22 June 2013

Upik Abu Belajar Masak Kol Gulung

Gara-gara kemaren gua pajang foto brownies di profile picture, langsung pada banyak yang komen. Kebanyakan sih komen ga percaya kalo itu gua yang bikin. Maklum, jangankan goreng telor gosong, waktu awal-awal belajar masak, mecahin telor aja kulit-kulitnya bisa ikut kecemplung, hahaha.

Sepupu gua ampe nulis gini di statusnya...


Gua merasa terhina! Hahahaha.

Karena sepupu gua sangat mengenal gua luar dalem sejak dia lahir, maka wajar kalo dia bisa ngomong gitu. Kayaknya gua harus berterima kasih nih ama si mba yang dulu pulang kampung. Kalo dia ga pulang, ga mungkin gua bisa masak, hahaha. 

Kalo kemaren gua pajang foto brownies kukus, tadi gua pajang foto kol gulung, hahaha. Langsung deh pada banyak yang komen. Kebanyakan sih pada nanya cara bikinnya gimana. Daripada gua cape jelasin satu-satu, mending tulis disini aja sekalian, hehehe. Sekalian latian nulis resep. Kan gua banyak nyomot resep dari internet, itung-itung terima kasih juga ama mereka. Kali-kali aja ada yang nyasar gara-gara kesini gara-gara nyari resep *benerin topi koki*

Kol gulung ini masih terinspirasi dari Hai Miiko. Di seri ke berapa ya gua lupa, nyokapnya Miiko kan suka masakin kol gulung, akhirnya gua coba-coba bikin juga. Ceritanya ga mau kalah ama nyokapnya Miiko, hehehe. Resepnya ini yang gua lupa ambil dari mana. Pokoknya begitu ketemu langsung diafalin, hahaha. Kayak mau ujian aja ya.

Seperti biasa, takarannya pake rumus kira-kira. Jadi ya, dikira-kira aja deh, hehehe.

Bahan-bahan :

Kol
Kentang ---> ini gua pake 2 biji
Daging giling ayam ---> satu kotak beli di supermarket langsung dipake semua
Telor ---> di resep sih tulisnya 5, tapi gua cuma pake 2.
Bawang merah ---> gua pake 4 
Bawang putih ---> ini...pake 2 kayaknya...lupa, hehehe.
Mentega 

Cara masaknya :

Rebus kentang. Kalo di resep-resep kan rebus kentang sama kulit-kulitnya ya, gua pernah nyoba, pas mau kupas itu kentang, ga nahan ama panasnya, hahaha. Makanya gua kupas dulu kulitnya, potong-potong, baru direbus. Rebus kira-kira ampe empuk. Taunya uda empuk dari mana? Gua tusuk-tusuk pake garpu.

Kentangnya diancurin. Karena gua ga punya penghancur kentang, gua ancurin pake garpu, hahaha. Makanya kudu bener-bener lembek banget.

Kolnya direbus. Semuanya aja cemplungin ke air trus direbus.

Sambil nunggu kolnya lembek, cincang bawang merah sama bawang putih trus ditumis pake mentega. 

Campur bawang-bawangan itu ke kentang yang uda diancurin, trus masukin daging giling, telor, kasih lada, garem, merica, aduk-aduk sampe rata.

Kolnya dipletekin. Apa ya istilahnya, kayak dikupas-kupas gitu deh. Tapi pletekinnya kudu ati-ati, jangan ampe robek. Gua pletekinnya setengah mati sih, soalnya panas bo. 

Taro campuran adonan ke atas kol, lalu gulung-gulung, trus dikukus deh. Taunya uda mateng dari mana? Feeling, hahaha.


Kol gulung pun siap disajikan.

Tadi sih jadi dua piring, yang satu lagi gua taro kulkas buat dimakan besok. Kolnya masih nyisa, adonannya uda abis, hahaha.

Rasanya? Enak dong pasti, hahaha. Dimakan panas-panas, dicocol sambel kacang ama saos, beuh....endang bambang dah.

Difficulty : medium. 

Time : 1,5 hours. Lama di ngupas bawang sama ngancurin kentangnya, hahaha. 

27 comments:

  1. wah keliatannya enak yakkk... tapi si kui ga doyan kol... huhuhu... jadi ya uda deh, kliatannya masak buat diri sndiri aja... eh iya ya diliat2 rollz ga pernah posting rollz masak di blog... emang ga pernah masak kali ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena gua yang masak, maka gua bilang enak hahahaha. kalo ga doyan kol ganti apa ya...ummmm...selada mungkin bisa hahahaha *ngarang*

      Delete
    2. hahahaha... bisa ngomel2 kalo dimasakinnya kol... doyannya sayur asin... kan nda mungkin sayur asinnya yg dijadiin wrap :p

      Delete
    3. selada ga doyan juga? ga tau selain kol bisa diganti apa lagi hehehehe, nanti gua cari tau ya...

      Delete
  2. widiwhh... nantiii cobainn bikin miso soup gak? miko kan suka bikin itu... hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. miso soup ama curry, itu uda ada di list hehehehe...

      Delete
  3. Looks delish Mel! Wah bentar lagi ni.blog jd cooking blog deh hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cooking blog sih ga, tapi akan banyak postingan ttg resep... eh, sama aja ya hahahaha.

      Delete
  4. hahaha. aku juga pernah terinspirasi komik hai mikko. Bikin spaghetii saus tomat :p cuma dimodif dikit dikasih bawang putih sama keju aja. Enak plus gampang bgt buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang miiko tuh menginspirasi kita2 ya, terutama yg tadinya ga bisa masak hahahaha..

      Delete
  5. Replies
    1. uda cari2 resep siomay juga nih hahahaha...

      Delete
  6. ahhh kalo ini pengen nyoba ahahhh :) kayaknya matt bakalan suka. Muahkasih yaa mel

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. kol kan enak kak. Masak nggak doyan. Diganti wortel aja kak kalau nggak suka hehehe

      Delete
    2. kalo wortel mah ga bisa dipake buat ngegulung dong hahahaha...

      Delete
  8. meskipun awalnya nggak bisa mecahin telur, sekarang sudah jadi koki handal nih. Kayaknya gigih banget perjuangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya dong, kan pantang menyerah. tapi belom jadi koki handal koq, baru koki menengah pertama hahahaha.

      Delete
  9. ikh keren si mel.. ternyata ga cm doyan makan di resto.. suka masak juga yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar si calon suami betah di rumah liv hahahaha...

      Delete
  10. sayang gua ga doyan kol :D tp itu tinggal nambah daging, tahu, telor n kentang jd siomay bandung mel :)) iya ya komik miiko itu emg suka ada resep2 mini gt, gua jg dulu pas baca sering penasaran pgn nyoba tp dulu masi ngekos jd ga ada peralatan nya. btw komik miiko skrg uda sampe seri brp ya mel yg terakhir? Sangkin lama nya terbit gua sampe lupa seri terakhir nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti rencananya mau bikin siomay pi hahahaha...

      terakhir seri 25, gua kadang masih suka baca2in dari seri satu, abis lucu sih. dia terbitnya barengan sama di jepang, makanya lama banget nongolnya.

      Delete
  11. Hebatt Mel, emang harus dimulai dari skrg masaknya :D Kan katanya cara nyenangin misua lewat perut..hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan dari hati turun ke perut hahahahaha...

      Delete
  12. Hahahah ini salah satu bagian somay nih hehehehe. Tp ga usah pake kentangnya. Wanita itu kk mau merit emang tumbuh deh hasrat pengen masaknya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas uda kelar, baru ngeh, iya ya, ini bagian dari siomay hehehehe.

      tp motivasi awal gua sebenernya bukan karena mo merit, tapi lama2 jadi demen masak2 yang lain, biar si suami nanti betah di rumah hehehehe.

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...