12 April 2019

Manfaat Baca Buku

Siapa disini yang bacain buku buat anak-anaknya? Saya! Hahaha. Gua termasuk orang yang ga suka baca buku, apalagi kalo bukunya tebel dan isinya tulisan semua. Bisa sih bisa, tapi cuma beberapa buku tertentu doang, seperti semua serinya Harry Potter. Bahkan buku JK Rowling yang bukan Harry Potter pun, gua hanya sanggup baca beberapa halaman pertamanya doang, hahaha. Kalo untuk buku Indonesia juga hanya buku-buku tertentu doang, seperti semua bukunya Raditya Dika atau semua seri My Stupid Boss. Buku yang dibaca bikin ngakak dan ga pake mikir.

Dari kecil gua emang ga terlalu dibiasain baca buku sama bokap nyokap. Sampai akhirnya gua mulai baca komik dan akhirnya ketagihan. Karena keseringan baca komik itulah makanya gua jadi rada "males" kalo disuruh baca buku yang isinya tulisan semua. Gua inget waktu pelajaran bahasa Indonesia dulu disuruh bikin ringkasan cerita dari sebuah novel. Kalo ga salah waktu itu gua pinjem novel Mira W, yang dibuat sinetronnya dan diperankan oleh Ari Wibowo. Lupa sih judulnya apaan, tapi yang jelas baru baca 3 halaman pertama gua uda ketiduran, hahaha.

Karena ga mau Jayden dan Emily kayak maminya, gua mulai membiasakan bacain buku ke mereka sedini mungkin. Dan agenda baca buku ini gua jadiin ritual sebelum tidur. Jadi abis ganti piyama, main-main sebentar, lalu baca buku, berdoa, dan tidur. Khusus Emily, nyusu dulu baru tidur, hahaha. Karena uda jadi kebiasaan, Jayden suka protes kalo gua uda matiin lampu kamar sebelum baca buku. Sejak Emily umur 3 bulan, dia juga mulai ikut kokonya baca buku. Jadi sekarang tiap malem sebelum mereka tidur, gua gendong Emily di tangan kiri, lalu tangan kanan megang buku, dan Jayden bersandar di bahu gua atau kadang duduk di sebelah Emily. Tapi kalo si suami ada di rumah sih dia yang bacain buku buat Jayden.

Kali ini gua mau sharing beberapa manfaat baik buat gua maupun buat Jayden dari baca buku tiap hari.
1. Menambah kosakata.

Ini mulai terlihat jelas waktu Jayden uda bisa ngomong. Ada beberapa kata benda yang dia tau gara-gara baca buku, terutama yang berhubungan dengan alat transportasi, seperti excavator, tractor, crane, dll. Sejak sekolah, Jayden ga pernah gua kasih nonton lagi, baik itu nonton youtube maupun TV kabel. Dia boleh nonton hanya kalo kami makan di restoran. Ketika Emily lahir gua mulai kelolosan lagi kasih dia nonton, tapi beberapa minggu belakangan ini uda mulai distop lagi. Dan pengganti nonton buat Jayden adalah baca buku, tentu semua buku yang berhubungan dengan alat-alat transportasi. Akibatnya dia jadi tau jenis-jenis pesawat seperti sea plane, atau jenis-jenis kapal seperti cargo ship atau air craft carrier, atau alat-alat transportasi lainnya.

Ini jadi memacu Jayden untuk bisa lebih kreatif agi. Sekarang dia uda bisa utak-atik bikin lego sendiri, dan bentuknya juga ga jauh-jauh dari kapal, pesawat, dan kereta api. Kalo lagi ngobrol dia juga bisa bilang mau naik maglev di Hongkong. Darimana lagi dia tau maglev kalo bukan dari buku. Tapi minusnya dia jadi kurang nyambung kalo ngobrol sama temen-temennya. Ketika yang lain ngobrolin Tayo, PJ Masks, Hi-Five, Jayden malah ngomongin army truck, hahaha.

2. Mensukseskan toilet training.

Dulu pernah ada masa-masanya Jayden takut duduk di toilet kalo mau poop. Dia lebih memilih poop di celana ketimbang di toilet. Gua juga ga ngerti kenapa, padahal sebelumnya baik-baik aja. Bisa jadi mungkin ada trauma poop keras. Waktu itu segala cara uda gua lakukan supaya dia mau balik lagi duduk di toilet. Mulai dari pake toilet seat dengan karakter kesukaan Jayden, tempel stiker di dinding, sampai tim hore-hore supaya Jayden betah duduk lebih lama, tapi semuanya ga ada yang berhasil.

Sampai akhirnya gua beli buku tentang toilet training dengan karakter anak laki-laki. Jayden merasa anak laki-laki dalam buku itu adalah dia. Lalu gua bilang, "Jayden juga harus pinter, kayak Jayden yang ada di buku cerita" Ketika anaknya mulai menunjukkan tanda-tanda mau poop, buru-buru gua dudukin di toilet sambil bawa buku tentang toilet training ini. Lama-lama dia mulai berani duduk di toilet, dan sampai akhirnya bisa ngomong kalo mau poop. Tapi baca buku ini akhirnya jadi kebiasaan. Asal mau poop, mesti harus pilih buku dulu buat dibawa ke toilet, hahaha.

3. Mempermudah waktu sounding buat disapih.

Jayden nyusu sama gua hampir 3 tahun, dan disapihnya tuh susah banget. Gua uda sounding-sounding bahkan dari sebelum dia umur 2 tahun, tapi tetep aja anaknya susah lepas. Lalu menjelang 3 tahun, gua mulai bacain buku dimana tokoh utamanya tidur sendiri. Gua bilang, "Tuh....si ini pinter loh bisa tidur sendiri ga pake nenen, Jayden juga jangan mau kalah" Awalnya sih masih tetep minta nenen, tapi gua sounding terus-terusan sampai akhirnya Jayden lepas nenen. Walaupun berenti nyusunya sebelum umur 3 tahun, tapi dia baru bener-bener berhenti minta nenen ketika gua hamil. Jadi kalo mau nyapih, kuncinya adalah sabar dan konsisten.
Kira-kira itulah beberapa manfaat yang bisa gua sharing. Karena gua liat Jayden suka baca buku, maka gua daftarin jadi anggota perpustakaan di gereja. Hampir tiap minggu begitu selesai sekolah minggu, dia langsung ngacir ke perpustakaan. Walaupun kadang gua bosen ya, buku yang dipilih itu lagi itu lagi, hahaha. Di sekolahannya juga murid-murid ada jadwal pinjam satu buku seminggu sekali, dan orangtuanya juga boleh pinjam dua buku. Dan sebenernya di perpustakaan sekolahnya banyak buku-buku bagus, tapi yang dia pinjam mesti ga jauh-jauh dari alat-alat transportasi. Paling temanya aja yang beda-beda, misalnya minggu ini buku tentang stasiun, minggu depan buku tentang masinis, dan minggu depannya lagi buku tentang jenis-jenis kereta api, hahaha.

Buku-buku yang dipinjam Jayden di perpustakaan.

Ini buku yang gua pinjem buat dibaca Jayden. Isinya bagus, tentang merapihkan apa yang dimilikin. Lumayan jadi bisa bikin Jayden mau beresin mainannya.

Gua senang Jayden suka baca buku. Dan tiap bulan gua selalu usahain bisa beli satu buku buat Jayden. Uda gitu sekarang ketambahan ada Emily, gua jadi bisa mulai koleksi buku-buku princess, hahaha.

Kalo kalian suka baca buku apa?

11 comments:

  1. Aku dan suami pernah sekali aja bacain buku, habis itu kaga pernah lagi karena anak2 rusuh bangett :D . Paling klo anak2 liat buku banyak gambarnya yg mancing imajinasi baru deh aku tanya2in dan jawab apa aja yg ditanya si Ben.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jayden dari kecil lumayan anteng sih kalo dibacain buku, jadinya keterusan ampe sekarang...

      Delete
  2. Duh kangen banget tuh masa-masa minjem buku di perpus gereja hahaha

    Waktu mau nyapih Josh aku akhirnya juga pake buku bedtime story buat bantu sounding, lumayan ngaruh sih. Sama pas ngajarin dia sikat gigi tiap malem, pake buku sukses banget, apalagi warna sikat giginya kebetulan sama kayal di buku ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang buat anak yang suka baca buku, jadinya ada sisi positif yang membantu milestonenya dia...

      Delete
  3. Banyak buku yg disukai sm anakku (15 bulan). Kebanyakan buku yg dibeli bukan dari BBW atau toko buku. Banyak buku second kalo pas ada garage sale, preloved book belinya online. Mulai daru bedtime story, buku kegiatan sehari2, sampe buku interaktif buatan sendiri. Kalo pagi setelah sarapan biasanya dia sudah minta diceritakan 1 buku. Terus dia main. Sebelum tidur juga begitu. Dia minta diceritakan.

    Mungkin karna hiburannya cuma buku dan mainan DIY jadi dia cukup terbiasa dg buku2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pernah beli buku second, lumayan dapet buku klasik dengan harga miring... kalo anakku minta dibacain buku sebelum tidur siang dan tidur malem...

      Delete
  4. Gue mulai koleksi buku pas anaknya mulai tertarik baca aja. Kalau sebelum waktunya baca, gue bebasin dia explore apapun di sekeliling rumah. Tapi ternyata pas begitu bisa baca, anaknya ketagihan sendiri tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jayden explore keliling rumahnya uda dalam tahap lari2, makanya butuh sesuatu biar dia bisa duduk anteng, salah satunya ya baca buku hahahaha...

      Delete
  5. wahh gak nyangka bisa sangat berdampak buat kehidupan si kecil. Anakku baru 4 bulan. Dari umur 2 bulan udah sering kubacain buku cerita high contrast. Dia selalu menyimak dan kelihatan happy. Pengennya sih biar kebawa terus sampai dewasa nanti jadi hobi membaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dedenya juga uda sering ikut kokonya baca buku hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.