05 August 2018

Tahun Kedua Sekolah Bina Iman

Tahun ini merupakan tahun ketiga Jayden ikut Sekolah Bina Iman atau SBI. Jadi selain sekolah formal di hari Senin sampai Jumat, Jayden juga tetep ikut SBI di hari Sabtu, dan sekolah minggu di hari Minggu. Cape? Anaknya sih ga cape, cuma yang anter jemput aja yang cape, hahahaha.

Kalo di tahun pertama SBI anak masih didampingin orangtua, di tahun kedua anak belajar sendiri di kelas. Tapi beberapa minggu pertama tetep masih harus ditemenin, jadi ga serta merta langsung ditinggal begitu aja. Awalnya gua yakin banget Jayden ga akan nangis kalo gua tinggal, tapi ternyata gua salah besar. Kalo lagi waktunya main sih dia ga akan nangis, tapi begitu mulai nyanyi atau belajar, dia bisa tiba-tiba nangis nyariin maminya.

Asumsi gua karena awalnya ditemenin, jadi begitu ditinggal, kayak ada semacam separation anxiety gitu. Seandainya dari awal uda ditinggal, mungkin dia akan lebih pede. Mungkin loh ya, gua juga ga tau bener apa engga, hahaha. Awalnya kalo Jayden nangis gua akan masuk ke kelas, tapi lama-lama guru kelasnya bilang biar mereka aja yang handle. Jadi ngeliat anak penuh dengan deraian air mata, gua harus tega, hahaha. Lama-lama frekuensi nangisnya mulai berkurang, selama.....gua ga terlihat di mata dia. Kalo misalnya dia lagi ke toilet atau cuci tangan dan ngeliat ada gua, uda pasti Jayden akan teriak "mami mami...!!!" Makanya selama tahun kedua SBI frekuensi nonton drama koreanya meningkat, soalnya ngumpet melulu di lantai bawah, hahaha. Gara-gara keseringan nangis, gua ngerasa di semester pertama itu belajarnya ga efektif sama sekali, karena hampir 80% kegiatannya cuma diisi dengan tangisan doang.

Pas masuk semester kedua, gua liat Jayden pelan-pelan mulai berubah. Dari hari pertama uda ga ada drama tangisan sama sekali, dan uda mulai mau duduk manis biarpun kayaknya cuma sebentar. Ternyata asumsi gua bener, harusnya emang dari awal ditinggal aja, jadi anaknya lebih siap belajar tanpa ada gua. Soalnya liburan semester itu kan lumayan lama, jadi pas masuk ya kayak ngulang dari awal lagi.

Kemaren gua dikasih hasil evaluasi Jayden selama semester dua. Secara keseluruhan sih hasilnya bagus, cuma ada beberapa hal yang masih harus ditingkatkan, salah satunya dalam hal menaati peraturan. Jayden ini emang anaknya ga bisa diem, makanya di kelas sering banget lari-lari ketimbang harus duduk manis. Tapi kan dia ga bisa lari-lari terus, ada peraturan yang harus ditaati, salah satunya ya duduk dan mendengarkan saat gurunya cerita.

Di sekolah formalnya Jayden, dia dapet guru kelas yang menurut gua agak galak sama anak-anak. Awalnya gua agak was-was, takut kalo Jayden bakal sering dimarahin dan nantinya malah jadi trauma. Tapi setelah dipikir-pikir, mungkin ada bagusnya juga Jayden ketemu guru yang model begitu, biar dia bisa belajar lebih taat dan disiplin. Dan emang setelah dua minggu sekolah, gurunya bilang kalo Jayden dia marahin gara-gara berisik, hahaha. Untungnya setelah itu anaknya tetep mau sekolah dengan riang gembira.

Gua berharap di tahun ketiga ini Jayden mengalami perubahan. Walaupun tiap Sabtu gua harus bolak balik Grogol - Gunung Sahari, tapi demi anak gua rela deh. Pendidikan akademis emang penting, tapi pendidikan karakter juga ga kalah penting, apalagi karakter yang berhubungan dengan agama ya. Lagipula di SBI ini Jayden bukan cuma belajar, tapi juga membangun komunitas. Mudah-mudahan kami sebagai orangtua juga bisa komitmen mendukung Jayden terus.

Dan ini foto-foto Jayden di tahun kedua ikut SBI.

Sok gaya mau pergi SBI pake topi sama kacamata, hahaha.

Ini masih gua temenin di dalem kelas.

Sesi makan bersama. Ini cuma bertahan sekitar 10 menit, setelah itu lari-lari lagi. Tapi beberapa minggu terakhir sebelum libur lumayan sih, mau duduk makan ampe abis.

Ini lagi aktivitas nyuci mobil.

Kalo yang begini mah anaknya happy deh, hahaha.

Ini uda gua tinggal, jadi foto dari luar kelas. Jayden mana? Tuh di depan sama gurunya. Kalo ga salah ini lagi ayat hafalan deh.

Mami yang siap nyetir dari Grogol ke Gunung Sahari tiap Sabtu. Tapi suami.....boleh dong gantian. Pinggang encok nih, hahaha.

8 comments:

  1. Gurunya bukan galak deh, mungkin tegas kali ya Mel. Nih ada juga di kelasnya Benjamin. Bbrp bulan ini si bocah ga mau lagi menyapa atau membalas sapaan orang yg lebih tua, dulu ramahh bangett klo ktemu orang pasti menyapa bilang halo gitu.
    Eh suatu kali aku ga langsung pulang, pas bocah masuk kelas, kuintip dia. Gurunya bilang selamat pagi trus Ben langsung lari kasih tangan, sambil bilang selamat pagi dan salam gurunya.. pdhl sama guru2 lain kaga, cuma sama yg satu ini aja. Klo liat tampang gurunya streng gitu muka galak. Menurutku sih baguslah ada guru2 yg tegas, ngajarin yg bener, drpd didiemin anak kan belum tahu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat kita mungkin tegas, tapi buat anak2 galak hahahaha... emang bagus juga kak ada guru kayak gitu, minimal anak kita jadi tau yang mana yang bener... asal ditegasinnya bener karena anak kita salah...

      Delete
  2. wih hebat jayden! di sbi ada kelas hari biasa ga mel? gw mulai masukin axel semacam sbi juga, tapi di gading, nanti kalo uda umur 3 PR deh tuh seminggu 2x weekdays sore pula, nganterin ke gading hahaha (cari repot sendiri)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di gunsa ga ada hari biasa de, adanya sabtu semua... ini juga sebenernya males banget nganterin ke gunsa, pengennya leyeh2 di rumah, tapi demi anak ya hahahaha...

      Delete
  3. Bedanya apa Mel antara SBI sama sekolah minggu? Good job Jayden, semoga semakin maju yah pendidikan karakternya sama sekolahnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SBI materinya lebih dalem ci, trus pendalaman karakternya lebih kuat... jam belajarnya juga lebih lama dari sekolah minggu... thank you ci...

      Delete
  4. Bagus banget ya program ini.. Gw berharap di gereja gw ada deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya py... kalo di gereja lu ada, coba masukin L, jadi ada kegiatan lain juga...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.