28 March 2012

Jalan-jalan Ikut Tour

Hai semua, I'm back. Miss me? hahahaha. Gua baru pulang dari liburan 9 hari ke China. Ini pertama kalinya gua liburan sejauh itu dan selama itu. Kali ini gua pergi bareng nyokap dan temen-temennya dengan jasa tour dari Prince Travels. Prince Travels ini merupakan travel online. Cerita tentang liburannya nanti aja ya di postingan berikutnya, bingung mau mulai dari mana...hahahaha.

Ini pertama kalinya gua pergi liburan ikut tour. Ada enaknya, ada juga ga enaknya. Sebelum gua cerita suka dukanya, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan jika ingin pergi menggunakan jasa tour :

1. Perhatikan baik-baik itinerary yang diberikan travel agent, berikut juga dengan harganya. Bandingkan dengan harga travel agent lainnya. Jangan tertipu dengan harga yang tertera, biasanya harga itu belom termasuk airport tax, visa (kalau ada), tip untuk guide dan driver, dan insurance. Dan harga-harga yang tertera juga belom termasuk optional tour kalo ada.

2. Selain harga, perhatikan juga jumlah harinya. Jangan tertipu dengan lamanya hari yang tertera di itinerary. Jangan ragu untuk tanya ke travel agent jam berapa kita berangkat dan jam berapa kita pulang. Misalnya, kita pergi 12 hari, kalau ternyata perginya malem dan pulangnya pagi, itu berarti total kita jalan-jalan cuma 10 hari.

3. Tanya juga dengan detail nama hotel tempat kita menginap. Biasanya, kalau kita ikut tour, ga mungkin cuma dikasih satu hotel, pasti kita akan jalan-jalan ke beberapa tempat dan akan dikasih beberapa hotel. Sebelumnya, browsing-browsing dulu hotel-hotelnya, cari tau reviewnya di internet.

4. Cari tau juga tempat-tempat wisata yang akan kita kunjungin. Biasanya, kalau ikut tour, kita uda pasti dibawa ke tempat-tempat yang umum, kayak Great Wall kalo di Beijing. Cari tau juga daerah-daerah di setiap tempat wisata. Jangan sampe, kita ke tempat wisatanya cuma sebentar tapi di jalannya lebih lama.

5. Ga usah ragu untuk tanya-tanya ke travel agent. Semakin kita banyak nanya, semakin kita ga merasa rugi. Tanya-tanya juga ke orang-orang yang uda sering ikut tour.

Ini berdasarkan pengalaman gua kemaren ya, enaknya ikut tour tuh :
1. Punya banyak kenalan baru. Total peserta tour yang gua ikutin kemaren ada 37 orang, 8 orangnya gua, nyokap, dan temen-temennya, sisanya kenalan baru semua. Ada yang dari Makassar, Manado, Surabaya, ada juga yang lagi honeymoon.

2. Kita ga repot ngurus administrasi di bandara. Semua kartu-kartu imigrasi uda diisiin sama tour leadernya, kita tinggal tanda tangan doang. Begitu juga dengan urusan check ini bandara, check in hotel, dan bagasi.

3. Kita juga ga usa pusing tentang transportasi selama jalan-jalan, apalagi kalo negara yang dituju merupakan negara asing yang penduduknya ga bisa ngomong Inggris. Semua transportasi uda diurusin sama tour leadernya, kebanyakan sih naik bis.

4. Untuk urusan makan juga kita ga usa pusing-pusing lagi. Breakfast, lunch, dinner, semuanya uda tersedia.

Dan ga enaknya :
1. Kita harus nurut sama jadwal yang tersedia. Jadi kalo kita mau ke tempat-tempat yang lain, harus nunggu waktu bebas. Di tempat wisata juga biasanya ga bisa lama-lama, paling lama dikasih waktu 1 jam buat jalan-jalan dan foto-foto.

2. Karena ikut tour, mau ga mau kita harus makan semua makanan yang uda disiapin. Coba bayangin ya, gua pergi 9 hari, selama 9 hari gua makan makanan yang nyari sama semua. Hari pertama, kedua, masih enak dimakan. Hari ketiga, keempat, mulai bosen. Sisanya uda hampir eneg makan chinese food mulu. Untung masih ada makanan pinggir jalan yang bisa gua makan malem-malem.

3. Walaupun punya banyak kenalan baru, tapi pasti kita akan ketemu peserta-peserta tour yang nyebelin.

Tapi yang harus diingat, ada harga ada rupa. Semakin mahal harga yang kita bayar, service yang kita dapatkan semakin enak. Tapi kalau mau yang murah-murah, ya jangan ngarepin banyak. Cerita-cerita lainnya menyusul ya.

1. waahh asiknya jalan2 :D Ditungu cerita selama disana yaa

2. nanti ya, tunggu foto2nya diupload dulu.. hehehehehe...

3. g seumur2 ikut tour hanya 1x, kebetulan dapet guide yang ok, karena rombongan g waktu itu pada ga bisa makan makana malay gitu! so kita boleh milih makan chinese food, dicariin yg ada B2 lagi, padahal guide na muslim, tips na emang di tentuin dari guide lokal na, cuma dibalik itu kita sering di jajan2in, dibeliin asinan/manisan yg aneh2 di beliin minuman kotak, klo aer mineral botolan free, tinggal minta doank :)
    dan untung na enggak ada orang2 yang rese, di mana jadwal jadi telat atau berantakan cuma gara2 nungguin peserta lain yang bandel atau nyasar entah kemana hahaha, jadi lom ngalamin yg namanya hal buruk pas travel! tapi buat postingan ini thanks ^^ berguna sekali ^^

4. Guide di group gua juga enak banget, suka dibecandain gitu ama pesertanya... hahahaha... soal makanan emang uda ga bisa ditawar kayaknya kalo gua....

Makasih pit ^^

5. Ditunggu cerita tour nya hihihi..

jadi penasaran, apakah tour ini menurut u sesuai dengan harganya dan memuaskan kah? :D

ikut tour cape nya ya gitu, waktu bebasnya dikit n pagi2 uda hrs siap sedia, dan sebisa mungkin berusaha jd peserta yg ga paling akhir masuk bus*alias di tungguin melulu hihihihi

6. Untuk harga dan service lumayan puas, cuma kurang di makanan aja... Bosen abis 9 hari makan makanan yg sama mulu...hahahaha.

7. Makasih tips2nya... Aku sejak udah ada flight murah, udah ga pernah lagi jalan2 pake tur, cuma kadang orang rumah (atawa ortu) tetep lebih suka pake tur karena lebih ga ribet kali ya.. apalagi kalo ketempat baru yang ga berbahasa inggris..

Ditunggu cerita lengkapnya loooh.. ^__^

8. ini juga aku ikut tour karena bareng nyokap...hehehehe. emang kalo ke tempat yang penduduknya ga bisa bahasa inggris, enakan pake tour sih... ga ribet...hehehehe.

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.