17 April 2016

Menu Jayden

Sejak suster pulang kampung, Jayden uda ga pernah minum ASIP lagi, dan gua nyaris ga pernah mompa lagi. Stok ASIP di freezer sih masih ada, cuma ga ada yang bisa ngasih ASIPnya. Bahkan gua sendiri pun ga ngerti itu ASIP harus dipanasin ampe seberapa hangat. Kalo gua mah taunya buka baju trus jleb langsung beres deh, hahaha. Jadi selama ga ada suster, otomatis minum ASInya langsung dari gua terus. Dan itu pun juga cuma pas bangun pagi, sebelum tidur siang, dan sebelum tidur malam. Kadang-kadang di sela-sela itu suka minta sih, tapi cuma nyedot sebentar trus udahan.

Karena asupan ASInya mulai berkurang, otomatis asupan makanannya gua tambahin sedikit. Kalo selama ini yang handle makanannya Jayden itu si suster, kali ini gua yang turun tangan langsung, termasuk nyuapin. Sebenernya makanannya bisa disamain sama menu orang dewasa sih, cuma karena anaknya susah makan, jadi gua agak puter otak sedikit supaya anaknya mau makan. Jadinya menunya dibuat agak beda. Bahan-bahannya sih tetep sama.

Ini coba gua share ya beberapa menu-menu Jayden. Siapa tau berguna buat yang anaknya sama-sama GTM.

Bola-bola kentang salmon.

Belakangan Jayden suka makan makanan yang kriuk-kriuk macam kerupuk. Kalo gua kasih kerupuk, makannya bisa lahap. Cuma ga bisa sering-sering juga gua kasih kerupuk. Akhirnya gua puter otak bikin kroket salmon. Pikir gua, kalo nasinya ga dimakan, minimal masih dapet karbo dari kentangnya. Eh, anaknya mangap terus dan habis.

Cara bikinnya juga gampang banget. Pertama, kentang direbus sama sedikit garam ampe kira-kira lunak trus hancurkan. Salmonnya dilumurin jeruk nipis dan sedikit mentega trus dikukus lalu hancurkan. Kedua bahan itu dicampurin, kasih daun bawang, garam, merica, saos tomat, mayonaise (gua kasih sedikit banget), lalu diaduk-aduk. Bentuk adonan jadi bulet-bulet, trus celupin ke kocokan telor, trus tepung roti, dan goreng. Enakan langsung digoreng sebelum makan, jadi masih kriuk-kriuk. 

Bola-bola nasi.

Ini kriuk-kriuk kedua yang gua bikin. Karena gua lagi agak males nyuapin, jadi bikin ini doang. Yang bikin gua sebel, Jayden kalo makan sendiri ga pernah ampe abis. Jadi abis digigit separo trus udahan. Akhirnya mau ga mau gua tetep potong-potongin trus suapin deh. Tapi lumayanlah, anaknya doyan. Pas ngeliat, dia langsung bilang "ball" hahahaha. Belakangan emang makanannya sering gua bentuk-bentuk, pikir sekalian belajar juga. Kalo orang-orang lain belajar sambil bermain, Jayden belajar sambil makan, hahaha.

Ini juga resepnya gampang. Tumis bawang putih ampe harum, trus masukin tepung terigu dan aduk, trus masukin susu cair trus aduk-aduk ampe jadi bubur. Susu cairnya bisa diganti kaldu ayam. Trus masukin nasi, buncis yang uda dipotong kecil-kecil, wortel yang uda diparut, sama keju parut, dan aduk. Abis itu kasih telor, lalu aduk-aduk. Tambahin garam ama merica juga. Bentuk adonan jadi bola-bola, celupin ke kocokan telor, lalu tepung roti dan goreng. Lumayankan, semua komponen masuk. Ada karbo, sayur, protein, hahaha. Mau dikasih daging juga bisa.

Sup makaroni baso ikan yang dimakan pake heart dan star.

Waktu pertama kali ngeliat, anaknya excited banget. Dia langsung bilang "heart heart" trus nunjuk star dan bilang "tang (star)" Kalo di tengah-tengah makan dia tutup mulut lagi, gua langsung bilang "Ayo heartnya diabisin" langsung mangap lagi dah, hahaha.

Bikin sopnya gampang sih, cuma agak ribet aja. Pertama bikin basonya dulu. Gua pake ikan kakap fillet trus dilumurin jeruk nipis trus didiemin dulu sebentar baru diancurin. Trus campur dengan tepung maizena, bawang putih yang uda dicincang, lalu garam dan merica. Bentuk bola-bola lalu rebus.ampe mateng. Untuk sopnya, tumis bawang putih pake mentega atau unsalted butter, trus masukin air kaldu (gua pake kaldu ayam) trus biarin ampe mendidih. Masukin potongan wortel, garam, gula, dan merica, trus masukin makaroni, lalu rebus ampe kira-kira empuk. Terakhir masukin basonya. Sengaja gua pake makaroni, biar ada tambahan karbo, hahaha.

Sapo tahu pake triangle.

Dia ga gitu tertarik ama triangle, atau mungkin heartnya masih membekas ya. Jadi kalo ditanya mau makan sama apa, dia selalu jawab "heart" hahaha. Resep sapo tahunya ga gua tulis ya, sama ama resep sapo tahu pada umumnya, hahaha. Menu yang ini juga ga akan sering-sering muncul, goreng tahunya susah banget, minyak nyiprat sana sini. Padahal uda dilumurin maizena loh.

Waktu lagi ga mau makan, maunya gerogotin jagung doang. Lumayanlah dapet dua pipil.

Semua menu-menu diatas selalu berakhir dengan piring bersih.

Tapi jangan dipikir karena piringnya bersih lalu anaknya gampang makan. Di balik piring yang bersih ini terdapat mami yang encok gara-gara ngejar-ngejar bocah cilik, hahaha. Jadi gua pikir, Jayden GTM karena bosen duduk di baby chair. Dia ini kan tipe anak yang ga bisa diem, akhirnya gua lepas deh. Gua biarinin dia makan sambil lari sana sini. Cape? Ga usah ditanya gimana capenya, tapi buat gua yang penting anak makan. Ga idealis? Biarinlah, yang penting anak makan, hahaha. Nanti gedean dikit baru gua ajarin lagi makan sambil duduk.

Target gua kasih makan itu maksimal 1 jam. Lebih dari itu, biasanya gua udahin acara makannya. Sebenernya maksimal sih setengah jem ya, cuma kalo setengah jem paling dapet separonya doang. Lagian kalo siang kan gua harus berangkat kerja lagi. Kalo pergi-pergi, biasanya lebih fleksible. Apalagi Jayden uda share makanan ama gua, jadi kadang dia ikut makan makanan yang gua order, hahaha.

Makanya, gua kadang suka sebel sama orang-orang, terutama ibu-ibu senior, yang suka bilang Jayden kurus. Bukan bilang kurusan ya, melainkan kurus. Ngomongnya juga dengan nada seolah-olah gua ga pernah kasih makan. Seandainya mereka tau gimana susahnya ngasih makan Jayden, dan gimana gua uda berusaha supaya Jayden makan. Gua juga males jelasin, jadi cuma senyum dan jawab...

"Ini anak memanjang bu, bukan melebar"

Fyi...Jayden tingginya 85 cm di umur 18 bulan.  

Makan sambil mainan bis yang dibeliin sama utinya.

10 comments:

  1. Ngiler sama bola kentang salmon nya.. keliatan enak bgt.. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin sendiri aja cyn, gampang koq hehehehe...

      Delete
  2. mima juga dulu seumur jayden agak susah makan nasi mel, cuma pas sekarang malah doyan makan banget.
    ehh gua juga males tuh mel kalo bikin sapo tahu, males minyaknya muncrat-muncrat pas goreng tahunya yee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pas kita goreng pas tahunya masih basah kali ya... air kena minyak kan nyiprat hehehehe...

      Delete
  3. bisa po sis kroket salmonnya? hehehehe :)

    ReplyDelete
  4. Mel, maizena nya kering apa lu aduk sama air? Gua biasa pake maizena kering ga nembak2 kok minyaknya, anteng pas di goreng tahu nya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya pas gua lumurin maizena pas tahunya masih basah deh... maizenanya kering sih, ga diaduk air... mungkin lain kali tahunya kudu dikeringin dulu kali ya...

      Delete
  5. Kroket salmon? Wahh baru denger nih..enak2 yaa makanan Jayden...

    ReplyDelete
    Replies
    1. anaknya makan salmon ci, emaknya makan ikan asin uda cukup hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...