26 March 2019

Sedih

Buat yang uda jadi ibu, pasti ga tega deh kalo ngeliat anak sakit. Walaupun kadang cuma batuk pilek biasa, tapi kalo bisa pindah, mending kita aja yang sakit. Gua pun juga sama. Sejak jadi ibu, gua jadi lebih emosionil kalo ngeliat anak-anak sakit, apalagi kalo sakitnya parah, gua jadi semacam bisa ikut merasa sedih. Dan itulah yang gua alami semalam.

Jadi kira-kira dua minggu yang lalu, gua dapet berita kalo anak dari salah satu teman baik kami terkena kanker neuroblastoma stadium 3. Jenis kanker tersebut bisa digoogling, tapi intinya itu semacam kanker ganas dan tergolong langka. Kita sebut saja anak ini dengan Dede A. Begitu denger beritanya gua langsung shock, karena belom lama masih ketemu di gereja, dan anaknya masih lari-lari dengan riang gembira. Ga lama setelahnya, tau-tau di social media muncul website semacam fundraising untuk membantu biaya pengobatan Dede A, dan disitu ada foto terbaru si dede. Melihatnya sungguh bikin gua sedih. Gua bilang ama suami kalo kita harus nengokin Dede A, dan kemaren akhirnya kesampean juga.

Liat di foto aja uda berasa sedih, dan begitu liat anaknya langsung, hati gua langsung nyes. Dada rasanya sesak, dan tanpa sadar air mata ini langsung berkaca-kaca. Mau nangis, tapi ditahan-tahan. Badannya kurus, tapi perutnya agak membuncit, dan anaknya cuma bisa bolak balik badan sambil sesekali merintih. Orangtuanya bilang, Dede A uda ga bisa berkomunikasi, dan hanya bisa bilang kata "mama".

Waktu mereka cerita tentang kronologis gimana anaknya bisa ketauan kena kanker, gua masih bisa menahan diri untuk ga nangis, malah si suami yang nangis duluan. Tapi air mata gua uda ga tahan waktu mamanya bilang, "tiap pagi gua selalu bersyukur kalo denger nafasnya masih ada" saat itu juga air mata gua langsung netes. Begitu juga mamanya. Mamanya ini temen baik gua dari kami SMA. Dulu kami sering tertawa bersama, tapi sekarang kami menangis bersama. That's what friends are for kan. 

Tapi setelah itu dia langsung menghapus air matanya, karena dia ga mau nangis di depan anaknya. Sementara air mata gua masih mengalir. Rasanya sungguh ga tega melihatnya. Anak umur 21 bulan yang tadinya lari-lari sambil high five, sekarang terbaring lemas kesakitan. Padahal kedua orangtuanya terlihat tegar, tapi yang baper malah gua. Niatnya kesana untuk menguatkan mereka, yang ada mereka malah bilang, "uda gpp mel...doain kami aja terus, kami butuh itu"

Kunjungan kemaren mengajarkan gua beberapa hal...
1. Anak kita itu bukan milik kita, tapi milik Tuhan. Walaupun kita uda menjaga dan merawat mereka dengan penuh kasih sayang, tapi kalo Tuhan uda berkehendak, kita bisa apa. Tugas kita memang mendidik dan memberikan yang terbaik semampu kita, tapi semua yang terjadi dalam hidup anak-anak kita ya Tuhan yang menentukan.

2. Pentingnya mencari second opinion kalo kita ga yakin dengan dokter. Menurut cerita mereka, si Dede A dibawa ke salah satu klinik anak di daerah Sunter, karena mereka merasa berat badannya menurun drastis. Apalagi Dede A sering mengeluh kalo punggung bagian belakangnya sakit. Makanya kadang jangan anggap enteng keluhan-keluhan anak, sebisa mungkin kita sebagai orangtua harus cepat tanggap.
Begitu pulang ke rumah, gua langsung pelukin Jayden dan Emily. Gua merasa bersyukur banget, walaupun Jayden lagi batuk dan Emily baru sembuh, tapi mereka berdua tetap ceria dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Buat Dede A, semoga bisa segera kembali tersenyum ya.

Semoga kalian berdua sehat-sehat selalu ya.

6 comments:

  1. Aku baca ini sambil nunggu antrian dokter anak di RS ni mel, krn panas naik turun 3hr. Bersykur bt tulisan kamu ini shg ingetin aku bt selalu bersyukur meski hrs cape urusin anak sakit. Send my prayer buat Dede A dan parents nya, biar lewat pergumulan mreka ini Tuhan selalu menyatakan kebaikan-Nya 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ci... emang kita harus bersyukur ya, walaupun anak2 sakit, tapi masih bisa tidur nyaman sama kita di tempat tidur...

      Delete
  2. Mel, ikut sedih baca tentang dede A :( semoga dede A diberi pemulihan ya Mel, en kekuatan plus ketegaran buat ortu dede A

    ReplyDelete
  3. Semoga dede A segera sembuh, percaya dan yakin Tuhan ud sembuhin dede A dan ada campur tangan Tuhan di setiap pergumulan kita

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.