14 January 2020

Emily 1st Birthday

Walaupun bulan Desember sudah berlalu, tapi gua tetep punya banyak cerita di bulan Desember yang mau ditulis di blog untuk kenang-kenangan, salah satunya tentang perayaan ulang tahun Emily yang pertama.

Ulang tahun Emily sendiri jatuh di hari Rabu tanggl 18 Desember, tapi untuk perayaannya kami memilih hari Sabtu tanggal 21 Desember. Karena tanggal segitu merupakan tanggal dimana biasa orang-orang pada pergi liburan, gua jadi bikin semacam Save The Date yang dikirim via whatsapp sebulan sebelumnya. Tujuannya tentu biar di tanggal segitu keluarga dan sahabat bersedia mengosongkan jadwal demi menghadiri perayaan ulang tahun Emily. Kan sayang kalo uda booking ruangan tapi ternyata ga bisa semua hadir.

Save The Date.

Birthday Theme.

Karena harus bikin Save The Date itu, maka pemilihan tema ini harus dipikirkan jauh-jauh hari. Tentu harapannya supaya bikin perintilannya ga mepet. Tapi kayaknya kalo ga mepet deadline ga enak yak, hahaha.

Awalnya gua sempet pengen tema princess-princess gitu, kan mumpung yang ulang tahun anak cewe, hahaha. Tapi masalahnya princessnya kan ada banyak, gua bingung mau pake princess yang mana. Trus sempet kepikiran juga mau tema christmas, karena tanggalnya kan berdekatan sama hari natal, tapi koq kayaknya kurang anak-anak.

Akhirnya gua putuskan untuk pake tema Bunny. Kenapa? Karena dulu kokonya sering bilang kalo Emily itu little bunny, hahaha. Tapi itu dulu. Sekarang berubah jadi little puppy, atau kadang-kadang kalo liat dedenya lagi merangkak dia bilang itu little lizard. Untung dedenya belom ngerti ya, hahaha.

Untuk tema warnanya, tentu saja pink dong. Ya kan mumpung anaknya cewe, kita bikin yang girly-girly sekalian, hahaha.

Ini foto terbaru, menjelang umur 1 tahun.

Venue.

Sebelumnya nyokap sempet usul di Haka lagi, di tempat ulang tahun Jayden yang pertama dulu, tapi gua ga langsung iyain. Secara makanan sih Haka emang juara, tapi parkirannya yang agak terbatas. Lagian agak bosen juga sih, tiap ulang tahun makannya chinese food melulu. Pengennya coba cari tempat lain yang bukan chinese food tapi makanannya enak juga. Lalu sepupu gua usul Tamani Cafe di Tomang. Karena itulah waktu suami ulang tahun, kami makan-makan disana. Judulnya sekalian test food, hahaha.

Di Tamani ga ada private room kayak di restoran chinese food gitu, tapi mereka punya ruangan yang bisa disewa. Hanya saja tiap ruangan ada minimal transaksi. Dan minusnya, meja-meja yang ada di ruangan itu ga bisa dikeluarin, jadi kalo mau nyaman ya harus booking 2-3 ruangan. Sebenernya kalo dihitung menurut jumlah tamu kami sih dua ruangan cukup, dengan catatan menunya pake sistem kupon gitu. Jadi kita tentuin tiga macam menu makanan dan minuman, lalu tamu akan pilih satu. Kalo menunya prasmanan, ruangannya ga akan cukup untuk tamu kami, dan otomatis kami harus booking satu ruangan lagi, yang berarti pengeluaran jadi akan lebih besar.

Kapasitas dua ruangan dengan menu prasmanan itu sekitar 40 orang, sementara tamu kami itu sekitar 60 orang. Akhirnya demi kenyamanan tamu, kami booking tiga ruangan, dengan sistem menu prasmanan. Untuk parkiran, pihak Tamani bilang ga akan ada masalah, karena ada basement, dan kalo ga cukup bisa diarahkan ke gedung sebelah.

So far sih kemaren itu ga ada yang complain tentang parkiran. Malah kebanyakan ngeluhnya karena macet, hahaha. Untuk makanan juga semua yang kami pilih rata-rata pada bilang enak. Cuma ternyata.....gua lupa ga milih menu yang ada kuahnya. Seret deh, hahaha.

Birthday Cake.

Kue ulang tahun kali ini gua pesen sama Rere di Cherish Cakes & Snacks. Gua pilih ini karena sebelumnya uda naksir banget waktu liat portfolio kue-kuenya di instagram. Dan setelah maju mundur, akhirnya gua pesen juga buat ulang tahunnya Emily.

Kuenya gua pesen yang choco nutella diameter 20 cm, dan jadinya asli bagus banget. Dari awal gua emang bilang ga usah yang heboh-heboh, karena keterbatasan budget, dan gua sempet cariin beberapa referensi dari pinterest. Dan hasilnya sesuai banget sama yang gua mau. Pengirimannya juga on time, pas nyampe sebelum gua berangkat ke restoran. Sebelumnya gua sempet bilang, apa kirimnya malem aja ya, takutnya kalo pagi nanti keburu-buru. Tapi Rere meyakinkan gua kalo pagi harusnya aman-aman aja, dan bener aman dong. Rasanya juga enak banget. Yang paling banyak makan kuenya tentu yang ulang tahun, hahaha.

Bunny Cake. Thank you aunty Rere.

Decoration & Dessert Table.

Bukan Melissa namanya kalo ga rempong ngurusin ulang tahun anak sendiri, hahaha. Sama halnya kayak Jayden dulu, kali ini gua tetep akan bikin dessert table. Dan demi tidak menimbulkan rasa iri di kemudian hari, dessert tablenya akan gua set sendiri. Cuma untuk backgroundnya gua pikir mau pake balon-balon gitu. Soalnya kan ruangannya uda mendukung banget, jadi kayaknya bakal cakep kalo ada balon-balon.

Tapiiiiiii.....ternyata harga balon-balon gitu tidak murah sodara-sodara. Balon standing yang kecil aja start 1 jutaan, apalagi balon yang ampe banyak gitu, start 3 jutaan. Uda bye-bye balon deh. Tapi selain balon, gua juga menemukan hal lain di instagram yang cukup mencengangkan, ternyata dekorasi buat ulang tahun anak-anak tuh mahalnya minta ampun. Paket lengkap dessert table gitu rata-rata diatas 2 juta semua. Wow, aku terkejut. Ya emang sih hasilnya sebandinglah sama harganya, cakep-cakep semua dengan stereofoam dan backdrop yang juga ciamik, tapi itu uda di luar budget gua, hahaha.

Jadinya dengan budget seminim-minimnya, gua mulai bergerilya cari sana-sini properti buat dekorasi yang menarik. Dan thanks to Tokopedia, toko serba ada, yang bikin hidup gua lebih mudah, hahaha. Hampir semua perintilannya gua beli disana, dan tentu dengan harga yang bersahabat. Dan inilah hasilnya dekorasi dan dessert table ala-ala Mami Melissa...

Taraaaaa..... Bunny Dessert Table! Hahaha.

Dan percaya ga, ini semua dibawah 1 juta loh. Sini gua bagikan kisi-kisinya ya. Rumbai-rumbai di dinding itu harganya sekitar 20rb, dan gua beli dua. Rumbai-rumbai pink yang di meja juga sekitar 20rban. Lalu balon huruf Emily itu kalo ga salah 2rb per huruf. Diatasnya ada tulisan Happy Birthday yang ternyata ga begitu keliatan, itu juga harganya dibawah 20rb. Semuanya gua beli di satu toko, dan kebetulan Tokopedia lagi ada promo bebas ongkir, jadinya gua ga perlu bayar ongkir apapun. Lalu taplak meja dan boneka kelinci merupakan properti pribadi. Tadinya pengen beli taplak meja sih, cuma gua inget kalo nyokap punya kain putih yang lumayan bagus, jadinya gua pinjem deh, hahaha.

Untuk dessert tablenya, karena yang dateng kebanyakan orangtua, jadi isinya disesuaikan. Yang paling mahal tentu kue ulang tahunnya, tapi itu ga nyampe 500rb koq, masih sesuai sama budget gua. Puding strawberrynya gua beli merk nutrijell, yang tinggal dimasak pake air. Itu harganya sekitar 10rban. Mineral water langsung beli satu dus, dan ga nyampe 50rb. Yang plastik kelinci warna pink itu isinya lapis surabaya dari Anyar Bakery. Gua pesen 1 loyang ukuran 20x20 yang harganya 90rb. Lalu plastik kelinci di lemari itu isinya roti manis yang juga dari Anyar Bakery. Gua taro 4 roti yang harganya 5rb. Peralatan dessert tablenya dipinjemin sama temen. Trus yang di deket lemari roti itu payung, souvenir yang akan kami bagikan ke tamu. Nanti pencarian souvenirnya gua tulis di bawah ya. Semua printable gua design dan print sendiri.

Gimana? Murah meriah kan. Ya walaupun ga seheboh dekorasi ulang tahun yang harganya tiga jutaan itu, tapi setelah melihat hasilnya, ada rasa puas yang sulit diungkapkan. 

Ini foto lebih jelasnya. Di depannya emang sengaja buat majang kado-kado.

Jadi abis ini ada yang mau hire gua buat dekorin ulang tahun anaknya? Hahahaha. Yuk sini kita ngobrol-ngobrol dulu. Kalo mau isinya sweet treat kayak cupcake, popcorn, lolipop dll juga bisa. Pokoknya kalo budgetnya terbatas kayak gua gini, bisa diaturlah bikin dekoran yang cakep-cakep, hahaha *malah promosi*

Souvenir.

Sekali lagi karena yang dateng kebanyakan orangtua, jadi souvenirnya pun kami cari yang berguna untuk mereka. Kebetulan Emily kan lahir pas musim hujan, nyokap usul kenapa ga kasih payung aja. Iya juga sih. Lalu gua sama nyokap hunting ke mangga dua buat cari-cari payung. Kenapa ga di Tokopedia? Gua juga maunya gitu, tapi untuk urusan begini nyokap kurang sreg kalo beli online.

Akhirnya kami beli di salah satu toko khusus payung, jadi kualitasnya bisa lebih terjamin daripada di toko souvenir. Harganya juga lebih masuk budget sih, dan pilihan warnanya juga beragam. Cuma karena ini toko payung, jadi plastik dan pitanya gua beli sendiri. Belinya dimana? Tokopedia *sambil nyanyi* hahaha.

PR lagi sih buat masukin satu-satu payung ke plastik, masukin thank you card, sama pitain, tapi lagi-lagi gua lebih puas sama hasilnya. Tadinya sempet pengen beli pouch yang kayak Jayden ulang tahun kemaren, tapi kayaknya koq sayang, jadi udalah pake plastik aja. Maaf agak kurang go green, abis ga ada pilihan lain yang lebih murah, hahaha.

Photos.

Dan sebagai penutup, gua akan bagikan foto-foto keceriaan kami hari itu. Semua foto captured by our friend, Hendra. Thank you ndra.

Semua outfitnya Emily dibeliin oma-omanya. Dress pink yang cantik ini dibeliin nyokap waktu ke Thailand, sementara bando yang mekar dengan cantik sempurna dibeliin sama uti dan dibawa waktu mereka ke Jakarta kemaren. Sepatu dan kaos kakinya kado lahiran, hahaha.

Keluarga pinky. Untungnya suami punya baju pink, hahaha. Kokonya mana? Lagi kabur ga mau difoto.

Sama granny yang paling modis. Ini tumben loh bandonya masih nangkring di kepala. Biasa mah ga nyampe 5 menit uda bye bye, hahaha.

Coba dilihat, diterawang, dan diperhatikan baik-baik....kami mirip kan?

Pendeta yang membawakan renungan.

Walaupun acaranya sederhana, tapi kami tetep butuh MC untuk memandu acara. Dan ini salah satu temen gereja kami yang didaulat jadi MC, yang berhasil bikin suami berkaca-kaca, hahaha.

Nyanyi "Happy Birthday"

Tiup lilin.  

Koko Jayden kiss-kiss dede. Abis tiup lilin itu Emily agak rewel, mungkin laper kali ya. Biar anaknya diem, kami kasih cemilan. Jadinya hampir di tiap foto, dia selalu megang biskuit, hahaha.

Lagi-lagi kokonya kabur.

Foto sama granny dan grandpa. Sayang aung utinya ga bisa ke Jakarta.

Foto sama.....gua lupa Emily manggilnya apa, hahaha.

Bersyukur banget walaupun ada beberapa kekurangan, tapi keseluruhan acara berjalan lancar. Tamu-tamu hampir 90% hadir semua, makanan cukup, dan cuaca juga baik walaupun sempet gerimis. Emily juga ga rewel-rewel amat. Ya rewel sih ada, tapi asal dikasih makanan dijamin anteng, hahaha. Terakhir rewelnya karena ngantuk, jadi selesai acara langsung tidur deh. Pulang-pulang badan gua pada rentek semua. Emang umur ga bisa bohong ya, hahaha.

2 comments:

  1. happy birthday emily!
    seru ya pestanya.. seneng karena smeuanya lancar... dan masuk budget! haha

    ReplyDelete
  2. parah dekor ultah anak emang mahal bgt! gw juga kemaren belajar bikin balloon garland sendiri. bela-belain krn mahal bgt! btw, happy birthday emily! semoga pinter makan selaluu

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.