10 May 2019

Cerita Campur-Campur

Hola! Akhirnya bisa update blog lagi. Sebenernya banyak banget yang mau diceritain, tapi seperti biasa, daripada updatenya ketunda-tunda melulu, mending dijadiin satu postingan sekalian, hahaha. Gua ceritain satu-satu ya.

Trial Robotic.

Sejak ada Emily, Jayden susah banget disuruh tidur siang. Tiap gua tidurin, yang ada guanya ketiduran, tapi dianya ga tidur-tidur. Sebenernya ga tidur siang pun jam tidur siangnya tetep cukup sih, karena tidur malemnya kan lebih awal. Tapi kalo siang ga tidur, sorenya bakal cranky. Gua suka emosi jiwa kalo ngeliat dia cranky. Jadi daripada siang di rumah ga ngapa-ngapain, gua coba cari kegiatan yang lebih berfaedah.

Tadinya gua pengen lesin olahraga kayak renang atau basket, tapi cari-cari yang di deket rumah belom ketemu. Mau lesin model kayak kumon atau sempoa koq kayaknya belom perlu-perlu amat. Lalu gua tertarik sama les robotic. Dalam bayangan gua, robotic itu ya berarti bikin-bikin robot. Kebetulan Jayden emang lagi suka-sukanya sama robot kayak Wall-E atau BB 8 (robot yang ada di star wars), jadilah gua coba buat trial.

Cabang yang ada di deket rumah.

Ruang tunggunya lumayan nyaman, dan ada banyak buku yang bisa dibaca, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Cuma sayang orang adminnya kurang komunikatif. Harus gua tanya secara detail baru dia mau jelasin lengkap. Waktu itu kebetulan pas gua dateng lagi ada kelas yang sesuai sama umurnya Jayden, jadi bisa langsung trial. Durasi trialnya itu sekitar 30 menit, tapi kayaknya kemaren belom nyampe 30 menit anaknya uda keluar.

Sambil nunggu bisa sambil baca buku.

Girang disangka mau bikin-bikin robot.

Dan ternyata.....les robotic untuk anak seumuran Jayden itu bikin LEGO! Bikin-bikin yang lebih rumit itu sekitar umur 9 tahun ke atas. Kalo cuma bikin lego doang mah ngapain dilesin, toh Jayden juga uda jago bikin-bikin lego sendiri, hahaha. Harga lesnya juga lumayan, yaitu 550rb per bulan. 1 bulan kalo ga salah ada 4x pertemuan, dan 1 pertemuan itu sekitar 1,5 jam. Untuk anak umur 4-6 tahun, bilangnya level mosaic, yaitu bikin-bikin lego.

Legonya 2 dimensi.

Lagi memandangi hasil karya sendiri, hahaha.

Lego bikinan sendiri di rumah. Katanya ini bajaj angkot, hahahaha.

Emang bikin legonya jadi lebih terarah sih, tapi menurut gua belom perlu lah. Jaydennya sendiri sih happy, dan berkali-kali minta les lagi di robotic, tapi gua sama papinya sayang duitnya. Mending kita cari les-lesan lain yang lebih bermanfaat. Bukan berarti bikin lego ga bermanfaat ya. Sebenernya bikin lego gitu bagus buat melatih motorik halus dan kreativitas, tapi Jayden uda bisa sendiri tanpa harus les, jadi bye-bye robotic. Mungkin nanti kalo Jayden uda gedean bisa dipertimbangkan.

PR Menulis.

Jadi mulai akhir April kemaren, Jayden dapet PR menulis setiap minggunya. Awalnya sih cuma nulis a-i-u-e-o, lalu ditambah jadi ba-bi-bu-be-bo atau la-li-lu-le-lo, tapi lama-lama jadi makin banyak kayak kaki-kaku-aku-ibu. Emang cuma selembar sih, tapi nyuruh dia ngerjain satu baris aja gua uda emosi jiwa. Uda gitu anaknya drama banget, ntar laper minta makan lah, ntar bilang cape, ntar bilang ngantuk, gua jadi teriak-teriak melulu tiap nemenin dia ngerjain PR.

Sebenernya emang anak seumuran Jayden itu belom harusnya belajar nulis sih, apalagi untuk anak kinestetik kayak Jayden. Nulis a-i-u-e-o aja pasti berat, apalagi disuruh nulis kata yang panjang kayak kaku-kaki-koki-dll. Jadi wajar kalo baru disuruh nulis satu baris dia uda bilang cape. Tapi gimana dong, yang namanya tuntutan sekolah ya, mau ga mau harus diikutin. Gua uda masukin Jayden ke sekolah yang gua mau, berarti gua harus siap dengan konsekuensinya. Dan sebisa mungkin gua ga mau Jayden les baca tulis. Kalo baca tulis harus les juga, ya ngapain gua sekolahin, hahaha. Emang kadang iri sih ngeliat tulisan anak-anak lain yang les koq pada rapih-rapih, sementara tulisan Jayden masih acak kadut, tapi selama gua masih berpegang teguh untuk tidak lesin Jayden, rasa iri itu harus dihilangkan.

Akhirnya gua coba atur supaya dia ga cape-cape amat. Jadi dari 5 baris yang disuruh, 2 baris dia kerjain pagi, dan sisanya dia kerjain sore. Supaya semangat, tiap selesai satu baris gua kasih reward berupa nonton selama 5 menit, hahaha. Itu baru diterapin hari ini, setelah kemaren marah-marah karena gemes ngeliat dia nulis ga kelar-kelar.

Nulisnya uda lumayan sih, cuma nulis huruf a kecil masih mirip-mirip sama o.

Around The World.

Beberapa hari yang lalu ada sesi foto kelas di sekolahan Jayden, dan temanya around the world. Jadi murid-murid diharapkan memakai baju yang sesuai tema, misalnya cheongsam, kimono, hanbok, dll. Papinya kasih ide supaya Jayden mewakili negara Indonesia dengan memakai baju......batik! Hahaha.

Gua uda sempet mikir mau nyewa, tapi rasanya koq ribet. Lagian belom tentu ada ukuran buat Jayden, apalagi badannya kan kecil. Tadinya juga uda sempet pasrah biar dia pake batik aja, tapi gua takut nanti dia kebanting sama temen-temennya yang lain, kan kasian. Akhirnya gua putuskan untuk pake jas lengkap dengan dasi kupu-kupunya. Jas ini gua beli waktu kawinan sepupu gua dulu. Lumayan kan jadi ga cuma dipake sekali doang.

Sesi foto dulu di rumah sama adenya sebelum foto bareng temen-temennya. Kalo ditanya Jayden mewakili negara mana, bilang aja Inggris, hahaha.

Dan bener kan dugaan gua, untung Jayden rapih pake jas. Soalnya gua liat temen-temennya yang lain pada niat-niat. Ada yang pake hanbok, kostum dari jerman, koboy-koboy ala mexico, bahkan ada yang pake baju garis-garis kayak tukang dayung di venice. Kalo misalnya Jayden jadi pake batik, pasti bakal kebanting, hahaha. Gua jadi ga sabar pengen liat fotonya deh.

Dapur Nola.

Teri medan, cumi mercon, dan kikil dari Dapur Nola yang endang bambang banget. Ini makanan yang ga cuma bikin perut kenyang, tapi juga hati senang. Senang karena makanannya enak-enak. Nyaaaaaammmm!

Cuminya juara! Rasanya asin, pedes, tapi bikin nagih.

Sekian cerita-cerita gua kali ini. Mudah-mudahan abis ini bisa update lebih sering lagi deh.

8 comments:

  1. Si Ben dari umur 3 tahun sudah jarangg banget tidur siang, klo tidur siang malah malamnya susah tidur dia. 6 jam di TK, pulangnya maen lagi dirumah, dia tidur klo adiknya juga tidur, krn ga ada yg digangguin haha. Mel di Indo pas anak di TK diajarin baca tulis ya?, pas masuk SD harus sdh bisa baca gitu?. Klo si Ben TK disini cuma maen2 aja 6 jam, ada diselipkan pelajaran2 dasar juga tapi bukan baca nulis gitu, krn nanti pas masuk SD baru dipelajari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga kalo siang tidur, malemnya bisa jam 10an sih baru tidur... tp kalo siang dia ga tidur, sorenya suka cranky, yg ada akunya emosi hahahaha....

      iya kak... TK diajarin baca tulis, dan SD uda harus bisa... sebenernya yang bener ya kayak ben gitu, tp susah di indo, rata2 sekolahan lain juga sama...

      Delete
  2. Iya mel robotic itu basic nya emang lego hihi.. anak2ku ikutnya ekskul sekolah wkt kelas 1, masih basic dgn lego, tp diajarin lebh technical.. nanti lanjut udh pake batere dll 😄 klo anaknya suka utak2 lego pasti seneng robotic

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru tau ci kalo robotic itu basicnya lego hahahaha... sebenernya emang aku liat bikin legonya jadi lebih terarah dan ga ngasal, tapi seumur jayden gini kayaknya sayang... mudah2an nanti sd ada ekskul robotic juga, jadi jayden bisa ikutan, soalnya dia seneng bikin2 lego...

      Delete
  3. wahh anak2 jaman now lebih canggih lagi ya mel, kecil2 ada les robotic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, anak milenial, lesnya canggih2 hahahaha...

      Delete
  4. mahal uga ya les robotic.ga bisa lsg skip ke level selanjutnya gitu mel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa jel... harus dari dasar... kalo mau ke level selanjutnya ya tunggu umurnya cukup...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.