18 December 2019

Lomba Mewarnai

Beberapa waktu lalu guru gambarnya Jayden info mengenai lomba gambar dan mewarnai di Citraland. Dia bilang, siapa tau Jayden tertarik, lumayan buat nambah pengalaman. Sebelumnya Jayden pernah ikut lomba gambar diatas talenan yang diadakan di sekolah, tapi itu lombanya bareng orangtua. Dan pada kenyataannya, gua yang gambar semuanya, hahaha. Abis dikasih tau gitu, gua langsung nanya anaknya...

"Jayden, kamu mau ikut lomba mewarnai ga?"

"Mau!"

"Beneran? Mami daftarin nih"

"Iya!"

Besokannya gua tanya lagi jawabannya tetep sama. Berarti dia bener pengen ikut. Akhirnya gua daftarin deh.

Ini yang dikirimin guru gambarnya.

Lombanya memang mulai jam 2, tapi jam 1 uda bisa daftar ulang dulu. Abis daftar ulang, kita dikasih snack berupa beng beng, sari roti, dan aqua, lalu crayon steadler 12 warna, dan notebook. Lombanya sendiri diadakan di hall yang biasa buat pameran itu.

Sejujurnya gua merasa lombanya kurang fair. Waktu daftar gua tanya, alat-alat apa aja yang perlu dibawa. Dia bilang cukup bawa meja aja, sisanya dikasih sama panitia. Tapi waktu daftar ulang mereka bilang diperbolehkan bawa alat gambar sendiri. Trus disampingnya si steadler ini jualan juga, baik itu meja gambar, crayon 24 atau 36 warna, atau pensil warna. Tau gitu kan gua bawain crayon-crayonnya Jayden di rumah. Tapi ya sudahlah, yang penting Jayden berani ikut lomba aja gua uda seneng.

Karena kami uda nyampe dari jam 1, Jayden sempet bosen. Soalnya kalo datengnya mepet, takutnya nanti buru-buru. Untuk mengisi kebosanan, gua kasih notebooknya buat dia gambar-gambar sendiri.

Selalu gambarnya kapal melulu.

Akhirnya jam 2 MCnya mulai keluar, tapi lombanya belom dimulai. Jadi sebelumnya anak-anak dikasih workshop singkat dari steadler mengenai cara membuat gradasi. Jayden uda diajarin tekniknya di les gambar, tapi gua ragu dia bisa mengaplikasikannya sendiri. Dari workshop singkat ini gua tau, salah satu penilaiannya adalah gradasi.

Siap ikut lomba mewarnai.

Selesai workshop baru lombanya dimulai. Gua lupa sih tepatnya jam berapa, tapi dikasih waktu ampe jam 4. Sungguh gua terharu melihat Jayden sangat antusias mengikuti lomba ini. Buat orangtua lain mungkin ini hal yang wajar ya, tapi tidak buat gua. Karena Jayden ini anak yang amat sangat ga bisa diam. Emang sejak sekolah semakin banyak perubahan yang terlihat, salah satunya jadi lebih sedikit kalem, tapi kalo kelar sekolah ya lari-lari lagi. Makanya ngeliat Jayden bisa duduk manis sambil mewarnai tuh sungguh kemajuan besar banget buat gua.

Keliatan kan Jayden yang mana? Hahaha.

Media gambarnya ternyata kertas A3. Ini pertama kalinya dia mewarnai di kertas sebesar itu, hahaha. Gua uda yakin, pasti backgroundnya ga diwarnain. Dan waktu gua tanya bener kan, dia cuma warnain objek-objeknya doang, hahaha.

Gua cuma bisa melihat dari kejauhan.

Selesai lomba sempet ada kuis, dan Jayden dengan pedenya maju ke depan. Padahal dia sendiri ga tau itu kuis apaan, hahaha. Jadi pesertanya disuruh spelling kata steadler, ya jelas Jayden ga tau. Tapi biarpun ga tau, tingkat pedenya tinggi banget, persis kayak papinya, hahaha.

Paling kecil, hahaha.

Setelah itu baru pengumuman lombanya. Jayden menang ga? Engga. Lalu apa gua kecewa? Bohong kalo bilang engga. Dalam hati tentu ada sedikit harapan supaya Jayden bisa menang, tapi itu bukan yang utama. Dari awal gua daftarin Jayden ikut lomba ini, fokusnya adalah buat nambah pengalaman. Pas pulang gua tanya...

"Jayden, kamu sedih ga tadi lombanya ga menang?"

"Engga"

"Terus kamu cape ga mewarnai di kertas yang gede?"

"Engga mami, aku masih semangat koq"

"Lain kali mau ikut lomba lagi ga?"

"Mau!"

Baiklah. Gua ga perlu menghibur dia, hahaha. Walaupun lomba bukan tentang menang atau kalah, tapi gua selalu memotivasi Jayden supaya menang. Dan ini berlaku di lomba apapun. Di awal gua selalu bilang, "Ayo Jayden, berusaha supaya bisa menang" supaya dia ikut lomba ga cuma sekedar biarinlah kalah, namanya juga lomba. Kalo kayak gitu nanti dia jadi anak yang pasrahan, dan gua ga mau dia kayak gitu. Makanya tiap kali mau lomba, goalnya adalah menang. 

Emang ga takut anaknya tertekan? Engga! Karena Jayden bukan tipe anak yang kayak gitu. Soalnya ampe sekarang dia ga pernah menang lomba apapun, dan anaknya santai-santai aja, hahaha. Dan kalo kalah pun gua juga ga yang langsung marah-marahin anaknya. Yang penting dia tau kenapa dia kalah, dan di lomba berikutnya dia bisa lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.