19 November 2019

#dapurmamimel : Bekal Jayden Bulan Agustus

Niatnya sih tiap bulan gua update menu bekalnya Jayden, tapi apa daya, niat hanyalah tinggal niat, hahaha. Mumpung lagi sempet nulis, mari kita update bekalnya Jayden di bulan......Agustus! Hahaha. Ini kan masih tahun 2019, jadi harusnya belom basi-basi amat ya.

Di bulan Agustus ini sekolahnya uda 3 jam, jadi masuk jam 10 dan pulang jam 1 siang, tapi kalo ada ekskul masuknya jam 9 pagi. Karena pulangnya uda lumayan siang, otomatis makan siangnya kan di sekolah, jadi bawanya harus yang berat-berat supaya kenyang. Trus kalo ga abis gimana? Abis ga abis, di rumah ga pernah gua kasih makan lagi. Jadi kalo ga abis ya gua yang abisin. Soalnya biasa abis pulang sekolah tuh dia minta main dulu di playground sekolah, jadi nyampe rumah bisa-bisa jam 2 siang. Jam segitu uda lewat jauh banget dari jam makan siang, jadinya begitu nyampe rumah gua kasih snack kayak roti atau susu doang. Tapi alasan yang paling utama adalah, gua males nyuruh dia makan lagi, hahaha.

Dan mulai bulan Agustus ini, tiap hari Senin anak-anak harus bawa menu sehat berupa sayur dan buah yang uda ditentuin sekolah. Jadi misalnya minggu ini bawa wortel sama pear, lalu minggu depan bawa labu dan semangka, dan begitu terus tiap minggu. Jadwalnya dibagiin per bulan, jadi kalo nyusun menu mingguan buat Jayden, tiap hari Senin harus diselipin menu sayur dan buah. Trus kalo ga bawa gimana? Ya ga diapa-apain juga sih, paling anaknya ga dapet stiker atau stamp. Tapi gua berusaha sebisa mungkin bawain apa yang disuruh, jadi biar belajar tanggung jawab juga. Masalah ga dimakan itu urusan belakangan, yang penting dibawain dulu, hahaha.

Mulai TK B ini gua juga bikin bento abal-abal buat bekal sekolahnya Jayden. Abal-abal karena cetakannya uda ada, dan karena kotaknya kecil, jadi yang dipake yang itu-itu lagi, padahal gua punya beberapa cetakan nasi. Jadi jangan heran kalo bentuknya koq itu-itu melulu ya, hahaha. Dan ga cuma bentuknya yang itu-itu lagi, isinya pun juga itu-itu lagi, soalnya kalo ga itu-itu lagi dijamin bakal dibawa pulang lagi, hahaha. Yuk mari kita intip isi bekalnya Jayden.

Nasi abon + beef yakiniku + tumis labu + semangka.

Menu sehat di minggu pertama itu labu dan semangka. Ini dua menu yang dari awal gua uda yakin banget bakal dibawa pulang lagi, dan bener kan, baik labu maupun semangkanya ga dimakan sama sekali. Biasanya kalo disuruh bawa menu sayur gini, menu pasangannya gua cari yang dia doyan, hahaha.

Nasi gurih + chicken katsu + scrambled egg.

Waktu gua share di instagram banyak yang nanyain nasi gurih itu apa, jadi sekalian aja gua share disini ya. Gua lupa dapet resep ini darimana, tapi nasi gurih itu cuma nasi ditumis pake mentega, bawang putih, kecap ikan, sama kalo gua pake kaldu jarum dan gula sedikit. Mirip-mirip kayak nasi goreng singapore ya, cuma minus telor dan topping lainnya, hahaha.

Mie goreng tabur nori + jamur enoki crispy. Ini ludes tak bersisa, hahaha.

Nasi putih + ikan goreng tepung + omelet bayam.

Jadi Jayden ini kalo cuma dibawain nasi putih kayak gini biasanya ga akan dimakan. Gua ga ngerti kenapa, tapi makan paling cuma sedikit dan sisanya masih banyak. Dan bener kan, waktu itu gua lagi males macem-macemin dan waktu pulang buka kotak makannya, nasinya masih banyak. Makanya nasinya selalu gua campurin abon atau ditumis pake mentega biar kemakan.

Spaghetti bolognaise + brokoli goreng tepung + melon.

Kali ini menu sehatnya brokoli dan melon. Gua pikir-pikir daripada brokoli ditumis atau direbus doang ga akan dimakan, kenapa ga coba digoreng tepung aja, siapa tau dimakan. Dan bener dimakan! Hahaha. Missnya cerita, Jayden sempet nanya, "Ini apaan miss? Nugget ya?" dan missnya langsung jawab, "Iya, nugget ijo" hahaha. Melonnya juga dimakan satu gigitan, cuma missnya bilang abis itu dimuntahin lagi, hahaha. Padahal melon enak loh, tapi entah kenapa dia ga suka. Dan sebenernya ga cuma melon doang sih, hampir semua buah dia ga suka.

Nasi putih + chicken nugget + egg roll.

Ini bener-bener menu anti ribet. Pokoknya kalo gua lagi males buat ngapa-ngapain, menunya Jayden ga jauh-jauh dari nugget dan telor, hahaha. Walaupun gua uda buat jadwal menu Jayden selama seminggu, tapi kadang ga semuanya sesuai sama list gua. Jadi kalo misalnya gua sakit atau bangunnya kesiangan, gua tinggal goreng nugget ama telor. Beres deh.

Nasi tumis mentega + ayam goreng tepung + sop jagung.

Kali ini nasinya gua kasih daging cincang sama kecap manis sedikit. Semuanya dimakan kecuali sopnya. Kalo bawain yang kuah-kuah gini biasanya emang ga dimakan, tapi kadang gua tetep usaha bawain sih. Siapa tau ada keajaiban, hahaha.

Bola-bola nasi abon + ikan dori goreng tepung + baso goreng.

Ini kedua kalinya gua bikin baso goreng, dan masih tetep failed. Entah kenapa dalemnya tuh ga bisa kopong kayak baso goreng pada umumnya. Tapi biarpun failed yang penting Jayden doyan.

Kroket nasi + tumis sawi saos jamur + pisang.

Menu sehat kali ini adalah sawi dan pisang. Gua ga tau sawinya harus diapain selain ditumis. Dan biar ga bosen nasinya itu-itu melulu, kali ini gua bikinin kroket nasi, salah satu menu favoritnya. Sawinya gimana? Dibawa pulang lagi, hahaha.

Nasi bungkus telor + ayam geprek keju.

Jayden kurang suka ayam geprek kayak gini, soalnya dia cuma makan dikit banget, malah yang abis kejunya doang. Kayaknya dia lebih suka ayam goreng tepung biasa atau chicken katsu yang pake tepung roti.

Nasi abon + ikan bakar kecap + jamur crispy.

Tadinya gua pikir Jayden akan makan ikannya, karena kalo di restoran seafood kami order ini, dia makan lahap. Tapi mungkin itu karena makannya masih disuapin kali ya. Kalo di sekolah kan makan sendiri, jadi dia ga mau makan ikannya karena ga suka. Pikir sekali-kali coba ikannya dibikin yang lain, biar ga bosen digoreng tepung melulu.

Mie goreng sosis + sop jagung + apel.

Menu sehat kali ini adalah jagung dan apel. Tadinya mau bikin bakwan jagung, tapi gua bangun kesiangan, jadi bikin sop ajalah biar ga ribet, hahaha.

Nasi tumis daging + ikan dori goreng tepung + telor dadar keju.

Ikan yang dimakan Jayden emang ga jauh-jauh dari ikan dori atau gurame, karena kedua ikan itu paling minim tulangnya.

Mac n cheese + egg chicken roll + tumis tahu.

Sebenernya komposisi di bekal ini agak ga nyambung sih, tapi biarinlah, demi semua kotak keisi, hahaha. Kebetulan hari itu gua masak tumis tahu buat di rumah, jadi sekalian aja gua bawain dua biji buat Jayden. Tapi itu tahu dibawa pulang lagi. Padahal dulu dia doyan deh tahu model begini. Mungkin karena dulu makannya disuapin dan sambil nonton kali ya, jadi apa aja masuk. Kalo sekarang kan makan sendiri, jadi pilih-pilih mana yang dia doyan doang.

Nasi abon + telor dadar keju. Ini juga menu anti ribet lainnya.

Bonus foto : tahu jamur shimeji. Resep dari selebgram, tapi gua lupa selebgram yang mana. Cuma tahunya agak ancur pas digoreng, mungkin karena panas-panas gitu langsung dipotong kali ya, kudunya nunggu dingin dulu.

Untuk kotak makannya, gua pake merk yoyee tapi yang mini. Kebetulan dia punya dua biji, baik itu yang 3 sekat, maupun yang 4 sekat, dan dua-duanya kado ulang tahun, hahaha. Waktu dipake awal-awal ga tumpah dan kuah atau makanannya ga campur ke sekat lain, tapi mungkin karena uda kelamaan dipake, karetnya uda ga kreket, jadi kalo bawa kuah-kuah ya tetep nyampur. Tapi gua tetep suka pake kotak makan ini, Jayden jadi bisa bawa dua lauk sekaligus. Sesekali gua bisa bawain satu lauk yang dia suka, dan satu lagi yang kayaknya dia kurang suka, hahaha. Cuma kalo pake yang mini ga bisa dicetak macem-macem. Kalo pake yang gede kan bisa dicetak pake cetakan yang lebih gede.

Jadi sekian menu bekalnya Jayden di bulan Agustus ini, siapa tau bisa menginspirasi, karena sejujurnya gua pun terinspirasi dari ibu-ibu lain. Mudah-mudahan nanti bisa update yang bulan September, Oktober, dan November ya.

4 comments:

  1. Hai Mel wah rajin bangett kamu bikin bekal untuk Jayden, kalau Ben aku bekali roti aja satu haha .. klo menu2 spt yg kamu buat itu enakkkk semua keliatannya tp Ben demennya itu itu aja makannya, dikaish macam2 dibawa pulang mulu, dibekali apel atau jeruk aja dia bw pulang lagi, maunya makan dirumah. klo adik Ben gampang makan semua dilahap hap hap :) . Menu makanan yg kamu buat buat inspirasi ku tahun depan adiknya Benjamin masuk TK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga ga semuanya dimakan kak, yang dimakan ya yang itu itu aja, hahaha. tapi sengaja aku bawain makanan berat biar di rumah ga usah makan lagi hehehehe.

      Delete
  2. Ci Mel, nyomot menu bekalnya Jayden yaa buat Josh, aku udah mulai ribet mikirin mau bawa bekal apa ke sekolah hahaha Makasih banget udah sharing (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 jane. ayo sharing juga bekalnya josh, siapa tau bisa aku contek juga hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.