19 February 2019

Emily 2 Month

Berat badan : 3,8 kg
Panjang : 51 cm

Sebenernya beratnya agak kurang valid sih, karena itu berat minggu lalu waktu masih 1 bulan, sementara sekarang kan uda 2 bulan. Tapi kalo nunggu ke dokter lagi kelamaan, gua keburu lupa apa yang mau ditulis, hahaha. Kalo diliat secara kasat mata sih, harusnya beratnya lebih dari itu ya. Mudah-mudahan uda 4 kg lebih deh.

ASI.

Bulan ini nyusunya makin pinter, jadi pelan-pelan minum ASIPnya mulai berkurang, dan nyusu langsungnya lebih sering. Karena nyusunya uda pinter, gua jadi memberanikan diri untuk ngasih ASIP via botol susu. Soalnya si suster uda mulai ngeluh ngasih pake sendok, karena selain kelamaan, susunya suka tumpah kemana-mana. Dulu mungkin gua sayang-sayang kalo tumpah, tapi sekarang lebih santai, hahaha. Lagian di bulan kedua ini rencananya Emily mau ikut sekolah minggu, dan ngasih ASIP via botol susu tentu lebih gampang ketimbang disendokin. Mudah-mudahan ga bingung puting deh. Soalnya kan sayang kemaren-kemaren gua uda berusaha banget supaya Emily mau nyusu langsung dari gua, trus kalo ga mau lagi tuh rasanya gimana gitu.

Dan kalo ngomongin soal direct breastfeeding, entah kenapa kali ini LDR (Let Down Reflex) nya lebih cepet dateng ketimbang waktu Jayden dulu. Mungkin karena Emily minumnya lebih banyak kali ya. Taunya banyak darimana? Kalo nyusu bisa setengah jam sendiri, dan itu bener nyusu, bukan ngempeng. Emily jarang banget ngempeng. Ya sesekali sih suka ngempeng, tapi kalo dilepas ya udah. Kalo dulu Jayden kan asal dilepas mesti ngamuk. Trus kalo lagi tidur, disodorin nenen pun tetep ga mau buka mulut. Beda sama Jayden yang biarpun tidur, tetep mau nyedot. Mungkin naluri lelaki ya, hahaha.

Tidur.

Waktu tidurnya sih uda mulai bener, tapi kalo siang tuh ga tau kenapa susah banget tidurnya. Emang kalo siang gua jarang nyusuin dia sih, karena harus anter jemput dan nidurin Jayden juga, jadi otomatis dia minum ASIP sama si suster. Nah ama si suster tuh tidurnya gendongan, dan kalo ditaro pasti nangis. Gua lupa mulai kapan, tapi tiap siang tuh tidur ga pernah lebih dari setengah jam. Bagusnya sih kalo malem jadi lebih pules, tapi kan dia masih butuh tidur lebih lama.

Tadinya gua pikir ama suster doang, ternyata ama gua pun begitu. Awalnya gua uda niat untuk ga mau nyusuin sambil tidur. Karena pengalaman dulu, nyusuin sambil tidur bikin berat badan gua stuck ga turun-turun, hahaha. Tapi karena tiap gua naro Emily di kasur selalu nangis, jadinya gua mulai belajar nyusuin sambil tiduran lagi, biar ga perlu gendong-gendong. Dan nyusuin sambil tiduran membantu gua banget di malam hari, jadi asal anaknya nangis, tinggal buka baju doang, hahaha. Buat gua yang pemalas, ini salah satu keuntungan dari nyusuin langsung.

Dulu gua pikir nidurin Jayden itu uda paling susah, ternyata Emily lebih susah lagi, hahaha. Kalo Jayden mah asal dinenenin, ga lama pasti tidur. Paling ngempengnya doang yang bikin ribet, jadi harus bener-bener pules banget baru bisa dilepas. Sementara Emily ga mesti bisa tidur sambil nyusu, kadang harus digendong-gendong, dan gendongnya pun bukan gendong tidur, melainkan gendong berdiri. Itu juga harus bener-bener ampe pules banget baru bisa ditaro. Kalo dia bangun tengah malem dan minta digendong, gua serahkan ke papinya, hahaha. Tapi sama kayak Jayden, tidurnya lebih pules kalo ditengkurepin.

Tidur tengkurep lebih pules.

Dan tetep tidurnya lasak. Ini aja dari kepala di bantal bisa miring-miring ampe ke pinggir. Kalo dipindahin pasti bangun, tapi kalo ga dipindahin ngeri kejedot. Akhirnya gua pindahin sih, dan bener bangun, hahaha.

Senyum.

Kayak yang pernah gua bilang, Emily ini jarang banget senyum. Tapi bulan ini senyumnya mulai lebih sering. Biarpun ga ampe yang lebar banget, tapi paling engga mau senyum deh.

Ini foto pertama tidur sambil senyum-senyum. Percayalah, ini uda paling senyum diantara foto-foto yang lain, hahaha.

Dan akhirnya dapet juga foto dalam keadaan senyum lebar. Ga selebar Jayden dulu, tapi mendinganlah, hahaha.

Dan dapet juga foto melet-melet, hahaha.

Ini papinya berusaha banget ngajak becanda supaya anaknya senyum, tapi hanya dibalas dengan tatapan "apa sih?" hahaha.

Lain-lain.

Reflek menggenggamnya uda mulai bagus. Dia bisa narik apapun yang ada di sekitarnya, termasuk rambut gua, hahaha. Kalo lagi ditengkurepin juga kepalanya uda bisa pindah dari sisi kanan ke kiri, begitu juga sebaliknya, cuma belom bisa angkat kepala. Tapi kalo digendong berdiri, kepalanya uda mulai bisa tegak sih.

Dan dibanding Jayden, Emily ini lebih cengeng. Kalo Jayden dulu nangis cuma laper doang, dan seandainya ga laper pun, asal disodorin nenen pasti diem. Sementara Emily bisa nangis dalam kondisi apapun, dan gua harus tebak-tebak tanpa hadiah dia lagi kenapa. Laper nangis, ngantuk nangis, mau sendawa nangis, popok penuh nangis, bahkan mau pupup pun nangis. Jujur karena sering nangis, gua jadi rada males ajak dia pergi-pergi, hahaha. Jalan-jalan ke mall pun jadi agak ribet. Nanti gua ceritain di postingan yang lain deh. Tapi dia uda mulai bisa nyautin kalo kita ajak ngobrol. Ga sebawel Jayden sih, tapi kadang uda mulai uh uh uh.

Lagi diajak ngobrol.

Dan di bulan ini juga Emily dibotakin. Tadinya gua sempet ga mau botakin, karena takut nanti numbuhnya lama. Tapi gua liat rambut bawaan lahirnya pada rontok, jadinya botak di depan doang, diliatnya jelek, jadinya dibotakin deh. Cuma ini numbuhnya lagi termasuk cepet, sekarang uda mulai keliatan ada item-item di kepalanya.

"Mami yakin mau botakin aku" *sambil pasang muka imut*

Dan akhirnya botak juga, hahaha.

Happy 2 month baby Em. Koko Jayden uda ga sabar tuh mau ngajak kamu main, ngajak kamu berenang, dan ngajak kamu mandi bola, hahaha.

#OOTD ke gereja.

No comments:

Post a Comment

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.