20 May 2020

Emily 17 Month

Kayaknya uda lama ya ga posting perkembangannya Emily. Waktu gua ngubek-ngubek blog, ternyata terakhir update itu waktu dia umur 10 bulan, dan sekarang anaknya uda 17 bulan. Padahal dulu perkembangan kokonya selalu rajin gua update tiap bulan ampe umur 12 bulan. Jadi demi tidak menimbulkan kecemburuan di kemudian hari, mari kita update borongan milestonenya Emily.

Perkembangan Fisik.

Sejujurnya jadwal vaksinnya Emily ini molor banget, jadi gua ga pernah update berat dan tinggi dia. Tapi dua bulan lalu ditimbang itu sekitar 11 kg, dan setelah itu kayaknya sempet turun gara-gara kena Flu Singapore. Pipi gembulnya sempet hilang, dan lehernya jadi keliatan gara-gara berat badan turun. Tapi ini anak pulihnya cepet sih. Ga butuh waktu lama buat nongolin pipi gembulnya lagi, hahaha.

Foto ga lama setelah sakit, pipinya agak sedikit mengecil.

Makan.

Sebenernya kalo dibilang makannya gampang ya ga juga, kadang-kadang suka susah kalo makanannya ga cocok atau nasinya terlalu keras. Dan porsinya kalo dibandingin Jayden dulu malah kayaknya lebih banyak Jayden. Cuma postur badannya Emily emang dari lahir uda keliatan lebih berlemak. Mungkin dia tipe yang makan apapun jadi daging, hahaha.

Sejak umur 10 bulan gua uda kasih nasi orang dewasa, cuma kadang-kadang dibuat agak sedikit lebih lembek biar makannya cepet. Tapi yang bikin gua agak takjub, dia uda bisa makan kerupuk, nugget, enoki goreng tepung, atau makanan keras lainnya. Apalagi kalo makanan-makanan tersebut ada di piring kokonya, makin semangat tuh makannya. Padahal di piring dia ada makanan yang sama, tapi tetep makanan koko yang lebih menarik, hahaha.

Ngemil nugget.

Kenapa gua takjub? Karena dulu Jayden waktu seumur Emily agak susah buat ngunyah. Semua makanan langsung telen tanpa melewati proses ngunyah. Gua dulu ampe mikir, apa gara-gara itu ya kenaikan berat badannya agak seret. Jayden baru bener-bener bisa ngunyah dengan baik itu ketika uda umur 2,5 tahun. Sementara Emily dari umur 6 bulan uda lumayan bisa ngunyah. Mungkin juga karena Emily sempet dicobain metode BLW ketika mulai MPASI, jadi ada stimulasi buat belajar ngunyah. Tapi makanannya tetep gua kasih kuah yang banyak, biar ngunyahnya cepet, hahaha.

Minum.

Gua lupa tepatnya kapan, tapi dari sebelum umur 1 tahun, Emily uda bisa minum pake sedotan. Dan anak ini ga perlu disodorin minuman, dia bisa cari minum sendiri. Tinggal gelasnya kita taruh di tempat yang terjangkau, nanti dia akan ambil sendiri kalo mau minum. Beda sama kokonya yang ampe sekarang harus disuruh minum baru mau minum.

Sejak bisa minum pake sedotan, kalo pergi-pergi jadi enak, tinggal bawa botol yang ada sedotannya aja. Dan sama halnya kayak makanan, botol minum koko selalu lebih menarik untuk diminum, hahaha. Ampe gua keluarin botol minum yang serupa kayak punya Jayden, tetep aja yang kadang diminum ya yang punya Jayden. Padahal botol minum dia letaknya ga jauh dari punya Jayden, hahaha.

Botol minum koko selalu lebih menarik ya nak.

Untuk susu, Puji Tuhan Emily masih ASI, cuma sesekali gua kasih susu bubuk yang full cream. Menurut dokternya sih boleh-boleh aja, yang penting cuma sebagai selingan, bukan pengganti makanan. Tapi selama masa karantina ini, Emily selalu full direct breastfeeding, ga pernah minum yang perahan sama sekali. Dan gua pun juga uda stop mompa. Pokoknya selama mami di rumah, warung susu buka 24 jam deh, hahaha.

Bicara.

Buat yang follow instagram gua pasti sering liat instastory Emily lagi ngoceh. Ngomongnya emang lebih telat daripada Jayden, tapi sekalinya uda bisa ngomong, kosakatanya langsung dapet banyak.

Sekarang dia uda bisa ngomong mami, papi, koko, dede, cici, nenen, mamam, mimi, mbak, dadah, hai, dan masih banyak lagi. Tapi ada juga yang cuma dapet ujungnya doang. Kayak mata dia bilang tata, laba-laba dia bilang baba, baca dia bilang caca, hahaha. Dan ada juga yang katanya jauh banget dari kata aslinya. Kayak nonton jadi kokok, peppa pig jadi baji, handphone jadi po, hahaha.

Emily juga uda bisa ngomong dua kata juga. Misalnya "koko, gada (ga ada)" atau yang paling sering diucapin adalah "mami, nenen" hahaha. Dia juga uda tau kepemilikan barang. Kalo liat legonya Jayden, dia akan bilang koko. Kalo liat botol minum si suami, dia akan bilang papi, atau kalo liat buku agenda gua, dia akan bilang mami.

Sejauh ini gua selalu bisa nangkep apa yang dia ucapin. Dan gua selalu ajarin kata-kata baru yang benar tiap hari. Karena katanya kalo ngajarin anak ngomong itu, kitanya juga harus ngomong yang bener. Jadi anak yang ikut apa yang kita ucapin, bukan kita yang ikut mereka.

Motorik.

Motorik halusnya Emily jauh lebih bagus daripada Jayden. Itu sebabnya gua ga pernah siapin aktivitas apapun untuk melatih motorik halusnya, karena dia bisa melatih motoriknya sendiri, hahaha. 

Tanpa disuruh, dia uda berinisiatif pegang sendok sendiri. Sesekali juga suka makan sendiri.

Bahkan Emily uda mulai bisa pegang pensil dengan mantap dan mulai ikut coret-coret. Mungkin karena sering ngeliat kokonya tulis-tulis kali ya, dia jadi pengen ikut-ikutan. Dan gua pikir itu suatu hal yang baik. Karena Jayden dulu ampe gua lesin gambar supaya bisa belajar pegang pensil yang bener.

Belajar dulu ya gaes. Lumayan bisa anteng lama kalo lagi begini.

Dan dia juga bisa buka tutup botol apapun, mulai dari botol minum, botol aqua, sampe botol minyak telon. Tapi jadinya ga boleh taro botol sembarangan. Kemaren abis numpahin hair lotion gara-gara dia bisa buka tutupnya sendiri, hahaha.

Bisa buka tutup botol minum papinya.

Tapi untuk motorik kasar masih lebih bagus Jayden. Mungkin karena Jayden anak cowo kali ya. Emily baru lancar jalan itu kalo ga salah menjelang umur 14 bulan, dan setelah itu mulai deh ga bisa diem. Kata siapa anak cewe lebih kalem? Emily sama ga bisa diemnya kayak Jayden. Dan biarpun dia cewe, hobinya ya manjat-manjat juga, hahaha.

Fokus.

Dibanding Jayden, Emily juga anaknya lebih fokus. Dia bisa betah duduk lumayan lama ketika sekolah minggu online, atau ketika baca buku. Cuma kalo fokus mukanya keliatan jutek, hahaha.

Mukanya ga santai ya, hahaha.

Senyum atuh nak.

Fokus baca buku.

Dia juga uda mulai bisa mengikuti perintah. Misalnya gua suruh taro baju kotor ke keranjang cucian, dia akan langsung nurut. Atau kalo gua minta tolong dia buang sampah, dia pasti akan langsung menuju ke tong sampah sambil bawa barang yang mau dibuang.

Tidur.

Sejak masa karantina ini, tidur siangnya Emily cuma satu kali doang, dan itu pun ga lama, paling cuma 1,5 jam. Soalnya biar jam tidur malamnya sama kayak Jayden. Emily ga kayak Jayden, jadwal tidurnya suka berantakan. Kalo Jayden dulu, biarpun tidur siangnya ampe 3 jam dan bangun jam 5 sore, dia akan tetep tidur malam jam 9. Sementara Emily, kalo siangnya kelamaan tidur, malamnya bisa tidur jam setengah 10. Gua kan jadi ga bisa nonton drakor kalo dia belom tidur, hahaha.

Jadi 15 menit setelah selesai makan siang, gua akan langsung bawa Emily ke kamar untuk ditidurin. Kalo tidur siang ga pernah ada drama, begitu disusuin ga lama pasti akan langsung tidur. Tapi kalo tidur malam, uda bolak balik disusuin kanan kiri tetep ga akan tidur-tidur kalo belom waktunya tidur. Jadi biar kata haram hukumnya bangunin anak balita, tapi kalo tidur siangnya uda kelamaan, gua tetep akan bangunin. Biarinlah dia nangis cetar membahana, yang penting malemnya ga tidur kemaleman, hahaha.

Tidur siang pake bunny kesayangan.

Belakangan bonekanya ganti sama yang ini, hahaha.

Toilet Training.

Sejak Emily kena ISK (Infeksi Saluran Kencing), pemakaian diapernya mulai gua kurangin. Jadi kalo siang hampir ga pernah pake diaper. Gua selalu rutin pipisin atau bawa ke toilet kalo ada tanda-tanda mau pup. Bahkan tidur siang pun juga ga pernah pake diaper. Jadi kalo lagi tidur terus ngompol tuh rasanya males banget buat gantiinnya, hahaha. Soalnya kalo ga diganti nanti masuk angin, tapi kalo diganti pasti kebangun dan nangis. Cuma ya mau ga mau tetep gua gantiin, dan untungnya abis itu bisa ditidurin lagi, hahaha.

Emily pake diaper di siang hari tuh biasanya kalo lagi pake baju yang agak bagusan. Selama dua bulan ini di rumah melulu, otomatis baju perginya ga kepake sama sekali. Daripada nanti keburu kekecilan kan sayang, jadi tiap hari Minggu dipakein, biar berasa kayak mau pergi ke sekolah minggu, hahaha.

Pake baju cakep dengan muka ga santai.

***

Selesai sudah update borongannya Emily. Abis ini gua mau update kumpulan OOTD-nya Emily. Sayang uda difoto pake baju bagus kalo ga dimasukin ke blog. Soalnya Jayden dulu ada postingan OOTD-nya sendiri, masa Emily yang cewe ga ada, kan ga adil, hahaha. Mudah-mudahan bisa update dalam waktu dekat ya.

Salah satu OOTDnya Emily.

1 comment:

  1. Emily keliatan lebih berisi daripada Jayden ya, Mel. Tapi soal muka, makin gede makin mirip Jayden ya perasaan hehehe. Pengaruh bapaknya kuat bener. Sehat terus ya, Emily.

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.