21 March 2019

Uji Coba MRT Jakarta

Setiap kali ke Singapore, gua hanya bisa merasa iri dengan transportasi yang ada. Ada bis yang walaupun rutenya bikin gua bingung, tapi bersih, ga pernah ngetem, dan yang paling penting, ga ada abang-abang yang bilang "daripada saya berbuat jahat, lebih baik saya mencari nafkah secara halal" sambil ngiterin bungkusan. Selain itu ada MRT yang bikin gua kangen sama Singapore. Dan tiap kali naik MRT di Singapore, gua hanya bisa berkhayal, seandainya Jakarta juga punya MRT.

Dan......kemaren khayalan gua jadi kenyataan. Akhirnya Jakarta punya MRT! Waktu social media rame-rame posting tentang uji coba MRT, gua langsung excited pengen ajak Jayden. Apalagi dari dulu berkali-kali Jayden bilang mau naik MRT. Kebetulan hari Senin sampai Rabu dia libur sekolah, jadi kami punya waktu buat cobain MRT. Karena ini uji coba dan gratis, harus daftar dulu di www.ayocobamrtj.com.

Gua pesen buat hari Selasa kemaren tanggal 19 Maret, pikir kalo bawa mobil jadi bisa ngelewatin rute ganjil genap. Tadinya mau naik dari Bunderan HI, biar bisa parkir di Plaza Indonesia, tapi tiketnya abis, jadinya gua ambil yang dari Dukuh Atas. 1 email hanya bisa untuk 2 tiket, jadi gua cuma bisa pesen buat gua dan Jayden. Setelah itu pengen coba pesen lagi buat si suami, tapi tiketnya uda abis.

Sebelumnya sempet nanya temen yang uda naik, katanya kalo naik dari Dukuh Atas, bisa parkir mobil di UOB. Stasiunnya ga jauh dari situ. Sebenernya gua punya beberapa opsi. Pertama ikutin temen gua parkir di UOB. Kedua naik angkot dari rumah, lalu lanjut naik busway. Ketiga naik mobil dulu, trus parkir di Carefour Harmoni, dan lanjut naik busway dari halte Harmoni. Dan setelah dipikir masak-masak, akhirnya gua bawa mobil dan parkir di UOB.

Jayden dan mami siap berpetualang.

Karena kami cuma berdua, jadi persiapannya harus matang banget, hahaha. Semua gua siapin sebelum berangkat, mulai dari air minum, cemilan, payung kecil, ampe jas ujan gua masukin ke tas. Soalnya gua ga tau dari UOB ke stasiunnya tuh seberapa jauh, takutnya nanti hujan. Daripada basah kuyup semua, mendingan jaga-jaga deh.

Perjalanan dari rumah ke UOB kurang lebih 1 jam. Dari UOB ke stasiunnya bener ga terlalu jauh, tapi kalo bawa balita mah kemana aja berasanya jadi jauh banget, hahaha. Kami nyampe stasiun sekitar jam 9.40. Petugasnya bilang sayang kalo masuk sekarang, soalnya jam 10 uda harus keluar. Mendingan nunggu sebentar trus masuk yang jam 10-12, jadi ga diburu-buru. Dan ternyata di tiketnya itu ada jam-jamnya, mulai dari jam 8-10, 10-12, 12-14, dan 14-16. Gua ga baca dengan seksama, untung nyampenya pas sebelum jam 10, hahaha.

Akhirnya sebelum masuk gua suruh Jayden makan roti dulu. Soalnya ga tau nanti keluarnya jam berapa, takut anaknya kelaperan. Sambil nunggu Jayden kelar makan, sambil gua foto-foto dong, hahahaha.

Makan roti bikinan papi tercinta. Sebenernya ga ada tempat duduk, tapi ini dikasih karena gua bawa anak kecil.

Tangga masuknya. Buat yang bawa anak kecil bisa naik lift.

Supported by Gojek.

Ini tempat buat nanti tap tiketnya. Tapi karena ini uji coba, cukup kasih liat e-ticketnya untuk mereka scan.

Gimana? Berasa kayak di Singapore kan? Hahaha. Belom masuk aja gua uda berasa excited. Kayaknya gua lebih excited ketimbang Jayden, hahaha.

Pas jam 10 teng akhirnya kami diperbolehkan masuk. Ga jauh dari situ ada eskalator untuk turun lagi ke bawah. Kecepatan eskalatornya hampir mirip kayak di Singapore. Cuma rasanya di Singapore lebih cepet lagi. Peronnya sama persis kayak di Singapore. Ada tempat duduknya dan tanda kapan keretanya tiba.

Jakarta rasa Singapore.

Serasa mau pergi field trip, hahaha.

Di setiap pintu ada petunjuk stasiunnya.

Gua lupa keretanya nyampe jam berapa, dan ga ngecek jam juga on time apa engga, tapi kami nunggu ga terlalu lama. Rutenya Bunderan HI - Lebak Bulus, dan stasiun Dukuh Atas ini berada setelah Bunderan HI. Begitu masuk, gua liat ada satu tempat duduk kosong, langsung gua suruh Jayden duduk, sementara gua berdiri. Gpp lah...selama keretanya nyaman dan ga desek-desekan, gua rela berdiri.

Sebelum jalan, muka masih sumringah.

Setelah jalan, mukanya langsung tegang, hahaha.

Gua berasa norak, hahaha.

Tiap gerbong dikasih pintu buat pembatas.

Di atas pintu juga ada informasi stasiun berikutnya.

Setelah keretanya keluar ke atas, Jayden mulai liat-liat keluar. Sebelumnya sempet agak bosen sih, karena ga ada pemandangan yang bisa diliat, hahaha.

Tadinya gua mau keluar di tengah-tengah, soalnya gua liat anaknya uda bosen, tapi takutnya rame malah nanti ga dapet tempat duduk. Tau sendiri kan orang Indonesia, walaupun liat bawa anak, kalo ga disuruh belom tentu ada yang kasih tempat duduk. Akhirnya kami keluar di stasiun paling akhir yaitu Lebak Bulus, dan naik lagi untuk balik ke stasiun Dukuh Atas.

Penampakannya kayak gini.

Dibilang harus nunggu di belakang garis hitam, tapi tetep aja pada bandel.

Lagi-lagi gua ga liat jam, tapi harusnya sih on time ya.

Jayden nurut dong, berdiri di belakang garis.

Siap berangkat.

Perjalanan bolak balik gitu hampir memakan waktu kurang lebih 1 jam, lumayanlah dari ujung ke ujung gitu cuma 1 jam. Dan selama gua naik, cuma 1 kali petugasnya keliatan buat ngecek. Tapi di setiap gerbong ada cctv sih, harusnya kalo ada yang melanggar peraturan bisa langsung ditindak.

Begitu selesai naik, gua masih ada rasa ga percaya, akhirnya Jakarta punya MRT juga. Jayden gimana? Walaupun terakhir-terakhir sempet bosen, tapi keliatannya dia enjoy, karena begitu pulang dia langsung cerita ke semua orang kalo abis naik MRT. Mudah-mudahan nanti rutenya makin banyak dan lewatin rumah gua, jadi gua bisa ke mall naik MRT, hahaha. Mudah-mudahan juga warga Jakarta bisa merawat dengan baik, supaya yang naik juga selalu merasa nyaman.

Buat yang mau naik bawa anak kecil, gua saranin naik yang jam 10-12, karena jam segitu belom terlalu rame. Jangan lupa sebelumnya dikasih makan dulu, karena baik di dalam stasiun maupun di dalam kereta, ga boleh makan sama sekali. Dan buat yang belom daftar, mungkin harus nunggu ampe nanti resmi beroperasi, karena gua liat tiketnya uda pada abis. Tapi buat hari Minggu belom dibuka sih, coba tungguin aja, siapa tau kalian beruntung.

10 comments:

  1. Keluar mrt yg deket uob kudu nya bs langsung makan k waki nyam nyam nyam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kepikiran buat muter2 hahahaha.. kemaren makan di uob, yang paling cepet dan ga ribet...

      Delete
  2. Hai Mel, klo aku dan anak2 naik yg tgl 20 maret. Kita naiknya yg jam 12 siang :D . Aku bawa buggy krn Lisa lelet jalannya, pas masuk langsung dikasih tahu tempat nyaman naruh kereta dorong. Ditempat penumpang berkursi roda, nah didepannya tempat duduk kita. Ada tandanya ko, itu tempat ibu bawa anak kecil, kereta dorong, berkursi roda, orang sakit dan lansia. Orang2 yg pada duduk langsung sadar berdiri, pas aku dan anak2 mau duduk. Didalam mrt nya berisik ya mesinnya haha, bikin video juga ga jelas deh suaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga bawa stroller kak... kayaknya ribet kalo harus bawa2 stroller lagi hahahaha... kemaren sih begitu masuk langsung dapet tempat duduk, cuma aku yang sempet berdiri dari dukuh atas ampe senayan kalo ga salah... minimal jayden duduk deh hehehehe...

      Delete
  3. Akhirnay ya Mel! Jakarta punya MRT :D

    ReplyDelete
  4. Aku sejujurnya kdg jg kalo pas naik kreta ngga ngasih tmpt duduk ke anak kecil.... abis capek seharian kerja lari2 ... apalg kalo pas rush hour, pura2 tidur....sampe pernah dibangunin org suruh berdiri....wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cukup mengerti koq, makanya kalo bawa jayden naik transportasi umum ga pernah di rush hour hehehehe...

      Delete
  5. Cuma berharap semoga rakyat Jakarta dan dan sekitarnya bisa menjaga dan merawat MRT ini sepenuh hati. Bangga kan artinya bisa ngejaga juga yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling engga yang melanggar bisa ditindak tegas deh, biar mereka tau peraturannya...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.