20 January 2020

Liburan Akhir Tahun 2019

Liburan akhir tahun kemaren kami sama sekali ga kemana-mana, bahkan mudik pun juga engga. Penyebabnya tak lain tak bukan karena suami harus kerja. Bohonglah kalo gua bilang ga kecewa, tapi ya mau gimana lagi, demi dapur ngebul, kami harus puas liburan di Jakarta. Tapi kami punya cara sendiri untuk tetap bisa menikmati liburan.

Staycation.

Sebelum liburan nyokap bilang dia dapet voucher nginep di hotel Four Points by Sheraton selama 3 hari 2 malam. Dia bilang dia akan nginep disana selama 1 malam, dan sisa 1 malamnya biar buat kami. Nyokap mulai nginep setelah ulang tahun Emily, sementara gua besokannya abis pulang gereja.

Gua ga akan mereview banyak tentang hotelnya, karena ini bukan hotel untuk keluarga. Ga ada kolam renang, dan ga ada playground, apalagi kids club, ga ada juga. Tapi secara lokasi bisa dibilang strategis banget. Letaknya persis di depan Sarinah, dan ada halte busway Sarinah di deketnya. Kamarnya juga ga terlalu besar, tapi kasurnya empuk dan nyaman.

Merengut karena ga bisa berenang, hahaha.

Breakfastnya lumayan enak, malah lebih enak dibanding Hotel Kartika Chandra kemaren. Pilihan makanannya lebih beragam dan ada es krimnya. Uda gitu Jayden juga happy banget, karena ada meses di counter es krimnya. Percaya ga kalo Jayden tuh ga begitu suka makan es krim? Hahaha. Tapi dia doyan banget ama meses. Jadinya kemaren dia makan roti tawar pake meses doang. Pagi-pagi makan itu doang juga uda kenyang. Sementara dedenya ngemilin tomat, yang merupakan makanan favoritnya, hahaha. Bisa beda banget ya koko sama dedenya.

Tomat is my lyfe.

Naik Busway & MRT Part 1.

Pas staycation itu, Jayden bangun jam 5 pagi. Gua memang mengharapkan dia bisa bangun jam segitu untuk persiapan masuk SD, tapi ya ga pas lagi nginep di hotel juga sih. Gua kan maunya mumpung lagi di hotel, jadi bisa tidur lebih lamaan dikit. Uda gitu kalo Jayden uda bangun, biasanya dedenya digangguin ampe ikut bangun. Karena di hotel ga ada aktivitas apapun yang menarik, jadinya gua berinisiatif buat ngajakin naik busway.

Baru bangun tidur, belom mandi, masih pake baju tidur. Kemudian diprotes papinya, koq jalan-jalan pake baju tidur, hahaha.

Kami naik dari halte Sarinah menuju ke Blok M. Karena masih pagi banget, bisnya masih sepi, dan ACnya juga masih dingin.

Mau muter-muter naik busway.

Kami turun di halte Masjid Agung lalu balik lagi ke arah kota buat turun di Sarinah. Tapi Jayden berkali-kali bilang mau naik MRT juga. Jadinya gua iseng turun di halte Bunderan HI. Niatnya cuma pengen tau jalannya sejauh apa sih dari halte ke stasiunnya. Kalo misalnya ga jauh-jauh amat, ya udahlah yuk naik sekalian, mumpung disini. Eh ternyata begitu turun bis, nengok ke kiri, itu uda tinggal turun tangga ke stasiun MRT. Ga perlu jalan jauh, cukup turun tangga doang. Akhirnya kesampean juga Jayden naik MRT.

Naik busway mau balik ke Sarinah. Itu basah bukan karena hujan ya, tapi karena ACnya dingin sementara bisnya kosong. Untung anaknya pake baju tangan panjang, hahaha.

Stasiun MRT yang nyambung sama halte busway.

Saking girangnya mau naik MRT, ketawa ampe mata ilang gitu, hahaha.

Mesin kayak di Singapore. Tapi kami ga beli tiket ini, kami pake flazz.

Signature posenya Jayden selalu ada jempolnya, hahaha.

Keretanya juga sepi banget.

Karena sisa uang di kartu minim banget, jadi kami cuma naik ampe beberapa stasiun. Lupa sih ampe stasiun mana, tapi belom ampe naik ke atas. Pokoknya abis itu kami naik kereta di arah sebaliknya buat turun di bunderan HI.

Ternyata......ga boleh naik dan turun di stasiun yang sama, hahaha. Jadi dari bunderan HI, kami naik lagi lalu turun di Dukuh Atas. Waktu di kereta tuh announcernya bilang, kalo mau lanjut naik busway, KRL, atau ke arah bandara, turun di stasiun ini. Nah gua pikir tuh haltenya nyambung kayak di Bunderan HI, jadi ya pede-pede aja turun. Ternyata haltenya nun jauh disana, hahaha.

Mau balik lagi ke Bunderan HI.

Tetep jempolnya ga ketinggalan, hahaha.

Keluar dari Dukuh Atas pemandangannya kayak gini.

Kayak bukan di Jakarta ya, hahaha.

Jalan kaki ke halte buswaynya ngelewatin lorong ini.

Biarpun bukan di luar negeri, yang penting pemandangannya kayak di luar negeri, hahaha.

Kalo disini pada tertib nyebrang di zebra cross. Di komplek rumah gua biarpun ada zebra cross juga yang nyebrang suka pada seenak jidat. Tapi yang naik motor juga macam ga peduli ada lampu merah. KZL!

Setelah jalan kaki berkilo-kilo jauhnya, akhirnya kami nyampe juga di halte busway Dukuh Atas, hahaha. Jayden sih ga ngeluh cape, cuma jalannya lama, jadi sesekali gua gendong. Anggap olahraga pagi deh, hahaha. Kami pergi masih sepi, pulang uda rame sama yang mau ke kantor. Untung Jayden selalu dapet tempat duduk, dan naik turunnya juga selalu digendong sama petugasnya.

Dari halte Dukuh Atas, kami naik lagi ampe Sarinah, lalu balik ke hotel buat sarapan. Biarpun muternya cuma disitu-situ doang, tapi Jayden bilang dia happy. Kebahagiaan anak kecil tuh receh banget ya, dikasih naik busway yang cuma 3500 perak aja uda girang banget.

Naik Busway & MRT Part 2.

Tgl 31 Desember, lagi-lagi gua ngajakin Jayden buat naik busway dan MRT. Kali ini dengan persiapan lebih matang, bukan dadakan dengan saldo kartu seadanya, hahaha. Cuma pas gua jalan, tiba-tiba bokap nyokap mau ikut. Tapi sebelumnya gua kasih tau dulu, kita bakal jalan jauh dan turun tangga lumayan panjang. Soalnya bokap gua kan kakinya sakit, kadang suka ga kuat kalo jalan jauh-jauh. Tapi dia bilang gapapa, ya wes yuk kita capcus.

Kali ini berangkat dianterin suami ampe halte busway Harmoni, sekalian dia mau pergi kerja juga. Dari Harmoni, kami naik ke arah Blok M, lalu turun di Bunderan HI, trus lanjut naik MRT. Rutenya mirip-mirip kayak sebelumnya, tapi kali ini bisa naik MRT ampe ke atas, hahaha.

Siap-siap mau field trip keliling Jakarta bagian Pusat dan Selatan, hahaha.

Lagi-lagi keretanya masih sepi. Emang kalo mau naik MRT pas masih sepi kayaknya mendingan pagi-pagi deh.

Oma dan cucunya lagi bergaya.

Cucu yang paling ganteng.

Kali ini kami turun di stasiun Blok M, lalu jalan ke Plaza Blok M. Sebenernya pas kami nyampe tuh tenant di mallnya masih pada tutup, dan yang uda buka cuma JCO doang. Tapi karena ga ada tujuan lain, kami tetep ke Plaza Blok M dan nongkrong di JCO sambil sarapan donat, hahaha.

Anak kecil lagi nongkrong di JCO sambil sarapan donut.

Begitu yang lain uda pada buka, gua langsung beli Dejamu. Dejamu ini merupakan jamu kekinian yang uda dimodif supaya jadi lebih enak. Jangan bayangin jamu kayak mbok-mbok jamu yang rasanya pahit-pahit gitu ya, yang ini dijamin rasanya lebih seger dan enak. Tapi karena letaknya jauh banget dari rumah, dan ongkirnya lumayan, gua cuma bisa mupeng. Mumpung lagi disini, jadi sekalian beli deh.

Gua lupa ini varian yang mana, tapi yang pasti rasanya enak banget.

Setelah puas nongkrong, kami pulang naik MRT dan busway lagi. Kalo ga salah kami jalan dari Plaza Blok M itu sekitar jam 10.30, biar bisa makan siang di rumah. Rutenya juga sama, naik dari stasiun Blok M menuju Bunderan HI, lalu lanjut naik busway dan turun di halte Indosiar. Cuma kali ini dari Bunderan HI, bokap nyokap pulangnya naik grab, hahaha.

Petualangan hampir berakhir. Saatnya pulang, hahaha.

Dari halte busway Indosiar, kami pulang naik angkot. Jayden jelas happy banget bisa naik angkot. Dia ga tau ya, dulu maminya berangkat kerja pulang pergi naik angkot sama busway. Dari yang dulu bisnya masih bagus, lalu makin lama makin ancur ampe mau tutup pintu aja susah, hahaha. Sayangnya pas uda dipegang sama Ahok, gua uda bisa nyetir mobil, dan uda jarang naik busway lagi.

Abis banjir itu kan mobil gua masuk bengkel, otomatis jadi ga ada kendaraan buat kemana-mana. Pilihannya antara naik kendaraan umum atau grab. Masalahnya pas Jayden pulang sekolah tuh grab lagi mahal-mahalnya. Padahal jarak dari sekolah ke rumah deket banget, tapi harganya bisa ampe 25rb sendiri. Akhirnya gua ajak Jayden naik busway dan angkot, hahaha. Jalan dari sekolah ke halte sebenernya ga jauh-jauh amat, tapi kalo bareng anak yang modelannya kayak Jayden rasanya jadi jauh banget. Tapi lumayanlah bisa hemat sekitar 10rb, hahaha. Tapi kalo pulang siangan, harga grab paling cuma 15rb, ya mending naik grab.

Jadi begitulah cerita liburan kami kemaren. Memang cuma keliling Jakarta doang, tapi selama Jayden happy, rasa kecewa gua terhapuskan. Mudah-mudahan tahun ini ada liburan pengganti ya, hahaha.