09 July 2019

Emily 6 Month

Sebelum keburu basi, yuk mari kita update perkembangan Emily menjelang 6 bulan. Sekalian update kondisi kejiwaan emaknya juga kali ya, hahaha.

Berat badan : 6,2 kg
Panjang : 60 cm

Beratnya mungkin akurat, tapi panjangnya patut dicurigain sih, karena susternya sendiri ga yakin-yakin amat. Soalnya waktu diukur susternya malah bilang, "bener ga sih 60? uda anggap aja bener deh" ya udah apa kata lu deh sus, hahaha. Tapi gua ngerasa ga mungkin dalam satu bulan cuma nambah 1 cm, soalnya ada beberapa celana dia yang ngatung-ngatung. Feeling gua sih mungkin lebih dari 60 cm. Mudah-mudahan bulan depan lebih akurat deh.

Lalu....ini saking uda kelamaan gua bingung apa yang mau diupdate, hahaha. Update seingetnya aja ya. Bulan ini uda bisa balik badan dari tengkurep, tapi frekuensinya bisa dihitung jari. Emily rada beda ya ama Jayden. Kalo Jayden dulu, begitu bisa tengkurep dan balik badan langsung deh bolak balik melulu, sementara Emily anaknya rada mager. Dia jarang banget tengkurep sendiri, selalu ditengkurepin. Tapi dia suka kalo didudukin.

Jadi waktu Emily batuk kan kami ke dokter, sama si dokter tau-tau uda didudukin, tapi dengan tangan di depan buat nopang badannya. Gua nanya dong, emang uda boleh didudukin kayak gitu, katanya tulangnya uda kuat, jadi uda boleh. Begitu nyampe rumah, langsung deh sering-sering gua dudukin. Tapi menjelang 6 bulan masih duduk ditopang pake tangan sih.

Dudukinnya posisi kayak gini.

Kalo dikasih teether, Emily bakal gigit dengan penuh nafsu dan rakus, hahaha. Karena gua merasa teethernya Emily kurang bisa dieksplore, jadinya gua beliin teether bentuk jerapah. Ini jadi teether favoritnya Em dan temen-temen sekolah minggunya. Soalnya tiap kali Emily bawa itu jerapah ke sekolah minggu, langsung deh beberapa anak nyamperin dan main rebut tuh jerapah, hahaha.

Menikmati teether.

Si gajah ini lumayan jadi favorit sih, karena ada pegangannya. Ya nomor dua setelah jerapah deh.

Si Jerapah yang jadi pusat perhatian di sekolah minggu.

Jam tidur siangnya masih berantakan. Kalo pagi lumayan sih, abis mandi biasanya tidur, tapi durasinya tergantung Jayden gangguin apa engga, atau gua tinggal apa engga. Karena ternyata Emily ini kalo tidur ga bisa ditinggal, jadi kadang-kadang baru ditinggal sebentar eh ga lama tau-tau uda bangun. Tapi posisi tidur favorit kalo mau lama ya ditengkurepin. Cuma tengkurepinnya harus pas dia uda bener-bener pules banget baru bisa. Kalo belom pules mah susah, yang ada malah melek dan harus ditidurin lagi ampe pules.

Posisi tidur favorit.

Uda mulai kenal maminya. Jadi kalo misalnya dia mau nyusu dan liat muka gua, pasti bakal nangis-nangis manja. Atau kalo misalnya gua abis pergi, begitu pulang mukanya si Em langsung kegirangan gitu, seolah-olah happy ada mami di rumah, hahaha. Dan kalo gua sodorin tangan, dia bakal menyambut tangan gua. Selain itu dia juga uda kenal namanya sendiri. Jadi kalo dipanggil "Emily" biasanya pasti langsung nengok.

Masih jadi fans nomor 1 si koko Jayden. Walaupun kepalanya suka diunyeng-unyeng, atau kaki dan tangannya digigit, matanya tetep ga bisa lepas dari si koko. Dan Jayden tuh bisa bikin Emily ketawa ampe ngekek. Yang lain juga bisa sih, tapi butuh usaha lebih keras. Kalo Jayden tuh uda bisa langsung ketawa, padahal cuma ngeliat kokonya joget-joget ga jelas doang, hahaha. Dan kokonya juga keliatan sayang banget ama Jayden. Kalo misalnya di gereja ada yang mau coba gendong Emily, gua langsung didorong, jadi itu orang ga boleh gendong Emily.

Menatap si koko dengan penuh cinta.

Mau diapain juga, tetep aja dedenya bakal ketawa, hahaha.

Chit chat.

Aaaawwww.

Sekarang kita update emaknya, alias gua, hahaha. Bersamaan dengan ulang bulannya Emily yang keenam, itu berarti uda 6 bulan gua jadi ibu-ibu beranak dua. Rasanya gimana? Nano nano manis asem asin deh rasanya. Kalo ngeliat foto-foto Jayden dan Emily diatas rasanya bahagia, tapi kalo ngeliat Jayden yang masih suka tantrum atau Emily yang nangisnya cetar banget, rasanya stress luar biasa.

Sedikit flashback, kehamilan Emily dimulai bersamaan dengan suami yang memulai pekerjaan baru. Kerjaan dia kali ini banyak menyita waktu. Sering banget dia harus berangkat subuh dan pulang larut malam, atau bahkan Sabtu Minggu pun juga harus masuk kerja. Beda banget sama waktu hamil Jayden, dimana dia sering ajak ngobrol Jayden di perut, atau elus-elus perut gua. Kehamilan kedua ini jarang banget, malah kayaknya lebih sering Jayden yang elus-elus dan ajak ngobrol dedenya.

Waktu Emily lahir pun sama. Frekuensinya di rumah ga kayak waktu Jayden lahir dulu. Gua inget kira-kira sebulan pertama si suami ga terima pelayanan apapun, jadi begitu selesai kerja langsung pulang ke rumah. Entah kenapa kalo suami ada di rumah tuh rasanya hati lebih tenang. Tapi kali ini beda, dalam seminggu, hampir ada 2 atau 3 hari dia pulang diatas jam 9. Gua juga ga bisa ngapa-ngapain kalo uda menyangkut kerjaan, karena berhubungan dengan hajat hidup orang serumah. Mau protes pun tetep aja dia harus menyelesaikan kerjaannya. Dibilang ga bisa bagi waktu ya ga juga, namanya juga tuntutan kerjaan. Dan kadang kalo dia pulang, gua pengen banget bisa cerita ini itu, tapi seringnya dia ketiduran.

Kira-kira 3-4 bulan pertama setelah Emily lahir, gua ga ngerasa bahagia. Dalam hati tuh kayak ngerasa ada yang kosong. Padahal gua tau harusnya gua bersyukur bisa punya dua anak yang sempurna dan sehat, tapi entah kenapa koq kayaknya susah banget buat bersyukur. Apalagi waktu itu Jayden lagi dalam masa-masa sering banget nangis-nangis dan teriak-teriak ga jelas, jadinya gua sering banget marahin dia. Malah kadang ga cuma marahin, tapi juga bentak dengan nada keras. Malemnya begitu dia tidur gua nyesel, tapi besoknya marah-marah lagi. Dan lama-lama gua jadi lelah, ga cuma lelah fisik, tapi juga lelah mental.

Sampai pernah malem-malem gua nangis sendirian di kamar ketika anak-anak uda pada tidur. Akhirnya gua cuma bisa berdoa, berserah, dan minta kekuatan dari Tuhan. Memasuki bulan kelima, emosi gua mulai sedikit stabil. Marah-marah sih masih, teriak-teriak juga masih, tapi setidaknya gua masih bisa ngerem. Jayden juga pelan-pelan uda mulai berkurang tantrumnya, Emily uda jarang nangis kejer, dan suami juga dalam seminggu uda mulai bisa libur sehari. Gua juga uda mulai balik ngajar, bukan demi uang, tapi demi supaya tetap waras. Walaupun jam-jamnya uda banyak gua kurangin, tapi ngajar 2-3 jam dalam sehari uda bisa bikin otak lebih seger. Jadinya begitu pulang ke rumah, gua uda lebih siap ngadepin Jayden dan Emily.

Kira-kira begitulah cerita tentang Emily dan maminya. Terakhir gua mau ngucapin....happy 6 month baby Em. Akur-akur terus sama koko ya, supaya mami selalu damai sejahtera, hahaha.

4 comments:

  1. Selamat 6 bulan buat Emily yaaa :) . Jangan kelamaan ditinggal berduaan aja Jayden dan adiknya Mel, klo waktu itu si Ben, dikira adiknya boneka kali ya, gemess melulu, diunyeng2, diajak gulat, ditindihin, ngeri kuatir adiknya salah urat kan haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pernah ditinggal berduaan kak... karena sama kayak ben, jayden suka sering unyeng2 kepala dedenya, bahkan pernah coba angkat mau gendong... tapi adenya juga ketawa2 aja sih hahahaha...

      Delete
  2. Wah kalo liat baby jadi bikin pengen punya lagi wkwkwk..
    Mungkin baby blues ya, gw tiap pny baby jg awal2 moodnya naik turun, moga2 nti makin hari bisa pny waktu lebih ama suami ya. Pergi ngedate lagi perlu tuh hehehe
    Happy 6 months Emily!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bagian dari baby blues kali ya ci hahahaha... amin amin, semoga nanti punya waktu buat ngedate berdua lagi...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.