17 July 2019

#dapurmamimel Part 2

Mumpung mata lagi melek terus dan mood buat nulis lagi terkumpul, yuk mari kita update blog ini.

Buat yang ngikutin blog ini dari Jayden baru lahir pasti tau kalo gua punya suster yang bantu ngurusin Jayden dan Emily. Dan buat yang belom tau, gua coba cerita sedikit tentang si suster ini ya, sebut aja namanya Sus W.

Si Sus W ini uda kerja sama gua dari Jayden baru lahir. Waktu Jayden umur dua tahun, dia sempet pulang kampung lumayan lama karena suaminya sakit, tapi kemudian balik lagi. Begitu juga waktu lebaran tahun lalu dimana gua lagi hamil Emily, dia juga pulang kampung lumayan lama karena suaminya mau operasi. Lagi-lagi dia balik lagi kerja sama kami, tepat beberapa bulan sebelum gua lahiran. Dan semuanya selalu kami yang minta dia balik lagi.

Sus W ini orangnya rajin, bersih, telaten, sabar, pinter masak, dan ga perhitungan. Pokoknya idaman banget deh. Kadang kalo mbak cuci gosok gua ga masuk, dia mau bantu-bantu nyapu, ngepel, nyuci piring, dll, padahal itu kan bukan job desknya dia. Minusnya dia cuma satu, yaitu kadang suka sok tau. Cuma karena kerjanya oke dan kelebihannya dia banyak, gua jadi tutup mata dan tutup kuping deh sama kekurangannya.

Sampai dia mulai jualan bisnis online. Gua dan suami sama sekali ga masalah dia mau jualan, namanya juga orang cari duit ya, yang penting kerjaan utamanya selesai dengan baik. Tapi masalahnya, kerjaan dia buat ngurusin anak-anak jadi keteteran. Apalagi namanya bisnis online, otomatis sering banget megang HP. Ga jarang gua ngeliat dia sambil kasih susu ke Emily sambil tangan satunya megang HP. Lalu kadang sambil suapin Jayden, sambil megang HP juga. Belom lagi belakangan dia suka lupaan. Emily lupa dikasih obat, lupa beresin air mandinya Emily, dan lupa-lupa yang lainnya. Gua dan suami mau negor pun agak sungkan karena dia uda lama kerja sama kami.

Waktu dia balik lagi ketika gua hamil Emily, dia uda bilang bahwa kemungkinan akan kerja sama kami hanya sampai lebaran tahun ini, karena anaknya uda berkali-kali minta dia pensiun. Dia juga sempet bilang supaya gua cari orang lain buat gantiin dia, dan kalo seandainya penggantinya ga betah, dia akan mempertimbangkan buat balik lagi. Tadinya gua uda mau minta dia buat tetep kerja sama kami, tapi melihat belakangan kerjanya uda ga kayak dulu, gua dan suami memutuskan untuk mengikuti kemauan dia, yaitu hanya akan memperkerjakan dia sampai lebaran tahun ini, setelah itu kami ga akan minta-minta dia buat balik lagi. Tapi kami tetep ga akan lupa sama jasa-jasanya ngurus anak-anak, terutama Jayden. Jadi per lebaran kemaren gua resmi ga punya suster, dan ga akan hire suster lagi.

Lalu anak-anak gimana? Gua yang urus mereka sendiri, tentu dengan bantuan mbak baru. Kalo dulu suster full ngurusin anak-anak, kali ini gua bagi tugas ama si mbak. Jadi gua yang masak makanan Emily dan bekalnya Jayden, nyuapin anak-anak, dan mandiin Emily. Sementara si mbak tugasnya kasih susu Emily, mandiin Jayden dan nemenin Jayden main. Gua butuh orang buat nemenin Jayden supaya dia ga gangguin kalo gua lagi nyusuin dedenya. Di luar itu dia bantu-bantu nyapu, ngepel, dan nyuci perabotannya anak-anak.

Si mbak ini baru lulus SMA, dan baru pertama kali kerja, jadi masih harus gua ajarin ini itu. Tapi dia punya dasar yang paling penting, yaitu sabar dan sayang sama anak-anak, terutama Emily. Lalu gua jadi ibu rumah tangga dong? Engga! Gua masih tetep ngajar, tapi jam-jamnya uda banyak yang dikurangin. Ngajar itu bukan buat ngejar duit, tapi supaya gua lebih waras. Sebenernya bisa aja gua jadi ibu rumah tangga dan urus dua anak sendiri tanpa bantuan mbak, tapi emosi gua bakal naik turun ga jelas, dan ujung-ujungnya Jayden akan jadi pelampiasan. Cape fisik masih bisa panggil tukang pijet, tapi cape mental itu yang susah. Gua sadar gua bukan tipe ibu rumah tangga, tapi juga bukan tipe ibu yang bisa ninggalin anaknya seharian. Jadinya ya bisa dibilang 30% working mom, tapi 70% stay at home mom, hahaha.

Dan karena uda ga ada suster, otomatis #dapurmamimel kembali dibuka. Sebenernya inti postingannya tuh ini sih, cuma pembukanya aja yang kepanjangan, hahaha.

Oiya...di rumah selain ada mbak buat ngurus anak-anak, ada juga mbak buat cuci gosok, dan si mbak ini bisa masak. Jadinya sesekali dia masak buat orang rumah, sementara gua masak buat Emily dan sesekali buat Jayden. Kalo menunya cocok sama yang si mbak masak, ya Jayden ikut makan. Tapi kalo misalnya dia mau buat menu yang pedes-pedes, ya gua masak lagi buat Jayden. Atau kadang-kadang gua semua yang masak. Ya ganti-gantianlah. Dan ini menu-menu yang mau gua abadikan di blog, hahaha.

Telor dadar pake bayam dan smoked beef.
Jayden tuh susah banget makan sayur, jadinya gua cemplungin sayur di menu yang dia suka, salah satunya telor dadar. Tapi kalo bikin menu ini cuma bisa buat sekali makan, karena bayam itu kan ga boleh lama-lama dianggurin.

Egg chicken roll.
Ini salah satu menu yang bisa distok di freezer.

Nugget ayam.
Menu ini bisa dibilang menu komplitnya Jayden, cuma minus protein nabati doang. Karena selain ada ayam, ada juga wortel dan keju, hahaha.

Udang goreng tepung.
Jayden kurang suka sama udang. Salah satu cara supaya dia mau makan udang ya digoreng tepung kayak gini. Sebenernya enak dicocol mayonaise ya, cuma Jayden kurang suka sama mayonaise.

Enoki goreng.
Tadinya pengen bikin ala-ala Ta Wan, tapi gua ga punya waktu buat lepasin satu-satu, jadinya digoreng segambreng gini deh. Lapisannya cuma pake tepung terigu, tepung maizena, garem, gula, dan telor.

Mac and cheese.
Ini salah satu menu favoritnya Jayden. Dia bisa makan ini selama tiga hari berturut-turut tanpa bosen, hahaha.

Nasi goreng mentega.
Menu yang ini ga pake kecap sama sekali, cuma pake mentega doang, sama gula, garem, dan lada. Rasanya ga begitu manis, tapi gurih banget.

Sapo tahu campur-campur.
Kalo makan sapo tahu di restoran tahunya dikit banget, tapi kalo masak sendiri bisa dibanyakin dong, jadi makannya lebih puas. Trus kenapa campur-campur? Karena isinya campuran apa yang ada di kulkas. Coba mana ada sapo tahu pake baso, hahaha.

Cah buncis.
Ini salah satu menu yang masaknya cepet banget. Cuma potong-potongnya doang yang agak lama, setelah itu cuma ongseng-ongseng doang.

Sekian menu-menu ala #dapurmamimel. Edisi #dapurmamimel berikutnya adalah menu MPASInya Emily. Ini juga ga kalah ribet, hahaha. Mudah-mudahan bisa update dalam waktu dekat ya.

8 comments:

  1. Protein nabati maksud nya telor ya??? Agak bingung... seingetku nabati kan arti nya sayuran kan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. protein nabati tuh sejenis kacang2an... telor itu ternyata protein hewani, dan sayur itu bukan protein, tapi ya sayur aja hahahaha... ini juga aku baru tau setelah emily mulai makan...

      Delete
  2. Masakannya kurang lebih kayak aku buat Josh, goreng-gorengan emang paling praktis ya ci, plus anak pasti doyan hahaha resep mac n cheese nya dipanggang gitu nggak ci? Pengen coba masak sekali-kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. goreng2an selain paling praktis, anaknya juga doyan hahahaha... aku ga punya panggangan, jadi ga dipanggang deh... sebenernya lebih enak dipanggang sih...

      Delete
  3. Mel seru banget. gua ini udah 3 hari anak dibawain roti tok aja.hahahhaa. mel bagi resep egg chicken roll sama nugget donk. keknya menjanjikan banget. hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuggetnya gua pake resep dari angela... kalo egg chicken roll pernah gua share disini, nanti gua share lagi ya...

      Delete
  4. Paling cepet n gampang emang tumis2an dan nasi goreng ya Mel :D

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.