12 November 2019

Emily 8-10 Month

Wow....uda lama banget ga update perkembangannya Emily. Gua ampe lupa dia uda bisa ngapain aja, hahaha. Jadi mumpung mood buat nulis lagi terkumpul, kita borong aja semuanya jadi satu postingan.

Berat badan : 7,6 kg
Panjang : 63 cm

Sakit.

Jadi selama 3 bulan ga update ini, Emily uda 2 kali sakit. Yang pertama katanya radang tenggorokan, sementara yang kedua ini infeksi saluran kencing. Gejala awal kedua penyakit ini sama, yaitu demam tinggi. Waktu demam pertama gua ke dokter langganan kokonya, dan dokter ini emang gua datengin kalo sakit doang. Diagnosanya si dokter waktu itu langsung radang, padahal dia cuma demam doang, paling sama meler-meler dikit, tapi ga ada batuk sama sekali. Gua ga tau kalo radang itu harus pake batuk apa engga, tapi si dokter bilang tenggorokannya merah. Akhirnya diresepin antibiotik. Gua ga keberatan sama sekali dikasih antibiotik, karena yang gua tau kalo namanya uda radang berarti emang harus antibiotik. Ga lama kemudian Emily pun sembuh, dan pelan-pelan nafsu makannya mulai kembali.

Tapi sebulan kemudian dia demam lagi. Kebetulan si dokter itu lagi cuti, jadinya kita ke dokter biasa dia vaksin. Jadi karena satu dan lain hal, dokter sakit sama dokter vaksin emang kita bedain. Nah si dokter vaksin ini langsung kasih surat rujukan buat cek lab, karena dia curiga Emily kena infeksi saluran kencing. Kenapa dia bisa curiga? Karena Emily cuma demam doang. Ga ada batuk pilek, diare, sakit perut, dan keluhan lainnya. Akhirnya kami ke rumah sakit buat cek darah sekaligus cek urin. Begitu hasilnya keluar, gua langsung whatsapp ke dokternya, dan dia bilang ini positif kena infeksi saluran kencing. Akhirnya lagi-lagi diresepin antibiotik.

Menurut si dokter, anak cewe emang rentan kena infeksi saluran kencing, makanya kebersihannya harus bener-bener dijaga banget. Dan memang harus gua akui, waktu ga ada mbak kemaren itu, Emily bisa pake diaper lebih dari 3 jam, yang mana buat anak cewe itu ga bagus. Dan ternyata hasil labnya pun menunjukkan kalo Emily kurang gizi sedang dan kurang zat besi, makanya dikasih beberapa vitamin juga. Belakangan emang jadwal makannya ga teratur, karena gua keteteran banget ngurusin dua anak sekaligus. Misalnya kayak waktunya makan siang ternyata dia tidur, dan jam waktunya bangun itu bertepatan dengan jam gua jemput Jayden pulang sekolah, jadinya Emily baru makan siang itu jam 2, padahal jam 2 itu harusnya dia uda makan cemilan.

Karena itulah gua memutuskan untuk hire si suster lagi. Tadinya gua tetep kekeh pengen cari mbak, karena gua merasa harusnya bisa ngurus sendiri kalo dibantu mbak, tapi sekarang cari mbak yang mau jagain anak susah. Kami uda bolak balik cari kemana-mana ga dapet juga. Akhirnya begitu si suster mau balik kerja sama kami lagi, tentu langsung gua iyain. Harapannya waktu adalah supaya anak-anak bisa keurus dengan baik, terutama berat badannya bisa pada naik semua. Puji Tuhan waktu vaksin kemaren, beratnya Emily naik 700 gram. Dokter bilang targetnya 1 tahun uda 9 kg. Dia optimis pasti bisa, selama ga ada sakit-sakit lagi.

Waktu sakit maunya nemplok mami terus, jadinya si koko agak terlantar.

MP-ASI.

Sebenernya kalo mau dibandingin sama Jayden dulu, Emily ini termasuk anak yang makannya gampang. Dia lebih gampang nyobain makanan baru, gampang makan buah, dan bisa ngunyah makanan-makanan yang cukup keras. Cuma sejak ga ada mbak kemaren, semua jadwalnya berantakan. Jadi biasa bangun tidur itu ga lama harus makan, lalu mandi dan tidur. Begitu bangun tidur biasa ngemil apapun yang bisa dicemilin, baik itu biskuit atau roti, lalu tidur lagi, baru makan siang. Nah jam makan siangnya itu biasa bertepatan dengan jadwal gua jemput Jayden, makanya sering diskip atau makannya digeser ke jam 2. Sementara jam 2 itu harusnya jadwal dia makan buah, baru abis itu tidur lagi. Begitu suster dateng, semua jadwalnya mulai dibenerin lagi.

Untuk tesktur, sejak umur 8 bulan buburnya uda ga disaring lagi, tapi sejak itu makannya jadi agak susah dan sering diemut. Trus 9 bulan gua kasih nasi lembek pake kuah. Begitu masuk 10 bulan, gua agak males masak-masak nasi khusus buat dia doang, jadinya gua kasih nasi biasa.

Nasi biasa pake kuah-kuah.

Porsi makannya Emily sih ga sebanyak Jayden dulu, tapi ngemilnya sering. Kayaknya kalo mulut dia tuh ga enak buat dia, hahaha. Uda gitu waktu ga ada mbak kemaren itu ada masa-masa dia ga mau ditinggal sama sekali. Kadang-kadang kan gua harus mandiin Jayden atau siapin makanan, jadi mau ga mau Emily harus ditinggal. Tapi gua baru geser pantat dikit, dia uda nangis kejer. Sampai akhirnya gua menemukan metode supaya dia bisa duduk anteng, yaitu kasih cemilan, hahaha. Tapi kalo cemilannya abis, ya mulai ribut lagi, hahaha.

Asal ada makanan mah anteng deh.

Motorik halusnya cukup bagus, apapun yang ada di tangan pasti dimasukin ke mulut.

Bahkan buku aja mau ikut dimakan, hahaha.

Makan buah juga lebih gampang, ga perlu diblender-blender segala. Dan hampir semua buah dia doyan, mulai dari pepaya, alpukat, pisang, apel, melon, bahkan jambu biji semangkok pun ludes tak bersisa. Yang dia ga doyan tuh kalo buahnya dicampur ASIP. Jadi mendingan kasih buah fresh tanpa ASIP atau tambahan apapun.

Gua bawain apel buat bekal kokonya, tapi yang makan malah dedenya, hahaha.

Lalu mulai umur 9 bulan juga menu-menunya uda gua kasih gula garem. Menurut dokter boleh koq, yang penting masih dalam batas wajar. Selain itu lemak-lemak tambahan masih penting banget buat pertumbuhannya, seperti minyak, santan, mentega, butter. Makanya waktu liat Emily beratnya kurang, si dokter menganjurkan untuk kasih menu-menu dewasa seperti nasi uduk, pasta carbonara, roti tawar pake mentega, bubur sumsum, atau menu gorengan kayak perkedel. Jadi selama anak masih masa pertumbuhan, justru menu gorengan itu dianjurkan loh. Katanya ga usah takut kolestrol, karena anak kan beda sama orang dewasa, mereka masih perlu lemak buat tubuhnya.

Baby Spa.

Jadi waktu kokonya field trip, gua ajak Emily baby spa di Mom n Jo. Kebetulan gua liat vouchernya dijual di traveloka, dan pas waktu itu lagi ada promo diskon. Jadi untuk berenang 20 menit dan pijat 40 menit, gua hanya bayar 150rb. Murah banget loh, karena harga aslinya tuh kalo ga salah sekitar 300rb. Belakangan gua emang lagi suka buka-bukain traveloka, karena selain bisa booking tiket atau hotel, ternyata mereka juga jual berbagai macam voucher, seperti voucher makan, playground, spa, dll. Lumayan banget kalo mau hura-hura tapi tetap hemat, hahaha.

Mom n Jo yang paling rumah gua tuh di Lippo Mall Puri, cuma sayangnya disana cuma ada dua terapis, jadi harus reservasi dulu. Waktu itu gua jadwalin pagi jam 11, biar abis itu bisa langsung makan trus tidur. Tapi begitu dicemplungin.....Emily nangis! Hahaha. Nangisnya pun nangis kejer gitu, bikin kita yang denger jadi berasa kasihan, hahaha. Jadinya belom 20 menit acara berenangnya diudahin deh.

Muka tegang.

Abis itu nangis. Padahal terapisnya uda heboh banget loh, tapi tetep aja nangis, hahaha.

Untungnya pas sesi pijet-pijet itu dia ga nangis, cuma mukanya flat. Abis berenang sempet gua nenenin sebentar, baru abis itu dipijet. Karena anaknya ga mau tiduran, jadi dipijet dalam posisi duduk, hahaha.

Mukanya flat, hahaha.

Kalo begini mukanya keliatan galak. Ini anak emang kayaknya turunan gua, kalo ga senyum mukanya keliatan galak, hahaha.

Tapi abis itu makannya langsung lahap dan cepet. Kebetulan waktu itu lagi masa-masa susah makan, tapi abis berenang itu makan ga nyampe 15 menit uda kelar, hahaha. Mungkin cape abis berenang kali ya, makanya laper. Gua pengen ajak dia berenang di kolam renang umum tapi masih belom berani, padahal uda punya baju berenang sexy loh, hahaha. Nanti lah kalo Jayden libur, biar bisa berenang bareng.

Abis berenang siap-siap mau lunch.

Motorik.

Selama 3 bulan ini progress motoriknya lumayan banyak. Uda mulai mau tengkurep, lalu dari posisi tengkurep pelan-pelan mundur dan duduk. Sebenernya dari umur 4 bulan uda bisa tengkurep, tapi anaknya suka mager, hahaha. Trus di umur 10 bulan kemaren uda bisa merangkak juga, tapi masih pelan-pelan. Dan sejak bisa merangkak uda ga mau digendong lagi. Kalo digendong dia bakal dorong dada kita dan langsung merosot minta turun. Kalo yang gendong ga siap bisa jatoh tuh.

Dari posisi begini bisa mundur-mundur terus duduk.

Tadinya gua pikir dia ga mau merangkak, jadi mau langsung berdiri trus jalan. Tapi dokternya bilang fase merangkak ini kalo bisa jangan dilewatin, karena berhubungan dengan otak kanan dan kiri. Jadinya gua tetep stimulasi dia buat merangkak. Begitu uda bisa merangkak, langsung deh terjadi keributan di dalam rumah. Jadi kalo kokonya lagi mainan, Emily langsung merangkak ke arah kokonya dan ngerebut apapun yang dipegang si koko. Ga lama kemudian terdengar teriakan "MAMIIII...EMILYNYA JANGAN DISINI!!!!" dan disusul dedenya ikut teriak "AAAAAHHHH" hahahaha.

Selain suka merangkak, dia juga suka berdiri. Misalnya berdiri nyender, atau berdiri pegangan apapun yang bisa dipegang. Cuma belom bisa merembet, tapi uda mau gerakin kaki macam dititah gitu.

Berdiri nyender. Kalo senyum gini mukanya manis ya.

Tapi kalo engga mukanya galak banget, hahaha.

Ini foto terbaru, mukanya uda lebih bulet ya.

Seminggu lagi uda 11 bulan, dan bulan depannya lagi mau 1 tahun. Mudah-mudahan kamu sehat terus ya Em, dan jangan lupa pesan dokter, 1 tahun beratnya harus 9 kg, hahaha. We love you to the moon and back.

4 comments:

  1. Bentar lagi 1 tahun deh yaa mell.. Sehat2 Emily!

    ReplyDelete
  2. Emily agak gemukan dibeberapa foto terakhir, gemes pengen cium :) Sehat terus yaa Emily. Apa anak cewe lebih lahap makan kali yaa.. adiknya Ben juga gampang makannya ga spt Ben susah haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, sejak sembuh sakit emang makannya mulai pulih lagi, hehehe. kayaknya emang anak cewe lebih gampang makan kali ya...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.