08 December 2017

Aktivtitas Tanpa Gadget Part 2

Tadi gua ngobrol sama ibu-ibu yang juga punya anak balita berumur 5 tahun. Dia cerita kalo pernah bawa anaknya ke psikolog, karena pengen tau apakah anaknya ada indikasi hyperactive (ADHD) atau tidak. Karena guru di sekolahnya selalu bilang kalo si anak ini susah untuk konsentrasi. Emang setau gua salah satu indikasi anak hyperactive ya susah fokus. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu ADHD bisa dibaca di sini. Singkat cerita, dokternya bilang kalo si anak ini normal, hanya saja perlu puasa gadget selama 1 bulan, dan melatih konsentrasinya. Bahkan kalo perlu jangan dikasih gadget lagi.

Dia sempet sharing kalo nonton gambar yang bergerak itu kan bikin mata anak ikut bergerak, jadi itu menyebabkan mata anak susah untuk fokus. Abis denger itu, gua jadi bisa memahami kenapa Jayden susah banget untuk fokus. Dulu gua sempet khawatir kalo Jayden itu autis atau ADHD, karena ya itu...anaknya susah banget untuk fokus. Kalo lagi ngobrol sama dia, matanya suka kemana-mana. Uda gitu anaknya juga super duper ga bisa diem. Kadang kalo di SBI gua liat anak-anak lain bisa duduk anteng, tapi koq anak gua kayak bola bekel muter-muter melulu ya. 

Gua bahkan sempet diskusi sama si suami untuk bawa Jayden ke psikolog juga. Tapi si suami bilang ga perlu. Kebetulan dia juga punya temen kantor yang seorang psikolog, tapi bukan psikolog anak, dan dia menceritakan kondisinya Jayden. Menurut temennya si suami, Jayden itu anak yang normal. Karena kalo anak autis itu ga bisa cerita dan ga mempunyai rasa empati. Jayden emang pernah nyamperin temennya yang lagi nangis sambil elus-elus kepalanya dan bilang "Jangan nangis dong." Nah...katanya anak autis ga akan bisa begitu. Jayden juga bisa main playdoh atau lego dengan anteng, jadi jelas bukan ADHD, hanya anak active doang. Gua cukup lega dengernya.

Sebelumnya gua emang uda ngerasa kalo salah satu penyebab Jayden ga fokus ya gara-gara kebanyakan nonton. Dan ini emang salah gua. Dulu gua frustasi banget karena Jayden susah makan, makanya gua kasih nonton. Uda gitu kalo di tempat-tempat rame Jayden kan suka lari-lari, dan gua kadang susah ngejarnya, akhirnya gua kasih nonton, daripada anaknya hilang. Makanya uda sekitar 6 bulan ini gua perketat banget jadwal nontonnya. Sehari paling cuma 3-4 kali, dan itu juga maksimal 15-20 menit. Lebih dari itu, TV atau HPnya langsung gua matiin. Emang masih belom bener-bener bebas dari gadget, tapi setidaknya jauh lebih mendingan dibanding dulu. 

Ini pun juga cuma mentok di nonton doang. Gua ga kasih Jayden main game, dan ampe sekarang Jayden belom pernah main game. Walaupun ada banyak game untuk anak-anak, tapi gua lebih memilih untuk ga ngenalin Jayden sama game. Apalagi di umur Jayden sekarang, begitu kenal game, uda pasti bakal kecanduan, dan lepasnya pasti susah. Gua tau banget rasanya karena gua juga pernah ada masa-masa kecanduan main game ampe tidur subuh, hahaha.

Untuk itulah gua perbanyak lagi aktivitasnya, baik itu yang outdoor maupun yang indoor. Dulu gua pernah nulis beberapa listnya di sini. Dan sekarang gua tambahin lagi beberapa aktivitas Jayden yang baru.

1. Main air.

Jayden kan suka banget main air, jadi kadang-kadang kalo pagi abis sarapan, gua ajak dia ke garasi buat main air. Beberapa waktu lalu, kebetulan tema SBInya tentang menolong, jadi sekalian aja gua suruh bantuin nyuci mobil. Jayden mah paling demen kalo disuruh nyuci mobil. Semuanya dia lap-lap, mulai dari body, kaca, spion, ampe bannya dilap-lap juga, hahaha.

Tinggal papinya yang meringis liat tagihan air, hahaha.

2. Main bubble.

Beberapa minggu yang lalu Jayden beli mainan bubble di indomaret pake duit tabungan sendiri. Nanti kapan-kapan gua ceritain tentang tabungan Jayden ya. Nah...sejak punya mainan bubble, Jayden jadi suka main bubble, baik itu di luar rumah atau di garasi rumah. Dan kalo uda main bubble, susah disuruh udahan.

Main bubble di garasi. Keliatan ga bubblenya?

3. Main pasir.

Jayden pernah dapet kado ulang tahun berupa kinetic sand, dan dia demen banget. Kalo lagi main pasir, dia suka bilang, "ini lagi di beach" hahahaha. Masalahnya...bersihin pasir di lantai itu jauh lebih susah daripada bersihin playdoh. Uda gitu kalo pasirnya nempel di kaki, lebih susah lagi dibersihin. Mana anaknya kadang suka naik ke kasur dalam keadaan kaki kotor pula, yang ada itu pasir-pasir ikut naik ke kasur. Gua tetep kasih Jayden main pasir, tapi ga sering-sering. Gimana pun juga main kinetic sand kan berguna buat ngelatih kekuatan tangannya. Tapi kalo abis main gua suruh dia bersihin pasirnya sendiri, hahaha.

Bersihin serpihan-serpihannya itu yang susah.

4. Main puzzle.

Dulu gua pernah beliin Jayden puzzle huruf yang cuma dua pasang. Tentu harapannya Jayden bisa belajar mengenal huruf lewat puzzle. Tapi waktu itu kayaknya dia kurang tertarik sama puzzle, jadinya puzzle huruf ini cuma teronggok begitu aja di lemari. 

Beberapa waktu lalu tiba-tiba Jayden ambil dus puzzlenya, dia buka sendiri, dan langsung pasang-pasang puzzle sendiri. Dan cuma beberapa huruf yang dibantu, sisanya dia pasang sendiri. Jayden emang uda kenal huruf dari youtube, jadi untuk main puzzle begini uda ga kesulitan lagi. Dan dia juga uda mulai bisa main puzzle yang 9 pasang. Sejak itu gua jadi lebih sering ajak dia main puzzle.

Anteng main puzzle.

5. Kerjain activity book.

Tahun lalu gua pernah beliin Jayden activity book di Big Bad Wolf, dan baru dikerjain sekarang. Awalnya satu hari cuma kerjain satu lembar doang, tapi belakangan uda mulai bisa kerjain beberapa lembar. Ini juga sekalian melatih konsentrasinya dia.

Ini buku yang dulu gua beli. Beberapa hari lalu abis dikerjain semuanya, hahaha.

Sekalian belajar megang pensil juga.

Dan buku lain menanti untuk dikerjain.

6. Tracing.

Begitu Jayden umur 3 tahun, gua mulai ngajarin dia megang pensil dan tracing. Gua tau sih ini kecepetan, karena harusnya anak belajar megang pensil itu umur 5-6 tahun. Tapi di sekolah Jayden nanti, TK A uda harus bisa megang pensil dengan benar. Karena Jayden ga masuk playgroup dan langsung loncat ke TK A, jadi gua ajarin sendiri di rumah. 

Beberapa waktu lalu gua beli buku tracing di Tokopedia. Tulisannya sih buku kumon, tapi gua ga tau kalo les kumon bener pake buku ini apa engga. Dan Jayden lumayan tertarik. Gua pikir satu hari mau kerjain satu worksheet, tapi ternyata bisa sekaligus dua. Malah kadang-kadang dia bilang, "Mami...tadi belom tracing" hahahaha. Jadi dia yang minta.

Ini bukunya.

Ini isinya. Satu worksheet itu ada dua halaman.

Dan ini aktivitas yang rutin masih dilakukan ampe sekarang.

1. Berenang.

Sekaligus belajar bersosialisasi.

2. Baca buku.

Sekarang sukanya duduk lesehan di lantai sambil baca buku, hahaha. Kadang-kadang suka create cerita sendiri.

Mudah-mudahan dengan banyaknya kegiatan Jayden, waktu nontonnya jadi lebih berkurang lagi, dan nantinya ga akan minta nonton lagi.

8 comments:

  1. Hebat Jayden, makin pinter yaa.. banyak kegiatan bermanfaat lainnya tanpa gadget ya :) ponakan ak jg belum dikasi pegang gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you aunty nie... jayden sih tetep nonton, tapi ya itu aku batasin...

      Delete
  2. Wah lumayan bgt nih kakmel buat referensiku juga. Soalnya si alpin jg demen bgt nonton youtube tp belakangan mulai ku kurangin krn mulai notice matanya suka kedip2 duh parno hahahaha skrg jd strict bgt deh sehari paling sekali 2 kali aja. Selebihnya main sama aku atau kakaknya atau main lego puzzle hotwheels dll. Mungkin ntr 3 tahunan baru bisa ngerjain activity book gitu kali yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya re... seumuran jayden dan alvin emang sebenernya belom boleh nonton, tapi kan susah ya di jaman sekarang hehehehe... activity book yang model kayak tempel2 stiker kayaknya uda bisa deh...

      Delete
  3. Klo si Ben ga bisa diam, aku tawarin nonton youtube, soalnya aku juga kesel klo dia lari2 dan loncat. Kadang anaknya mau nonton kdg nga. Klo pas mau kan aku jd bisa ngeblog hehe :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di rumah kadang aku biarinin dia lari2, kecuali kalo aku atau si suster mandi, jadi kasih nonton biar ga geratak hahahaha... tapi kalo di luar, daripada anaknya ilang, mending kasih nonton biar anteng hahahaha...

      Delete
  4. Gua liat anak-anak lain bisa duduk anteng, tapi koq anak gua kayak bola bekel muter-muter melulu ya. -> Samaaaaa bangettt ma L. Liat anak lain anteng tuh kok ya indahh banget..hahaha.. Thanks ya Mel, persiapan gw buat di masuk 2 tahun nih. Kalo skrg masih nyanyi2 aja lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan, liat anak2 lain anteng koq kayaknya indah banget ya hahahaha... tapi ya sudahlah, tandanya anak kita punya kemampuan motorik kasar yang lebih baik hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.