14 November 2017

Lari-lari Di Restoran

Beberapa waktu lalu gua ngeliat ada akun FB yang share status orang lain. Gua lupa akunnya siapa, soalnya dicari lagi uda ga ketemu. Isi statusnya tuh kurang lebih tentang kekesalan seseorang sama anak kecil yang suka lari-lari dan teriak-teriak di tempat umum, dan dibiarinin aja sama orangtuanya. Bahkan waktu anaknya ditegor, orangtuanya sama sekali ga nyuruh si anak untuk minta maaf. Poin statusnya sebenernya untuk membatasi gerak anak di ruang publik, karena anak-anak harus belajar berbagi dengan orang lain. Waktu baca pertama kali, gua langsung mikir, ini yang nulis pasti belom punya anak, hahaha. Tapi gara-gara itu gua tertarik untuk sharing tentang gua dan Jayden.

Sebelum nulis, gua iseng bikin polling di instagram tentang setuju atau tidak kalau membiarkan anak lari-lari di restoran.

Siapa follower gua yang belom isi polling, hayo diisi dulu, hahaha.

Sebagian besar menjawab NO. 

Jauh sebelum punya anak, gua selalu keganggu sama anak kecil yang suka lari-lari sambil teriak-teriak di restoran. Seolah-olah kehadiran mereka tuh mengganggu acara makan gua, apalagi kalo anaknya persis di sebelah meja gua, lalu naik-naik ke atas kursi, dan lalu jalan-jalan mendekati meja gua, duh...ganggu banget deh. Waktu itu gua mikir, koq orangtuanya ngebiarinin aja sih. Kenapa anaknya ga disuruh duduk diem aja? Dibiarinin berkeliaran gitu kan malah mengganggu orang lain.

Sepertinya Tuhan menjawab pertanyaan gua dengan kehadiran Jayden, hahaha. Jayden itu tipe anak yang super duper aktif. Buat yang uda pernah ketemu Jayden secara langsung, pasti tau dia itu tipe anak yang kayak gimana. Salah satu aktivitas favoritnya Jayden adalah lari, hahaha. Kalo lagi jalan sore-sore, sering banget dia bolak balik lari dari depan rumah gua ampe ujung gang. Dan mau ga mau, gua juga ikutan lari, soalnya takut kalo ada mobil belok. 

Selain aktif, Jayden itu juga tipe anak yang susah banget dibilangin. Gua ga tau anak-anak lain gimana ya, tapi gua kalo ngomong sama Jayden itu bisa beribu-ribu kali. Contohnya kayak kaki kotor. Jayden kan suka ga mau pake sendal, dan suka banget jalan-jalan di garasi ga pake sendal. Gua uda sering bilang, kalo mau naik ke kasur tuh harus cuci kaki dulu, biar nanti badannya ga gatel-gatel. Tapi apa yang terjadi? Omongan gua kayak dianggap angin lalu, tetep aja kaki kotor naik ke atas kasur. Lalu akhirnya gua sentil kakinya, dan mulai agak mendingan. Sebelum naik kasur suka bilang dulu, "mami...ini kakinya kotor ga?" hahahaha. Ya tapi masih tetep sesekali kaki kotor naik ke kasur.

Kalo kami ajak Jayden makan di restoran, sebisa mungkin dia harus duduk di baby chair. Kenapa? Karena untuk bisa keluar dari baby chair kan butuh effort khusus. Kalo duduk di bangku biasa kan dia tinggal angkat pantat doang, hahaha. Biasanya kami makan berempat bareng si suster. Tugasnya si suster itu kasih makan Jayden, atau kalo Jayden mau makan sendiri, suster memastikan makanannya bener kemakan, ga dibuang atau dilepeh. Sementara Jayden makan, gua dan suami juga ikut makan. Jadi begitu giliran si suster makan, kami bisa gantian jagain Jayden.

Masalahnya....Jayden itu anaknya bosenan banget. Kalo dia uda selesai makan, sering banget dia teriak-teriak minta turun dari baby chair. Kami akan liat-liat restorannya dulu sebelum kasih dia turun. Kalo di restorannya ada sesuatu yang menarik untuk dia liat, gua akan turunin dari baby chair, tapi kalo kayaknya ga ada yang menarik, gua akan kasih nonton. Tapi nonton pun juga bisa bosen. Kalo uda bosen, pasti bakal teriak-teriak lagi minta turun dari baby chair. Kalo uda begitu gua nyerah, daripada teriakan dia mengganggu yang lain, mendingan gua lepasin dari baby chair.

Lalu apakah gua udah bilangin untuk ga lari-lari? Mungkin bisa puluhan kali gua ngomong, tapi emang dasar anaknya emang demen lari, ya ga akan bisa dilarang juga. Cuma selama dia lari, baik gua atau si suami dan suster selalu ngintilin. Karena selain amit-amit takut dia hilang, kami juga takut dia ganggu tamu-tamu yang lain. Kalo mau ke kondangan juga sama. Di mobil gua selalu bilang, "Jayden nanti ga boleh lari-lari ya. Nanti mami papi hilang kamu yang bingung loh" tapi begitu nyampe di tempat kondangan, ya bakal lari-lari juga. Mungkin menurut Jayden, jalannya dia itu ya lari.

Gua yakin banget, Jayden lari-lari tuh bukan karena dia pengen ganggu tamu lain, tapi itu salah satu cara untuk menunjukkan kalo dia seneng berada disana. Untungnya kalo di transportasi umum kayak transjakarta, KRL, atau angkot, Jayden bisa duduk dengan tenang. Di ruang publik yang satu itu, dia tau kalo ga boleh berdiri atau lari-lari. Walaupun dia senang naik transportasi umum, tapi dia tau kalo dia harus tetap duduk.

Jadi kalo ditanya apakah gua membiarkan anak gua lari-lari di restoran? Tidak sampai dia bosen duduk di baby chair, hahaha. Makanya waktu makan di Tsavio Lion di Bali Safari, gua agak was-was, karena restorannya terlalu tenang untuk gua. Lalu gimana kalo seandainya Jayden ditegor? Apakah gua akan langsung nyuruh Jayden untuk minta maaf? Gua akan liat dulu apa yang uda Jayden lakukan. Kalo seandainya Jayden yang salah, pasti gua akan nyuruh untuk minta maaf. Untungnya ampe sekarang Jayden belom pernah ditegor siapa-siapa. Malah waktu itu dia pernah lari ke salah satu meja yang ada oma-oma dengan kursi roda. Si oma tersebut kayaknya malah senang dengan kehadiran Jayden.

Mudah-mudahan sih semakin gede Jayden semakin gampang untuk dibilangin, dan semakin berkurang lari-larinya, hahaha. Kalo anak-anak kalian gimana? Apa suka lari-lari di restoran juga? Buat yang belom punya anak, apa suka keganggu dengan anak yang suka lari-lari di restoran?

31 comments:

  1. walaupun emang sebagai ortu yang punya anak tentunya lebih maklum kalo ngeliat anak orang lari2 dan teriak2 di restoran tapi emang gak bisa dipungkiri itu mengganggu sih. jadi gua sebisa mungkin jangan sampe anak2 gua lari2 dan teriak2 di restoran. hahaha.

    ya emang jadi PR buat kita ortunya gimana supaya anak gak bosen ya. paling ya diajak jalan2, tapi gak lari2. trus dialihin perhatian ngeliat2 apa yang kira2 bisa menarik perhatian anak di restoran. kalo dulu pas si andrew (walaupun most of the time si andrew anaknya kalem), kalo lagi bosen ya dibawa ke jendela atau ke tempat parkir buat liatin mobil. hehehe. kalo si emma yang lebih gak bisa diem yang kudu mesti lebih kreatif. paling suka kalo ada aquarium di restoran, lebih gampang ngalihin perhatianannya dengan ngeliatin ikan. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Arman. Kalo semua cara Arman ga berhasil, satu cara lagi yang mgkn paling tokcer sama anak2 indo hahaha...keluarin ipad, puter film kesukaannya. Biasanya anteng tuh. Tapi jangan sering2 ya. Sebisa mungkin kasih aktivitas di meja.

      Delete
    2. @ ko arman : jayden juga kalo kira2 ada yang menarik perhatian seperti aquarium atau apalah itu, aku akan kasih turun dari baby chair, tapi kalo ga ya kasih nonton youtube hahahaha... tapi ya itu, nonton pun juga dia bisa bosen... intinya sih dia bosen duduk terus... kalo uda gitu ya aku turunin dari baby chair... dan buat jayden....jalan itu sama dengan lari... kayaknya susah banget dia disuruh jalan hahahaha...

      Delete
    3. @ ci tia : aktivitas uda pernah aku coba, yang ada begitu dia bosen segala apapun itu dilempar2in... mobil2annya juga kadang dilempar... emang youtube itu paling efektif sih hahahaha...

      Delete
  2. liat2 sikon juga mel...kalo pas resto nya gak terlalu rame masih oke selama kita awasin terus...tapi kalo yang rame, pelayan bolak balik bawa sayur, nahh itu takut juga ntar kesiram sayur panas pas nabrak pelayannya...bisa gawat itu sih..kalo sekarang sih pengalih perhatian anak tuh pake gadget, kasih game atau film...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sebabnya aku, suami, atau suster selalu ngawasin... salah satunya ya ngeri itu takut nabrak trus kesirem...

      kasih nonton juga bisa bosen ci... kalo game aku belom dan mungkin ga akan ngenalin dulu hehehehe...

      Delete
  3. Ini Jayden kayak Kaleb persis. Gue mendingan ga jadi makan kalau restonya ga ada baby chair krn Kaleb ga bisa duduk tenang di kursi, dia akan pilih jalan sana-sini, lari-lari. Udah dibilangin berkali-kali di resto jangan lari-lari, udah dikasih lihat youtube juga tp ga betahan, jadi berakhir dia prefer banyak gerak. Gue pikir oh mungkin anaknya tipe kinestetik. Jadi gue sama bapaknya selalu ganti-gantian makan. Kalau udah selesai makan, gue minta bapaknya ajak Kaleb keluar jalan-jalan aja deh. Mendingan dia lari-lari di luar/ lorong mall/ liat2 apa kek krn ya anaknya emang ga bisa diam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua lupa nulis poin kalo restorannya di mall hahahaha... kalo di mall uda pasti gua ajak keluar biar dia lari2 di mall... tapi yang repot kalo restoran di pinggir jalan atau di ruko2 gitu...

      Delete
  4. Setuju ma ko Arman. Dan ini pun jadi tantangan buat gw yang punya anak perempuan tapi kelakuan beda tipis ma koko Jayden. Petakilan abis. Kayak hiu yg ga bisa diam. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kapan2 jayden sama L ketemu, siapa yang paling petakilan hahahaha...

      Delete
  5. Mengganggu? Yes, kadang-kadang mengganggu. Tapi sebagai seorang ibu, gue maklum tapi tetep nggak berhenti-berhentinya ngomong ke Madeline kalo nggak boleh naik turun sofa di resto. Madeline itu paling demen kalo di resto ada sofa yang panjaaaaang, nah dia bisa lari-lari dari ujung ke ujung. Kalo restonya sepi sih gue biarin aja, tapi kalo udah ada tamu lain yang datang ya gue udah mulai melarang-larang Madeline.

    Pernah juga Madeline dan temannya main balon di restoran, dan udah berkali-kali dilarang. Restonya lagi rame dan sempit, dan banyak pelayan mondar-mandir bawa makanan. Balonnya terbang ke meja sebelah, gue minta maaf, walopun keluarga itu maklum karena punya anak juga. Puncaknya balon itu terbang ke arah gue dan bagian pangkalnya masuk mata gue, dan sakit banget. Langsung gue marahin 2 anak itu, dan mereka merasa bersalah ;p

    Ya intinya terus diingatkan dan waktu tunggu mungkin bisa diisi dengan diajak jalan-jalan keluar, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener...kalo restorannya sepi ya uda gua biarinin aja... tapi tetep diawasin sih, biar ga terjadi hal2 yang tidak diinginkan hahahaha...

      yang repot tuh kalo makan di restoran pinggir jalan atau di ruko2 gitu, diajak jalan2 keluar banyak mobil... ribet ya hahahaha...

      Delete
  6. Gw terganggu kalo anaknya teriak2 dan didiemin aja ga ada effort. Tapi kalo udah di-distract ga bisa juga apa boleh buat ya hahaha. maklumin aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga ampe sekarang masih sebel sama anak yang suka teriak2 dan orangtuanya diemin aja... at least gua mencoba bilangin jayden untuk tidak teriak2, ga cuma diem doang ngeliatin hahahaha...

      Delete
  7. Kalo gw sih, alih2 ngerasa terganggu gua lebih khawatir aja sih, Mel. Soalnya bahaya. Pernah ngeliat anak kecil nabrak waiter yg lagi bawa makanan panas. Gak kena si anak, tapi kesian makanannya tumpah ke waiternya. Yang gue sebel, ortu si anak ga even minta maaf (yg begini begini nih bikin males). Gw tau kok anak kecil emang susah diem apalagi kalo yg aktif, pasti gak betah lah. As long as anaknya diawasin sih its ok dia mau jalan2. Pasti kalo bosen juga jatohnya rewel.
    Kalo ponakan gw biasanya makan harus dimeja, tapi habis makan boleh jalan2 diawasin susternya atau salah satu ortunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sebabnya jayden juga selalu diawasin, takut kalo dia nabrak... gua juga kadang sebel sama orangtua yang uda tau anaknya salah tapi ga minta maaf... kayak jayden kalo lagi main di playground kan suka didorong sama anak yang lebih gede, tapi orangtuanya diem aja...

      Delete
  8. Aku lebih keganggu dengan anak yang teriak-teriak di tempat umum. Kalo dia lari-lari doang tanpa suara (histeris) sih fine-fine aja, selama dalam pengawasan dan tempatnya masih memungkinkan buat mereka lari-lari. Soalnya kadang ada aja anak ditinggal lari sembarangan tau-tau gedubrak atau nyenggol pengunjung/waiter yang lagi bawa makanan.

    Tapi untuk Josh sendiri kalau nanti dia udah bisa lari, nggak akan kukasih juga dia lari-lari LOL mendingan duduk anteng sambil dikasih aktifitas atau kalau ada aquarium di resto, ya diajakin liat itu aja. Dari sisi pengunjung biasa, aku memang nggak terganggu. Tapi sebagaiga sisi seorang ibu, aku nggak mau anakku ganggu orang lain (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu2nya aktifitas yang bisa bikin jayden anteng cuma nonton hahahaha... aktifitas lain jarang banget bikin dia anteng, yang ada malah dilempar2in hahahaha...

      selama ini jayden selalu lari2 dalam pengawasan... soalnya ngeri juga kalo tiba2 anaknya hilang...

      Delete
  9. Rame atau enggak, G dan Oni nggak pernah membiarkan anak bebas lari-larian di resto. Karena G sendiri juga merasa agak terganggu (walaupun masih bisa memaklumi) kalo ada anak lari-larian di resto. Kebetulan C dan Bree anaknya gak bisa diem dan nggak mau duduk di baby chair. jadi ya, kalo mau makan di resto, g dan Oni gantian jaga anak, nggak mungkin makan bareng kecuali ada sodara yang mau bantu jagain. Biasanya anak-anak kita bawa keluar dari resto. Entah jalan-jalan di depan resto, maen di playgroundnya, atau apalah.
    C akhir-akhir ini udah agak behave, mau kalo disuruh duduk. Tapi tetep aja dia suka kepo sama meja sebelah. Kalo cuma say hi aja biasa g diemin, tapi kalo dese udah mulai ngajak ngobrol meja sebelah, biasanya dese lsg g diamkan. Walopun mereka keliatan gapapa diajak bicara anak kecil, tapi khan belum tentu emang bener-bener bersedia diajak ngobrol oleh orang(anak) asing, ya. Kecuali orangnya menegaskan kalo memang nggak masalah diajak rumpi sama C. Pernah tuh pas makan di resto, kebetulan meja sebelah sepasang muda mudi yang lagi pacalan gitu. Sama C lsg diajak ngobrol begini, "Eh, kamu gandengan sambil makan ya? Aku kalo di sekolah juga gandengan sama temanku. Kamu satu kelas ya? kamu TK kelas berapa?" Doenk! Langsung muka mereka merah padam gitu. Hahahahahaha.... Khan mengganggu juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga pernah nyamperin meja orang yang anaknya bawa mobil trus pasang muka mupeng pengen minjem mainannya... gua ga enak langsung ngajak jayden pergi dari situ hahahaha... itu sebabnya jayden selalu lari2 dalam pengawasan, untuk menghindari hal2 kayak gini...

      tapi pernah juga dia nyamperin meja yang ada oma2 duduk di kursi roda... si oma diajak ngobrol sama jayden, dan omanya keliatan hepi banget... gua liat2 juga, kalo yang model kayak gini gua biarinin dulu jayden disana sebentar hahahaha...

      Delete
  10. Mel, untuk saat ini B belum di tahap yg lelarian sana sini kalo di resto. Masih bisa diajak buat duduk di baby chair. Entah g kasi main alat2 makan di awalnya sampe berujung kuarin HP, ahahahaha tp ini juga jadi masukan Mel buat gue en Jo secara qta liat B punya aura2 ga bisa diem anaknya, ahahahaha. Semoga ya anak2 qta lebih bisa dibilangin, lebih kalem :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga waktu seumur B masih betah duduk lama di baby chair... mulai ga betahnya tuh waktu uda mulai umur 2 tahun, dan ampe sekarang hahahaha...

      Delete
  11. Benjamin juga ga bisa diem, lari2 melulu, apalagi rumah kita diatas. Waktu umur 2 thn bbrp kali ditegor sama org bawah. Biar aq ngomel tetap aja ga didengerin. Nah klo sdh 3 thn mulai bisa dibilangin, walau ga 100% anaknya nurut. Klo di resto seingatku si Ben selalu anteng, dikasih makan kentang goreng haha. Klo smartphone ga trend buat anak2 di Jerman sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak, biarpun aku ngoceh panjang lebar, tetep ga didengerin... mudah2an abis ini mulai bisa dibilangin ya...

      ben anteng ya kalo makan, jayden mau makan pun tetep rusuh, kecuali ya ada tontonan hahahaha...

      Delete
  12. Klo gua terus terang aja merasa terganggu klo ada anak yg lari2 di resto. Ga dulu ga sekarang. Pertama, klo ada 1 aja anak yg mulai lari2 itu bakal jadi trigger anak2 lain yg tadinya duduk anteng jadi ikutan lari2. Kedua takut nyenggol pelayan yg bawa minuman atau makanan.

    Walau anak gua bukan tipe yg bisa anteng duduk juga tapi gua selalu ingetin (atau lebih tepatnya marah2) klo pada lari2.

    Cuma ya kadang emang ada orangtua yg bodo amat gitu mau anaknya lari2 kek mau pada jungkir balik kek. Mereka ga peduli, ingetin anaknya aja ngga. Mgkin yg share di FB itu ketemu ortu macem gini. Gua klo ketemu yg tipe gini juga gondok biarpun udah sama2 punya anak.

    Kaya di playground aja, anak g lagi main sesuatu baru sebentar tiba2 ada anak laen maksa mau main itu juga, gua bilang antri ya kan dedenya lagi main, nanti gantian klo dedenya udah selesai main. Eh dianya malah ngambeg, yaelah udah lah ya ngalah. Eh ternyata emaknya duduk di deket situ maenan hp aje. Anaknya udah sampe gua tegor gitu dia diem aje padahal gua yakin dia denger. Tipe yg ky gini yg super nyebelin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga waktu main di playground pernah didorong sama anaknya yang lebih gede, padahal emaknya ada di sebelah dia, tapi diem aja... gua ampe ngoceh ke tuh anak, emaknya tetep diem... gemes banget deh...

      Delete
  13. gw termasuk yang jawab No nih di polling IG lo mel. Kan lo kenal kedua bocah gw ya. Mereka juga kakinya kaya ga bisa berhenti lari. Cuma kalo di resto, big NO NO. karena gw juga ga suka liat anak lari2 di resto. Kalau jalan2 pelan2 masih OK itupun cuma boleh di sekitar meja kita. Kalo dari pengalaman gw sih... namanya anak2 ya bosenan, ga bakal tahan lama2 duduk di babychair. Jadi kalo gw, sebelum makanan dateng, gw sm Benny gantian nemenin mereka jalan2 dulu di luar resto. Nanti makanan dateng, baru duduk di baby chair, semua makan bareng. Kalo mereka uda selesai, kita belum, ya gantian lagi ke luar. Demikian *punya anak itu memang lelah* *dasar orang Indonesia beranak melulu* *eh hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKU NGAKAK SAMA ENDINGNYAAAA huahahahahahahahhaahahahah.

      Delete
    2. huahahahahaha endingnya!

      kalo restonya di mall gitu bisa gua ajak dulu ke luar, tapi kalo resto yang di ruko atau pinggir jalan dibawa keluar takut lari ke arah mobil... larinya jayden kalo di resto ga secepat kalo dia lari di jalan sih, cuma ya buat dia jalan itu sama dengan lari hahahaha...

      Delete
  14. Reia baru jalan-jalan belum ampe lari jadi aku belom bisa komen banyak hehe. Tapi personally aku terganggu sih sama anak-anak yang lari sementara orang tuanya sibuk sendiri, cuekin aja anaknya mau ngapain (kayak kata ci Aina).

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang model begitu aku juga ga suka... makanya sebisa mungkin selalu aku atau minta suster buat awasin jayden... lagian takut hilang juga...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...