09 June 2014

Klinik Laktasi

Minggu lalu, gua dan si suami berkunjung ke klinik laktasi di Carolus. Tujuan awalnya buat belajar tentang seluk beluk ASI plus cara menyusui yang baik dan benar. Sebenernya informasi di internet bertebaran dimana-mana, tapi namanya juga ibu baru, tentu gua pengen belajar dari ahlinya, hahaha. Lalu apa ga kecepetan? Ya abis, kemaren pas lagi sempet, takutnya nanti ga sempet-sempet kesana lagi, hahaha.

Sebelumnya gua uda daftar via telp, dan menurut mereka, jam 8 uda ada disana. Tapi pada kenyataannya, jam 8 gua baru bangun dong, hahaha. Jadinya jam 9an baru nyampe. Untung pagi-pagi jalanan ga gitu macet. 

Beberapa hal yang gua pelajarin kemaren :

1. Peranan suami dan keluarga itu sangat penting. Disini gua yakin sih kalo si suami mendukung penuh keinginan gua untuk ngasih ASI. 

2. IMD (Inisiasi Menyusui Dini) juga penting untuk pemberian ASI pertama. Jadi begitu lahir, si baby dibersihin sebentar lalu ditaro di dada ibu sambil dia mencari-cari puting. Nah, waktu gua nyari-nyari rumah sakit, gua ga terlalu memperhatikan masalah IMD ini. Jadi ampe sekarang gua ga tau apakah RSIA Family pro IMD ato engga. 

3. Sebisa mungkin selama di rumah sakit, si baby tidur bareng ibunya, ato yang dikenal dengan istilah rooming in. Kenapa? Karena kalo si baby ditaro di ruang bayi, takut ibunya kepikiran apakah babynya laper ato pipis. Kan ga bisa dikit-dikit manggil suster. Kalo ditaro sekamar ama ibunya, si ibu bisa ngecek keadaan si baby kapapun dia mau. Jadi bisa mengurangi kadar stress si ibu juga. Tapi ya dok, kalo rooming in itu kan biasanya VIP, mahal loh, hahaha.

4. ASI eksklusif itu selama 6 bulan, tanpa pemberian air apapun termasuk air mineral. Pokoknya ASI tok deh.

5. Selama pemberian ASI, diharamkan penggunaan dot. Kalo mau ngasih susu, better pake cup feeder atau sendok. Pemakaian sendok pun bukan dari ujung sendok, melainkan dari samping. Kenapa ga boleh pake dot? Karena dot itu kan ujungnya bolong, si baby bisa minum tanpa harus ngisep. Sementara kalo minum langsung dari payudara si ibu, si baby harus ada usaha buat ngisep.

6. Bayi itu bisa bertahan hidup tanpa minum selama maksimal 2 hari. Jadi kalo hari pertama ASI si ibu ga keluar, jangan buru-buru kasih sufor. Bahkan setelah 2 hari pun, kalo ASI si ibu masih dikit juga ga perlu khawatir, karena lambung bayi itu pas lahir cuma sebesar kelereng.

7. Pompa ASI itu sebisa mungkin manual pake tangan, bukan pake alat pompa. Karena kalo pake alat pompa, takutnya ga maksimal dan bisa berakibat iritasi. Gimanapun juga tangan sama mesin kan ga bisa disamain. Untuk itulah, alat pompa untuk sementara gua coret dari list. Tapi apakah gua bisa bertahan mompa pake tangan, kita liat nanti deh. Sementara ga usah beli dulu, hehehe.

8. Tanda-tanda bayi lapar adalah nangis dengan tangan dikepal. Kalo uda gitu, harus buru-buru dikasih ASI. Dan kalo uda kasih ASI dengan satu payudara, payudara lainnya harus dipompa biar ga keras. 

Kira-kira itu sih yang gua inget. Nanti kalo keingetan lagi, gua tambahin deh. Ato mungkin si suami mau nambahin yang kurang, hehehe. 

Selain itu diajarin juga teknik-teknik gendong bayi pada saat menyusui. Lumayan sih, gua jadinya ga buta-buta banget. Minimal uda tau dasar-dasarnya deh. Tapi dianjurkan, setelah beberapa hari si baby lahir, kita balik lagi kesana. Karena praktek langsung juga kan lebih baik.

Lalu kemaren diajarin juga gimana cara pompa pake tangan. Dan sekilas dikasih tau juga pijat-pijat payudara biar nanti ASInya banyak. Tapi itu boleh dilakukan pas usia kehamilan 39 minggu. Kalo sekarang, takutnya nanti kontraksi dini. Sekarang payudaranya ga boleh diutak atik dulu.

Biaya klinik laktasi ini Rp 180.000. Selain di Carolus, kayaknya RSIA Bunda juga ada klinik laktasi deh. Cuma gua lebih sreg di Carolus, karena mereka kan bener-bener pro ASI banget. 

Sekian cerita dan sharing dari saya. Kalo ada yang mau nambahin ya monggo, hehehe.

35 comments:

  1. Mel.. kalau hermina yang di sunter.. selama ibu kasih ASI, walaupun kelas 2 or kelas 3 bisa rooming in. *pengalaman adik ipar yang dikelas 3*. tapi gak tau juga kalo ditempat lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya....sunter jauh bo dari rumah gua hahahaha...

      Delete
  2. info nya bermanfaat bgt mel. nanti kalo gw lagi hamil, pasti bakalan ngubek2 postingan u nih. hehehe. kalo skarang sih dibaca buat sekedar nambah ilmu pengetahuan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang banyakin baca2 postingan wedding aja cyn hahahaha...

      Delete
  3. Carolus itu emang terkenal dengan klinik laktasinya dan bener banget kalo dukungan suami dan keluarga itu penting...good luck ya Mel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, soalnya aku juga dulu lahiran di carolus hihihihi... suami sih mendukung banget, karena irit juga kan hahahaha... semoga keluargaku juga mendukung...

      Delete
  4. bagus2 persiapannya udah mateng yah hihihih, jangan lupa sedia botol beling buat tampung asip, stok buat kerja nanti :)

    ReplyDelete
  5. Wah infonya komplit mel. Tp waktu ade gw di rs.mitra keluarga kayanya ga bs rooming in deh itu kelas 3nya
    Mudah2an nanti asinya lancar yah mel jd babynya bisa asi ekslusif biar daya tahan tubuhnya juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau gua, yg bisa rooming in itu biasanya yg vip ke atas... tapi mungkin tergantung RSnya juga ya...

      thank you ren :)

      Delete
  6. Hai salam kenal. Saya biasanya SR blog kamu. Soal rooming in biasanya RS yang pro ASI walaupun ga VIP bisa koq rooming in. Moga2 sukses sampe si dede umur 2 thn yah nanti ng-ASI-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti family ga pro ASI ya *hiks* soalnya waktu itu nanya, yg bisa rooming in yg kelas utama ke atas... thank you :)

      Delete
  7. Wih, persiapan sudah mateng ni Mel, semoga lancar2 sampai lahiran ya :)

    ReplyDelete
  8. Meeeeel...
    Semoga sukses nge-ASI nya yaaah...
    Memang ngasih ASI itu butuh banget dukungan dari keluarga dan harus kuat mental banget.
    Dulu pas jaman Kayla karena masih anak 1 aku kebanyakan manja nya dan sempet shock gitu waktu ngasih ASI Mel. Jadi waktu Kayla mah aku cuma kuat 6 bulan aja dan keburu dikasih sufor...
    Untunglah pas waktu Fathir, aku udah lebih siap, jadi lulus ASI 2 tahun deh :)

    O iya, mendekati kelahiran, selain dipijat, bagian puting nya harus sering dibersihin yah Mel, supaya ketika ASI nya keluar gak lecet-lecet.
    Dan siapin minyak kelapa/minyak kletik yang banyaaak banget buat ngobatin dan melumaskan yang lecet2 itu, soalnya momilen atau apalah itu mah gak ada yang mempan...

    Mudah2an nanti bisa ngasih ASI dengan lancar yah Meeeel :)
    Aku doaiiiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga mental aku juga kuat biar bisa ampe 2 taon hehehe... thank you ya kak tips2nya :)

      Delete
  9. eyaampun, itu kenapa komenku panjang amat...bhuahahaha...
    *baru nyadar*

    ReplyDelete
  10. kak mel wiiih udah prepare yah hihihi semoga lancar nanti yah ASI dedeknya sampe 2 tahun :))))

    ReplyDelete
  11. Mel, kalau gue bilang sih, nggak ada salahnya invest di pompa ASI. Pompa ASI yang baik tidak akan membuat nipple iritasi. Dan menurut gue lebih sakit disedot anak daripada disedot pompa ASI. Yang lebih bikin nyeri itu ya saat anak kita nyedotnya kenceng banget hihihi. Ada baiknya dicombo antara pompa ASI dan gerakan memijat, supaya ASI tersebut benar-benar tiris. Makin tiris, produksi dia juga akan makin baik. Most of the time, elu harus kasih ASI langsung, kemudian sisanya elu pompa. Jangan sampai biarkan kelamaan ngga dipompa karena produksinya bakalan surut. Semangat ya persiapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemaren dina juga sempet ngomong... makanya masalah beli pompa mau gua pikir2 ulang, tapi sementara masih menekadkan diri buat pompa pake tangan hehehehe...

      Delete
  12. Kemarin aku juga abis ikut kelas ASI di AIMI. Menarik dan banyak dapat ilmu.
    Btw beberapa RS walau nggak VIP tetep bisa rooming in kok. Carolus salah satunya, kelas I udah rooming in. Di Bogor ada RS PMI Bogor. Cuma ya mungkin kendala jarak ya? :)
    Ohya kalo di AIMI dikasih tau bayi bisa nggak makan/minum apapun sampai 3 hari, beberapa bidan juga bilang gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bogor mah uda kejauhan kak hehehehe... carolus sebenernya dibilang jauh banget sih engga, cuma jauh di macetnya doang, tapi ya itu....gedungnya rada old school dan aku kurang gitu sreg hehehe...

      kemaren sih dibilangnya 2 hari... mungkin hari ketiga minum susu dikit doang jg gpp kali ya... soalnya lambung bayi itu kecil banget... jadi ga usah buru2 kasih sufor...

      Delete
  13. Soal dot Mel.. si Jo dari umur 2 minggu udah aku kenalin ke dot dan menurutku malah bantu dia untuk belajar latch-on lebih cepet. Tapi emang aku pilih dot yang dimana si bayi harus ngisep dulu supaya susunya keluar supaya dia tetep terbiasa (aku pake Medela Calma.. udah dicoba balikin botolnya dan beneran air susunya ga keluar kalau ga disedot).

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo botol disini rata2nya dotnya bolong lumayan gede, mungkin karena itu ga direkomen... tapi aku akan tetep stok beberapa biji sih... buat jaga2...

      Delete
  14. Mel, untuk pompa ASI boleh dijadiin wish list. Karena yang bagus kan harganya lumayan mahal (di atas 1jt), jadi boleh lah kalo ada temen-temen yang mau patungan, kan mayan. Menurut gue pompa ASI perlu lho, apalagi lo kerja. Btw, gue dulu nggak jago banget deh merah pake tangan,

    Terus untuk penggunaan cup feeder itu sussaaaaaah!!! Sumpah deh, banyakan tumpahnya daripada yang masuk. Keliatannya sih gampang, tapi susah banget. Menurut gue itu sih saran idealis yang paling nggak masuk akal.

    Satu lagi yang paling penting adalah edukasi keluarga, karena biasanya nih yang rese itu keluarga. Kasus gue itu nyokap, mertua, kakak, tante, semuanya pada nyuruh-nyuruh gue ngasih sufor pas Madeline masih di RS. Untungnya RS gue KMC yang pro ASI banget, dan nggak nyediain sufor. Oh ya sama harus punya niat yang tinggi, supaya nggak goyah pas ada hantaman dari pihak keluarga.

    Semangat ngASI Mel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. si suami ga gitu setuju dengan konsep wish list, jadi ga bisa ngarepin kado2an gitu... untuk masalah pompa emang lagi gua pikirin mau beli apa engga, cuma awalnya emang tetep pompa pake tangan...

      susah ya pake cup feeder? gua belom kebayang sih hehehe... tapi botol susu juga akan tetep nyetok beberapa sih... mudah2an ada kayak yg bebe bilang, botol susu yang baru keluar airnya kalo uda disedot...

      bokap nyokap gua sih ngedukung banget... apalagi nyokap juga kan kasih asi ke gua ampe 2 taon... mudah2an keluarga lain juga ngedukung... gua sih yg penting suami dulu deh hehehe...

      Delete
  15. Wah bagus ya jaman skarang ini edukasi asi sudah lebih baik daripada 5 taon lalu. Pas gw punya anak pertama dulu, kanan kiri depan belakang smuanya ribut suru gw kasi sufor. pendukung asi cuman misua gw aja. makanya gagal total deh asi eksklusifnya..

    Mel, teori2 dari AIMI emang bagus, tp kadang kenyataannya saat bayi lahir bisa beda dengan apa yg kt rencanakan. Bukannya nakut2in. Banyak temen gw yg asinya buanyak, saking banyaknya malah sakit panas-panas mulu, n ada yg masuk RS gara2 infeksi mastitis. Kalo macem gw (yang asinya pas2 ajah), kendalanya tu gimana spy PEDE, gimana spy positive thinking, gimana klo uda PEDE POLL eh ternyata anaknya tetep kuning n dibilang krg cairan. Pokoknyaa ya.. saran gw take it easy deh, kadang klo terlalu ngotot asi eksklusif mala kitanya stres sendiri.
    Pas anak kedua ini gw uda ga terlalu ngotot n berusaha dibawa santai (meski gw sangat2 berusaha juga), eh bisa deh sampe skarang 7,5 bulan masi full asi aja.. Jadi penting itu jaga asupan makan n gak stres :D

    maap kepanjangan, moga2 lancar smuanya nanti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw gw mala uda punya pompa asi, tapi mala sakit kalo pake pompa, jadi gw merahnya slalu manual pake tangan. orang sendiri2 sih ya, mungkin sebelum nti kamu beli pompa, bisa pinjem dulu punya sodara / klinik laktasi. jadi tau cocok ga sama merk pompa asi tertentu

      Delete
    2. oya? bukannya kalo asi banyak malah bagus ya? aku malah baru tau kalo kebanyakan bisa infeksi... aku sih yg penting cukup deh, ga perlu ampe berlimpah, tapi juga ga dikit2 banget hehehe... dan aku juga ga ngotot2 banget koq nantinya, takut malah stress... dibawa nyantai aja... thank you ya sharingnya...

      Delete
    3. masalah pompa, mungkin cocok2an merk tertentu kali ya... uda ada beberapa merk sih yg katanya bagus... di klinik laktasi bisa minjem pompa asi toh? baru tau hehehehe...

      Delete
  16. Ci Mel, tema blognya baru ya? Bagus :D hehe.

    Btw dulu gua lahir di RS Carolus Ci, selain deket sama kantor nyokap waktu itu, ya karena pro ASI juga. Berarti emang dari dulu udah terkenal dengan pro ASI-nya ini. Walopun gua lahir premature ya puji Tuhan tetap sehat walafiat sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you grace :)

      km lahir di carolus juga? sama dong *toss* hahaha... aku juga prematur, 7 bulan nyokap uda brojol duluan...

      Delete
  17. Sekadar info tambahan, klinik laktasi sudah tersedia di RS Pertamedika Sentul City, Jl. MH Thamrin Kav. 57, Sentul City.
    Appointment dan info lebih lanjut bisa hubungi 021 29672977
    Semoga informasi bermanfaat

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.