisa nahan badannya sendiri. Tapi kadang masih suka jatoh-jatoh. Kata dokternya, dilatih terus aja, biar tulangnya makin kuat.

Ga berasa ya, tau-tau Jayden uda 7 bulan. Kemaren papinya ngasih wejangan begini,

"Nak, nanti kalo mami papi uda ga ada, kamu harus tetep ceria kayak sekarang ya. Harus tetep kuat"

Gua langsung mellow, hahaha. Selamat 7 bulan ya sayang. Sehat-sehat dan selalu ceria ya. Mami papi sayang banget sama kamu.

25 comments:

  1. klo g buah pertama pear korea, lebih banyak airnya dan manis, klo alpukat manis juga cuma anak gampang panas dalam :D
    happy 7M jayden sehat selalu yah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya kasih apel untuk pertama kali karena pikir apel kan lebih tawar rasanya... tapi kayaknya kasih apel bukan keputusan yang tepat hahahaha... thank you pit :)

      Delete
  2. Happy 7M jayden....makan yang lahap yaa km happy mami jg happy
    thx banget buat postingannya mel membantu gw banget ehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya sih lahap, asal pake bubur hahahaha... sama2 mir, tapi sekarang mah fokusin sama lahiran dan asi dulu aja hehehehe...

      Delete
  3. happy ulbul jayden, aih ga terasa mba mel bentar lagi setahun aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mba... iya nih, 5 bulan lagi setaon... cepet banget ya hahaha...

      Delete
  4. Jaydeeennn, itu kertas ya buat maenan, kertas warta yaaa...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha iyah... abis yang ada di pandangan mata si warta itu, jadi langsung tak samber deh hahahaha...

      Delete
  5. happy ulbul Jayden, gemesssss sama foto yg pertama..

    ReplyDelete
  6. jayden udah mulai bs MPASI ya..gw baru tau istilah MPASI nih mel. sebelomnya ga ngerti singkatan MPASI apaan. hehehe.
    mel, jayden kurang suka buah naga sama pepaya ya? :)
    gw jg ga doyan 2 buah itu. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga sebelum punya anak ga ngerti apa itu MPASI hahahaha... buah naga gua masih doyan, pepaya yg bener2 ga doyan hahahaha...

      Delete
  7. Meeeel...
    Dulu pas jaman Kayla & Fathir juga mereka makannya selalu duduk dan aku iket gitu persis kayak jayden...bhuahaha..
    Sembari di stel-in dvd anak biar anteng...
    Dan makanan Jayden super duper sehat & seger yaaaah, mudah2an Jayden tambah ndut dan sehaaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden agak susah kalo makan sambil nonton, soalnya di ruang makan ga ada tv hahahaha...

      amin...semoga makin sehat deh... thank you kak :)

      Delete
  8. Jadi inget waktu pertama kali mpasi si K juga gitu. Dibuat jadwal dll. Sekarang mah asal anak makannya habis dan ada lauk dan sayurnya aja udah beres. Males mau ngejadwal lagi. Hahahahaha

    Btw si k juga sampe skrg umur 16 bulan masih sering nyusu malam. Akuseh selalu nyusuin ya apalahi slrg udah bs ngomong ma nenen. Hahaha. Gak perduli deh gak boleh atau gak yg penting dia bs tidur nyenyak. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga jadwal ga kepake sama sekali hahahaha... sekarang mah apa yang ada di kulkas ya itu yang dia makan, tapi tetep ada yang kita beli khusus buat dia hahahaha...

      tadinya aku pikir kalo uda 6 bulan bisa tidur tanpa nyusu2 lagi, soalnya ada beberapa temen yang kayak gitu anaknya... tapi anak kita mungkin tipe anak yang pengen nempel sama emaknya terus kali ya hehehehe...

      Delete
  9. selamat 7 bulan Jayden.. :) membantu banget mel postingan elo.

    ReplyDelete
  10. jaman2 MPASI emang paling (harus) rajin yah masak ini itu dan macem2, kalau sekarang gw udah males banget bikin menu2 gituan hahahaha syukurnya masa2 itu udah lewat kalau nggak bete masak menu bermacam2 yg gede lain yg kecil lain bapanya lain grrrrrrrr skrg samain semua paling tidak 3 orang 1 menu yg 1 beda masih cincai

    Selamat 7 bulan Jayden, makin pinter makannya yah...sehat2 terus....oh iya ini anak2 kecil doyan banget alpukat dari yang lokal sampe yang import begitu udah gede pada gak mau.... tapi Clarissa kemaren ada nyoba makan dari es campur trus katanya enak, pdhl buah fav dia pas bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya jayden dimasak pake slow cooker ci, jadi ga repot2 amat hehehehe... paling nyaringnya aja yang ribet...

      rata2 gitu ya, semua bayi doyan alpukat... alpukat enak sih ya...

      Delete
  11. Salut gw Mel! Rajin bangettt dirimu. Jayden beruntung bener. :D

    ReplyDelete
  12. baby K udah gue kasih alpukat dari sekitar 4 bulan-an...cuma ngenalin rasa-rasa buah aja sih...dan baru sekali sehari...(kata dsa nya gak napa) ntar nungguin sampe 6 bulan, baru mpasi nya jalan full....
    gak gitu suka juga tuh baby K sama apel...udah gue encerin, kentelin..sampe oek oek....apa emang mereka gak gitu suka apel yg masih berbutir2 gitu ya teksturnya...

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...