18 December 2017

Beli Mobil Sendiri

Akhirnya semua kerjaan satu per satu mulai beres, dan gua jadi punya banyak waktu luang lagi buat main sama Jayden. Gua uda bikin planning mau ngapain aja dan mau kemana aja sama Jayden. Mudah-mudahan semuanya terlaksana dalam minggu ini. 

By the way....ada yang anaknya belom vaksin DPT? Kalo belom ayo segera divaksin. Minggu lalu gua dapet penjelasan dari salah satu dokter anak, katanya penyakit Difteri ini sebenernya uda lama punah, tapi belakangan mulai muncul lagi. Dan penyakit ini amat sangat berbahaya kalo tidak segera ditangani. Makanya dia mendukung program pemerintah yang mengharuskan anak umur 1-19 tahun divaksin ulang. Menurut si dokter, karena penyakit Difteri ini merupakan wabah, jadi apapun status imunisasinya tetep harus divaksin ulang. Bahkan orang dewasa pun juga harus divaksin, karena penularannya cepet banget, seperti penyakit Flu. 

Kamis kemaren Jayden vaksin DPT, tapi bukan di klinik dokternya yang biasa, melainkan di sekolah. Kebetulan sekolah ada kerjasama dengan puskesmas setempat buat vaksin DPT ke murid-murid, sekalian aja Jayden gua ajak. Dari beberapa hari sebelumnya gua uda bilang ke Jayden kalo dia mau disuntik. Eh...anaknya malah cerita ke tetangga, "Oma...nanti Jayden mau disuntik loh." Dari bayi emang Jayden jarang takut disuntik. Pernah beberapa kali nangis kejer, tapi bisa dihitung pake jari. Seringnya sih nangis sebentar trus kelar, malah pernah ga pake nangis sama sekali.

Pas hari H-nya, gua bilang ama Jayden, nanti kalo takut merem aja ya peluk mami. Dia cuma ngangguk-ngangguk doang. Gua sempet khawatir, soalnya dia bukan suntik di tempat yang biasa kan, dan bukan sama dokter yang biasa dia temuin juga. Tapi ternyata kekhawatiran gua ga terbukti, Jayden ga nangis sama sekali. Mukanya juga lempeng-lempeng aja, hahaha. Good job deh anak mami. Biarpun badan kecil, tapi tetep harus jadi anak yang berani ya.

Tapi sore-sorenya dia ngeluh tangannya sakit, dan ga mau digerakin sama sekali. Dokter yang nyuntik emang uda bilang, karena obatnya ini lokal, jadi ada kemungkinan tangan sakit dan demam. Akhirnya sesuai anjuran gua kasih tempra. Jayden ga demam sih, tapi setidaknya tempra bisa ngurangin rasa nyeri di tangannya. 

Seperti biasa, kalo badannya lagi ga enak gitu, Jayden maunya nempel melulu sama gua. Padahal malemnya gua harus pergi ke gereja buat latihan. Akhirnya sore-sore gua ajak ke Indomaret. Seperti biasa, kalo ke Indomaret uda paling semangat. Cuma kali ini semangatnya ga kayak biasa, mungkin karena tangan sakit dan badan ga enak, jadi ga lari-larian. Tadinya minta gendong, tapi karena uda berat banget, akhirnya kami gandengan tangan berduaan ampe Indomaret. Romantis ya, hahaha. Kali ini ke Indomaret buat beli mobil-mobilan. Bukan...bukan gua yang beliin, tapi dia beli pake uang dia sendiri.

Jadi sejak beberapa bulan yang lalu, gua menerapkan sistem tabungan ke Jayden. Setiap kali dia mau beli mobil atau mainan lain, gua akan suruh nabung dulu. Setiap hari gua kasih uang buat ditabungin. Uangnya juga ga besar, paling kecil itu 100, dan paling besar itu 2000. Kalo yang 100 gua kasih dalam jumlah besar, misalnya jadi 500 atau 1000. Sesekali gua kasih 5000, tapi itu paling dua tiga kali doang. Gua belajar sistem ini dari SBI. Setiap kali dateng SBI, anak harus masukin uang ke celengan. Dan lumayan loh, waktu outing kemaren gua jadi ga perlu ngeluarin uang karena tiap minggu uda nabung.

Uangnya itu baru boleh diambil kalo uda kekumpul lumayan banyak. Dan waktu beli mainan juga gua budgetin, misalnya ga boleh lebih dari 30.000. Karena isi celengannya itu receh semua, jadi kalo beli mainan juga bayarnya pake receh, hahaha. Waktu beli mobil pertama kali bayarnya pake uang 2000-an semua, lalu waktu beli mainan bubble bayarnya pake uang logam, hahaha. Khusus kemaren beli mobilnya pake uang 50.000-an, soalnya utinya Jayden pernah kasih uang 50.000 ke Jayden buat ditabung. Jadi daripada ngitung receh lagi, udah aja belinya pake uang itu, tapi tetep ga boleh lebih dari 30.000, hahaha.

Begitu nyampe rumah, dia mulai melupakan rasa sakitnya dan asik main mobil barunya. Malemnya sempet ngeluh tangan sakit lagi, dan tidur juga bolak balik gelisah, tapi besokannya berangsur-angsur uda mulai pulih lagi. Emang beli mobil baru itu obat paling mujarab supaya Jayden kembali bersemangat. Sebelumnya beli mainan bubble juga pas dia lagi lemes karena batuk ga sembuh-sembuh, hahaha.

Sebenernya intinya bukan di beli mobil atau mainannya sih, tapi lebih ke nabungnya. Buat gua nabung itu merupakan kebiasaan, dan kalo ga dimulai dari kecil, nanti kalo uda gede bakal susah mulainya. Mudah-mudahan nanti kalo uda gede, Jayden bisa merasakan manfaatnya, dan terus rajin menabung.

Mobil pertama Jayden dari tabungan sendiri.

18 comments:

  1. yay jayden udah pinter nabung ya.... :)ntar abis ini beliin mobil beneran buat mama ya... :)

    ReplyDelete
  2. Wah, ini ide brilliant banget yang bisa diterapkan ke anak sejak kecil ya ci. Lumayan banget tabungannya Jayden bisa beli mainan mobil kayak gitu. Good job, Jayden!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jane, kalo mau ngajarin nabung emang dari umur segini, kalo ga nanti mulainya susah...

      Delete
  3. Kaleb juga dari kecil udah gue suruh nabung buat beli mainan. Trus sekarang celengannya udah penuh dan PR banget buat gue ngitungnya jadi ditunda-tunda mulu. Hehe. Di Indomaret atau Alfa gitu mau nerima recehan mel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ngitung receh tuh malesin banget... di indomaret sih terima ya, entah apa karena yang dateng anak kecil makanya dia terima hahahaha...

      Delete
  4. Dari daycare juga L diajarin nabung, jadi sampe skrg dilanjutin. Cuma ga tau dah udah berapa. Belum pernah dibuka soalnya XD

    Hebat Jayden, berani dan jago nabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih... L hebat tabungannya belom pernah dibuka... jayden sih lebih ke arah dia pengen beli mobil, makanya gua suruh nabung hahahaha...

      Delete
  5. mulai ngerti konsep duit itu kira2 umur brp ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden dari umur 2 tahun sih uda ngerti ya... bahwa dia harus punya uang untuk beli mobil hahahaha...

      Delete
  6. Hebat ih Jayden udah bs bebelian pake uang sendiri :)

    ReplyDelete
  7. iya tuh difteri lagi heboh banget ya..ngeri juga jadinya. Hebat deh Jayden udah bisa beli sendiri mainannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, heboh karena sebelumnya uda ga ada tapi muncul lagi...

      Delete
  8. Nanti kalau Jayden udah gedean dikit bisa dikenalin konsep nabung di bank nih buka tabungan anak2 jadi bebas biaya admin per bulan hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sih kalo aku ke bank suka aku ajak, tapi emang belom ngerti ke bank itu untuk nabung hahahaha...

      Delete
  9. Wah Jayden pinter banget, kecil2 udah bisa beli mainan sendiri :)

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...