02 August 2019

#dapurmamimel : Bekal Jayden Bulan Juli

Tahun ini tahun kedua Jayden sekolah, sekaligus tahun terakhir di TK. Kalo dibilang waktu cepat berlalu ya mungkin ada benernya. Karena rasanya baru kemaren gua kedebag kedebug nyari perintilan buat Jayden sekolah, dan tau-tau sekarang anaknya uda TK B, lalu tahun depan uda SD. Mamak mellow. Hiks...

Karena ini tahun kedua, persiapannya ga seheboh tahun lalu. Paling yang ganti baru cuma tas doang, karena tas dorong dia yang lama uda rusak. Dan sekarang dia uda mau pake tas ransel. Sisanya masih pake tahun lalu punya, termasuk seragam, hahaha. Tinggal satu tahun doang, kayaknya rugi ya kalo harus beli lagi. Lagian bentuk tubuhnya ga terlalu berubah banyak, paling nambah tinggi doang. Jadi semua bajunya masih pas di badan, tapi ngatung, hahaha.

Semester ini Jayden masuk siang, sesuai harapan gua. Kenapa? Karena selain gua harus nyiapin bekal buat Jayden, gua juga harus nyiapin makanan buat dedenya. Kebayang bakal rempong banget kalo Jayden masuk pagi. Nanti semester depan masuk pagi kan dedenya uda 1 tahun, mudah-mudahan sih uda bisa makan makanan orang gede, jadi ga perlu bolak balik masak.

Bulan Juli ini Jayden cuma belajar 1,5 jam aja, jadi bekalnya cuma berupa snack doang. Snacknya tentu yang agak berat dan bikin kenyang. Kalo abis ya bagus, ga abis juga ya udahlah. Tahun kedua gua lebih legowo, hahaha. Dan karena sekarang uda ga ada suster, otomatis gua yang harus nyiapin bekalnya Jayden. Jadi #dapurmamimel kali ini tentang bekalnya Jayden selama bulan Juli.

Untuk memudahkan gua dalam memasak dan belanja, gua bikin menu plan selama seminggu. Kalo menu orang gede masaknya ganti-gantian ama si mba. Kebetulan dia emang bisa masak. Tapi untuk bekalnya Jayden, sebisa mungkin gua yang masak, karena anaknya agak picky, jadi gua harus masak semua yang dia suka.

Ini contoh meal plan gua selama dua minggu ini. Template dari instagramnya mbak gesi.

Gua ga foto semua bekalnya, karena kalo pagi tuh ribet banget. Jadi ya foto seingetnya aja. Dan ini beberapa bekal sekolahnya Jayden yang berhasil gua abadikan di blog. Sekalian gua share resepnya ya, tapi resep ala kadarnya, hahaha.

Kroket nasi. Gua cuma bawain tiga biji doang, dan abis semuanya. Bikinnya sih ga susah, cuma lumayan makan waktu.

Bahan-bahannya cuma nasi, daging giling sapi (atau bisa juga diganti smoked beef, sosis, kornet, yang penting potong sekecil mungkin biar buletinnya gampang), parutan wortel atau sayur lainnya, keju, susu, tepung terigu, bawang putih, mentega, dan bumbu-bumbu seperti gula garem atau kaldu.

Cara masaknya gampang, cuma tumis bawang putih dengan mentega, lalu masukin daging, sayur, nasi, keju, susu, tepung terigu, bumbu-bumbu, dan aduk-aduk ampe agak kentel. Tau kentelnya darimana? Ngaduknya agak susah dan pegel, hahaha. Lalu bentuk bola-bola, celupin ke telor dan tepung roti, dan goreng ampe mateng.

Buat yang anaknya susah makan nasi atau sayur, boleh juga dicoba. Ini menu praktis kalo gua lagi males nyuapin Jayden. Jadi dia tinggal nyomot makan doang.

Chicken nugget & potato cheese ball. Karena cuma "snack" jadi karbonya pake kentang aja. Nuggetnya sih abis, tapi kentangnya sisa satu doang. Kayaknya sekarang dia kurang suka kentang begini, padahal dulu favorit loh.

Resep nuggetnya gampang, cuma aduk-aduk daging ayam giling, keju, wortel (atau bisa diganti sayur lainnya), bawang putih parut, telor, tepung terigu, air, gula garam atau kaldu bubuk. Atur kekentalannya ya. Kalo kekentalan bisa ditambahin air, atau kalo terlalu cair bisa ditambahin terigu. Tau kentelnya darimana? Ya kira-kira lah, hahaha. Maaf ga membantu. Setelah itu kukus, lalu potong sesuai selera, celupin ke telor dan tepung roti, lalu goreng ampe mateng. Kalo ga mau langsung digoreng juga bisa disimpen di freezer sebagai stock.

Kalo kentangnya juga gampang. Tinggal rebus kentang, ancurin, tambahin tepung terigu, bawang putih parut, gula garam atau kaldu bubuk. Lalu bentuk bola-bola, dan di tengahnya kasih keju. Kalo gua pake keju kraft yang quick melt, biar kalo digigit kejunya leleh di mulut, hahaha. Setelah itu celupin ke telor dan tepung roti, trus goreng deh.

Pada prinsipnya sih bahan dan cara masaknya mirip-mirip semua, cuma tinggal ganti-ganti bahan sesuai selera doang. 

Padahal enak loh, hahaha.

Mini pizza. Maaf nyomot dari instastory, karena foto aslinya ternyata keapus, hahaha.

Ini juga menu paling gampil, karena rotinya beli jadi di supermarket, hahaha. Toppingnya gua masak dulu pake tumisan mentega dan bawang putih. Kalo gua pake daging giling, smoked beef, jamur, dan saos pasta. Sebelum dikasih topping, rotinya gua panggang bolak balik dulu sebentar, baru abis itu kasih topping dan taburin keju. Jangan lupa teflonnya ditutup dan panggang dengan api kecil.

Jayden emang doyan pizza, dan selalu minta mampir tiap kali ngelewatin Pizza Hut. Daripada makan mahal-mahal di Pizza Hut, kan mendingan makan pizza buatan mami, hahaha. Waktu ditanya, enakan Pizza Hut atau pizza mami, dia bilang dua-duanya. Berarti bikinan mami ga kalah ama Pizza Hut dong, hahaha.

Trus minggu depannya dia minta dibawain pizza lagi.

Sushi roll. Lagi-lagi nyomot dari instastory karena foto aslinya keapus. Ga ngerti koq bisa keapus. Mungkin kepencet pas lagi dimainin Jayden kali ya.

Ini menu paling ga ribet. Cuma tinggal dadar telor doang, trus gulung-gulung pake nasi dan nori, hahaha. 15 menit juga kelar. Tapi jangan lupa, waktu dadar telor kasih garem atau kaldu bubuk dikit biar ada rasanya, hahaha.

Cheesy meatballs & omelet jamur.

Meatballsnya gua uda bikin dari malem, jadi pagi tinggal digoreng doang. Ini pake daging sapi giling, tepung sagu, bawang putih parut, gula garem, lalu bentuk bola-bola. Di tengahnya gua selipin keju melted, jadi begitu digigit langsung berasa kejunya. Kemaren itu sih gua goreng, tapi bisa juga dicemplungin di sop atau semur.

Omelet jamur. Tapi kalo di bekalnya Jayden gua gulung-gulung.

Ini gua pake jamur champignon sisaan pizza, lalu potong kecil-kecil dan cemplungin di telor, lalu didadar deh. Jayden sih suka, karena pada dasarnya dia emang suka telor.

Macaroni balls & chocolate milk.

Resepnya mirip kroket nasi, cuma nasinya diganti makaroni, hahaha.

Roti panggang isi coklat. Ini cuma roti tawar kasih meses trus panggang di teflon, hahaha.

Kira-kira begitulah bekalnya Jayden selama bulan Juli ini. Mulai bulan Agustus sekolahnya uda 3 jam, dan jam pulangnya lumayan siang, jadi harus bawa nasi dan lauk pauk. Lalu tiap hari Senin harus bawa sayur dan buah yang uda ditentuin dari sekolah. Ribet ya, hahaha. Mudah-mudahan gua bisa update tiap minggu ya bekal-bekalnya Jayden.

Hari kedua sekolah.

Yang ini ga mau kalah, pake tas ransel mau ikut koko ke sekolah, hahaha.

2 comments:

  1. Lumayan Mel masih usaha bikin menu2 begini. Kalo gue, pagi gue haruskan anak makan berat. Nasi dan lauk gitu, intinya mah menu full. Di sekolah gue bawain snack dan roti buat lunch (typical anak2 sini gitu deh). Kenapa gue paksa makan pagi banyak? Tendensi anak2 itu kalau udah ketemu temen dan main adalah, nyuekin bekalnya. Apalagi kl ud SD, kan ga diliatin lg sm gurunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden kalo pagi susah buat makan berat, dan seandainya makan berat pun porsinya juga ga bisa banyak. kalo kebanyakan suka oek oek, makanya bekalnya dibawain yang agak berat2 dikit. iya nih, jadi mikirin ntar sd gimana hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.