17 June 2013

Upik Abu Belajar Masak Brownies Kukus

Kemaren ini, gua melakukan sesuatu yang amat sangat bersejarah dalam hidup. Pokoknya, seumur hidup, gua ga pernah kepikiran bakal melakukan ini, makanya kudu diabadikan. Apakah itu?

.

.

.

.

BIKIN KUE! Hahahaha....

Yaelah Mel, lebay banget. Eits, jangan salah, buat orang kayak gua yang punya sejarah goreng telor pake gosong, bikin kue itu merupakan suatu prestasi, hahaha. Gara-gara belakangan sering baca ulang komik Hai Miiko, gua jadi terinspirasi buat bikin kue juga. 

Untuk percobaan pertama, gua bikin brownies kukus. Karena ga punya oven, makanya pake yang bisa dikukus dulu. 

Bahan-bahannya :


Pondan tepung kue ---> namanya juga percobaan pertama, mending pake yang pasti-pasti dulu, nanti baru pake tepung kue beneran, hehehe.
Dark chocolate
Butter
Margarin ---> gua baru tau loh, butter sama margarin beda, kirain sama, hahaha.
Telur 5 biji

Ukurannya seperti biasa, pake jurus kira-kira, hahaha.

Cara bikinnya :

1. Lelehin coklat, butter, dan margarin. Kalo gua liat di komik kan, si Miiko sebelum lelehin coklatnya dipotong kecil-kecil dulu, jadi gua ikutin, hehehe. Itu coklat gua potong dulu kecil-kecil, baru taro di panci. 


Ini diajarin ama sepupu gua, bahan-bahannya ditaro diatas panci yang lumayan gede, trus ditaro diatas panci kecil yang isinya air. Istilahnya di-tim. 


2. Panasin kukusannya.

3. Kocok 5 butir telur dengan mixer kecepatan tinggi. Di resepnya sih ditulis 2 menit, tapi kayaknya gua ga ampe 2 menit sih.


4. Trus masukin si pondan, kocok lagi pake mixer. Kalo ini di resepnya ditulis kira-kira 20 menit, tapi pada kenyataannya, gua lupa berapa menit, hahaha. Pokoknya ampe kira-kira uda kentel deh. Kalo uda, masukin lelehan coklatnya trus diaduk-aduk.

5. Tuang sebagian adonan ke loyang kue, lalu kukus. Kukusnya kira-kira.....feeling ajalah, hahaha. Gua lupa. Di dapur gua ga ada jam sih, hehehe. Kalo uda, tuang lagi sisa adonan, lalu kukus lagi ampe matang. 


Tusuk-tusuk pake tusuk gigi buat tau uda mateng apa belom. Kalo adonannya masih nempel berarti belom mateng.

Ini gua kayak ga niat nulis resep ya, hehehe. 

Hasilnya kayak gini....


Menurut nyokap, lebih mirip blackforest ketimbang brownies, hahaha. Rasanya? Setidaknya ga ada yang muntah-muntah ato mencre-mencret, hehehe. Pada bilang enak. Di rumah malah ga ampe dua hari uda abis, ludes, tak bersisa. 

Lumayanlah, percobaan pertama berhasil. Selanjutnya gua jadi bersemangat buat bikin kue-kue lainnya, hehehe. Tapi yang dikukus-kukus, soalnya kan ga punya oven.

Sebagai penutup, gua mau pamer hasil masak-masak sebelumnya.

Mie ungu
Mienya beli di Malang waktu jalan-jalan dulu. Yang ijo-ijo itu ganggan laut. Trus ada ikannya juga, cuma ga keliatan, hehehe. Kuahnya pake kaldu ikan, jadi ikannya direbus dulu, baru cemplung-cemplung sisanya.

Kroket isi daging
Ini juga gua buat dengan penuh perjuangan, hahaha. Hancurin kentangnya itu yang setengah mati. Trus gua juga ga bisa masukin isinya, makanya buletannya gede-gede gitu, hahaha.

Beef and chicken teriyaki
Karena saos teriyakinya masih ada, dan ada sisa daging ayam ama sapi di kulkas, jadi gua masak aja semuanya. Pokoknya selama saos teriyaki masih ada, semua masakan gua hajar pake teriyaki, hahaha.

Sebenernya masak-masak itu menyenangkan sih kalo uda ngejalanin, mulainya itu yang males, sama beresinnya, hahaha. Makanya gua bilang ama si ndud, kalo uda married, biar gua yang masak, dia yang nyuci-nyuci perabotan, hahaha.

30 comments:

  1. browniesnya kayanya enak banget tuh *penggemar cokelat, lol*
    kalau aku belum pernah coba bikin, serumah gak ada yang bisa dan masih mengumpulkan semangat untuk coba2, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga coba2 bikin gara2 terinspirasi ama miiko hehehehe...

      Delete
  2. akhh,, demen baca miiko juga mel?
    di komik kadang suka ada resep2nya ya.. gue sih pengen cobanya bikin bola coklat yang dikasih cabe bubuk! itu miiko nomer berapa yaa.. lupaa.. trus sama marshmallow yang dicelup coklat cair..

    masak emang seruu.. dan setuju banget kalo yg males itu nyiapin bahan masakan ama akhirannya liat dapur yg berantakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua baca semua komiknya thea hehehehe, pengen coba juga tuh yg marshmallow. lupa sih nomer berapa, nanti tak liat lagi ya hehehehe.

      bener! apalagi beresin barang2 yg bekas coklat semua, cucinya kudu bersih banget hahahaha.

      Delete
  3. brownies nya kliatan sukses tuh mel :D tp kadang gue jg suka berasa brownies itu mirip2 bolu coklat, apalagi kalo di kukus. emg paling enak beli brownies jadi aja hahahaha

    ReplyDelete
  4. Mel, kalo pake rice cooker buat ngukus bisa ga yah? haha :P Anak kosan tp pen nyoba bikin juga..hihihi..

    Keliatannya meyakinkan Mel, oke lah buat pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, nda tau ya pake rice cooker bisa apa ga hehehehe. ga pernah nyoba pake rice cooker sih hehehehe.

      Delete
  5. Hai Mel, browniesnya cakep loh hasilnya jadi pengen bikin :)

    ReplyDelete
  6. ihh kayaknya enak ya, jadi pengen nyoba ah tapi gak punya mixer huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli mixer aja non hehehehe, ato pake kocokan telor mungkin bisa hehehe. di luar itu, gua ga tau pake apa lagi hehehehe.

      Delete
  7. eh enak yah beli bubuk instans gini mel? lebih praktis sih gak ribet timbang2 bahannya. lumayan sukses dong experiment pertamanya...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi mentega, butter, sama coklat batangannya pake gram2an juga ci... karena ga punya dan males nimbang, makanya pake feeling hahahaha...

      Delete
  8. waaahhh...mel makin pinter masak ih...calon ibu rumah tangga yg baik deh...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar nanti uang bulanan dr suami lancar terus, makanya belajar masakin dia makanan enak hehehehehe

      Delete
  9. Wah mayan nih sukses percobaannya. Abis ini bakalan belanja macem2 tepung deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan sukses le, yang makan masih pada sehat waalfiat semua hehehehe. abis ini mau coba pake tepung kue beneran, mudah2an berhasil juga hehehehe.

      Delete
  10. Mel, becanda looo.... kroket itu juga prestasi banget kali Mel!!! Eh ternyata bikin brownies kukus itu gak susah2 amat yah *blagu pisan*. Mau coba ah ntar kapan2.. Kapan2 kalo niatnya sudah terkumpul ihihihihihi^^.
    Btw, gw juga baru tau butter sama margarin itu beda. Dont feel bad... hahaha^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, bikin kroket lebih lama daripada bikin brownies hehehehe, cuma kan yg kue2 gitu ga pernah kepikiran sama sekali.

      hahahahahaha *toss dulu dian* untung gua ada temennya.

      Delete
  11. glekkk jadi kepengen brownies kukus...biasanya cuman bisa makan doang tapi nggak pernah bikin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin yg dipanggang aja ci hehehehe, nanti aku minta :D

      Delete
  12. Gw juga demen baca Miiko, Mel. Beberapa kali juga terinspirasi sama resep2 makanan kecil yg Miiko bikin gitu. Terakhir ada choco marsmalow pengen aku coba bikin, hahahah...

    btw, looks yummy, coba bikin juga ahh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua terinspirasi pengen bikin semuanya, kayak kare, miso soup, coklat, hehehehe. gua juga pengen coba tuh choco marshmallownya.

      Delete
  13. JAGOAAANNN!
    Hahaha. Percobaan bikin kue pertama kali gue gagal 5 kali loh mel, bener2 buang2 bahan lah hahaha. Emang ga bakat baking deh. =p

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehehehe, untung kemaren langsung jadi may. gpp, bisa dicoba lagi koq. gua juga waktu awal2 goreng telor sering gosong hehehehe.

      Delete
  14. nahhh...ini yang udh gue tunggu2. Resep brownies! hahaha...abis kmrn liat di twit, bikin ngiler. thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, gampang koq ci :) tp bener gampang loh... hehehehe...

      Delete
  15. wiihh,,, Kemarin aku juga sempet tergiur untuk beli ini.. >,< cuman gak jadi karena masih agak ribet menurutku harus beli coklat di lelehin, Hihihi... Kalau suka pancake cobain dhe yg pancake, lebih gampang bikinnya, topingnya juga suka" mau pake apa... ^^ Tapi tergiur juga sama yg brownies nih.. >,< aku jg ga ada oven di rmh, jadi cm bisa coba" yg kukus.. Hohohooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ribet koq sebenernya hehehehe. pancake ya? nanti aku coba ah. kemaren pengen coba beli blackforestnya hehehehe.

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...