08 March 2018

Art & Craft

Bulan Juli nanti Jayden uda masuk sekolah. Dan seperti yang pernah gua tulis, dia langsung masuk TK A tanpa melewati playgroup. Di tempat Jayden sekolah nanti, anak-anak TK A uda harus bisa megang pensil dengan benar, bisa nulis beberapa angka dan abjad, dan bisa bikin beberapa bentuk. Semuanya diajarin waktu mereka playgroup. Karena Jayden ga mulai dari playgroup, mau ga mau gua harus extra keras ngajarin dia di rumah, supaya nanti pas masuk sekolah, dia ga ketinggalan sama temen-temennya yang dari playgroup. Walaupun gua guru, tapi kalo ngajar anak sendiri tuh rasanya beda. Bawaannya pengen marah-marah melulu, hahaha. Asli anaknya ngeyelan banget. Stok sabar gua harus lebih banyak dari biasanya.

Uda hampir beberapa bulan ini, tiap malam gua rutin ngajarin dia tracing. Masalahnya, Jayden ini kayak ga betah banget duduk lama-lama. Ga tau pantatnya ada apaan, hahaha. Rekor terlama dia buat tracing-tracing tuh paling cuma 10 menit. Begitu selesai dua sheet, langsung anaknya beranjak dari kursi, dan jumping-jumping di kasur. Gua emang pernah baca, kalo anak yang ga bisa diem itu cenderung memiliki konsentrasi pendek dan susah fokus. Jayden persis kayak gitu. Ada beberapa cara untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi anak, salah satunya dengan mewarnai.

Beberapa bulan yang lalu, gua liat Jayden suka coret-coret di papan tulis kecil, yang kalo digeser bisa langsung kehapus. Dia bilang, "Ini Jayden bikin jembatan. Jembatannya mau ke pantai. Trus disini ada ombaknya." Gambarnya emang sedikit absurd, tapi gua liat ini anak imajinasinya bagus. Paling engga dia bisa menjelaskan gambarnya dengan baik. Mulailah gua kepikiran untuk lesin Jayden gambar.

Kebetulan di tempat gua ngajar itu ada preschool. Setelah bubar sekolah, mereka buka les-lesan, mulai dari calistung, bimbel, sampai art & craft. Waktu gua tanya gurunya tentang art & craft, dia bilang ini ga melulu cuma mewarnai aja, tapi juga ada painting dan gunting tempelnya. Gua cukup tertarik sih. Pikir Jayden bisa melatih fokus sambil belajar megang pensil yang benar. Tapi sebelum mulai, gua minta trial dulu. Gua pengen tau Jayden cocok ga sama gurunya.

Gurunya sih uda lumayan tua, tapi keliatan banget kalo dia sabar ngadepin anak kecil. Sehari-hari dia ngajar playgroup di preschool tersebut, dan setelahnya baru ngajar art & craft. Setelah trial, gurunya bilang kalo Jayden lumayan mau ngikutin perintah, dan anaknya cukup nurut. Sesekali emang main-main, tapi begitu dibilangin langsung mau nurut. Emang bener ya yang orang lain bilang, anak itu lebih baik diajar sama orang lain daripada sama orangtuanya sendiri, hahaha.

Hasil trial.

Begitu liat Jayden bisa langsung akrab sama gurunya, gua langsung daftarin. Jayden start mulai les itu bulan November. Bulan Desember gua cutiin karena gua sibuk banget sama kerjaan. Bulan Januari baru mulai start lagi ampe sekarang. Dan makin kesini, gua liat progressnya emang gede banget. Megang pensilnya uda cukup mantep, dan gurunya bilang, dia selalu berusaha gambar ga keluar garis. Konsentrasinya uda cukup panjang. Terbukti kalo di SBI, uda bisa duduk dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Ini hasil les pertama kali. Keliatan banget ya masih berantakan.

Pertemuan kedua pake crayon. Masih berantakan juga.

Ini pertemuan berikutnya. Lumayan gajahnya uda agak rapihan dikit.

Gua lupa ini di pertemuan keberapa, tapi gambarnya uda lumayan rapih ya. Ini singanya digunting sama gurunya, trus ditempel sama Jayden.

Dari semua media yang dipake, Jayden paling suka pake cat air. Tadinya gua pikir penggunaan cat air itu nunggu kalo dia uda 4 atau 5 tahun, tapi gurunya bilang, dari 3 tahun uda bisa dikenalin. Gurunya juga bilang, tiap kali gambar pake cat air, Jayden selalu keliatan enjoy. Malah tiap dateng dia minta gambar pake cat air lagi. Tapi kata gurunya semua media harus dicobain.

Pertama kali gambar pake cat air.

Ini finger painting. Jadi batang pohonnya itu uda ada, Jayden tinggal ceplok-ceplokin daun sama apel pake jari tangan. Biru-birunya itu digambar pake sponge. Gua suka banget liat ini, keliatan banget kalo Jayden emang enjoy pas bikin ini.

Gurunya cerita, waktu Jayden liat temen-temennya ngewarnain dolphin pake warna pink, dia protes. "Dolphin koq warnanya itu, kan harusnya grey" hahahaha. Kecil-kecil uda bisa protes.

Tiap les gua ga pernah masuk ke kelas, jadi cuma tau report dari gurunya aja. Dan emang bagus begitu sih, kalo gua temenin yang ada manjanya keluar. Jadi begitu nyampe depan kelas, dia akan langsung dadah-dadah dan masuk ke kelas dengan riang gembira. Hiks! Anak gua uda gede, hahaha.

Ini gua fotoin dari depan kelas. Kenapa meja Jayden masih kosong? Soalnya dia baru dateng, hahaha. Tapi gua cukup senang ngeliat dia langsung mau duduk.

Ini dikirimin gurunya. Keliatan banget lagi serius. Sungguh gua terharu deh liatnya.

Ini juga dikirimin gurunya. Ceritanya ini mau tempel-tempel ikan pake lem.

Harga lesnya sendiri IDR 400.000 untuk 4x pertemuan. 1x pertemuan lamanya 1,5 jam. Sama kayak les piano, minggu kelima libur. Untuk segala peralatan disiapin sama gurunya. Jadi Jayden dateng cuma bawa diri sama map doang, hahaha. Gua bilang ini termasuk murah sih, karena di tempat les lain harganya ampe IDR 500.000. Untuk yang mau tau info lebih lanjut bisa japri gua ya.

Bonus foto : main-main di mall setelah les. Kebetulan tinggal ngesot, hahaha.

Girang liat ikan.

Latihan lari supaya bisa ikut lomba marathon, hahaha.

Snoopynya gede banget ya. Jayden jadi keliatan kecil.

Gemes banget liatnya.

6 comments:

  1. Keliatan Ci progressnya Jayden, makin lama makin rapi.
    Jayden seneng pakai cat air mungkin karena bisa sekalian main2 air kali y hi..hi..hi..celup..celup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi... karena bisa sambil main air ya hahahaha...

      Delete
  2. Duh pinter banget sih Jayden. Makin lama warnanya makin rapi emang Mel.

    ReplyDelete
  3. Jayden makin pinter, cicik hebat banget bisa didik jayden sesuai dengan kondisi bakat anaknya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you aunty nartie :) yang penting sih anaknya enjoy dulu hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...