03 April 2019

Unimom Mezzo Breastpump

Setelah kemaren mereview electric breastpump merk Spectra Q Plus, kali ini gua mau bahas manual breastpump yang gua pake selama ini.

Waktu hamil Jayden dulu, gua sempet berkunjung ke klinik laktasi di Carolus, dan disitu diajarin caranya merah pakai tangan. Waktu itu tentu baru teori doang, belom bener-bener dipraktekin, karena payudaranya kan belom boleh diapa-apain. Atas dasar itu, tadinya gua berniat ga mau beli breastpump apapun, tapi beberapa temen ngingetin kalo merah pake tangan itu susah. Jadinya gua mulai kepikiran untuk beli breastpump. Karena berniat buat merah pake tangan, jadi gua ga mau beli breastpump yang mahal-mahal, takutnya sayang nanti ga kepake. Sementara yang harganya masuk di kantong ya breastpump yang manual semua, jadilah gua beli manual breastpump tanpa tau kesulitan pemakaiannya seperti apa, hahaha.

Gua lupa siapa, tapi waktu itu ada yang merekomendasikan merk Unimom. Unimom ini ada beberapa tipe. Untuk yang electric kalo ga salah ada tipe Allegro dan Forte, sementara yang manual cuma ada tipe Mezzo. Karena gua niatnya beli yang manual, jadi gua beli yang tipe Mezzo. Waktu itu gua beli di salah satu baby shop di mangga dua dengan harga sekitar IDR 250.000.

Ini sparepartnya, termasuk botol dan dotnya. 

Dapet dudukannya juga supaya bisa berdiri dengan baik.

Kelebihannya :
1. Perintilannya ga begitu banyak, jadi kalo dibawa pergi ga ribet. Walaupun gua punya electric breastpump, tapi kalo pergi-pergi tetep bawanya yang manual. Pernah sekali coba bawa yang electric, gua malah lupa bawa selangnya, hahaha.

Semua cukup dimasukin ke satu cooler bag.

2. Botolnya standard neck, jadi bisa pumping pake botol yang lain. Dan yang paling penting, tutup botolnya itu warna pink, hahaha.
Pake botol kaca ini juga bisa.

3. Pengosongan payudara lebih maksimal. Gua diajarin ama si suster, kalo pake manual, sambil dipumping, payudaranya sambil dipijat-pijat. Jadi kita tau bagian-bagian mana aja yang masih ada aliran ASI-nya. Kadang kalo cuma dipumping biasa uda ga keluar, tapi begitu dipijat ternyata masih ada yang keluar.

4. Karena manual, jadi bisa pumping dimana aja tanpa perlu nyari colokan atau bawa-bawa powerbank.

Pumping di mobil sambil nunggu Jayden pulang sekolah.

5. Tarikannya selalu memancing datangnya LDR. Selama gua pake manual, LDR-nya selalu dateng, kecuali kalo gua lagi kelaperan, hahaha.
Kekurangannya :
1. Pegel. Apalagi kalo pertama kali pake manual, pasti pegel banget. Tapi kalo uda terbiasa pegelnya jadi agak berkurang dikit sih.
2. Lama. Kalo lagi ga begitu penuh biasanya bisa 15-20 menit untuk dua payudara, tapi kalo lagi penuh bisa setengah jam sendiri.

3. Valvenya mudah robek, dan tuasnya juga gampang patah. Untuk valvenya dikasih satu lagi buat cadangan, tapi tuasnya cuma satu. Dulu cari sparepartnya kan rada susah, jadi gua beli satu set lagi. Jadinya gua punya 2 set manual breastpump dengan merk yang sama. Soalnya kalo mau beli merk lain takutnya ga cocok.

4. Gua ga tau kenapa, tapi kalo pasangnya kurang pas suka netes-netes. Trus bentuk corongnya juga bikin kita harus duduk rada bongkok.
Tapi terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, selama pumping buat Jayden dulu, gua cukup puas sama performanya. Cuma emang pegelnya itu yang bikin malesin sih. Tapi enaknya pake manual, kalo pumping subuh-subuh tuh jadi ga ngantuk, sementara kalo electric kan kita ga ngapa-ngapain, jadinya malah ngantuk.

Sama kayak electric, untuk manual ini gua ga pernah cobain merk lain, jadi ga ada perbandingan. Tapi kalo baca reviewnya di forum-forum, tipe electricnya juga lumayan oke sih. Harganya juga lumayan murah dibanding merk breastpump lainnya. Buat yang bingung mau beli merk yang mana, mungkin Unimom ini bisa dipertimbangkan.

Cooler bag hadiah dari orangtua murid, teman setia kalo lagi pergi-pergi.

No comments:

Post a Comment

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.