30 April 2020

Kegiatan Selama Masa Karantina

Siapa yang uda mulai butek di rumah aja? *angkat tangan* Hahaha. Makanya biar ga butek-butek amat, dari kemaren gua ngomongin tentang aktor Korea yang tampan dan rupawan di instagram. Tak lupa kuucapkan terima kasih kepada Lee Min Ho yang akhirnya membuat weekend gua semakin berwarna. Sekarang kalo di social media uda mulai wara-wiri tampang gantengnya Lee Min Ho, berarti gua tau weekend akan datang, hahaha.

Tapi tenang, kali ini bukan mau nulis tentang drama Korea atau artis-artisnya. Biar blog ini isinya lebih berfaedah, gua mau tulis kegiatan-kegiatan yang gua dan anak-anak lakukan selama masa karantina ini, selain jualan roti ya. Sekalian biar ada kenang-kenangannya juga.

Home Learning

Kegiatan ini awalnya gua anggap sebagai "beban" karena setiap nemenin Jayden menyelesaikan tugas sekolahnya tuh emosi gua selalu terkuras. Tapi ketika gua mendengar keluhan ibu-ibu lain yang anaknya uda pada SD, gua bersyukur semua ini terjadi ketika Jayden masih TK. Walaupun banyak, tapi tugasnya ga jauh-jauh dari menulis, bernyanyi, atau art and craft. Apalagi missnya mengingatkan kalau tugas-tugas yang diberikan bisa jadi bonding antara orangtua dan anak.

Dan salah satu tugas yang paling Jayden suka kemaren adalah membuat volcano. Awalnya Jayden cuma gambar biasa doang di kertas, tapi gua liat di instagram sekolah, anak-anak lain pada bikin volcano beneran lengkap dengan lavanya. Jiwa kompetitif gua pun bergejolak, hahaha. Akhirnya gua ajak Jayden bikin volcano beneran pake botol dan kertas. Tadinya uda bikin pake tepung-tepungan, tapi bentuknya kurang menarik, jadi bikin ulang pake kertas.

Tugas sekolah yang paling niat dibikin. Pake ditaro daun-daunannya segala, hahaha.

Lavanya gua bikin pake fanta sama mentos, hahaha. Sebenernya mungkin akan lebih bagus kalo pake baking soda ya, tapi gua cari yang murah meriah aja deh. Pas kebetulan paginya belanja ke supermarket juga, jadi bisa sekalian beli fanta sama mentosnya.

Minimal keluar merah-merahnya ya, hahaha.

Begitu uda selesai difotoin, semuanya gua buang. Anaknya pengen disimpen, tapi dalemnya kan uda kena air fanta, takutnya nanti malah disemutin. Jadi mending buang aja lah, hahaha.

Online Course

Sebelum pandemi ini, Jayden memang cuma ikut dua les, yaitu gambar dan Inggris. Sempet ada wacana mau les berenang juga, tapi untung belom daftar. Tapi dari dua les itu, yang menlanjutkan via online cuma les Inggris doang. Tapi seminggu sekali gua tetep suruh dia mewarnai atau gambar selama 2 jam, seolah-olah dia lagi les gambar.

Kalo disuruh gambar mah pasti langsung semangat. Cuma gambarnya yang dia mau doang.

Sesekali gua suruh gunting-gunting juga. Kebetulan buku kumon yang gunting-gunting gitu masih banyak, lumayan buat isi waktu luang.

Untuk les Inggris, jam onlinenya sama kayak jam dia les, yaitu seminggu dua kali. Jayden baru mulai les Inggris itu bulan Februari, dan masih dalam tahap belajar membaca. Emang salah satu goal gua waktu masukin dia ke tempat les Inggris salah satunya ya supaya bisa baca dalam bahasa Inggris, karena SDnya nanti kan bilingual.

Jadi setiap jam les, missnya akan kirim video atau voice recorder berupa bahan-bahan yang harus dibaca anak. Missnya contohin cara bacanya terlebih dahulu, baru nanti anaknya ikutin, lalu direkam dan dikirim balik ke missnya. Masalahnya sekali kirim bahan bisa banyak banget. Kalo dalam kondisi normal, mungkin gua akan mencoba bersabar sedikit waktu ngajarin, tapi ini kan beda.

Akhirnya gua complain sama missnya, supaya kalo kirim bahan jangan banyak-banyak, hahaha. Gua tau mungkin dia harus sesuain sama lesson plannya, karena harusnya awal Mei ini Jayden uda naik tingkat. Tapi ini kondisinya kan lagi ga normal, dan belajarnya juga di rumah sama gua, bukan di kelas bareng temen-temennya. Dan ternyata yang complain bukan cuma gua, hahaha. Missnya bilang sebelum gua uda ada beberapa orangtua yang complain juga. Setelah itu lumayan bahannya dikurangin dikit.

Selain belajar baca, Jayden juga belajar nulis dalam bahasa Inggris.

Satu halaman bisa dikerjain dua hari. Ya gimana ga lama kalo baru nulis satu baris uda ngeluh laper, ngantuk, haus, pengen pipis. Uda dua hari juga ga apa-apa deh, asal mamak waras, hahaha.

Sensory Play

Kalo ini kegiatan buat Emily. Gua inget waktu Jayden seumuran Emily, dia mulai gua kasih beras, es batu, atau aktivitas lainnya untuk melatih motorik halusnya. Sekarang giliran Emily, rasanya malas banget. Nasib anak kedua ya, hahaha. Tapi alasan lainnya kenapa gua jarang siapin adalah, motorik halusnya Emily jauh lebih bagus daripada Jayden. Dia bisa menjimpit satu helai rambut, bisa buka tutup botol sendiri, dan bahkan megang pensilnya uda lumayan oke.

Tapi sesekali gua kasih Emily main beras, cuma ujung-ujungnya kokonya pengen ikut main, dan berakhir dengan Emily teriak-teriak karena berasnya diambil Jayden, hahaha. Kepala mamak pusing deh kalo uda denger Emily nangis atau teriak, soalnya kenceng banget. 

Kemaren itu gua coba siapin kegiatan lain buat melatih sensory dan motoriknya Emily, yaitu main spaghetti. Tapi apa yang terjadi?

Spaghetti yang harusnya diremas-remas.

Malah dimakan, hahaha.

Padahal kalo spaghetti yang dikasih saos gitu dia ga suka, tapi giliran spaghetti polos gini malah mau, hahaha. Jadi kegiatan ini.....FAILED! Hahaha.

Swimming

Ini juga aktivitasnya anak-anak. Untuk mengusir kebosanan yang uda level akut, gua kasih anak-anak berenang seminggu sekali. Biasanya jadwal mereka berenang itu hari Sabtu, biar weekendnya berasa, hahaha.

Emily awalnya takut, tapi lama-lama mulai berani dan berujung susah diajak udahan, hahaha.

Tinggal abis itu bapaknya meringis liat tagihan air, hahaha.

Cooking Time

Sama halnya seperti ibu-ibu lainnya, masa-masa seperti ini merupakan saat yang tepat untuk mencoba berbagai resep. Tapi tujuan utama gua mah sebenernya lebih ke ikut-ikutan doang. Ngeliat instagram penuh dengan foto Dalgona Coffee, gua jadi latah pengen coba bikin.

Atasnya dikasih remahan regal biar lebih kece.

Lalu liat resep pie susu teflone bertebaran dimana-mana, gua juga ikut penasaran pengen cobain. Apalagi pas nonton videonya koq kayak gampil banget. Jadi cus lah dieksekusi.

Gua tau kenapa isinya ga rata. Soalnya kulitnya lupa gua tusukin garpu, hahaha. Tapi bener bikinnya gampang loh, dan rasanya juga enak.

Tapi ada kalanya gua males bikin-bikin gitu, jadi anak-anak cuma gua gorengin kentang, atau yang paling ga ribet lagi adalah kasih biskuit, hahaha. Dan selama karantina ini jadwal makan mereka, terutama Jayden jadi berantakan. Porsi makan besarnya ga sebanyak biasanya karena dia lebih sering ngemil. Tapi ya sudahlah, yang penting judulnya kan makan.

Kentang goreng pake air fryer. Hemat minyak tapi boros listrik, hahaha.

Ngemil wafer. Si dede asal kokonya makan apapun, dia pasti pengen minta.

Jadi begitulah kira-kira kegiatan gua dan anak-anak selama karantina ini. Gua sungguh berharap ini semua segera berakhir, dan aktivitas kami bisa kembali normal. Buat yang masih perlu keluar rumah untuk kerja atau belanja, stay healthy ya.

10 comments:

  1. gua udah butek banget! hahaha
    sekolah di rumah ini bikin kita parents nya jadi tambah ribet aja. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener ko, orangtuanya ribet banget ngajarin, mana anaknya ngeyelan pula hahahaha...

      Delete
  2. Meeeel, iya nih beneran learn from home bikin para emaks jadi makin butek hahaha

    kayla sih karena udah gede, udah bisa aku cuekin.
    Fathir parah banget harus diomelin dulu baru dikerjain huhu
    Jayden semoga makin semangat belajar di rumah yaaah.
    Emily udah gede aja niiiih, makin cantiks dan gemaaaash :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga sama, harus maminya ngomel2 dulu baru dia konsen ngerjain, itu pun harus dijeda sama laper, mau pipis, ngantuk hahahaha...

      Delete
  3. Resep kopi dan kue Pie sering bangett liat di sosmed cuma blm niat bikin haha .. Wah baru tahu klo anak TK dapat tugas juga, klo si Ben ga ada tugas, pernah guru nya 2x ke rumah kita kasih 3 lembar kertas buat diwarnai, itupun ditulisnya klo pengen ya dikerjain klo ga gpp. Tgl 4 Mei sekolah mulai masuk lagi yg kelas nya tinggi yg bakal ujian, klo TK masih libur krn anak2 kecil belum tahu jaga jarak dan sptnya blm bisa lam2 pakai masker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak ya kalo ga ada tugas, ini jayden seminggu sekali pasti dikasih tugas. tapi dipikir2 bagus juga sih jadi ga lupa...

      Delete
  4. anak2 sekolah dari rumah bikin ortu puyeng juga mel..hahaha, banyak tugas yang takutnya gak dikerjain. Resep2 juga pada berseliweran pengen dicobain semua rasanya...bikin tambah boros..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anak uda gede bukannya lebih enak ya ci, ga perlu didampingin hehehehe... seumuran jayden gini harus ditemenin terus, jadinya menguras emosi banget...

      Delete
  5. Pai susu itu aku kepengen bikin tapi akhirnya cuma kepengen-kepengen doang tapi ga bikin-bikin muahahaha. Coba spaghetti aglio olio ci buat emily mungkin bakal doyaaann hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep ga doyan lip, doyannya yang polos tanpa dikasih apa2 gitu hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.